Alat kesehtan adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, mengobati dan memantau kondisi, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh. Peralatan medis merupakan salah satu faktror penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan baik dirumah sakti maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Ini termasuk dalam hal-hal seperti peralatan bedah, jarum suntik, sarung tangan, alat pacu jantung, inkubator bayi dll.

Dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya memerlukan peralatan medis yang berfungsi dengan baik untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasien. Alat-alat ini, ketika beroperasi pada fungsionalitas puncak, memungkinkan profesional perawatan kesehatan untuk memantau kesehatan pasien mereka dengan lebih baik dan melakukan berbagai fungsi, baik itu di ruang gawat darurat, departemen bedah, atau klinik rawat jalan. Jika suatu peralatan gagal, maka kualitas perawatan pasien itu bisa tiba-tiba menurun, dan bahkan menimbulkan risiko bagi keselamatan pasien.

Selain peralatan medis yang digunakan dalam fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, peralatan medis juga bisa digunakan di rumah yang ditujukan untuk pengguna di lingkungan apa pun di luar fasilitas kesehatan profesional. Ini termasuk perangkat yang dimaksudkan untuk digunakan baik di fasilitas kesehatan profesional maupun di rumah. Adapun perangkat yang sering ditemui di dalam rumah seperti, termometer, timbangan badan, tensimeter, alat cek darah dll.

Berikut ini adalah 80 daftar alat medis beserta fungsinya lengkap dengan gambar.


pengertian glukometer

1. Alat Cek Darah

Bagi penderita diabetes atau diabetisi alat cek darah merupakan benda yang penting untuk mengontrol gula darah, karena penderita diabetes memiliki kewajiban melakukan pemantauan gula darah dapat sangat terbantu dengan adanya alat ini sehingga penderita tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit untuk cek gula darah.
Alat cek darah ini biasanya memiliki 3 fungsi sekaligus dalam satu alat atau bisa disebut multiparameter. Selain digunakan untuk mengukur kadar gula darah juga dapat digunakan untuk mengukur kadar asam urat dan kolesterol dalam darah.

pengertian tensimeter

2. Tensimeter

Tekanan darah pada manusia menjadi satu ukuran yang menentukan tinggi rendahnya darah seseorang, adapun beberapa faktor yang mampu mempengaruhi meningkatnya tekanan darah seperti melakukan aktivitas yang berat, mengkonsumsi kafein, pengaruh obat-obatan stres dll.
Tensimeter berguna untuk mengukur tekanan darah, dengan mengetahui berapa tekanan darah kita dapat menilai apakah tekanan tensi darah kita normal atau tidak. Pada umumnya tekanan darah normal manusia dewasa adalah 100-130 mmHg untuk tekanan sitolik dan 60-90 mmHg untuk tekanan diastolik. Tensimeter dibagi menjadi 3 macam yaitu Tensimeter Air Raksa, Tensimeter Aneroid dan Tensimeter Digital, ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur tekanan darah.

Tensimeter Air Raksa
Tensimeter Air Raksa sebenarnya sudah jarang dipakai diluar negeri, karena alat ini menggunakan air raksa sebagai pengisi alat ukur, jika alat ini sampai pecah maka akan berbahaya jika terkena kulit atau saluran pernapasan. Di indonesia pun juga sudah tidak digunakan atau diproduksi lagi karena sudah dilarang oleh kementerian kesehatan.

Tensimeter Aneroid
Tensimeter ini bekerja secara manual terdiri dari beberapa bagian yaitu manset, selang penyambung, balon pompa dan meteran. Tekanan darah yang diukur dengan menggunakan alat ini ditunjukan melaui meteran dengan jarum sebagai penunjuknya.

Tensimeter Digital
Lebih modern dan akurat, dengan pemakaian yang mudah hasilnya pun terlihat jelas di monitor LCD. Tensimeter digital menggunakan sensor sebagai alat pendeteksinya sehingga baik untuk di pakai.

pengertian termometer medis

3. Termometer Medis

Termometer medis atau bisa juga disebut termometer klinis, merupakan perangkat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia atau hewan. Pada ujung termometer dimasukkan ke dalam mulut di bawah lidah (suhu oral), di bawah ketiak (suhu aksila), ke dalam rektum melalui anus (suhu rektal), ke dalam telinga (suhu timpani), atau di dahi (suhu sementara).
Termometer medis memiliki berbagai jenis seperti termometer air raksa, termometer kristal cair, termometer digital dan termometer inframerah.

apa itu Stetoskop

4. Stetoskop

Stetoskop merupakan instrumen atau perlengkapan medis yang digunakan untuk mengirimkan suara bervolume rendah seperti detak jantung (atau suara usus, vena, atau janin) ke telinga pendengar. Stetoskop dapat terdiri dari dua penutup telinga (earpieces) yang dihubungkan melalui tubing fleksibel ke diafragma yang ditempatkan pada kulit pasien. Stetoskop telah menjadi salah satu simbol dari profesi medis.
Stetoskop memiliki bagian-bagian dasar seperti penutup telinga (earpieces), selang (tubing), bell dan diaphragm.

jenis-jenis nebulizer

5. Nebulizer

Nebulizer adalah alat yang membantu seseorang menghirup obat dalam bentuk uap atau aerosol melalui masker atau corong (mouthpiece). Nebulizer memberikan obat langsung ke saluran udara dan paru-paru, mencapai tindakan yang ditargetkan dan meminimalkan efek samping sistemik dalam tubuh. Nebulizer digunakan untuk berbagai kondisi yang mempengaruhi saluran udara dan paru-paru. Beberapa penyakit paru-paru umum yang memerlukan nebulizer seperti penyakit asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), bronkiektasis, fibrosis sistik serta infeksi paru-paru parah.

harga timbangan badan digital

6. Timbangan Badan

Timbangan badan merupakan alata yang digunakan di rumah menampilkan berat badan dengan dial atau di layar digital. Timbangan badan memiliki beberapa jenis dan cara kerjanya yang berbeda yaitu dengan pegas dan secara elektronik. Secara umum, timbangan badan digital lebih akurat daripada timbangan manual. Tetapi untuk pembacaan yang paling akurat, timbangan badan jenis apa pun harus diatur dengan benar dan digunakan secara konsisten.

