Autoclave atau Autoklaf biasanya digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan untuk mensterilkan perangkat medis. Barang yang akan disterilkan ditempatkan di dalam drum, yang biasa disebut dengan chamber. Tiga faktor penting untuk memastikan keberhasilan sterilisasi uap dalam autoklaf: waktu, suhu, dan kualitas uap.

Uap berkualitas penting untuk keberhasilan proses sterilisasi autoklaf. Uap yang digunakan untuk sterilisasi harus terdiri dari 97% uap (uap) dan 3% uap air (air cair). Rasio ini direkomendasikan untuk perpindahan panas yang paling efisien. Jika kadar air steam kurang dari 3%, steam digambarkan sebagai superheated (atau kering). Steam superheated terlalu kering untuk perpindahan panas yang efisien dan tidak efektif untuk sterilisasi steam.

Suhu yang umumnya direkomendasikan untuk sterilisasi uap adalah 250 ° F (121 ° C), 270 ° F (132 ° C), atau 275 ° F (135 ° C). Untuk membunuh mikroorganisme yang ada, barang yang disterilkan harus terpapar pada suhu ini selama waktu minimum yang direkomendasikan oleh produsen perangkat yang sedang diproses.


Penggunaan Autoclave

Autoklaf dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri dan medis. Autoklaf industri digunakan di lingkungan manufaktur untuk memproses suku cadang dan material menggunakan uap panas dan tekanan: misalnya, dalam pembuatan kayu yang diberi perlakuan tekanan dan karet khusus yang digunakan pada ban mobil Anda. Autoklaf juga digunakan dalam penelitian ilmiah dan industri farmasi - selain peralatan sterilisasi yang digunakan dalam penelitian laboratorium, kebanyakan autoklaf dilengkapi dengan siklus cairan untuk mensterilkan cairan yang digunakan di lingkungan laboratorium.



Alat sterilisasi uap medis digunakan di lingkungan perawatan kesehatan untuk mensterilkan peralatan yang tahan panas dan lembab seperti instrumen bedah, perangkat medis implan, serta tirai dan linen bedah. Siklus yang digunakan dalam alat sterilisasi uap medis dikembangkan dan divalidasi sesuai dengan standar industri yang diakui. Di Amerika Serikat, alat sterilisasi uap yang digunakan dalam perawatan kesehatan harus disetujui untuk digunakan oleh Food and Drug Administration atau FDA untuk penggunaan yang dimaksudkan oleh produsen alat sterilisasi tersebut.


Autoclave GEA YX-24LDJ Alat Sterilisasi Uap


Produk ini menggunakan uap jenuh untuk mensterilkan benda dengan cepat dan efisien. Produk ini dapat digunakan dirumah sakit, pusat kesehatan masyarakat, stasiun kesehatan, klinik di pabrik dan tambang, lembaga penelitian ilmiah dll, untuk mensterilkan peralatan medis, pakaian bedah, peralatan dari kaca, larutan, substrata. Produk ini juga dapat digunakan sebagai panci pemasak makanan di daerah dataran tinggi dan digunakan untuk membuat air minum berkualitas tinggi diperusahaan industri dan pertambangan.


GEA YX-24LDJ


Struktur dan Karakteristik


Dengan pengatur uap bertekanan, ketika tekanan mencapai nilai pengaturan, pengatur ini akan menjaga dan mengontrol alat. Dengan pengatur waktu, ketika waktu pencapai pengaturan, mematikan daya dan alarm secara otomatis untuk menunjukan sterilisasi telah selesai.

Dengan katup pengaman, katup pelepas udara dan pengukur tekanan, ketika tekanan uap melampaui 0,165 MPa, katup pelepas udara harus membuang tekanan untuk memastikan, ada pengukuran di bagian depan pengukur tekanan untuk MPa dan suhu untuk pemeriksaan data.

Dengan elemen pemanas listrik jenis immerge, kontrol tekanan otomatis. Wadah dan drum yang terbuat dari besi tahan karat, anti-asam, anti-basa dan anti-karat.


