Cahaya merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia karena dapat memberikan penerangan dalam melakukan aktivitas. Salah satu sumber cahaya yang dibutuhkan oleh manusia yaitu matahari. Selain untuk memberikan penerangan, matahari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. matahari memancarkan sinar yang memiliki vitamin D dan berperan sebagai zat yang dapat memperbaiki sistem imun tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat sinar matahari bagi kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat dari sinar matahari:

Perbedaan Lampu Terapi Infaramerah dengan Sinar Matahari
  1. Membuat tidur lebih nyenyak
    Mendapatkan sinar matahari yang cukup di siang hari sangat penting untuk tidur yang nyenyak di malam hari. Hal tersebut disebabkan oleh, sinar matahari dapat meningkatkan kadar melatonin malam hari sehingga membantu tidur lebih nyenyak.
  2. Meningkatkan Fungsi Otak
    Berjemur sebentar dibawah sinar matahari dapat meningkatkan kesigapan dan kemampuan berpikir. Hal tersebut disebabkan karena panjang gelombang yang ditentukan dalam sinar matahari dapat mempengaruhi aktivitas struktur otak sehingga meningkatkan kesigapan.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Sinar matahari memberikan mekanisme khusus terhadap sel T yang memainkan peran dalam kekebalan manusia. Menurut penelitian, sinar matahari secara langsung mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh dan meningkatkan pergerakan sel.
  4. Mengandung Vitamin D
    Tidak dipungkiri bahwa sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang berlimpah. Vitamin D yang diserap akan terakumulasi dalam sel-sel, dimana akan meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor untuk tulang. Tanpa vitamin D yang cukup, tulang tidak akan terbentuk dengan baik.
  5. Meningkatkan Mood
    Sinar matahari dapat membantu meningkatkan kadar serotonin di otak yang dapat mengurangi perasaan depresi. Kadar serotonin yang tinggi juga dapat menjadikan suasana hati lebih baik.

Manfaat dari sinar matahari memanglah banyak terutama bagi kesehatan. Tapi, sayangnya dari banyak manfaat sinar matahari juga terdapat beberapa kekurangan. Sinar matahari mengandung Ultraviolet yang dapat menyebabkan radiasi serta membuat kulit rusak dari waktu ke waktu sehingga kulit menjadi keriput, bintik-bintik penuaan, dan hiperpigmentasi. Selain itu, sinar matahari hanya tersedia di luar ruangan dan kebanyakan orang tidak dapat menghabiskan cukup waktu di luar ruangan sehingga sulit untuk memanfaatkan sinar matahari secara penuh.

Selain itu, lingkungan terutama di kota-kota yang memiliki permasalahan terhadap polusi dan sulit mendapatkan udara yang bersih ketika di luar ruangan sehingga berpengaruh terhadap kebiasaan selalu didalam ruangan agar terhindar dari polusi serta udara kotor. Oleh karena itu, penyerapan sinar matahari tidak maksimal dan tidak mendapatkan manfaat dari sinar matahari tersebut.

Baca artikel lainnya

Permasalahan tersebut dapat diselesaikan seiring dengan berkembangnya teknologi. Salah satu hal yang dapat mengatasi masalah tersebut ialah mengganti sinar matahari dengan lampu inframerah. Lampu inframerah memiliki manfaat yang hampir sama seperti sinar matahari, namun keunggulan dari lampu inframerah adalah tidak memiliki kandungan sinar UV yang berbahaya. Lampu Inframerah ini biasanya digunakan untuk alat fisioterapi.

Lampu infrared digunakan sebagai alat fisioterapi ini bekerja dengan memancarkan gelombang inframerah secara merata yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengobati beberapa masalah kesehatan tertentu. Terapi inframerah ini bekerja dengan mengeluarkan gelombang cahaya merah dengan panjang gelombang tertentu sehingga dapat diserap langsung oleh sel-sel dalam tubuh dan menghasilkan beberapa efek yang baik bagi kesehatan. Berikut merupakan manfaat dari Terapi lampu infra merah

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Meredakan nyeri peradangan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mempercepat penyembuhan luka

Untuk mengetahui manfaat lebih detail dari penggunaan terapi lampu infrared, dapat membaca artikel berikut: Manfaat Lampu Infrared

Pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh orang-orang adalah sebenarnya terapi infra merah dengan sinar matahari itu lebih baik mana? Keduanya memang memiliki sejumlah manfaat masing-masing. Misalnya ketika berjemur dibawah sinar matahari dalam waktu berjam-jam dan berharap dapat membantu meringankan nyeri sendi namun hal tersebut justru akan membuat kecewa karena sinar matahari tidak memberikan tingkat manfaat seperti lampu inframerah. Selain itu, sinar matahari juga memiliki batasan waktu dan tidak setiap saat ada sinar matahari yang hangat, sebaiknya bahwa lampu infrared ini dapat digunakan kapan saja bahkan di dalam ruangan sekalipun. Selain itu, masih ada perbedaan dari terapi infrared dan sinar matahari. Berikut merupakan perbedaan dari keduanya:

Perbedaan Lampu Terapi Infaramerah dengan Sinar Matahari

Perbedaan Terapi Infrared dan Sinar Matahari

Terapi Inframerah Sinar Matahari
- Dapat digunakan kapan saja termasuk malam hari- Tidak selalu tersedia, dapat dipengaruhi oleh cuaca, waktu, dan lainnya
- Dapat digunakan di dalam ruangan sehingga lebih privat- Hanya tersedia di luar ruangan
- Memerlukan biaya untuk membeli alat dan biaya listrik- Gratis dan merupakan sumber cahaya alami
- Spektrum cahaya sehat karena infrared tidak mengandung sinar UV yang berbahaya- Spektrum cahaya sehat dan tidak sehat, sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit namun disisi lain, sinar matahari juga mengandung Vitamin D yang baik bagi tubuh
- Intensitas dapat disesuaikan dengan kebutuhan- Intensitas tidak dapat disesuaikan
- Tidak mengandung sinar UV Yang dapat menyebabkan kerusakan kulit- Mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit
- Potensial meningkatkan produksi energi seluler- Membantu produksi vitamin D
- Mengurangi rasa sakit secara signifikan, efektif mengurangi rasa sakit pada berbagai kondisi- Mengurangi rasa sakit pada kasus tertentu saja
- Tidak menyebabkan kulit menjadi kemerahan seperti terpapar matahari- Menyebabkan perubahan warna kulit sehingga kulit menjadi kemerahan atau berubah menjadi coklat karena produksi melanin

Nah, itulah beberapa perbedaan dari sinar matahari dan cahaya lampu infrared. Mendapatkan paparan sinar matahari sangat baik untuk mendapatkan vitamin D bagi tubuh. Terapi lampu infrared juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri tanpa takut terpapar sinar UV yang berbahaya. Namun, apakah lampu infrared dapat menggantikan matahari? Jawabannya tentu saja tidak, matahari selain bermanfaat untuk kesehatan dapat bermanfaat dalam keberlangsungan hidup seluruh makhluk dimuka bumi ini.

Tetapi, lampu infrared juga dapat menjadi pilihan yang baik jika ingin menggunakannya untuk fisioterapi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lampu infrared ini sudah banyak dijual di toko online maupun offline. Salah satu toko yang menyediakan lampu infrared sebagai alat terapi yaitu Galeri Medika. Selain lampu terapi infrared, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original serta dapat dikirim ke berbagai penjuru Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://redlightman.com/blog/red-light-therapy-vs-sunlight/
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1581/sinar-matahari-yang-bikin-sehat-dan-bahagia
https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3265/2649