cara menggunakan pulse oximeter

7. Pulse Oximeter

Oksimeter atau Pulse Oximeter adalah perangkat elektronik kecil yang dapat mengukur saturasi atau kadar oksigen dalam darah. Kadar oksigen normal biasanya pada angka dalam kisaran 95% hingga 100%. Jika jumlah angkanya turun menjadi 95% atau lebih rendah, itu perlu diwaspadai. Hal ini dapat ditandai dengan gejala seperti sesak napas, gelisah, hingga tubuh yang makin melemah, sebelum akhirnya kondisi makin memburuk. Pulse oximeter adalah alat tes sederhana tanpa rasa sakit (non-invasive) dengan menggunakan sensor cahaya merah yang ditempatkan pada ujung jari atau daun telinga.

apa itu peak flow meter

8. Peak Flow Meter

Peak flow meter merupakan perangkat genggam yang digunakan untuk mengukur seberapa baik udara keluar dari paru-paru, alat ini biasa digunakan untuk penderita asma. Mengukur dengan peak flow meter merupakan bagian penting dalam mengelola gejala asma, mencegah serangan asma dan menjadi bagian dari rencana perawatan asma.

cara pakai colostomy bag

9. Colostomy Bag

Colostomy bag atau kantong kolostomi adalah kantong plastik yang digunakan untuk mengumpulkan feses atau kotoran dari saluran pencernaan melalui lubang di dinding perut yang disebut stoma. Seorang Dokter biasanya memasang kantong kolostomi ke stoma setelah melakukan operasi kolostomi.

apa itu fetal doppler

10. Fetal Doppler

Fetal doppler adalah alat tes yang menggunakan gelombang suara untuk memeriksa detak jantung janin. Setiap fetal doppler berisi transduser atau probe yang mengirimkan denyut pendek gelombang suara ultrasound ke area tubuh yang diarahkan. Ketika gelombang suara ini dipantulkan dari detak jantung bayi, frekuensinya berubah.
Sementara fetal doppler yang digunakan di rumah bagi banyak calon orang tua, ada beberapa masalah keamanan. Pada tahun 2014, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) menyarankan agar tidak menggunakan fetal doppler secara individu. Satu-satunya waktu Anda harus menggunakan doppler, FDA mengatakan, adalah ketika seorang dokter menggunakannya, dalam hal ini diperlukan secara medis.

Baca artikel lainnya

cara pakai alat bantu dengar

11. Hearing Aid / Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar (ABD) adalah perangkat elektronik kecil yang biasa dipakai di dalam atau di belakang telinga. ABD membuat beberapa suara lebih keras sehingga orang dengan gangguan pendengaran dapat mendengarkan, berkomunikasi dan lebih percaya diri dalam aktivitas sehari-hari.
Alat bantu dengar memiliki tiga bagian dasar yaitu microphone, amplifier, dan receiver. Alat bantu dengar menerima suara melalui microphone, yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke amplifier. Amplifier meningkatkan kekuatan sinyal dan kemudian mengirimkannya ke telinga melalui receiver.

Alat bantu dengar memiliki model dan gaya yang berbeda dari yang terbesar hingga yang terkecil

  • Behind-the-ear (BTE)
  • In-the-ear (ITE)
  • In-the-canal (ITC)
  • Completely-in-the-canal (CIC)
Stature Meter / Alat Ukur Tinggi Badan

12. Alat Ukur Tinggi Badan

Stadiometer atau stature meter adalah peralatan medis yang digunakan untuk mengukur tinggi badan manusia. Biasanya terdiri dari penggaris yang dipasang secara vertikal di dinding, dengan potongan horizontal bergerak yang dapat disesuaikan untuk diletakkan di atas kepala. Stature meter digunakan dalam pemeriksaan medis, uji klinis dan eksperimen.

apa itu alkohol detektor

13. Alcohol Detector

Alcohol detector atau breath analyzer, merupakan perangkat portabel yang dapat digunakan untuk menguji kandungan alkohol dengan sampel napas. Perangkat ini menguji menggunakan jumlah alkohol dalam napas yang dihembuskan untuk menghitung atau memperkirakan kandungan alkohol dalam darah seseorang, atau juga dikenal sebagai blood alcohol content (BAC).

tips merawat humidifier

14. Humidifier

Humidifier atau pelembab udara adalah alat yang berfungsi untuk menambah kelembapan udara di dalam ruangan. Umumnya, alat ini digunakan di dalam rumah atau kantor yang ber-AC. Humidifier menambahkan kelembapan ke udara, yang dapat bermanfaat bagi orang dengan gejala pernapasan atau kulit kering.
Humidifier bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan kelembapan udara dalam ruangan, tetapi ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan seperti bertumbuhnya bakteri, tungau dan jamur. Maka dari itu selalu rutin membersihkan humidifier udara secara menyeluruh. Jika pelembab udara memiliki filter, pastikan untuk sering menggantinya.

air purifier vs humidifier

15. Air Purifier

Air purifier merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan udara dengan menghilangkan atau dengan kata lain menonaktifkan polutan atau alergen dalam ruangan. Air purifier biasanya berisi setidaknya satu filter dan kipas. Saat udara melewati perangkat, filter akan menangkap partikel halus, seperti debu, asap, dan polutan serta alergen lainnya. Kemudian alat akan mensirkulasikan udara bersih kembali ke dalam ruangan. Berbeda dengan Humidifier yang dapat melelmbabkan ruangan, air purifier hanya membersihkan udara dalam ruangan dan tidak menambah kelembapanudara.

jenis-jenis tes kehamilan

16. Test Kehamilan

Test pack atau tes kehamilan adalah cara untuk menentukan apakah seorang wanita hamil dengan melihat jumlah human chorionic gonadotropin (hCG) dalam tubuh. Tes kehamilan bekerja dengan memeriksa urin (kencing) untuk hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG). Tubuh hanya membuat hormon HCG ketika seseorang sedang hamil. HCG dilepaskan ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim pada saat kehamilan dimulai.
Sebagian besar tes kehamilan di rumah memiliki akurasi tinggi 97% hingga 99% dengan syarat saat menggunakannya sesuai petunjuk. Hasil positif dapat dipercaya, tetapi bisa mendapatkan hasil negatif di awal kehamilan.

tes HIV AIDS

17. Test HIV

Alat Tes HIV Tes untuk memeriksa infeksi human immunodeficiency virus (HIV). HIV adalah virus yang menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). Jenis tes HIV yang paling umum disebut tes antibodi HIV, yang memeriksa antibodi terhadap HIV dalam sampel darah, urin, atau cairan dari mulut.

