Dalam upaya menjalani hidup sehat, pemantauan komposisi tubuh merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Komposisi tubuh adalah berbagai komponen yang ada dalam tubuh manusia seperti persentase lemak, rangka tulang, otot, dan lainnya. Komposisi tubuh ini dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kualitas tidur, dan perubahan gaya hidup. Komposisi tubuh dapat diukur menggunakan timbangan digital khusus atau biasa disebut Body Fat Monitor / Body Composition Monitor.

Body Fat Monitor atau Body Composition Monitor sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai merk, tipe, dan fitur yang berbeda. Timbangan ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang diet sebagai alat untuk manajemen berat badan ideal, atlet yang selalu latihan rutin untuk memantau ototnya, atau bahkan digunakan oleh seseorang yang sekedar ingin mengetahui komposisi tubuh untuk upaya hidup lebih sehat.

Penggunaan timbangan ini cukup mudah dan simple seperti menimbang berat badan pada umumnya. Banyak pertanyaan mengenai timbangan ini, seperti seberapa akurat, pengukurannya terdiri dari apa saja, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk informasi selengkapnya mengenai Body Fat Monitor / Body Composition Monitor, yuk baca artikel ini karena akan merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar alat ini.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut merupakan pertanyaan-pertanyaan dari customer yang sering diajukan pada kami saat ingin mencari informasi mengenai Body Fat Monitor / Body Composition Monitor.

Apa Fungsi Timbangan Kadar Lemak?

Timbangan kadar lemak merupakan timbangan digital yang berfungsi untuk mengetahui komposisi tubuh, seperti persentase lemak, rangka tulang, massa otot, berat badan, indeks massa tubuh (BMI), lemak visceral, Usia tubuh, dan lainnya.

Apa Manfaat dari Timbangan Kadar Lemak?

Timbangan ini memiliki manfaat untuk mengetahui penyebab kenaikan atau penurunan berat badan, Apakah berasal dari penambahan otot, kehilangan lemak, atau yang lainnya.

Apa yang dimaksud dengan Komposisi Tubuh?

Komposisi tubuh merupakan komponen-komponen yang menyusun tubuh, seperti tulang, cairan, persentase lemak, dan otot yang ada didalam tubuh. Dua orang dengan jenis kelamin berbeda yang memiliki berat badan sama mungkin akan terlihat berbeda satu sama lain karena memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Bagaimana Cara Kerja Timbangan Kadar Lemak?

Timbangan kadar lemak bekerja dengan bantuan sensor yang menggunakan impedansi bioelektrik. Saat menginjak timbangan, arus listrik kecil akan mengalir melalui kaki dan melintasi panggul untuk mengukur resistansi lemak tubuh. Lalu, sensor akan mengukur tingkat resistansi. Semakin tinggi resistensi maka semakin tinggi persentase lemak.

Perbedaan Timbangan Kadar Lemak dengan Timbangan Digital Biasa adalah?

Timbangan kadar lemak diukur dengan bantuan sensor dan dapat melihat hasil pengukuran komposisi tubuh, termasuk berat badan. Sedangkan timbangan digital hanya dapat mengukur berat badan saja.

Selain Kadar Lemak, Timbangan ini Dapat Mengukur Apa Saja?

Timbangan kadar lemak ini dapat mengukur berat badan, persentase lemak tubuh, otot, tulang, air, lemak visceral, usia tubuh, metabolisme saat istirahat, BMI, dan usia tubuh. Namun, tidak semua fitur dimiliki oleh timbangan kadar lemak, ada yang hanya dilengkapi sebagian bahkan ada juga tambahan fitur untuk mengukur tinggi badan tergantung pada merk dan tipe timbangan yang ditawarkan.

Apa yang dimaksud dengan Indeks Massa Tubuh?

Indek Massa Tubuh (BMI) merupakan hasil dari pengukuran berat badan dan tinggi badan untuk menentukan total lemak yang ada pada tubuh. Klasifikasi BMI terbagi menjadi 4 yaitu:

  • < 18.5 : Berat Badan Kurang
  • 18.5 - 25 : Normal
  • 25 - 30 : Berat Badan Berlebihan
  • > 30 : Obesitas

Baca artikel lainnya

Apakah Timbangan Kadar Lemak Bisa Digunakan Oleh Orang yang Sedang Diet?