GEA YX-24LDJ


Spesifikasi Produk


1. Mensterilkan volume 0,024M3
2. Tekanan kerja 0,14-0,16MPa
3. Maks. tekanan keamanan 0,165MPa
4. Rentang pengaturan tekanan 0,05-0,14 MPa
5. Rentang waktu: 0-60 menit
6. Daya/konsumsi: 2KW / AC220V. 50HZ
7. Ukuran drum: diameter 280x390 mm
8. Dimensi 41x41x63 cm
9. Berat bersih 18kg
10. Berat kotor 20kg


Berikut ini adalah tabel waktu, tekanan dan suhu untuk berbagai jenis benda yang harus disterilisasi


Benda Sterilisasi Autoclave


Cara Penggunaan


1. Menuangkan Air

Tuang 1,5 liter air kedalam wadah dan siap untuk digunakan. Karena seterilisasi akan menghabiskan sebagian dari jumlah air, tambah kan air sampai batas yang ditentukan sebelum digunakan lagi, jika tidak tabung elektro-termal akan rusak karena kekurangan air.


2. Memasukkan

Masukkan benda yang akan disterilkan pada pelat saringan di drum sterilisasi, bungkus dengan benar, sisakan ruang di antara bungkusan sehingga uap dapat menembus, dengan demikian kualitas sterilisasi terjamin.


3. Menutup

Masukkan drum sterilisasi ke dalam wadah. Kencangkan mur kupu (wing nuts) sampai tutup dan wadah tertutup dengan kunci pas.


4. Proses Operasi Pemanasan

1. Masukkan steker ke stopkontak, lalu tutup klep pada katup.
2. Nyalakan sakelar Pre-Heat, pilot Pre-Heat menyala dan alat mulai panas, ketika uap terdesak keluar, tutup 2 klep, bersama dengan pemanasan yang sedang berlangsung, jarum akan menunjukkan tekanan uap. Matikan sakelar Pre-Heat ketika katup pengaman mengeluarkan uap secara otomatis.
3. Putar tombol kontrol tekanan ke posisi tekanan yang Anda inginkan (maks. 0,14MPa)
4. Putar pengatur waktu ke waktu nyata, tambahkan 10 menit searah jarum jam, lalu kembali ke waktu sterilisasi.
5. Matikan sakelar Pre-Heat, nyalakan sakelar waktu, alat memasuki keadaan termostat, pilot akan menyala pada waktu ini (termostat berfungsi) ketika waktu mencapai waktu yang ditentukan, daya pemanas akan terputus, lampu pilot meredup dan alarm berbunyi, lalu pengatur waktu mati dan sterilisasi selesai

Pendinginan

Ketika sterilisasi selsai, buka klep pada katup pelepas udara untuk mengeluarkan uap, ketika jarum pengukur tekanan menunjuk ke angka nol, Anda dapat membuka tutupnya. (jika bendanya berupa cairan atau kaca, jangan keluarkan uap sekaligus, jika tidak cairan akan mengalir keluar atau bahkan terjadi ledakan)


Keamanan dan Pemeliharaan


Alat sterilisasi ini merupakan wadah bertekanan uap seingga tidak berdampak dalam penggunaan dan melarang tekanan berlebih. Jika jarum pada pengukur tekanan mencapai 0,165MPa dan katup pengaman tidak mengeluarkan uap, maka alat harus segera dihentikan dan periksa katup pengaman.

Jarum harus berbeda pada posisi nol sebelum menggunakan pengukur tekanan, jika tidak pengukuran tekanan akan rusak dan harus diperbaiki atau diganti. Pengukur tekanan harus diatur 1-2 kali per tahun untuk memastikan kepekaan dan ketepatan.

Keluarkan air dari dalam wadah dai ir kondensasi dibawah pelat saringan dan sebaiknya bersihkan air dan endapan pada tabung elektro-termal untuk menjaga kualitas sterilisasi dan memperpanjang masa pakai.

Gasket cepat aus. Jika tidak berfungsi dengan baik periksa apakah gasket sudah aus dan keras segera ganti gasket.