support ortopedi

18. Support dan Penunjang Ortopedi

Support ortopedi adalah perangkat medis yang dirancang untuk mengatasi masalah muskuloskeletal, support ortopedi dapat digunakan untuk menyelaraskan, memperbaiki posisi, menopang, menstabilkan, dan melindungi bagian tubuh tertentu (terutama otot, sendi, dan tulang) saat mereka sembuh dari cedera atau trauma. Support atau penyangga ortopedi memiliki berbagai tipe dan jenis seperti penyangga kaki, penyangga tangan, penyangga leher, penyangga tulang belakang dll.

macam-macam kursi roda

19. Kursi Roda

Kursi roda merupakan perangkat mobilitas beroda yang di mana pengguna dapat duduk. Kursi roda dapat didorong baik secara manual (dengan memutar roda dengan tangan) atau melalui berbagai sistem otomatis. Kursi roda digunakan oleh orang yang sulit atau tidak mungkin berjalan karena sakit (fisiologis atau fisik), cedera, atau cacat. Kursi roda memiliki berbagai jenis seperti jenis travel, standar, hingga kursi roda listrik.

tongkat ketiak

20. Tongkat Kruk

Tongkat Kruk adalah salah satu jenis alat bantu jalan yang berfungsi untuk meningkatkan ukuran dasar penopang individu. Alat ini dapat mentransfer berat badan dari kaki ke tubuh bagian atas dan sering digunakan oleh orang-orang yang tidak dapat menggunakan kaki mereka untuk menopang berat badan mereka (yaitu cedera jangka pendek hingga cacat seumur hidup). Ada tiga jenis kruk yang sering dijual di pasaran seperti tongkat kruk ketiak, kruk siku dan kruk talang.

tongkat jalan orang tua

21. Tongkat Jalan

Walking stick atau tongkat jalan merupakan alat bantu jalan yang dapat meningkatkan keseimbangan dan stabilitas. Tongkat jalan membantu seseorang mempertahankan postur yang benar, terutama di punggung atas, dan dapat membantu memperkuat otot punggung atas. Tongkat jalan juga dapat menghilangkan sebagian beban dari punggung bawah, pinggul, dan lutut, yang mungkin berguna jika Anda menderita radang sendi atau masalah punggung.

walker alat bantu jalan

22. Walker dan Rollator

Walker dan Rollator merupakan jenis alat bantu jalan yang digunakan untuk membantu orang yang masih bisa berjalan namun membutuhkan bantuan. Alat ini berkaki empat yang memungkinkan seseorang bersandar pada handle untuk keseimbangan, menopang, dan istirahat.
Walker atau rollator biasanya terbuat dari aluminium sehingga cukup ringan untuk diangkat dan dipindahkan dengan mudah. Alat tersebut sering memiliki pegangan nyaman yang terbuat dari busa atau karet untuk meningkatkan kenyamanan untuk pengguna.

kursi bab commode chair

23. Commode Chair

Commode chair atau kursi toilet adalah jenis kursi yang digunakan oleh seseorang yang membutuhkan bantuan untuk pergi ke toilet karena sakit, cedera, atau cacat. Kursi toilet terkadang memiliki roda untuk memudahkan transportasi ke kamar mandi. Sebagian besar kursi toilet memiliki ember yang dapat dilepas dan kursi yang dapat dilipat.

alat pijat elektrik beurer

24. Tapping Massager

Tapping massager adalah alat yang dioperasikan menggunakan listrik, biasanya digunakan untuk pijat seluruh tubuh dengan manfaatnya sangat banyak. Alat pijat elektrik menggunakan getaran dan panas inframerah untuk mengendurkan otot untuk melepaskan ketegangan, mengurangi kemungkinan kram dan kekakuan otot. Dengan getaran mengetuk yang kuat dan berirama, pijatan ini menembus lapisan otot yang lebih dalam untuk membantu menciptakan perasaan relaksasi yang mendalam. Ini juga ideal untuk merelaksasikan dan meregenerasi otot setelah berolahraga.

TENS/EMS / Stimulasi Saraf

25. TENS/EMS / Stimulasi Saraf

Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS) adalah perangkat yang mengirimkan arus listrik kecil ke bagian tubuh yang ditargetkan. Arus ini digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Beberapa unit TENS dirancang untuk digunakan di rumah sakit, fasilitas kesehatan serta dapat digunakan di rumah. Bantalan perekat, yang dikenal sebagai elektroda, ditempatkan langsung pada kulit. Saat alat dihidupkan, elektroda mengirimkan sinyal listrik bertegangan rendah ke tubuh, frekuensi dan intensitas sinyal ini dapat diatur sesuai kebutuhan.

Sedangkan electronic muscle stimulation (EMS) adalah terapi fisik dan teknik kebugaran. Seperti TENS, ini melibatkan perangkat yang mentransmisikan arus listrik melalui elektroda yang diterapkan langsung ke kulit. Tidak seperti TENS, elektroda dari perangkat EMS diterapkan pada kelompok otot utama. Kelompok otot yang umum digunakan EMS adalah paha depan setelah operasi lutut.

terapi lampu inframerah

26. Lampu Inframerah

Terapi lampu inframerah adalah salah satu dari beberapa terapi inovatif yang sedang diujicobakan untuk pengelolaan pasien dengan nyeri akut atau kronis. Terapi ini menggunakan panjang gelombang cahaya tertentu yang dikirimkan ke bagian tubuh yang mengalami cedera. Tidak seperti sinar ultraviolet yang memiliki efek merusak pada jaringan dan sel-sel tubuh, sinar inframerah membantu sel-sel meregenerasi atau memperbaiki diri. Sinar inframerah juga meningkatkan sirkulasi darah kaya oksigen dalam tubuh, mempercepat penyembuhan jaringan dalam dan menghilangkan rasa sakit.

bantal pemanas

27. Heating Pad

Heating pad atau bantal pemanas dapat membantu meredakan sakit dan nyeri, serta mengurangi kekakuan pada otot dan persendian. Ini adalah salah satu cara untuk memberikan terapi panas, atau termoterapi. Menggunakan bantalan pemanas dapat membantu meringkankan gangguan seperti sakit punggung, sakit leher, kram saat menstruasi, gejala migrain, rasa sakit setelah cedera dan nyeri artritis.

alat bekam pengobatan alternatif

28. Alat Bekam

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif kuno di mana seorang terapis meletakkan cangkir khusus pada kulit selama beberapa menit untuk menciptakan isapan. Seseorang menggunakan terapi ini biasanya untuk berbagai tujuan, termasuk untuk membantu dengan rasa sakit, peradangan, aliran darah, relaksasi dan kesejahteraan, dan sebagai jenis pijat jaringan dalam.

