Salah satu pelayanan yang harus diperhatikan dengan betul-betul oleh rumah sakit adalah ranjang tempat tidur pasien atau disebut juga hospital bed. Ranjang pasien menjadi suatu kewajiban penting yang harus disediakan dengan layak oleh pihak rumah sakit bahkan dalam keadaan genting sekalipun, ranjang pasien sederhana harus selalu tersedia.
Jenis kasur yang disediakan oleh rumah sakit biasanya tergantung pada jenis kamar dan pelayanan pasien tersebut. Bahkan rumah sakit yang berada di daerah pedesaan akan menggunakan tempat tidur yang lebih sederhana daripada rumah sakit elit internasional ang ada di kota.

Fungsi Ranjang Pasien atau Ranjang Rumah Sakit



Ranjang pasien sudah pasti memilki fungsi penting dalam furniture rumah sakit. Karena komponen ini dibutuhkan hampir di semua lini kepentingan di rumah sakit. Secara umum mungkin ranjang rumah sakit dibutuhkan ketika ada pasien yang menjalani rawat inap. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, ranjang pasien juga penting ketika dokter atau perawat melakukan pemeriksaan ringan pada poli yang tersedia.

Meskipun begitu, memang sebagian besar ranjang rumah sakit diperlukan untuk kepentingan rawat inap pasien. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata ranjang rumah sakit dapat mempengaruhi kondisi kesehatan pasien. Oleh karena itu, faktor kenyamanan serta keamanan dari sebuah ranjang rumah sakit harus diperhatikan.

Ranjang bagi pasien yang umum digunakan di rumah sakit memang sudah dirancang dan di desain sedemikian rupa untuk menyesuaikan keadaan pasien. Para produsen furniture untuk rumah sakit pun juga menyediakan aneka jenis ranjang pasien mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. Peralatan kesehatan inimemang diharapkan dapat memeberikan kontribusi untuk kesembuhan pasien di rumah sakit.

Jenis-jenis Ranjang Pasien atau Ranjang Rumah Sakit



Perbedaan dari ranjang manual dan elektirk adalah dari segi pengoperasiannya saja. Untuk ranjang manual dilengkapi dengan engkol untuk mengubah posisi ranjang sedangkan pada ranjang jenis elektrik pengoperasiannya secara otomatis menggunakan remote control. Jenis yang elektrik menggunakan penghantar listrik untuk mengubah posisi ranjang sedangkan pada ranjang manual tidak memiliki fitur tersebut.

Ranjang Manual

Tempat tidur manual ini biasanya ditemukan di ruang kamar kelas tiga yang berisikan pasien lebih dari satu orang. Cara penggunaannya pun masih harus diputar searah jarum jam agar dapat mengatur posisi yang diinginkan. Ada beberapa tipe ranjang manual yang di dasarkan pada jumlah putaran/crank/engkolnya, yaitu :

• 1 crank atau putaran adalah jenis ranjang yang hanya ada naikkan punggung saja
• 2 crank atau putaran adalah jenis ranjang yang ada naikkan punggung dan naikkan kaki
• 3 crank atau putaran adalah jenis ranjang yang ada naikkan punggung, kaki, dan naik turun seluruh badan

Cara menggunakannya yakni bila ingin menaikkan ranjang pasien maka putar bagian engkol searah jarum jam sampai pada tinggi yang diinginkan. Jika ingin menurunkan ranjang ini maka putar bagian engkolnyaa berlawanan dengan arah jarum jam. Putaran atau engkol tersebut biasanya ada di bagian bawah tempat tidur pasien. Dan apabila ingin mengoperasikannya, biasanya pasien akan dibantu keluarganya atau perawat. Berat putaran pada engkol menyesuaikan dengan berat pasien yang ada diatas tempat tidur.

Ranjang Elektrik

Ranjang rumah sakit ini di desain dengan sangat elegan dan yang pasti nyaman untuk digunakan. Tempat tidur jenis elektrik ini sering ditemukan diruangan VIP. Jenis ini juga sangat mudah penggunaannya, jadi pasien akan merasa nyaman. Jenis tempat tidur elektrik hampir sama dengan tempat tidur manual tetapi ada tambahan ranjang dengan 4 engkol :

• 1 crank atau putaran adalah jenis ranjang yang hanya ada naikkan punggung saja
• 2 crank atau putaran adalah jenis ranjang yang ada naikkan punggung dan naikkan kaki
• 3 crank atau putaran adalah jenis ranjang yang ada naikkan punggung, kaki, dan naik turun seluruh badan
• 4 crank atau putaran adalah jenis ranjang yang ada naikkan kaki, naik turun seluruh badan, naikkan punggung, serta miring naik turun seluruh badan

Cara penggunaan tempat tidur elektrik ini yaitu Anda hanya menekan tombol pada remote control yang sesuai dengan keinginan. Biasanya remote control terletak di sebelah kiri tempat tidur pasien. Karena cara kerjanya yang menggunakan remote control, maka ini bisa dilakukan oleh siapapun termasuk pasien itu sendiri. Pada tempat tidur jenis elektrik ini, biasanya telah dilengkapi jugan dengan rem pada roda, sehingga akan memberikan rasa nyaman terhadap pasien. Pada ranjang manual hanya dilengkapi dengan kasur tipis, selimut tipis dan bantal yang berjumlah satu. Sedangkan ranjang elektrik, fasilitas yang diberikan juga lebih banyak yaitu kasur yang tebal dan empuk, bantal dan guling yang lebih dari satu dan selimut yang tebal.

Tips Memilih Ranjang Pasien yang Sesuai Kebutuhan

Pemilihan ranjang pasien yang tepat dan nyaman akan mempercepat proses penyembuhan sang pasien. Karena itulah menentukan tipe ranjang pasien menjadi penting untuk dilakukan. Sangat disarankan untuk memilih tipe ranjang pasien yang dilengkapi mesin pengatur ketinggian ranjang. Serta handel yang bisa dilipat sesuai kebutuhan. Selain itu, materi pembuatannya pun usahakan dari baja stainless steel yang ringan sehingga apabila tidak sengaja terbentur pinggiran handle rasa nyeri nya tidak akan sebesar apabila membentur besi padat. Bahan kasur juga harus dipertimbangkan, usahakan memilih jenis ranjang pasien yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan.


Beberapa Ranjang Pasien yang ada di Galeri Medika

1. Acare HCB-7011 Ranjang Manual (1 crank)
2. Acare HCB-8332-A6 Hospital Bed Electric (3 crank)
3. Hospital Bed Caretek G420 (3 crank)
4. Omega Bed Manual MO-12323 (1 crank)
5. Polaris Bed Electric Medipro MP-31211 (3 fungsi)
6. Polaris Bed Electric Medipro MP-31322 (3 fungsi)
7. Polaris Bed Electric Medipro MP-41111 (5 fungsi)
8. Polaris Bed Electric Medipro MP-41211 (5 fungsi)
9. Polaris Bed Manual Medipro MP-22323 (2 Crank)
10. Polaris Bed Manual Medipro MP-24323 (2 Crank)
11. Polaris Bed Manual Medipro MP-32322 (3 Crank)
12. Polaris Bed Manual Medipro MP-32323 (3 Crank)
13. Polaris Bed Manual Medipro MP-33322 (3 fungsi)
14. Polaris Bed Manual Medipro MP-32212 (3 Crank)
15. Acare HCB-M0032 Manual (3 crank)
16. Ranjang Pasien Caretek M410 (3 crank)


Di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.