Komposisi tubuh merupakan komponen yang terkandung pada tubuh yang membentuk tubuh. Komposisi tubuh terdiri dari lemak, air, tulang, otot, dan lainnya. Komposisi tubuh sangat berpengaruh terhadap berat badan. Komposisi tubuh dibagi menjadi dua kelompok yaitu massa lemak yang disimpan didalam tubuh dan berfungsi mengelilingi organ tubuh yang nantinya digunakan sebagai sumber energi. Kelompok satu lagi adalah massa non lemak termasuk tulang, otot, dan lainnya.

Mengetahui komposisi tubuh sangatlah penting karena dapat mengetahui banyak hal terkait kondisi tubuh. Ketika menimbang berat badan bukan hanya sekedar mengetahui nilai berat badan saja, tetapi harus memperhatikan kondisi di dalam tubuh tersebut agar mengetahui kesehatan sepenuhnya.

Apa itu Komposisi Tubuh dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Pentingnya Mengetahui Komposisi Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan, komposisi tubuh berkontribusi terhadap berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Mengetahui komposisi tubuh dapat menilai kondisi tubuh secara tepat. Berikut merupakan alasan kenapa mengetahui komposisi tubuh itu sangatlah penting:

  1. Status Kesehatan: Komposisi tubuh dapat menilai persentase lemak dalam tubuh. Memiliki lemak tubuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.
  2. Tingkat Kebugaran: Bagi seorang yang menyukai olahraga terkait kebugaran atau atlet kebugaran tentunya sangat penting untuk mengetahui komposisi tubuh karena dapat mengetahui berapa banyak otot yang mereka miliki. Komposisi tubuh juga dapat membantu mengoptimalkan daya tahan, olahraga, dan kinerja bagi atlet.
  3. Status Gizi: Komposisi tubuh dapat membantu mengetahui seberapa banyak lemak yang terkandung sehingga bagi seseorang yang sedang menjalani diet, dapat membuat rencana makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.
  4. Kesehatan Metabolik: Memiliki lemak berlebih didalam tubuh dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan termasuk resistensi insulin, ketidakseimbangan kolesterol, tekanan darah tinggi, kadar gula darah yang tidak terkontrol, dan metabolisme yang menjadi lambat.
  5. Mengontrol Berat Badan: Penurunan berat badan sering disebabkan oleh kehilangan otot sehingga dapat menghambat penurunan berat badan dalam jangka panjang. Memantau komposisi tubuh dapat membantu mempertahankan massa tubuh dan menghilangkan lemak.
Apa itu Komposisi Tubuh dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Setiap orang memiliki komposisi tubuh yang berbeda dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetik, pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan gaya hidup. Oleh karena itu, mengetahui komposisi tubuh dapat memberikan pengetahuan tentang kesehatan dan kebugaran tubuh.

Cara Mengukur Komposisi Tubuh

Mengukur komposisi tubuh dapat dilakukan dengan berbagai metode mulai dari pengukuran yang sederhana menggunakan timbangan komposisi tubuh, pengukuran lipatan kulit, lingkar tubuh, Analisis Bioimpedansi, dan masih banyak lainnya. Berikut merupakan cara mengukur komposisi Tubuh:

1. Pengukuran Lipatan Kulit

Pengukuran lipatan kulit ini menggunakan alat kaliper yang dirancang untuk mengukur ketebalan lipatan kulit. Cara mengukurnya dengan mencubit perlahan kulit dan lemak dibawah kulit pada beberapa bagian tubuh.

Pengukuran lipatan kulit biasanya dilakukan pada bagian perut, dada, paha atas, panggul, lengan atas, dan bawah tulang belikat. Jenis pengukuran ini terbilang akurat namun, kemungkinan besar terjadi kesalahan pengguna jika melakukan pengukuran tanpa latihan yang tepat.

Apa itu Komposisi Tubuh dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

2. Lingkar Tubuh

Pengukuran lingkar badan atau lingkar pinggang merupakan cara sederhana dalam memperkirakan lemak tubuh. Caranya yaitu diukur menggunakan pita pengukur untuk mengetahui seberapa lebar area tubuh tertentu. Lingkar tubuh tersebut diukur pada bagian perut, pinggang, lengan, dada, paha, dan pinggul.

3. Absorptiometry Sinar-X Energi Ganda

Dikenal juga dengan pemindaian DEXA, menggunakan sinar-X berenergi rendah untuk mengukur berat tulang, otot, dan lemak secara akurat. Setelah pemindaian maka dapat menerima hasil seperti kepadatan tulang, persentase lemak, dan massa setiap tubuh.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

4. Penimbangan Hidrostatis

Metode ini mengukur pemindahan air saat seseorang terendam seluruhnya kedalam air. Karena lemak mengapung dan jaringan tanpa lemak tenggelam dalam air, semakin banyak massa tubuh tanpa lemak yang dimiliki, semakin berat tubuh berada di bawah air. Meskipun metode ini akurat, beberapa orang merasa kesulitan untuk tetap terendam dalam air cukup lama saat melakukan penilaian, dan metode ini mungkin sulit ditemukan.

5. Analisis Bioimpedansi

Analisis Bioimpedansi atau BIA merupakan metode pengukuran komposisi tubuh menggunakan arus listrik berenergi rendah dan tidak menimbulkan rasa sakit untuk menilai massa lemak, massa otot, dan massa air. Otot mengandung lebih banyak air daripada lemak, sehingga menghantarkan arus energi lebih baik daripada lemak. Jaringan lemak menghambat pergerakan arus.

Pemindai BIA dapat menilai komposisi tubuh berdasarkan bagaimana energi bergerak ke seluruh tubuh. Namun, metode ini keakuratannya kurang karena dapat berubah berdasarkan seberapa terhidrasi tubuh. Jika minum terlalu banyak air sebelum tes maka akan terlihat lebih kurus.

Apa itu Komposisi Tubuh dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

6. Menggunakan Timbangan Komposisi Tubuh

Selanjutnya, cara mengetahui komposisi tubuh yaitu menggunakan timbangan komposisi tubuh. Metode ini terbilang cukup mudah karena hanya dengan menimbang menggunakan timbangan komposisi tubuh maka hasilnya akan terlihat. Timbangan komposisi tubuh sering disebut juga timbangan lemak. Timbangan ini dapat dibeli di Galer! Medi!ka dengan berbagai model dan fitur yang berbeda.

Selain itu, terdapat juga metode lainnya untuk menilai komposisi tubuh yaitu metode bodpod, MRI, CT dan masih banyak lagi. Mengetahui komposisi tubuh dapat meningkatkan kesehatan tubuh sepenuhnya. Cara terbaik dalam memperbaiki komposisi tubuh yaitu dengan perubahan pola makan, aktivitas fisik secara rutin, dan pantau berat badan serta komposisi tubuh menggunakan timbangan lemak. Timbangan tersebut dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain timbangan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/body-composition-5509458
https://www.karmamedical.com/2022/06/https://www.webmd.com/fitness-exercise/what-is-body-composition