hot water bag untuk pegal pegal

29. Hot Water Bag

Hot Water Bag merupakan produk medis berbahan karet sintetis yang banyak direkomendasikan untuk tujuan memberikan kehangatan pada otot. biasanya alat ini membantu meredakan nyeri, meringankan ketidaknyamanan melalui aplikasi panas lokal. Secara tradisional, kantong atau wadah air panas terbuat dari karet dan diisi dengan air panas. Kantong atau wadah juga memiliki sumbat di mulutnya (untuk menghindari tumpah atau bocor).

ice bag kompres es

30. Ice Bag

Ice Bag merupakan alat kompres pada bagian tubuh untuk mengatasi rasa sakit seperti memar, gejala panas, serta kompres untuk cidera saat berolahraga. Karena kompres es dianggap sebagai pengobatan rumahan, ada berbagai cara untuk menggunakan perawatan ini salah satunya menggunakan kantong untuk membungkus es.

perbedaan cpap dan bipap

31. Mesin CPAP/BiPAP

CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure paling sering digunakan untuk perawatan apnea tidur obstruktif. Udara yang di alirkan dari mesin CPAP membantu untuk menjaga jalan napas tetap terbuka dan bebas dari halangan. Sedangkan BiPAP adalah jenis yang lebih kompleks dari mesin terapi tidur yang digunakan ketika CPAP tidak dapat ditoleransi, jalan nafas tidak dapat terbuka secara memadai dengan CPAP, atau ketika pasien memiliki apnea tidur sentral.

Perbedaan antara BiPAP dan CPAP adalah bahwa mesin CPAP menggunakan tekanan terus menerus dan stabil (contiuous), terlepas apakah pasien menghirup atau menghembuskan napas. Sementara BiPAP menawarkan pengaturan tekanan ganda yaitu inhalasi dan ekshalasi. Inhalasi memiliki tekanan lebih tinggi dan mendukung saluran napas seperti yang diambil dalam. sebaliknya, Ekshalasi adalah tekanan yang lebih rendah yang memungkinkan pasien untuk mengeluarkan napas.

alat co analyzer

32. Co Analyzer

Co Analyzer adalah perangkat skrining karbon monoksida untuk membantu setiap orang yang ingin mengetahui seberapa banyak tingkat CO ada di tubuh mereka atau di lingkungan mereka yang dapat membahayakan kehidupan. Alat ini dapat membantu keberhasilan orang dalam berhenti merokok.

penlight senter model pena

33. Pen Light

Penlight merupakan intrumen kedokteran yang berguna untuk memeriksa di daerah gelap seperti rongga mulut, telinga, dll. Penlight atau senter model pena ini dibuat dengan bola lampu halogen mini atau lampu LED (light-emitting diode). Tidak seperti senter biasa yang menerangi area lebih luas, senter medis ini dirancang untuk menerangi satu area yang sangat spesifik dengan cahaya yang terang.

kasur anti decubitus

34. Kasur Anti Decubitus

Kasur atau matras anti-decubitus adalah kasur angin dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik bertenaga kecil untuk memompa aliran udara keluar-masuk secara otomatis. Kasur Angin ini berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh, berat maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya. Kasur anti-decubitus berfungsi untuk mencegah terjadinya borok atau luka di bagian tubuh pasien yang berbaring cukup lama. Biasanya bagi pasien yang stroke, koma dan lain-lain.

sarung tangan steril untuk medis

35. Sarung Tangan Medis

Sarung tangan medis merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi pemakai atau pasien dari penyebaran infeksi atau penyakit selama prosedur dan pemeriksaan medis. Sarung tangan medis adalah salah satu bagian dari strategi pengendalian infeksi. Untuk menggunakan sarung tangan medis, gunakan sarung tangan medis jika tangan menyentuh cairan tubuh orang lain (seperti darah, sekret pernapasan, muntah, urin, atau feses), obat-obatan berbahaya tertentu, atau beberapa barang yang berpotensi terkontaminasi.

jenis masker medis

36. Masker Medis

Masker medis adalah produk kesehatan untuk menutupi hidung dan mulut pemakainya. Masker wajah digunakan sebagai kontrol sumber oleh masyarakat umum dan petugas kesehatan. Masker medis adalah alat kesehatan sekali pakai yang dapat menciptakan penghalang fisik antara mulut dan hidung pemakainya dan kontaminan potensial di lingkungan terdekat, ini efektif dalam memblokir percikan atau tetesan partikel seperti batuk atau bersin.

tisu alkohol

37. Alcohol Swabs

Alcohol swab atau tisu alkohol merupakan kapas yang dilapisi dengan alkohol murni, steril dan dikemas secara individual. Produk ini umumnya digunakan untuk mensterilkan perangkat medis sebelum injeksi dan sterilisasi pada bagian tubuh. Tisu alkohol sangat ideal dalam mencegah bakteri dan kuman masuk dan menginfeksi tempat luka yang mengakibatkan infeksi.

autoclave sterilisasi uap

38. Autoclave

Autoclave atau autoklaf, juga dikenal sebagai sterilisasi uap, merupakan alat yang digunakan untuk sterilisasi alat/benda pada penerapan dalam bidang kesehatan atau industri. Autoclave adalah mesin yang menggunakan uap di bawah tekanan untuk membunuh bakteri, virus, jamur, dan spora. Autoklaf biasanya digunakan dalam bidang kesehatan untuk mensterilkan perangkat medis. Barang-barang yang akan disterilkan ditempatkan di wadah atau biasa disebut dengan chamber. Tiga faktor penting untuk memastikan keberhasilan sterilisasi uap dalam autoklaf adalah waktu, suhu, dan kualitas uap.

infusion pump untuk medis

39. Infusion Pump

Pompa infus adalah alat medis yang digunakan untuk mengalirkan cairan ke dalam tubuh pasien secara terkendali. Ada banyak jenis pompa infus, yang digunakan untuk berbagai tujuan. Pompa infus memungkinkan mampu memberikan cairan dalam jumlah besar atau kecil, dan dapat digunakan untuk memberikan nutrisi atau obat-obatan, seperti insulin atau hormon lain, antibiotik, obat kemoterapi, dan pereda nyeri.
Beberapa pompa infus dirancang terutama untuk penggunaan stasioner di samping tempat tidur pasien, dirancang agar portabel atau mudah dipakai.

apa itu suction pump

40. Suction Pump

Suction pump atau mesin penghisap lendir, juga dikenal sebagai aspirator, adalah jenis perangkat medis yang terutama digunakan untuk menghilangkan penghalang seperti lendir, air liur, dahak, darah, atau sekresi dari saluran pernapasan. Dalam praktiknya, petugas profesional perawatan menggunakan mesin ini sebagai bagian integral dari rencana perawatan ketika jalan napas pasien tersumbat.