Ya, Tentu. Timbangan ini sangat cocok bagi orang yang sedang menjalankan program manajemen berat tubuh ideal. Selain bagi orang yang sedang diet, timbangan ini juga cocok digunakan oleh atlet yang sering olahraga secara intensif.

Berapa Persentase Lemak Tubuh Normal?

Persentase lemak tubuh merupakan jumlah lemak total yang dimiliki seseorang berdasarkan berat badan secara keseluruhan. Berikut merupakan kategori umum persentase lemak tubuh:

  • Rendah
    Pria: < 13%
    Wanita: < 24%
  • Normal
    Pria: 8 - 25%
    Wanita: 21 - 36%
  • Tinggi
    Pria: 19 - 30%
    Wanita: 33 - 42%
  • Obesitas
    Pria: > 25%
    Wanita: > 39%

Apakah Timbangan Kadar Lemak Akurat?

Secara umum timbangan lemak tubuh hanya memberikan perkiraan kasar terkait persentase lemak tubuh. Banyak faktor lain yang mempengaruhi hasil dat timbangan ini.

Apa Saja Faktor yang Dapat Mempengaruhi Hasil Akurasi dari Timbangan Ini?

Hal yang dapat mempengaruhi hasil dari timbangan ini adalah Jenis kelamin, letak penyimpanan lemak pada tubuh, kehamilan, usia, dan tinggi badan.

Apa yang dimaksud dengan Lemak Visceral?

Lemak visceral merupakan lemak yang berada pada perut dan mengelilingi organ dalam tubuh. Lemak Visceral terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu normal, tinggi, dan sangat tinggi.

  • Normal: 0.5 - 9.5
  • Tinggi: 10-14.5
  • Sangat Tinggi: 15-30

Bagaimana cara Menggunakan Timbangan Kadar Lemak?

Penggunaan timbangan kadar lemak sama seperti menggunakan timbangan digital pada umumnya. Namun ada beberapa hal yang berbeda menyesuaikan dengan fitur dari produknya.

  1. Sebelum menggunakan timbangan, letakan alat pada permukaan yang rata, datar dan keras. Hindari meletakkannya di atas ubin, permadani, atau karpet yang tidak rata atau bergelombang.
  2. Nyalakan timbanga lalu atur waktu dan tanggal
  3. Masukan data personal seperti tanggal lahir, tinggi badan, jenis kelamin, dan lainnya.
  4. Injak timbangan lalu diam jangan berpegangan atau menyentuh apapun
  5. Tunggu beberapa saat sampai timbangan berhenti mengukur
  6. Jika sudah, maka hasil pengukuran akan muncul pada layar LCD

Bagaimana jika Hasil Pengukuran Tidak Normal dan Jauh dari Sebelumnya?

Hal tersebut dapat terjadi jika postur tubuh tidak benar saat pengukuran, timbangan diletakan pada permukaan lunak dan tidak rata, serta sensor terlalu dingin. Hal tersebut dapat diatasi dengan menunggu elektroda sensor tidak terlalu dingin, postur tubuh yang benar, dan letakan timbangan di tempat keras serta rata.

Apa Perbedaan Usia Tubuh dengan Usia Sebenarnya?

Usia tubuh atau Body age merupakan ukuran seberapa baik atau buruk fungsi tubuh dibandingkan dengan usia sebenarnya. Sedangkan, usia sebenarnya merupakan usia yang dihitung sejak pertama kali lahir ke muka bumi.

Apakah Timbangan Kadar Lemak ini Ada Memori Penyimpanannya?

Ya, Tentu. Ada beberapa tipe timbangan digital yang memiliki memori penyimpanan.

Berapa Berat Maksimal Pengguna Timbangan Kadar Lemak?

Berat maksimal pengguna timbangan ini yaitu cukup beragam tergantung merk dan tipe apa, namun rentang maksimalnya mulai dari 135 kg hingga 200 kg.

Bagaimana Cara Merawat Timbangan Kadar Lemak?

Perawatan dari timbangan ini cukup mudah yaitu dapat dibersihkan dengan lap atau kain basah pada permukaan timbangan.