Kita semua tahu bahwa kita tidak dapat hidup tanpa oksigen dan oksigen memungkinkan kehidupan bagi hampir semua organisme hidup di planet kita. Tubuh manusia mengambil oksigen yang dihirup dari paru-paru dan mengirimkannya ke bagian tubuh lainnya melalui sel darah merah. Setiap sel menggunakan dan membutuhkan oksigen untuk berkembang. Sebagian besar waktu, udara di atmosfer mengandung jumlah oksigen yang banyak untuk bantuan pernapasan. Tetapi kadang-kadang, tingkat oksigen bisa turun karena gas beracun seperti karbon monoksida (CO).

Tabung Oksigen dan Oksigen Konsentrator menyalurkan oksigen ke pasien yang membutuhkannya. Tetapi metode penyalurannya sangat berbeda. Tabung Oksigen lebih banyak digunakan di tempat medis seperti rumah sakit. Tetapi Oksigen Konsentrator dapat digunakan dimana saja seperti di rumah, hotel, tempat gym ataupun saat sedang traveling. Ini karena Oksigen konsentrator memiliki ukuran yang kecil dan berat yang lebih ringan seperti Oksigen Konsentrator portable.

Tabung Oksigen VS Oksigen Konsentrator

Perbedaan utama antara tabung oksigen dan oksigen konsentrator adalah cara oksigen disediakan. Tabung oksigen menyimpan oksigen terkompresi dalam jumlah tertentu yang dapat digunakan hingga habis. Namun, oksigen konsentrator menyaring udara sekitar yang mengelilingi perangkat untuk membuat oksigen tingkat medis yang memasok oksigen dalam jumlah tak terbatas selama baterai atau tenaga listrik dinyalakan.

Baca artikel lainnya

Perbandingan Oksigen Konsentrator, Mesin Penghasil Oksigen Siap Hirup


Tabung Oksigen / Oksigen Silinder

Tabung oksigen dapat menampung oksigen terkompresi atau oksigen cair. Jenis oksigen ini tersedia dalam berbagai ukuran tabung, umumnya untuk digunakan di rumah atau di fasilitas medis seperti rumah sakit atau tabung oksigen portabel ukuran kecil untuk pendakian. Terlepas dari apakah tabung oksigen berukuran besar atau portabel, tabung oksigen untuk bernafas menampung sejumlah oksigen tertentu, dan itu berarti semua oksigen yang ada dalam tabung sampai diisi ulang sudah dikompresi di dalamnya.

Perbedaan Tabung Oksigen dengan Oksigen Konsentrator

Pasokan oksigen dalam tabung secara bertahap berkurang dengan penggunaan sampai habis dan perlu diisi ulang atau diganti. Agar mudah di bawa saat bepergian dan bergerak dengan tabung oksigen, banyak orang lebih suka mengisi tabung oksigen portabel kecil untuk dibawa saat keluar. Namun, tabung oksigen kecil atau portable untuk membantu bernapas hanya menampung sedikit oksigen, yang bisa menjadi masalah, terutama jika hal yang tidak terduga muncul.

Kelebihan : Tabung oksigen ini cukup murah dan juga mudah digunakan dan tabung besar dapat digunakan untuk mengisi tabung kecil dan portabel yang memungkinkan perjalanan singkat ke luar rumah. Jenis tabung oksigen ini tetap dapat beroperasi tanpa memerlukan penggunaan baterai atau listrik.

Kekurangan : Tabung oksigen terkompresi yang besar dan berat akan susah dibawa seperti memasukkannya ke dalam kendaraan atau membawanya ke atas tangga dapat menjadi tantangan tersendiri karena bobot yang berat. tabung oksigen hanya berisi oksigen dalam jumlah terbatas, dan setelah tangki habis, tangki harus diisi ulang atau diganti dengan tangki baru. Untuk masalah keamanan, seperti bahaya ledakan dan kebakaran juga bisa mengkhawatirkan serta ada banyak ruang yang diambil tank itu sendiri.


Oksigen Konsentrator

Alih-alih jumlah oksigen bertekanan yang digunakan oleh tabung oksigen terbatas, oksigen konsentrator menggunakan sistem penyaringan untuk mengambil udara sekitar dari sekitar pasien, mengompres dan memodifikasinya ke standar tingkat medis, dan kemudian mengirimkannya ke pasien melalui selang kanula. Perangkat ini tersedia dalam model gaya rumahan yang lebih besar dan model portabel yang lebih kecil yang lebih ideal untuk bepergian dan bergerak saat dalam perjalanan.