Baca artikel lainnya

manfaat oksigen medis

41. Oksigen Medis

Udara yang kita hirup sehari-hari adalah bentuk dari campuran beberapa gas, seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, dan hidrogen. Istilah 'oksigen medis' berarti oksigen dengan kemurnian tinggi, yang digunakan untuk perawatan medis dan dikembangkan untuk digunakan dalam tubuh manusia. Tabung oksigen medis sebenarnya mengandung gas oksigen yang sangat murni.

Oksigen medis umumnya diberikan di fasilitas medis, seperti rumah sakit dan klinik. Ini digunakan sebagai pertolongan pertama resusitasi untuk keadaan darurat, selama anestesi, pertolongan untuk pasien yang tidak bisa bernapas sendiri, dan terapi oksigen. Atlet juga sebagian menggunakan oksigen medis di ketinggian atau pelatihan.

pengertian oksigen konsentrator

42. Oxygen Concentrator

Oksigen Konsentrator adalah jenis perangkat medis yang digunakan untuk mengirim oksigen ke seseorang dengan gangguan pernapasan.
Oxygen concentrator menggunakan metode yang cerdas untuk menghilangkan nitrogen dari udara dan menghasilkan oksigen murni hingga 96%. Sebagai referensi, udara ruangan mengandung 80% nitrogen dan 20% oksigen. Oksigen konsentrator akan mengubah udara di sekitar menggunakan filter saringan untuk mengambil udara dari luar lalu di proses dari mesin yang nantinya akan menjadikan oksigen murni dan siap di hirup oleh pasien.

troli darurat rumah sakit

43. Troli Darurat

Troli Darurat atau Trolley Emergency adalah seperangkat nampan/laci/rak beroda yang digunakan di rumah sakit untuk transportasi dan pengeluaran obat/peralatan darurat di lokasi darurat medis/bedah untuk protokol penunjang kehidupan yang berpotensi menyelamatkan nyawa pasien. Troli ini tidak hanya membantu menghemat waktu tetapi juga dapat digunakan dalam situasi apa pun. Pada dasarnya troli darurat berisi beberapa alat seperti monitor, defibrillator, obat-obatan seperti atropin, amiodaraon, lidokain dan dopamin, selain itu juga terdapat obat intubasi dan peralatan untuk pediatrik.

kegunaan x-ray film

44. X-Ray Film

Film sinar-X adalah bahan dasar poliester berlapis gelatin. Lapisan emulsi kedua sisi film mengandung kristal perak halida yang sensitif terhadap hal-hal seperti sinar-X cahaya tampak, sinar gamma, panas, kelembaban dan tekanan. Film sinar-X tidak boleh digunakan jika sudah luntur karena dapat berkabut dan sangat membahayakan untuk kegunaan diagnostik.

Sinar X-Ray biasanya digunakan untuk menelisik kondisi tulang dan sendi, tapi terkadang prosedur ini juga dipakai untuk mendeteksi masalah kesehatan lainnya. Contohnya, jaringan lunak, seperti organ internal. Selain itu, prosedur ini juga digunakan untuk memeriksa adanya penyakit atau infeksi paru-paru, kanker payudara, masalah saluran pencernaan, pembesaran jantung, pembuluh darah yang tersumbat, bentuk tulang belakang yang abnormal, masalah ketika menelan, hingga benda yang tak sengaja tertelan ke dalam tubuh.

meja operasi rumah sakit

45. Meja Operasi

Operating table atau meja operasi merupakan meja tempat pasien berbaring selama prosedur pembedahan. Kadang-kadang dikenal sebagai meja bedah atau meja operasi, meja operasi biasanya digunakan di dalam ruang operasi atau kamar bedah di rumah sakit, pusat bedah rawat jalan, atau fasilitas kesehatan lain tempat operasi dilakukan.
Meja operasi dapat berupa stasioner atau mobile untuk memindahkan kamar ke kamar. Meja operasi digunakan dalam berbagai jenis prosedur seperti kardiotoraks, ortopedi, bariatrik, robotik, urologi, dan banyak lagi.

pengertian kursi ginekologi

46. Kursi Ginekologi

Kursi Ginekologi merupakan kursi periksa khusus ginekologi yang dapat digerakan dengan manual atau listrik melalui controler dan pedal injak untk pemeriksaan kandungan dan pelayanan lain seperti pemasangan dan pelepasan kontasepsi KB Spiral atau IUD (Intra Utrine Device), pemeriksaan sekret vagina, kanker serviks dan lain-lain yang berhubungan dengan kebidanan dan kandungan.

meja makan pasien

47. Overbed Table

Overbed table atau meja pasien rumah sakit merupakan meja yang biasa digunakan sebagai meja makan portable untuk pasien yang sedang rawat inap di rumah sakit, klinik ataupun di rumah. Dirancang untuk memudahkan pasien pada waktu makan, serta dapat diatur tinggi rendahnya sesuai dengan kebutuhan. Selain digunakan untuk meja makan, overbed table berfungsi sebagai menampung barang-barang pribadi seperti telepon, laptop, atau buku. Bahkan petugas kesehatan menggunakan meja overbed untuk memegang perangkat atau persediaan medis.

lemari pakaian rawat inap

48. Bedside Cabinet

Bedside Cabinet merupakan lemari tempat penyimpanan pakaian rawat inap di rumah sakit, lemari kabinet ini unggul dan memiliki desain yang minimalis, cocok digunakan di rumah sakit atau klinik, biasanya bedside cabinet memiliki roda yang kuat sehingga mudah untuk memindahkannya.

lemari obat

49. Medicine Trolley

Medicine trolley atau troli obat merupakan lemari dorong yang pada umumnya berada di klinik/rumah sakit yang bertujuan untuk menyimpan dan mengangkut obat-obatan. Bahan konstruksi biasanya terbuat dari lembaran baja dan pipa baja. Biasanya dilengkapi dengan laci-laci kecil didalamnya yang terbuat dari bahan plastik untuk meletakkan obat-obatan. Dibawah lemari juga terdapat dua rak/laci besi untuk menyimpan obat, cairan atau alat medis lainnya yang bentuknya lebih besar daripada obat tablet.

