Peak flow meter adalah perangkat genggam portabel digunakan untk bagi penderita asma untuk mengukur seberapa baik udara keluar dari paru-paru. Mengukur dengan menggunakan perangkat ini adalah bagian penting dalam mengelola gejala asma Anda dan mencegah serangan asma.

Peak flow meter bekerja dengan mengukur seberapa cepat udara keluar dari paru-paru saat menghembuskan napas dengan kuat setelah menghirup sepenuhnya atau bisa di sebut peak expiratory flow rate (PEFR). PEFR sendiri merupakan jumlah udara yang dikeluarkan dengan cepat dari paru-paru dalam satu tarikan napas. Perangkat ini adalah salah satu cara Anda dapat mengetahui apakah gejala asma Anda terkendali atau memburuk.

Cara Menggunakan Peak Flow Meter Untuk Asma

Pembacaan dari peak flow meter dapat membantu Anda atau anak-anak mengenali perubahan awal yang mungkin merupakan tanda asma yang memburuk. Ketika serangan asma terjadi, saluran udara paru-paru meradang dan tersumbat, sehingga paru-paru sulit untuk mengambil udara dengan sepenuhnya. Perangkat peak flow meter ini akan memberikan nilai angka seberapa banyaknya udara yang keluar saat menghembuskan napas. Banyaknya udara yang keluar atau peak expiratory flow (PEF) diukur dalam liter per menit.

Nilai ankga peak expiratory flow rate (PEFR) pada orang dewasa normal berkisar antara sekitar 400 sampai 700 liter per menit, meskipun nilai angka pada wanita yang lebih tua bisa lebih rendah dan masih normal, sedangkan untuk anak-anak sekitar 145 sampai 450. Namun nilai angka tersebut bervariasi tergantung pada usia, tinggi badan dan apakah dia seorang pria atau wanita.

Perlu diketahui bahwa peak flow meter hanya mengukur jumlah aliran udara yang keluar dari saluran udara besar di paru-paru. Perubahan aliran udara yang disebabkan oleh saluran udara kecil (yang juga terjadi pada asma) tidak akan terdeteksi oleh perangkat ini. Namun, tanda-tanda peringatan dini mungkin ada. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk juga menyadari gejala dan tanda peringatan dini untuk mengelola asma Anda dengan baik.

Baca artikel lainnya

Siapa Yang Boleh Menggunakan Peak Flow Meter?

Peak flow meter sangat membantu jika Anda atau anak Anda menderita asma sedang hingga berat dan memerlukan obat asma setiap hari. Bahkan sebagian besar anak usia 6 tahun ke atas harus dapat menggunakan perangkat ini dengan hasil yang baik. Orang dengan asma sedang hingga berat sebaiknya memiliki perangkat ini di rumah.

Cara Menggunakan Peak Flow Meter Untuk Asma

Cara Menggunakan Peak Flow Meter Dengan Benar

Untuk menggunakan perangkat peak flow meter dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sebelum menggunakan posisikan badan dengan berdiri atau duduk dengan tegak.
  • Pastikan penanda skala atau panah pada peak flow meter berada di bagian nomor terendah
  • Ambil napas dalam-dalam. Masukkan corong bagian ujung perangkat ke dalam mulut Anda, kemudian tutup bibir Anda erat-erat di sekitar corong. Pastikan untuk menjauhkan lidah Anda dari corong.
  • Dalam satu tarikan napas, tiuplah sekeras dan secepat mungkin (seperti meniup lilin pada kue ulang tahun).
  • Pada saat mengeluarkan napas, penanda pada perangkat peak flow meter akan bergerak
  • Lihat dan catat angka yang tertera pada penanda skala, angka tersebut merupakan banyaknya udara yang keluar saat menghembuskan napas.
  • Atur kembali penanda skala ke nomor terendah, ulangi langkah sebelumnya sebanyak dua kali, dan catat tiga hasil angka tersebut
  • Pada perangkat peak flow meter biasanya di tandai dengan indikator tiga zona warna, warna hijau berarti baik atau normal, warna kuning peringatan dan warna merah artinya berbahaya.

Untuk memastikan hasil pengukuran yang sebanding, pastikan untuk menggunakan perangkat peak flow meter dengan cara yang sama setiap kali Anda melakukan pembacaan. Jika Anda ragu dengan hasil pengukuran dengan menggunakan peak flow meter, Anda dapat meminta tolong kepada dokter maupun tenaga medis untuk mengawasi penggunaan perangkat ini. Selain memastikan penggunaannya secara tepat, penting bagi Anda untuk membersihkan perangkat secara rutin menggunakan air hangat dan sabun secara berkala. Jika memungkinkan gunakan aksesoris mouthpice atau corong peak flow meter yang digunakan sekali pakai.


Sumber Referensi>
https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/asthma/living-with-asthma/managing-asthma/measuring-your-peak-flow-rate
https://www.webmd.com/asthma/guide/peak-flow-meter
https://www.childrensmn.org/educationmaterials/childrensmn/article/15556/peak-flow-meter/
https://www.blf.org.uk/support-for-you/breathing-tests/peak-flow