Orang yang sering menimbang berat badannya secara rutin bahkan dikatakan dapat mencapai berat badan yang diinginkan lebih cepat. Kebiasaan ini pun dinilai mampu mempengaruhi kebiasaan sehat. Saat ingin menjaga, menurunkan, atau menambah berat badan. Timbangan badan merupakan benda penting untuk dimiliki. Anda perlu mengetahui macam-macam timbangan serta tips memilih dan menggunakannya agar bisa mencapai target berat badan yang diinginkan.

Jika ingin mengetahui berat badan, Anda dapat mengukurnya dengan menggunakan timbangan badan. Ada beberapa jenis timbangan badan antara lain timbangan digital, timbangan manaul dan ada juga timbangan dilengkapi dengan pengukur tinggi badan yang sering digunakan di banyak klinik atau ruang praktek dokter.

Nah sebelum membeli timbangan badan digital pastikan sudah mengetahui informasi-informasi dasar mengenai kegunaan dan fungsinya. Selain itu juga kenali fitur-fitur dalam alat timbangan digital seperti beban maksimal, indikator-indikator penting dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sering diajukan kepada kami saat ingin mencari informasi atau membeli produk timbangan.

Apa Perbedaan Timbangan Badan Manual dengan Digital?

Perbedaan utama dari timbangan badan manual dengan digital yaitu sistem kerjanya, timbangan manual menggunakan pegas dimana bekerja secara mekanis, dengan putaran jarum untuk menunjukan ukuran berat yang sudah terskala. Sedangkan Timbangan digital bekerja secara elektronik, menggunakan sensor untuk mengukur berat dan memiliki layar LCD untuk menampilkan hasil pengukuran.

Apa Perbedaan Timbangan Badan Digital dengan Timbangan Lemak?

Timbangan digital bekerja secara otomatis untuk mengukur berat badan. Sedangkan timbangan lemak bekerja dengan bantuan sensor yang menggunakan impedansi bioelektrik. Saat Anda menginjak timbangan, arus listrik kecil mengalir melalui kaki Anda dan melintasi panggul Anda, mengukur jumlah persentase dari lemak tubuh. Timbangan lemak biasanya dapat mengukur berat badan, indeks massa tubuh (BMI), otot Rangka, lemak tubuh dan lain-lain.

Ada Berapa Jenis Timbangan Digital

Ada banyak jenis timbangan digital yang dijual dipasaran antara lain timbangan badan digital, timbangan lemak, timbangan digital bayi, timbangan bagasi dan lain-lain.

Apa Itu Timbangan Bayi?

Timbangan digital bayi merupakan alat yang digunakan untuk mengukur berat badan dan panjang bayi. Timbangan bayi dapat digunakan untuk mengukur berat badan bayi dalam periode usia saat kelahiran hingga usia dua tahun sehingga orang tua bisa memantau perkembangan gizi buah hati.

Apakah Timbangan Badan Digital Ada Memori Penyimpanan?

Ya. Ada beberapa tipe timbangan digital yang memiliki memori penyimpanan.

Apakah Timbangan Badan Digital Ada Konektivitas Bluetooth?

Ya. Ada beberapa timbangan digital yang memiliki konektivitas bluetooth.

Saya Sedang Melakukan Program Diet, Timbangan Jenis Apa Yang Harus Pakai?

Jika Anda sedang melakukan program diet Anda bisa membeli timbangan digital dengan banyak fitur seperti indeks masat tubuh (BMI), kadar lemak, rangka otot dan lain sebagainya.

Baca artikel lainnya

Bagaimana Cara Menggunakan Timbangan Badan Digital Dengan Benar?

Untuk mendapatkan pembacaan paling akurat dari timbangan digital, berikut ini adalah cara menggunakan timbangan badan dengan baik dan benar.

  • Sebelum menggunakan timbangan digital, letakan alat pada permukaan yang rata, datar dan keras. Hindari meletakkannya di atas ubin, permadani, atau karpet yang tidak rata atau bergelombang.
  • Injak timbangan lalu berdiri diam pada timbangan dengan kedua kaki dengan rata. Jangan menyentuh atau memegang apa pun, karena hal itu akan memengaruhi bobot yang ditampilkan oleh timbangan.
  • Turunkan kaki pada timbangan, berhati-hatilah untuk tidak melompat ke atas atau dari alat karena ini dapat merusak timbangan. Cukup turunkan kaki perlahan.
  • Jika Anda menghitung berat badan Anda, catat angkanya dalam jurnal atau pada selembar kertas grafik. Membuat grafik berat badan Anda akan membantu Anda melihat tren secara keseluruhan dan perubahan berat badan dan juga memberikan bantuan visual untuk kemajuan berat badan Anda

Apakah Timbangan Badan Digital Disimpan Tegak?

Ya. Timbangan digital dapat disimpan pada posisi tegak.

Apakah Timbangan Badan Digital Akurat Saat Diletakan di Karpet?

Tidak. Direkomendasikan agar timbangan digunakan pada permukaan yang datar dan keras untuk pembacaan yang akurat.

Bagaimana Cara Mengubah Satuan Ukuran pada Timbangan Badan Digital?

Untuk mengubah satuan ukuran biasanya terdapat tombol tersendiri untuk mengganti satuan unit, biasanya timbangan digital mengukur dengan satuan unit kg dan lb.

Dimana Saya Harus Menyimpan Timbangan Badan Digital?

Saa menyimpan timbangan ketika tidak digunakan, penting untuk menghindari area dimana terdapat air, suhu ekstrem, kelembaban, debu dan sinar matahari langsung. Hindari tempat yang berisiko adanya goncangan atau terjatuh. Jauhkan dari bahan kimia dan jangkauan bayi dan anak-anak.

Apa Jenis Baterai Yang Digunakan Untuk Timbangan Badan Digital?

Jenis baterai pada timbangan digital berbeda-beda tergantung merk dan tipe, biasanya jenis baterai yang digunakan yaitu baterai kancing jenis CR2032 atau jenis baterai alkaline ukuran AAA.

Berapa Maksimum Beban Pada Timbangan Badan Digital?

maksimum beban pada timbangan digital berbeda-beda tergantung merk dan tipe, biasanya timbangan digital mampu menopang beban berat hingga 120 kg bahkan bisa sampai 200 kg.

Apakah Timbangan Badan Digital Mudah Pecah?

Ya, kebanyakan timbangan digital terbuat dari bahan kaca, maka dari itu saat tidak terpakai simpan pada tempat yang aman.

Bagaiman Cara Merawat Timbangan Digital?

Untuk merawat timbangan digital terbilang mudah, bersihkan timbangan dengan lap atau kain basah, Jauhkan dari bahan kimia dan jangkauan bayi dan anak-anak.