Minuman kemasan merupakan minuman yang dikemas dengan beraneka ragam kemasan yang praktis dan bisa langsung diminum tanpa diolah terlebih dahulu. Minuman kemasan digemari banyak orang karena memiliki banyak variasinya, mulai dari soda, susu, kopi, teh, buah, dan lainnya. Salah satu minuman kemasan yang banyak menjadi pilihan konsumen adalah Jus buah kemasan, karena dianggap merupakan minuman kemasan yang sehat dibandingkan dengan minuman kemasan lainnya.

Jus buah kemasan merupakan salah satu minuman kemasan yang dapat ditemukan di supermarket. Terdapat banyak varian rasa buah di dalam jus buah kemasan, seperti apel, jambu, mangga, jeruk, peach, leci, dan lainnya. Jus buah kemasan dianggap minuman kemasan yang sehat karena mengandung buah yang menyehatkan. Namun, apakah hal tersebut itu benar?

Apakah Jus Buah Kemasan itu Sehat?

Kandungan Jus Buah Kemasan

Jus buah kemasan yang mudah ditemukan di supermarket biasanya dicampur dengan bahan lain seperti air, pemanis, perasa sintetik, dan jenis buah lain. Rata-rata kandungan jus buah kemasan dicampur dengan buah pir atau apel sebagai tambahan sehingga bukan 100% dari kandungan buah tersebut. Jus tersebut juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Berikut merupakan rata-rata kandungan yang terdapat pada Jus kemasan instan yang mudah ditemukan di supermarket.

1. Buah

Sari buah yang terkandung dalam jus kemasan sesuai dengan variannya rata-rata hanya sebesar 14-19 %, namun ada beberapa jus buah instan yang mengandung sari buah sebanyak 30%, bahkan ada juga yang hanya mengandung 2 % sari buah. Selain buah sesuai variasinya, jus buah kemasan juga dicampur dengan sari buah apel atau pir sebagai tambahan. Kandungan sari buah apel atau pir yang ditambahkan adalah sebanyak 6-16 %. Oleh karena itu, rata-rata jus kemasan memiliki kandungan sari buah kurang dari 40%, bahkan hal tersebut tidak sepenuhnya persentase dari buah sesuai variasi karena ada penambahan buah lainnya.

2. Gula

Jus buah kemasan rata-rata mengandung gula yang tinggi. Rata-rata gula yang terkandung dalam jus buah kemasan yaitu 20-23 gram per takaran saji, bahkan ada yang kandungan gulanya hingga 27 gram. Gula yang digunakan dalam jus kemasan adalah jenis sukrosa. Sukrosa merupakan gula alami yang ditemukan pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Sukrosa juga merupakan gula yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Rekomendasi konsumsi gula harian yaitu 20 gram untuk anak-anak usia 5-12 tahun, sehingga konsumsi jus kemasan bagi anak-anak tidak begitu baik karena melebihi konsumsi gula harian. Sedangkan untuk dewasa, rekomendasi konsumsi gula yaitu 50 gram, oleh karena itu disarankan untuk mengurangi konsumsi jus buah kemasan dan dapat menggantinya dengan jus buah segar atau langsung memakan buah segar sehingga lebih sehat.

3. Kalori

Kalori atau energi total dari jus buah kemasan yaitu sekitar 60-120 kkal per takaran saji atau per kemasan. Meskipun kalori yang terkandung dalam jus kemasan ini kecil, tetapi minum jus kemasan tetap harus diperhatikan karena kandungan lainnya yang cukup tinggi dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Berdasarkan rata-rata kandungan dari jus kemasan yang mudah ditemukan di supermarket dapat disimpulkan bahwa kandungan sari buah yang terdapat di dalam satu kemasan jus hanya sedikit dan kurang dari 40%, sedangkan gula yang terkandung sangat tinggi bahkan melebihi rekomendasi gula harian bagi anak-anak. Sehingga alangkah baiknya untuk mengurangi konsumsi jus kemasan dan menggantinya dengan memakan buah segar.

Apakah Jus Buah Kemasan itu Sehat?

Gula dalam Jus Kemasan vs Gula dalam Minuman Berkarbonasi (Cola)

Rata-rata orang lebih memilih minum jus kemasan dibanding dengan cola karena berfikir bahwa jus kemasan lebih sehat daripada cola. Namun pada kenyataannya, kandungan gula yang tinggi pada Jus kemasan tidak berbeda jauh dengan kandungan gula pada minuman cola. Kandungan gula pada minuman cola yang sering ditemukan di supermarket yaitu sebanyak 27 gram per takaran saji, tidak berbeda jauh dengan kandungan gula pada jus kemasan yaitu 20-23 gram per takaran saji, bahkan ada yang kandungan gulanya hingga 27 gram.

Oleh karena itu, jus kemasan dan minuman kola memiliki resiko yang sama terhadap kesehatan, yaitu dapat menjadi resiko penyebab diabetes. Minuman yang memiliki kandungan gula tinggi dan rendah nutrisi dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Oleh karena itu, lebih baik memperbanyak minum air putih dibandingkan dengan minuman kemasan yang berasa.

Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu, tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan bahwa konsumsi jus kemasan lebih sehat dibandingkan dengan minuman lain terutama kola, lebih baik konsumsi buah secara langsung agar kandungannya tetap utuh dan tidak diberi campuran bahan lain sehingga lebih menyehatkan untuk tubuh

Baca artikel lainnya

Efek Konsumsi Gula Berlebihan

Kandungan gula yang tinggi pada minuman kemasan dapat menjadi penyebab terhadap kesehatan tubuh. Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula dalam darah. Berikut merupakan efek dari konsumsi gula berlebih bagi kesehatan.

  • Meningkatkan Resiko Penyakit: Konsumsi gula berlebihan dapat berdampak pada peningkatan kadar gula darah, sehingga beresiko tinggi mengalami diabetes dan tekanan darah tinggi.
  • Peningkatan Berat Badan: Minuman kemasan tinggi gula cenderung memiliki kalori tinggi. Konsumsi kalori berlebih, terutama dari gula dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang merupakan faktor resiko dari obesitas dan diabetes.
  • Mempercepat Mengalami Masalah Penuaan Dini: Gula dalam darah bergabung dengan protein dalam tubuh melalui proses glikasi. Senyawa yang dihasilkan dari reaksi tersebut yaitu AGEs (Advanced Glycation End Products) yang dapat merusak kolagen. Akibatnya kulit menjadi kering, kusam, dan berkeriput.

Nah, itulah pembahasan mengenai Jus Buah Kemasan. Penting untuk diingat bahwa konsumsi jus buah kemasan boleh tetapi tidak berlebihan dan jangan terlalu sering. Cek tabel nutrisi dan bandingkan dengan yang lainnya sebelum membeli jus buah kemasan. Pilihlah jus buah kemasan yang memiliki kandungan sari buah tinggi dan gula tetap rendah. Alangkah baiknya mengkonsumsi buah secara langsung agar lebih baik untuk kesehatan dan terhindar dari resiko terhadap penyakit, terutama gula darah.

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.heartandstroke.ca/articles/the-truth-about-juice
https://editorial.femaledaily.com/blog/2022/09/28/efek-glycation-pada-kulit
https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/benzena/article/view/2097/1221