tandu evakuasi korban

50. Scoop Stertcher

Scoop stretcher atau tandu skop merupakan perangkat yang digunakan khusus untuk memindahkan orang yang terluka. Tandu skop memiliki pegangan yang melengkung, alasnya bukan dari terpal dan datar, melainkan sedikit cekung dan beralaskan besi. Tandu ini memiliki 2 hingga 3 sabuk pengaman untuk menjaga korban saat dievakuasi. Tandu jenis ini cocok bagi mengevakuasi korban bencana alam di mana korban berada di tempat yang tidak datar atau permukan tanahnya tidak rata, banyak bebatuan dan lain sebagainya.

tandu lipat olahraga

51. Tandu Lipat

Tandu ini memiliki dua tangkai di kedua posisinya untuk dua orang pengangkut satu pasien. Beralaskan terpal dan bisa dilipat menjadi 2 atau 4 tergantung tipe sehingga sangat praktis ketika tidak sedang digunakan serta memiliki celah atau lubang yang bisa digunakan untuk pegangan bagi pasien. Tandu ini sering dipakai bagi pemain sepak bola yang cedera, dan korban tewas bencana alam. Namun tidak cocok bagi korban yang berada di permukaan yang tidak rata

tandu darurat ambulans

52. Tandu Ambulance

Tandu jenis ini fungsinya memindahkan korban ke mobil ambulans dan memindahkan dari mobil ambulans ke rumah sakit. Berbeda dengan tandu lipat, tandu ini dikhususkan bagi pasien yang memiliki sakit serius. Tandu ini juga memiliki roda sebagai kakinya untuk memudahkan perawat memindahkannya ke mobil ambulans dengan cepat karena tidak perlu diangkat. Beralaskan matras yang lembut yang dilapisi terpal, memiliki sabuk pengaman, serta sandaran pada kepala bisa diatur sesuai kenyamanan pasien.

tandu basket helikopter

53. Tandu Basket

Tandu basket memiliki bentuk seperti keranjang namun tidak terlalu dalam memungkinkan korban tidak mudah jatuh. Memiliki kurang lebih 4 sabuk pengaman dan tandu ini bisa digunakan ketika korban sulit untuk dicapai yang mengharuskan menggunakan helikopter. Tambahan tali yang diikat di beberapa lubang di samping tandu membuat tandu ini menjadi pilihan ketika mengangkut korban dengan helikopter.

papan spinal

54. Papan Spinal / Spinal Board

Spinal board atau papan spinal merupakan salah satu perlengkapan rescue pada kondisi darurat. Spinal board ini terbuat dari bahan plastik/fiber yang kuat dan telah dilengkapi dengan safety belt. Spinal boar salah satu perangkat wajib kendaraan rescue, fungsinya sama seperti scoop stretcher bedanya spinal board bisa mengapung di air, dan pasti lebih ringan karena terbuat dari bahan plastik, lebih sering digunakan dalam evakuasi korban bencana alam yang dalam evakuasi korban harus melewati medan yang sulit dilalui seperti sungai, dll.

kotak p3k dirumah

55. Kotak P3K

Kotak P3K berperan penting untuk kebutuhan medis darurat, dalam penggunaannya Kotak P3K adalah sarana utama yang harus disediakan di setiap rumah, mobil, tempat kerja, sekolah dll. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah mengantisipasi dan penanganan dini cedera atau luka yang terjadi secara tiba-tiba dan harus cepat ditangani. Biasanya kotak p3k terdisi dari berbagai jenis peralatan medis seperti masker, plester, perban, gunting, kapas, obat luka, tisu pembersih dan masih banyak lagi.

inkubator bayi rumah sakit

56. Inkubator Bayi

Infant Incubator atau inkubator bayi adalah alat yang berbentuk kotak dan berbahan plastik transparan. Alat ini memungkinkan bayi terhindar dari infeksi bakteri dan suara bising. Inkubator dilengkapi dengan kasur kecil sebagai tempat tidur untuk bayi.
Fungsi inkubator adalah untuk menjaga agar tubuh bayi tetap hangat. Hal ini dikarenakan suhu di dalam inkubator sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan bayi baru lahir. Inkubator biasanya tersedia di unit perawatan intensif neonatal atau neonatal intensive care unit (NICU).

lampu operasi rumah sakit

57. Lampu Operasi

Surgical lighting atau lampu ooperasi adalah perangkat medis yang dimaksudkan untuk membantu tenaga medis selama prosedur bedah dengan menerangi area ata rongga pasien. Kombinasi beberapa lampu bedah sering disebut dengan “sistem lampu bedah”. Lampu operasi digunakan oleh para dokter, ahli bedah dan ahli prosedur. Lampu bedah juga menerangi tempat operasi pada pasien untuk visualisasi yang optimal selama prosedur. Lampu bedah dapat memberikan cahaya terang selama berjam-jam tanpa memanaskan pasien atau staf secara berlebihan.

spuit alat suntik

58. Spuit atau Alat Suntik

Alat suntik atau spuit adalah pompa piston sederhana untuk menyuntikkan atau menghisap cairan atau gas. Alat suntik terdiri dari tabung dengan piston di dalamnya yang keluar dari ujung belakang. Adapun ujung depannya dapat dilengkapi dengan jarum hipodermik atau selang untuk membantu mengarahkan aliran ke dalam atau keluar tabung. Alat suntik beserta jarum suntik umumnya dijual dalam satu paket. Kapasitas alat suntik antara lain 1 ml, 3 ml, 10 ml, dan yang lainnya.

tiang infus rumah sakit

59. Tiang Infus

Tiang Infus adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menempatkan cairan infus yang terhubung dengan pasien. Alat ini terdapat roda penyangga sebagai tumpuan untuk mempermudah memindahkan tiang infus. Tiang Infus biasanya dilengkapi dengan dua buah pengait untuk menggantungkan cairan infus atau cairan lain sesuai dengan kebutuhan perawatan pasien. Tiang Infus juga dapat di atur ketinggiannya.

penyekat ruangan rumah sakit

60. Bed Screen

Bed Screen atau skerem merupakan pembatas ruangan yang digunakan diruang rawat inap rumah sakit, berfungsi sebagai penyekat atau memisahkan satu pasien dengan pasien lainnya dalam satu ruangan rawat inap. Bed screen biasanya terbuat dari bahan besi dengan ujung yang melengkung serta terdapat engsel dipinggirnya sehingga bidang tersebut mudah dibelokan sesuai kebutuhan.

