Dunia medis yang terus berkembang memiliki dampak positif terhadap berbagai metode pengobatan. Dengan adanya perkembangan teknologi menjadikan proses pengobatan lebih mudah dan cepat. Salah satu contoh perkembangan teknologi di bidang fisioterapi yaitu menggunakan sinar infrared untuk terapi. Terapi sinar infrared merupakan salah satu jenis terapi menggunakan gelombang elektromagnetik infrared yang dapat memberikan efek panas pada tubuh terutama pada permukaan kulit yang terpapar secara langsung. Sinar infrared ini banyak digunakan pada alat kesehatan, salah satunya adalah Lampu Infrared.

Sinar Infrared digunakan pada lampu terapi karena Infrared yang dipancarkan memiliki efek panas pada tubuh sehingga dapat menghilangkan rasa sakit, meningkatkan sirkulasi darah, dan lainnya. Penggunaan lampu infrared untuk terapi harus sesuai karena, jika terlalu lama efek panas yang dihasilkan terutama pada kulit dapat membuat kulit tersebut terbakar. Terapi Infrared ini dapat dilakukan lebih dari satu kali tergantung tujuan dari terapi dan respon penggunanya.

Review Lampu Infrared Serenity IR 20

Terapi Lampu Infrared ini bekerja dengan cara memancarkan cahaya inframerah hingga menembus lapisan-lapisan kulit sekitar 2-7 cm. Karena hal tersebut, cahaya inframerah ini mencapai otot, saraf, bahkan tulang. Biasanya, lampu inframerah untuk terapi ini memiliki panjang gelombang antara 700-1000 nanometer. Lampu inframerah ini memiliki manfaat yang sama dengan matahari, keunggulannya yaitu tanpa harus terpapar sinar ultraviolet yang berbahaya. Tujuan dari penggunaan lampu infrared ini adalah untuk membantu berbagai kondisi kesehatan dan mendukung proses penyembuhan.

Manfaat Lampu Infrared

Teknologi Infrared biasanya dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dalam dunia kesehatan, penggunaan sinar infrared sudah menjadi hal umum yang digunakan dengan tujuan untuk terapi pengobatan. Berikut merupakan beberapa manfaat Lampu Infrared untuk kesehatan.

1. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Salah Satu manfaat dari terapi lampu infrared adalah untuk meredakan nyeri pada berbagai kondisi seperti arthritis, tendinitis, dan nyeri otot. Sinar inframerah dapat mengarahkan lebih banyak aliran darah ke area yang terdampak. Ketika aliran darah meningkat, maka akan meningkatkan suplai oksigen di sekitar area yang mengalami nyeri. Oleh karena itu, dapat memudahkan dalam proses penyembuhan.

2. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Manfaat lain dari sinar inframerah adalah mampu meningkatkan sirkulasi darah dari dan menuju jantung. Sinar Infrared ini mampu merangsang pelebaran pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ketika sirkulasi darah berjalan baik, maka penyaluran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh lebih efektif sehingga sel-sel rusak dapat dipulihkan dengan optimal.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sinar infrared mampu merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh karena darah putih dapat menghadang infeksi dan penyakit. Peningkatan sel darah putih tentunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tahan terhadap berbagai penyakit.

Review Lampu Infrared Serenity IR 20

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Menurut penelitian, sinar inframerah yang dipancarkan dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen tersebut adalah protein yang membantu penyembuhan luka sebab berperan penting dalam proses regenerasi kulit.

Itulah beberapa manfaat dari terapi lampu Infrared. Terapi infrared ini umumnya aman bagi kesehatan dan belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa penggunaan lampu ini dapat memberikan efek samping yang serius. Lampu infrared ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai Merk dan tipe yang berbeda. Setiap jenis memiliki fitur dan keunggulan masing-masing. Salah satu lampu Infrared yang dapat menjadi rekomendasi yang dapat digunakan untuk terapi adalah Serenity IR 20.

Lampu Infrared Serenity IR 20

Serenity IR 20 merupakan Lampu inframerah yang memiliki energi rendah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti mengurangi rasa sakit, membantu terapi fisik seperti seperti pilek, nyeri otot, radang sendi, penyembuhan luka, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki jaringan, dan masih banyak lagi. Lampu terapi dari serenity ini memiliki ukuran yang kecil dan ringan hanya seberat 900 gram. Selain itu, alat ini juga memiliki sudut yang dapat disesuaikan.