Perbedaan Tabung Oksigen dengan Oksigen Konsentrator

Oksigen konsentrator memberikan keuntungan yang jelas karena tidak perlu diisi ulang. Selama pengguna memiliki baterai yang terisi daya atau akses ke sumber listrik, mereka akan memiliki suplai oksigen yang tak terbatas yang tersedia untuk mereka. Selain itu, oksigen konsentrator portabel yang kompak dan ringan tetapi tidak akan kehabisan oksigen seperti tangki O2 portabel kecil, memungkinkan pasien menjalani aktivitas sehari-hari sambil mendapatkan terapi oksigen yang dibutuhkan.

Kelebihan : Kemampuan oksigen konsentrator untuk terus menerus menarik dan mengolah udara memastikan bahwa tidak seperti tabung oksigen, oksigen konsentrator tidak akan pernah kehabisan oksigen. Ini sering dicatat oleh pelanggan sebagai salah satu fitur terbaik dari oksigen konsentrator.

oksigen konsentrator tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dan model, masing-masing dirancang untuk mengakomodasi basis pengguna tertentu dengan sempurna. Meskipun tabung oksigen sebagian besar sama, oksigen konsentrator menyediakan lebih banyak variasi pilihan untuk memastikan Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

Meskipun tabung oksigen sering kali perlu diisi ulang atau diganti, oksigen konsentrator menggunakan udara sekitar untuk mengolah oksigen dan oleh karena itu tidak memerlukan biaya pemeliharaan jangka panjang yang diperlukan seperti tabung oksigen.

Kekurangan : Pengoprasian oksigen konsentrator harus mengandalkan baterai atau tenaga listrik untuk melakukan penyaringan udara dan aliran oksigen. Seperti halnya dengan perangkat bertenaga baterai, daya yang tersedia di baterai harus dipertimbangkan. Jika baterai tidak diisi, pada akhirnya akan kehabisan daya dan konsentrator akan mati hingga diisi kembali, yang bisa berbahaya bagi seseorang yang membutuhkan oksigennya setiap saat.

Oksigen konsentrator mengumpulkan oksigen dari udara dan kemudian menyaring dan mengompresnya untuk pengguna. Proses ini sering kali berisik, karena berbagai komponen yang bekerja, dan ini adalah keluhan paling umum yang dimiliki pengguna konsentrator. Banyak model konsentrator yang lebih baru telah dirancang untuk mengurangi kebisingan ini ke tingkat yang hampir tidak terlihat, tetapi seringkali masih ada sejumlah suara yang terkait dengan pengoperasiannya.

Karena mekanisme kerja yang rumit, oksigen konsentrator seringkali cukup mahal. Meskipun biaya ini adalah pembelian tunggal tidak seperti tabung oksigen, banyak orang mungkin tidak mampu membeli semua harga tinggi dalam satu produk meskipun menghemat uang dalam jangka panjang.


Tabung Oksigen VS Oksigen Konsentrator

Tabung OksigenOksigen Konsentrator
Berat500 gr - 50 kg3 kg - 20 kg
Tinggi60 cm - 130 cm25 cm - 70 cm
Masa PemakaianSampai oksigen dalam tabung habisSampai baterai habis / listrik mati
Mudah digunakanDibutuhkan beberapa pelatihanYA
Mudah DibawaDengan bantuan troliDengan bantuan troli atau tas jinjing
Tingkat KebisinganTidak BisingKisaran 60dB(A)
PerawatanIsi ulang atau ganti tangki saat oksigen habisBersihkan filter setiap minggu
KeamananBisa tertusuk / bocorTidak memiliki tangki dan tidak bocor
HargaRelatif lebih murah untuk jangka pendekRelatif lebih mahal untuk jangka panjang

Oksigen konsentrator adalah pilihan yang bagus untuk semua alasan di atas, tetapi penting bagi individu untuk mempertimbangkan masalah potensial yang mungkin mereka hadapi. Saat Anda memilih antara oksigen konsentrator atau tabung untuk oksigen tambahan Anda, pertimbangkan bagaimana dan kapan Anda akan membutuhkan oksigen, serta seberapa kompak Anda membutuhkan sistem penyaluran oksigen untuk Anda.

Jika Anda menggunakan tabung oksigen, pertimbangkan untuk menyediakan cadangan oksigen dalam tangki yang tersedia untuk digunakan. Saat menggunakan oksigen konsentrator portable, selalu disarankan agar Anda menyediakan baterai tambahan yang terisi penuh jika Anda menggunakan oksigen konsentrator portabel, jika listrik padam. Meskipun ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli oksigen konsentrator atau tabung oksigen, pastikan Anda juga memikirkan apa yang terbaik untuk membantu Anda menjalani hidup senormal mungkin.