Baca artikel lainnya

ranjang pasien rumah sakit

61. Ranjang Pasien

Hospital bed atau ranjang pasien rumah sakit adalah tempat tidur yang dirancang khusus untuk pasien rawat inap atau orang lain yang membutuhkan beberapa bentuk perawatan kesehatan. Tempat tidur ini memiliki fitur khusus baik untuk kenyamanan dan kesejahteraan pasien dan untuk kenyamanan petugas kesehatan. Fitur umum termasuk ketinggian yang dapat disesuaikan untuk seluruh tempat tidur, kepala, dan kaki, rel samping yang dapat disesuaikan, dan tombol elektronik untuk mengoperasikan tempat tidur dan perangkat elektronik terdekat lainnya.

ranjang periksa klinik

62. Ranjang Periksa

Examination table atau ranjang periksa merupakan perlengkapan medis yang digunakan untuk memeriksa pasien dalam keadaan berbaring. Biasanya terbuat dari bahan besi dengan matras yang empuk di tutupi dengan sarung sehingga nyaman dan higenis untuk pasien. Ranjang dapat diseusaikan pada bagian punggung dan kepala. Meja periksa memang sangat mirip dengan tempat tidur sehingga banyak orang menyebutnya tempat tidur periksa atau ranjang periksa pasien.

uv lamp sterilizer

63. UV Lamp Sterilizer

UV Lamp Sterilizer merupakan alat yang digunakan untuk sterilisasi ruangan di rumah sakit dengan menggunakan sinar UVC LED yang dapat membunuh kuman sebesar 99,99 %. Radiasi UVC dikenal sebagai disinfektan untuk udara, air, dan permukaan yang tidak berpori. Radiasi UVC telah efektif digunakan selama beberapa dekade untuk mengurangi penyebaran bakteri, seperti tuberkulosis. UV Lamp sterilizer biasanya digunakan untuk mensterilkan ruangan seperti ruang operasi, penelitian ilmiah, farmasi atau industri makanan.

selang kanula oksigen

64. Selang Kanula

Nasal cannula merupakan aksesoris tambahan yang digunakan untuk pasien yang memerlukan oksigen konsentrasi sedang. Biasanya digunakan aliran oksigen antara 0.25-6LPM (liter per menit) dengan konsentrasi oksigen pada pasien 24-40%.

baju hazmat apd

65. Baju Hazmat

Pakaian hazmat (hazmat adalah singkatan dari hazardous materials atau bahan-bahan berbahaya), atau dikenal juga dengan nama pakaian dekontaminasi, adalah perlengkapan perlindungan pribadi yang terdiri dari bahan yang impermeabel dan digunakan untuk proteksi melawan material berbahaya, termasuk patogen, kuman dan penyakit berbahaya lainnya agar tidak mencapai bagian dalam tubuh manusia yang rentan. Bahan pakaian ini menurut standar yang ditetapkan oleh WHO dan kementerian kesehatan RI terbuat dari polietilena yang tidak mudah ditembus oleh virus.

patien monitor rumah sakit

66. Patien Monitor

Patien monitor merupakan suatu alat yang digunakan untuk memonitor kondisi fisiologis pasien. Dimana proses monitoring tersebut dilakukan secara real-time, sehingga dapat diketahui kondisi fisiologis pasien pada saat itu juga. Monitor pasien umumnya digunakan di rumah sakit, klinik, dan kendaraan transportasi darurat untuk mengamati pasien secara kritis selama suatu periode. Ini mengukur, merekam, dan menampilkan berbagai nilai fisiologis seperti tekanan darah (NIBP), detak jantung, SPO2, dan suhu.

apa itu buku ishihara

67. Buku Ishihara

Buku Ishihara ini berfungsi untuk mendeteksi kondisi mata apakah buta warna atau tidak. Buku ini sering digunakan untuk tes buta warna, yaitu sebuah uji untuk mengetahui apakah seseorang mengidap buta warna atau tidak. Buku ini disebut sebagai buku ishihara karena orang yang menemukan atau menciptakan buku ini bernama Ishihara. Nama lengkap penemu buku ishihara yang bermanfaat dalam tes buta warna sampai sekarang adalah Dr. Shinobu Ishihara yang berasal dari Jepang.

cemtrifuge klinis

68. Clinical Centrifuge

Centrifuge Alat pada laboratorium ini sering kita temui di dalam suatu biologi, medis atau lab industri yang berfungsi untuk memisahkan isi sampel berdasarkan kepadatannya. Ketika centrifuge berputar, itu akan menciptakan gaya sentrifugal yang kuat. Meskipun pemisahan pada akhirnya akan terjadi secara alami dengan gravitasi Bumi, mesin centrifuge mampu memberikan hasil yang cepat untuk laboratorium dan aplikasi lainnya.

cara pakai tourniquet

69. Tourniquet

Tourniquet merupakan alat yang berfungsi dalam penekanan dan digunakan untuk mengontrol sirkulasi vena dan arteri pada daerah pembedahan dalam jangka waktu tertentu. Tourniquet berfungsi untuk menghentikan pendarahan pada luka terbuka, dengan tujuan agar pasien tidak kehabisan darah.

nurse cap adalah

70. Nurse Cap

Nurse Cap atau penutup kepala merupakan produk sekali pakai yang biasanya digunakan oleh paramedis untuk melindungi rambut agar tidak jatuh pada saat melakukan proses operasi. Nurse Cap ini juga sering di gunakan pada area pabrik untuk menjaga agar rambut tidak tercecer sehingga tidak mengotori peralatan yang lain.

palu refleks adalah

71. Palu Refleks

Palu refleks merupakan alat untuk menentukan kemampuan refleksi dari tubuh terutama pada bagian lutut. Biasanya terbuat dari bahan stainless steel dan karet. Alat ini biasanya digunakan oleh dokter untuk memeriksa dan menguji refleks tendon dalam dari pasien. pengujian untuk reflek adalah bagian penting dari pemeriksaan fisik dari neurologis untuk mendeteksi kelainan dipusat maupun sistem syaraf parifer.

ambu bag adalah

72. Ambu Bag

Ambu bag merupakan perangkat medis yang memiliki fungsi untuk membantu memperlancar pernapasan. Alat ini terdiri dari kantong yang berfungsi memompa oksigen, serta valve atau pipa berkatup dan masker yang berfungsi menutup mulut dan hidung. Ambu bag biasanya diberikan kepada pasien untuk memberikan tekanan pada sistem pernapasan ketika penghentian nafas atau nafasnya tidak kuat.