Dilengkapi dengan fitur mode timer dari 15, 30, 45, dan 60 menit. Selain waktu, lampu terapi ini juga memiliki fitur temperatur yang dapat disesuaikan mulai dari low, medium, dan high. Dapat digunakan pada area wajah, punggung, kaki, lengan, paha, dan lainnya. Alat ini juga memiliki garansi selama 1 tahun.

Lampu Infrared Serenity IR 20

Lampu Infrared Serenity IR 20

Lampu Infrared Serenity IR20 merupakan alat yang digunakan untuk terapi inframerah dengan energi rendah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti meringankan rasa sakit, membantu terapi fisik untuk rematik, pilek, nyeri otot, radang sendi, penyembuhan luka dan lain-lain. Dilengkapi dengan lampu dengan kekuatan 150 watt dengan secara efektif meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki jaringan kulit dan memiliki efek kecantikan dan kesehatan.

Fitur Produk

  • Kekuatan bohlam 150 watt
  • Menggunakan bohlam Philips 150W 230V
  • Dilengkapi dengan timer 15, 30, 45 & 60 menit
  • Temperature panas lampu dapat disesuaikan (low, medium & high)
  • Perangkat berukuran kecil dan ringan
  • Dilengkapi dengan pengaturan sudut
  • Dimensi produk 195x240x180 mm
  • Berat produk 900 gr

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Cara Menggunakan Lampu Infrared Serenity IR 20

Untuk menggunakan lampu ini hanya tinggal dinyalakan saja dengan menghubungkannya kepada sumber listrik, setelah itu atur waktu dan temperatur yang diinginkan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan alat ini. Yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan secara langsung tanpa ada halangan apapun seperti selimut atau pakaian karena efek yang dihasilkan tidak akan maksimal.
  2. Jarak kulit dengan lampu harus disesuaikan yaitu berkisar antara 10 – 50 cm yang dapat diatur sesuai dengan temperatur yang dipilih.
  3. Saat menggunakan lampu inframerah, hindari menyalakan AC atau Kipas angin yang mengarah langsung ke tubuh.
  4. Kenakan pakaian setelah melakukan sesi penyinaran dan istirahatlah selama 15 menit sebelum mandi atau keluar rumah untuk menghindari perubahan suhu dan lingkungan.
  5. Minum segelas air hangat saat melakukan terapi
  6. Waktu terapi terbaik adalah 15 – 30 menit setiap sesinya
  7. Jangan menggunakan alat ini jika kulit sedang iritasi
  8. Jangan menggunakan alat ini jika sebelumnya menggunakan salep anti iritasi karena dapat menyebabkan terbakar ringan
Review Lampu Infrared Serenity IR 20

Cara Merawat Lampu Infrared Serenity IR 20

Perawatan dari alat ini cukup mudah, yaitu:

1. Cabut alat dari listrik lalu biarkan selama 15 menit sampai lampu menjadi dingin
2. Bersihkan dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air suling atau alkohol
3. Jangan sampai ada percikan air pada alat ini
4. Jangan dibersihkan dengan cairan apapun sebelum lampu ini dingin, atau tunggu lebih dari 15 menit
5. Simpan lampu ditempat yang kering

Rekomendasi Penggunaan Lampu Infrared

  • Untuk pencegahan penyakit dan perawatan kesehatan dapat disinari 1-2 kali sehari dengan waktu selama 20 menit setiap kali penyinaran
  • Untuk menghilangkan rasa sakit dapat dilakukan 1-2 kali sehari selama 20 menit
  • Permasalahan Akut: 3 – 6 kali sebagai pengobatan
  • Permasalahan Subakut: 7 – 10 kali sebagai pengobatan
  • Permasalahan Kronis: 20 – 30 kali sebagai pengobatan

Apabila memiliki dampak negatif segera hentikan penggunaan alat ini dan disarankan untuk konsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu untuk diberikan rekomendasi waktu dan temperatur yang sesuai. Jangan melihat ke arah cahaya secara langsung untuk menghindari kerusakan penglihatan dan jauhkan alat ini dari anak-anak.

Nah, itulah pembahasan mengenai Lampu Infrared dari Serenity IR 20. Jika ingin membeli produk ini, bisa kunjungi website Galeri Media. Selain Lampu Infrared dari Serenity IR 20, Toko Galeri Medika juga menjual perlengkapan medis yang 100% original dan bisa dikirim ke seluruh penjuru Nusantara dengan Ekspedisi yang terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/alternatif/manfaat-lampu-terapi-infrared-untuk-kesehatan/
https://www.rupahealth.com/post/11-health-benefits-of-infrared-light-therapy
https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jinnovation/article/view/127/105