Glukosa atau gula darah merupakan salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga utama dalam tubuh dan berfungsi sebagai sumber karbon untuk sintesis sebagian besar senyawa lainnya. Semua jenis sel manusia menggunakan glukosa untuk memperoleh energi. Kadar gula darah yang dipengaruhi oleh faktor di dalam tubuh dan luar tubuh. Faktor yang memengaruhi kadar gula dari dalam tubuh adalah hormon insulin, glukagon, korsitol, serta sistem resiptor di otot dan sel hati. Sedangkan Faktor dari luar tubuh dipengaruhi oleh jumlah makanan yang dikonsumsi serta aktivitas fisik yang dilakukan.

Seiring dengan berkembangnya zaman menyebabkan terjadinya perubahan pola hidup yang cenderung mengacu pada gaya hidup tidak sehat. Konsumsi makanan siap saji seperti junk food dan makanan instan semakin meningkat dikalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, karena terjadinya peningkatan kesibukan kerja menyebabkan adanya kecenderungan untuk mengurangi aktivitas fisik seperti berolah raga.

Semua sel tiada hentinya mendapatkan glukosa, kemudian tubuh mempertahankan kadar glukosa dalam darah dengan konstan yaitu sekitar 80-100 mg/dL bagi dewasa dan 80-90 mg/dL bagi anak-anak namun kadar gula darah dalam tubuh dapat berubah sewaktu tidur, makan, dan bekerja. Kadar gula darah sepanjang hari bervariasi dimana akan meningkat setelah makan dan kembali normal dalam waktu 2 jam. Kadar gula darah normal pada pagi hari setelah malam sebelumnya tidak mengkonsumsi apapun adalah 70-110 mg/dL darah. Kadar gula darah akan meningkat setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya dan biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam.

World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa semakin tua usia seseorang maka resiko peningkatan kadar glukosa darah dan gangguan toleransi glukosa akan semakin tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh melemahnya semua fungsi organ tubuh. Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil maka diperlukannya deteksi dini gula darah sejak remaja, serta perlunya menjaga agar gula darah tetap normal. Berikut merupakan tips untuk menjaga gula darah tetap normal.

tips menjaga kadar gula darah tetap noermal

Tips Jaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Menjaga kadar gula darah tetap normal sangat penting untuk kesehatan. Kadar gula darah dalam tubuh dapat berubah setiap saat yang dipengaruhi oleh beberapa hal terutama makanan. Naik turunnya kadar gula darah dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius bagi tubuh salah satunya adalah Diabetes atau masalah kesehata dalam jangka pendek dapat menyebabkan kelesuan saat beraktivitas. Oleh karena itu, pentingnya menjaga kadar gula tubuh agar tetap normal dan menghindari resiko terkena penyakit. Berikut ini kami berikan 10 tips agar gula dara dalam tubuh tetap normal.

1. Kelola Asupan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa kompleks yang dapat diubah menjadi gula sederhana didalam tubuh dan setelah menjadi gula maka senyawa tersebut akan masuk ke aliran darah. Oleh karena itu perlunya memperhatikan asupan karbohidrat ke dalam tubuh agar kadar gula dalam tubuh tidak meningkat secara drastis.

2. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji pada umumnya memiliki kandungan gula tinggi dan lemak jenuh yang dapat memengaruhi kadar gula dalam tubuh.

3. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur terlalu lama atau terlalu sedikit dapat memengaruhi kadar gula darah didalam tubuh. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah, sebaliknya kurang tidur dapat meningkatkan resistensi insulin dan kadar gula darah menjadi tinggi.

4. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga atau melakukan aktivitas fisik dapat meningkatlkan efektivitas kerja insulin sehingga membantu mengontrol kadar gula darah. Berolahraga selama 30 menit setiap hari agar kadar gula darah tetap dalam batas normal.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air yang cukup dapat mencegah tubuh dari dehidrasi. Saat tubuh dehidrasi, ginjal tidak dapat membuang kelebihan gula melalui urin serta menyebabkan hati melepaskan lebih banyak gula ke dalam darah yang membuat kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Selalu pastikan minum air yang cukup agar menghindari resiko mengalami peningkatan gula darah.

tips menjaga kadar gula darah tetap noermal

6. Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat mempersulit tubuh dalam memproduksi insulin dan mengontrol kadar gula darah, hal tersebut dapat menyebabkan naiknya gula darah dalam tubuh sehingga resiko terkena diabetes menjadi lebih tinggi. Berat badan yang ideal dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah.

7. Hindari Konsumsi Minuman Manis

Minuman manis biasanya memiliki kandungan gula cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi yang dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Oleh karena itu lebih baik perbanyak minum air putih dibandingkan dengan minum manis.

8. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Serat dapat membantu dalam mengontrol penyerapan gula kedalam tubuh, namun tetap meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan. Sumber makanan dari serat dapat berupa kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

9. Kelola Stress dengan Baik

Tingkat stress yang tinggi dapat memengaruhi kadar gula darah pada tubuh. Ketika seseorang mengalami stress, tubuh akan mengeluarkan hormon glukagon dan kortisol yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah pada tubuh.

10. Pantau Kadar Gula Darah dengan Glucometer

Rutin memeriksa kadar gula darah dapat membantu dalam memahami bagaimana pola makan dan gaya hidup yang sesuai untuk menjaga kadar gula darah didalam tubuh tetap normal. Periksa gula darah secara rutin dengan alat cek gula darah atau glukometer. Berikut merupakan rekomendasi Glukometer yang simple dan praktis.

alat cek kadar gula darah

[PAKET LENGKAP]
Alat Cek Gula Darah Sincore Safe-Accu

Alat test gula darah safe accu dirancang untuk pengukuran kuantitatif glukosa dalam sampel darah kapiler segar yang diambil dari ujung jari dan sampel darah lengkap vena. Alat test glukosa darah digunakan diluar tubuh saja (penggunaan diagnostik in vitro) untuk pengujian mandiri dan penggunaan profesional sebagai bantuan dalam pengelolaan diabetes.

Paket Lengkap Alat Cek Gula Darah Sincore Safe-Accu terdiri dari:

  • 1x Safe-Accu Alat Cek Gula Darah
  • 1x perangkat lancing
  • 1x kotak strip uji gula darah (isi 50 strip)
  • 1x tas kecil untuk penyimpanan alat cek gula darah
  • 1x buku manual
  • Free lancet 50pcs

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Tips Bagaimana Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah

Glukometer adalah alat cek gula darah yang berfungsi untuk mengetahui kadar gula darah didalam tubuh dengan cara yang cepat dan akurat. Memiliki ukuran yang kecil dan praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Dengan menggunakan alat ini pengambilan sampel darah juga mudah dan hasil keluar dalam hitungan detik. Meskipun praktis dan sederhana perlu memperhatikan langkah dan cara penggunaan yang sesuai. Untuk Pemakaian alat cek kadar gula darah pada setiap perangkat mungkin berbeda-beda, maka dari itu pastikan selalu baca instruksi manual atau buku petunjuk penggunaan pada setiap perangkat.

Berikut ini kami berikan bagaimana cara menggunakan alat cek gula darah secara umum

tips menjaga kadar gula darah tetap noermal

1. Persiapkan Alat Tes Gula Darah

Pastikan glukometer dalam keadaan baik dan baterai terisi. Gunakan strip test yang sesuai dengan model glukometer yang digunakan. Siapkan perangkat lancing untuk mengambil sample darah.

2. Cuci Tangan

Cuci tangan dengan sabun terlebih dulu atau gunakan alkohol swab sebelum menggunakan alat untuk menghindari kontaminasi dari virus dan bakteri agar tidak ikut masuk kedalam darah.

3. Tentukan Lokasi untuk Mengambil Sampel Darah

Gunakan sisi ujung jari yang biasanya kurang sensitif untuk mengurangi rasa skit berlebih saat jarum ditusukan pada jari.

4. Siapkan Perangkap Lancing atau Pen Penusuk

Lakukan penusukan pada jari tangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Apabila darah sulit keluar tekan jari secara perlahan.

5. Masukan Sampel Darah ke Strip

Pastikan sampel darah yang menempel pada strip berada pada jumlah tepat. Jumlah sampel yang terlalu sedikit dapat membuat glukometer error dan membuat hasil tes darah tidak akurat.

6. Buang Lancet yang Sudah digunakan

Jangan menyimpan lancet yang lama, gantilah dengan lancet yang baru setiap kali ingin melakukan pemeriksaan gula darah.

7. Catat Hasil Tes Gula Darah

Catat hasil cek gula darah baik dicatatan manual atau di memori glukometer, sesuaikan dengan tanggal pengecekan untuk memudahkan dalam analisis pengecekan selanjutnya. Perhatikan dengan seksama hasil gula darah Anda, segera konsultasikan dengan pakar kesehatan untuk tindakan selanjtnya.


Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam mempertahankan kadar gula darah agar tetap normal. Rutin dalam mengecek kadar gula darah merupakan hal terbaik untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan gula darah. Konsultasikan dengan professional kesehatan untuk rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan individu Anda.

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.


Sumber>

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/ebiomedik/article/view/10153/9739
https://www.farmaku.com/artikel/cara-menggunakan-accu-chek/
https://www.sinocare.co.id/safe-accu-kit/