ventilator medis adalah

73. Ventilator

Ventilator adalah peralatan medis yang mendukung atau menciptakan kembali proses pernapasan dengan memompa udara ke paru-paru. Orang yang tinggal di unit perawatan intensif (ICU) mungkin memerlukan dukungan ventilator. Ini termasuk orang dengan gejala pernapasan yang parah. Ada berbagai jenis ventilator, dan masing-masing menyediakan berbagai tingkat dukungan. Jenis yang digunakan dokter akan tergantung pada kondisi pasien.

kegunaan selang kateter

74. Selang Kateter

Kateter merupakan sebuah alat berupa tabung kecil yang fleksibel dan biasa digunakan pasien untuk membantu mengosongkan kandung kemih. Pemasangan alat ini dilakukan khusus untuk pasien yang tidak mampu buang air kecil sendiri dengan normal. Pada Umumnya penggunaan kateter hanya untuk sementara, sampai pasien mampu kembali buang air kecil sendiri. Kateter juga perlu diganti dalam jangka waktu tertentu agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak memicu infeksi.

pispot rumah sakit

75. Bedpan/Pispot

Bedpan atau pispot adalah wadah yang digunakan untuk toilet pasien yang terbaring di tempat tidur di fasilitas perawatan kesehatan, dan biasanya terbuat dari logam, gelas, keramik, atau plastik. Bedpan dapat digunakan untuk keluarnya urine dan feses.

fungsi alat bedah

76. Instrumen Bedah

Instrumen bedah adalah alat yang dirancang untuk digunakan untuk kegiatan pembedahan, seperti membedah hewan, manusia, dan sebagainya. Saat ini sudah ada alat pembedahan minimal invasif yang dilakukan hanya dengan membuat sayatan kecil pada kulit untuk melakukan tindakan pembedahan, ada juga pembedahan oleh robotik. Ada beragam instrumen yang tersedia untuk digunakan selama prosedur pembedahan, masing-masing memiliki funsgi dan kegunaan tersendiri, diantaranya seperti pinset, pisau bedah, gunting beda, paku bedah bertangkai, jarum bertangkai dll.

kegunaan perban elastis

77. Bandage/Perban

Bandage atau perban adalah sepotong bahan yang digunakan baik untuk mendukung perangkat medis seperti pembalut atau belat, atau dengan sendirinya untuk memberikan dukungan kepada atau untuk membatasi pergerakan bagian tubuh.

plester untuk luka

78. Plester

Plester merupakan item penting di pada kotak P3K dan penting untuk dilengkapi dengan jenis yang tepat untuk situasi tertentu. Plester juga disebut sebagai pembalut perekat, plester adalah pembalut steril yang digunakan untuk menutupi luka ringan, lecet dan luka berdarah ringan. Melindungi cedera serta membantu mencegah dari infeksi dan kerusakan lebih lanjut.

kegunaan otoscope

79. Otoscope

Otoscope adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan telinga secara menyeluruh. Ini dilakukan untuk menyaring masalah telinga, seperti gangguan pendengaran, sakit telinga, keluarnya cairan, benjolan, atau benda di telinga. Pemeriksaan telinga dengan menggunakan otoscope dapat menemukan masalah di saluran telinga, gendang telinga, dan telinga tengah. Masalah-masalah ini mungkin termasuk infeksi, terlalu banyak kotoran telinga, atau benda-benda yang masuk kedalam telinga.

kegunaan microscope

80. Microscope

Mikroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda kecil, bahkan sel. Bayangan suatu benda diperbesar melalui setidaknya satu lensa di mikroskop. Lensa ini membelokkan cahaya ke arah mata dan membuat objek tampak lebih besar dari yang sebenarnya. Jenis mikroskop yang paling dikenal adalah mikroskop optik, yang menggunakan cahaya tampak yang difokuskan melalui lensa.
Manfaat dari penggunaan mikroskop yaitu mampu mengukur benda-benda yang tidak dapat terukur dengan ketelitian tinggi oleh alat ukur konvensional, seperti bakteri, virus, sel darah dan sel-sel tubuh makhluk hidup. Mikroskop memiliki skala ukur yang dapat berimpit dengan bayangan benda sehingga ukuran benda dapat diketahui dengan pasti.

Telah di update : 11 Juli 2022

Sumber Referensi >
https://www.disabled-world.com/assistivedevices/mobility/wheelchairs/
https://www.verywellhealth.com/walker-or-rollator-2318325
https://www.physio-pedia.com/Crutches
https://www.docdoc.com/medical-information/procedures/orthopedic-brace
https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9703-pregnancy-tests
https://www.cdc.gov/hiv/basics/hiv-testing/test-types.html
https://www.medicalnewstoday.com/articles/air-purifier-for-asthma
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322228
https://archives.drugabuse.gov/blog/post/science-drug-testing-how-alcohol-breath-tests-work
https://www.wise-geek.com/what-is-a-stadiometer.htm
https://www.healthline.com/health/pregnancy/at-home-fetal-doppler
https://www.medicalnewstoday.com/articles/326353
https://www.philips.co.id/id/c-e/hs/perawatan-pernapasan/what-is-peak-flow-meter.html
https://www.healthline.com/health/tens-vs-ems
https://www.news-medical.net/health/How-Does-Infrared-Therapy-Work.aspx
https://www.medicalnewstoday.com/articles/323346
https://www.webmd.com/balance/guide/cupping-therapy
https://www.fda.gov/medical-devices/personal-protective-equipment-infection-control/medical-gloves
https://www.fda.gov/medical-devices/infusion-pumps/what-infusion-pump
https://www.zoll.com/resources/what-is-a-suction-machine
https://healthpointpathways.co.nz/hospital-emergency-trolley/
https://vetmansoura.com/archive/Radiology/X-RayImageRecording/Recording1.html
https://www.halodoc.com/kesehatan/x-ray
https://www.steris.com/healthcare/knowledge-center/surgical-equipment/ultimate-guide-to-operating-table
https://en.wikipedia.org/wiki/Surgical_lighting
https://www.fda.gov/medical-devices/coronavirus-covid-19-and-medical-devices/uv-lights-and-lamps-ultraviolet-c-radiation-disinfection-and-coronavirus
https://id.wikipedia.org/wiki/Pakaian_hazmat
https://druckerdiagnostics.com/knowledge/how-a-centrifuge-works/
https://www.uofmhealth.org/health-library/hw222815
https://id.wikipedia.org/wiki/Alat_bedah
https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroskop