Berkat terobosan teknologi dibidang medis, metode sterilisasi telah berkembang selama bertahun-tahun. Sekarang ada beberapa alat sterilisator dengan metode sterilisasi yang berbeda yang digunakan di laboratorium. Namun, autoklaf dengan uap tetap menjadi metode pilihan untuk sterilisasi di sebagian besar laboratorium. Terlepas dari kenyataan bahwa autoklaf adalah metode sterilisasi yang bersih, cepat, andal, dan relatif murah tanpa bahaya lingkungan dan masih banyak digunakan di rumah sakit. Dikatakan demikian, ada tiga metode sterilisasi yang umum digunakan yaitu sterisasi uap, sterilisasi uap kimiawi dan sterilisasi panas kering. Nah, kali ini kami akan membahas salah satu produk sterilsasi menggunakan panas kering merk Serenity SR-N100.

Apa Itu Sterilisator Kering?

Sterilisasi panas kering atau Dry Heat Sterilization adalah metode lain yang populer untuk sterilisasi yang menggunakan waktu dan panas untuk membunuh semua bentuk kehidupan mikroba, termasuk spora mikroba dan virus. Proses ini pada dasarnya mensterilkan menggunakan oven. Oven panas kering digunakan untuk mensterilkan barang-barang yang dapat menimbulkan korosi di dalam autoklaf uap. Unit memerlukan perawatan dan tidak menimbulkan korosi atau karat pada instrumen dan peralatan. Jumlah waktu yang diperlukan untuk mensterilkan tergantung pada suhu oven. Sterilisasi panas kering biasanya memakan waktu sekitar satu jam pada suhu 170 derajat celcius atau 2 jam pada suhu 160 derajat celcius. Ini hanya boleh digunakan untuk barang-barang yang tidak dapat ditembus seperti bahan logam.

Sterlisator Kering 2 Pintu Serenity SR-N100

Sterilisator kering 2 pintu dari Serenity SR-N100 dngan metode sterilisasi yang berbeda pada tiap ruangan dan dapat dioperasikan secara terpisah. Dirancang dengan metode pemanas menggunakan teknologi ozon dan sinar inframerah dikombinasikan dengan sistem pemanas, sterilisator ini berfungsi untuk mensterilkan barang-barang yang terbuat dari logam, kaca atau plastik yang perlu untuk disterilkan.

Cara mengoprasikan sterlisator kering

Sterilisator kering atau dry sterilizer merk Serenity SR-N100 Dirancang menggunakan teknologi yang berbeda disetiap pintu, pada pintu atas menggunakan teknologi ozon dengan pengeringan medium, digunakan untuk mensterilkan barang atau material yang tidak tahan akan panas tinggi seperti bahan kaca, plastik, kapas dll. Sedangkan pada pintu bagian bawah menggunakan pemanas elemen dengan sinar inframerah untuk mensterilkan objek yang tidak tahan temperatur tinggi diatas 170 derajat celcius.

Untuk firturnya, sterilisator kering ini dilengkapi dengan mekanis cerdas untuk mengontrol kondisi di dalam mesin sterilisator. Ketika pintu dibuka, alat akan secara otomatis berhenti beroperasi ketika ruang bagian atas sedang proses sterilisasi dengan ozon. Ruang atas akan bekerja kembali setelah pintu di tutup, dengan cara ini pengoprasian akan aman dan andal. Dilengkapi dengan 3 tombol dan lampu indikator untuk memonitor proses sterilisasi. Pada tombol "UPER" digunakan untuk mengoprasikan sterilisasi pada bagian atas sedangkan tombol "LOWER" digunakan sterilisasi pada bagian bawah, kemudian untuk tombol "AUTOMATIC" digunkanan untuk proses sterilisasi ganda yaitu pengoprasian bagian atas dan bawah bekerja secara bersamaan.

Sterilisator kering serenity SR-N100

Untuk kerangka atau casingnya, ini terbuat dari bahan stainless steel dan pada bagian pintu atas dan bawah terbuat dari kaca, pada bagian atas dilengkapi dengan dua rak berbahan stainless dan 3 rak bahan stainless pada bagian bawah, masing-masing rak dapat menampung beban hingga 2 kg.
Nah untuk spesifikasinya, Sterilisator kering Serenity SR-N100 memiliki daya output sekitar 600 Watt dengan termperatur sterilisasi hingga 125 derajat celcius. Untuk durasi kerja pada ruang bagian atas sekitar 30 menit dan ruang bagian bawah 15 menit. Nah dari segi dimensi, sterlisator kering ini memiliki dimensi panjang sekitar 42 cm dengan lebar 32.5 cm serta tinggi 91 cm, lalu untuk beratnya sekitar 12.5 kg. Alat ini juga mampu mensterilkan barang-barang hingga kapasitas 100 liter.

Baca artikel lainnya

Cara Mengoperasikan Sterilisator Kering

Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengoprasikan sterilisator kering, simak pada tips dibawah ini ya.

  • Sebelum menggunakan pastikan objek yang akan disterilkan haru benar-benar kering dan tidak ada air
  • Susun objek yang akan disterilisasi pada rak bertingkat didalam kabinet, sisakan jarak diantara setiap objek untuk mencapai hasil disinfeksi yang baik. Kemudian tutup pintu kabinet.
  • Selama sterilizer menyala, buzzer akam menghasilkan suara
  • Tekan Tombol "UPER" maka indikator pada pintu kabinet atas akan menyala, kabinet atas akan bekerja membersihkan dan pengeringan dengan ozon selama 30 menit.
  • Tekan tombol "LOWER" maka indikator pada pintu kabinet bawah akan menyala, kabinet bawah akan memulai sterilisasi bertemperatur tinggi, sensor temperatur secara otomatis mempertahankan termperatur didalam kabinet bawah diatas 120 derajat celcius selama 15 menit dan setelah itu secara otomatis berhenti bekerja.
  • Tekan tombol "AUTOMATIC" maka indikator yang bersesuaian akan menyala, kabinet atas dan bawah mulai bekerja pada waktu yang sama. Kabinet atas bekerja dengan durasi selama 30 menit dan kabinet bawah 15 menit.
Cara mengoprasikan sterlisator kering

Nah untuk perawatan pada sterilisator kering merk Serenity SR-N100 supaya awet, sebelum membersihkan alat cabut terlebih dahulu steker daya, pastikan daya dimatikan sebelum membersihkan sterilisator. Gunakan kain lesterisator medis, sterisator kering 2 pintu, sterilisasi dengan ozon dan inframerah, sterilisator inframerah, serenity sr-n100 sterilisator, dry sterilizer, sterlisator infrmarah dan ozon, cara menggunakan sterlisator kering,mbut atau spons yang dibasahi dengan deterjen ringan untuk memberihkan permukaan casing dan kaca. Hindari penggunaan minyak tanah, pemoles dan pembersih deterjen beracun dan abrasif. Untuk menghindari kebocoran atau karat pada permukaan casing, jangan menumpahkan air langsung kedalam sterilisator.

Untuk perawatan dan tips lainnya, jangan memasukan objek apapun (yang tidak tahan temperatur diatas 75°C) kedalam kabinet atas. Lalu objek yang akan dimasukan kedalam kabinet bawah harus tahan temperatur diatas 170°C. Objek yang akan disterilkan harus disusun dengan teratur agar hantaran panas mencapai efisiensi sterilisasi yang tinggi. Objek tidak boleh menutupi pengontrol temperatur. Untuk alasan keamanan, jauhkan anak-anak dari alat sterilisator untuk menhindari kerusakan dan cedera.