Asma adalah penyakit yang ditandai dengan penyempitan saluran pernapasan. Tingkat keparahan asma ditentukan dengan mengukur kemampuan paru-paru dalam menyimpan oksigen. Makin sedikit oksigen yang tersimpan berarti semakin buruk kondisi asma.

Jika Anda atau anak Anda menderita asma, dokter Anda mungkin meresepkan nebulizer sebagai pengobatan atau terapi pernapasan untuk asma. Perangkat tersebut memberikan jenis obat yang sama dengan metered-dose inhaler (MDI), yang merupakan inhaler berukuran mini yang sudah sering kita kenal. Nebulizer mungkin lebih mudah digunakan daripada inhaler, terutama untuk anak-anak yang belum cukup umur untuk menggunakan inhaler dengan benar, atau orang dewasa dengan asma parah.

Kondisi pernapasan bisa sulit dikelola. Namun berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, produk-produk canggih untuk mengatasi penyakit pernapasan kini dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.

Jenis-jenis nebulizer

Nebulizer adalah salah satu produk ini yang telah membantu pasien menjalani kehidupan yang lebih sehat dan normal bahkan dengan penyakit yang paling sulit. Nebulizer adalah alat kesehatan yang dapat digunakan oleh pasien penyakit pernafasan untuk memantau obat dengan mudah dan segera diantarkan ke organ pernafasan.

Cara kerja nebulizer yaitu dengan mengubah obat cair menjadi uap halus yang dihirup pasien melalui masker atau corong (mouthpiece). Teknik ini memastikan tindakan langsung obat di paru-paru dan area pernapasan. Setiap nebulizer hadir dengan ketentuan, ukuran, dan efisiensi yang berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasien. Oleh karena itu, perhatian khusus harus diberikan pada fitur-fitur tertentu saat membeli nebulizer. Berikut beberapa di antaranya:

Jenis: Ada tiga jenis nebulizer, nebulizer Kompresor, Ultrasonik dan Mesh. Nebulizer kompresor bekerja dengan mengalirkan uap bertekanan yang mengalir dengan kecepatan tinggi melalui obat cair. Sedangkan nebulizer ultrasonik bisa 10 kali lebih cepat menghasilkan uap dibanding tipe kompresor, sebagian besar nebulizer ultrasonik memiliki kinerja dengan suara yang sunyi. Dan jenis nebulizer mesh menggunakan listrik atau gelombang ultrasonik untuk menggetarkan obat cair sampai melewati lubang-lubang mesh. Jenis nebulizer mesh ini memiliki ukuran yang kecil dibanding dengan jenis kompresor/ultrasonik.

Tingkat nebulasi: Ini adalah metrik yang digunakan untuk mengatur atau memutuskan jumlah obat yang dikirim ke pasien per menit.

Kapasitas obat: Ini adalah jumlah obat yang dapat ditampung dan digunakan oleh nebulizer sebelum perlu diisi ulang. Ini diukur dalam mililiter.

Ukuran partikel: Ukuran partikel adalah ukuran minimum tetesan obat yang dapat dikompres oleh nebulizer.


Untuk mencari mana jenis nebulizer yang terbaik untuk Anda, berikut ini adalah 15 rekomendasi nebluizer terbaik yang cocok digunakan untuk penderita asma dan gangguan pernapasan lainnya.

1. Onemed 405A Nebulizer Kompresor

Onemed 405A Nebulizer Kompresor



Portable Nebulizer 405A adalah alat yang digunakan untuk aerosolisasi obat untuk inhalasi pada pasien yg memiliki gangguan pernapasan. Nebulizer Kompresor 405A adalah generasi baru nebulizer kompresor yang diproduksi oleh Onemed berdasarkan inovasi dan peningkatan produk serupa di rumah dan di luar negeri.

Spesifikasi Produk
- Brand Onemed
- Power Input AC100-240V, 50/60Hz
- Power Output DC12V, 1000mA
- Maximum nebulization rate ≥0.15MPa
- MMD 3.9μm
- Maximum pressure of compression pump 0.1MPa
- Free flow of compression pump 3.5L/min
- Noise ≤ 55dB(A)
- Weight about 260g (unit only)
- Dimension Approx. 13cm x 6.5cm x 6.8cm

2. Omron NE-C101 Nebulizer Kompresor

Omron NE-C101 Nebulizer Kompresor



Nebulizer Omron NE-C101 merupakan alat yang digunakan untuk terapi gangguan pernapasan. Dengan waktu terapi yang lebih efisien, membuat nebulizer Omron NE-C101 pilihan yang tepat untuk terapi pernapasan dirumah. Perawatan yang cepat sekaligus dapat diandalkan untuk Anda dan orang yang Anda cintai.

Spesifikasi Produk
- Penggunaan obat yang efisien
- Mengoptimalkan durasi terapi
- Laju nebulasi (0.3 ml/menit)
- Ukuran partikel uap 3.9u MMAD
- kapasitas obat 12 ml
- Power lisrik (AC adaptor)

3. Omron NE-C801 Nebulizer Kompresor

Omron NE-C801 Nebulizer Kompresor



Nebulizer Omron NE-C801 adalah sebuah alat yang digunakan untuk Terapi Gangguan Pernafasan. Produk ini bekerja dengan menggunakan teknologi katup virtual (WT) tanpa menggunakan silikon. Dengan desain yang compact, membuat nebulizer NE-C801 menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa bepergian, lebih ringan dan praktis.

Spesifikasi Produk
- Penguapan lebih cepat memudahkan larutnya campuran obat
- Aman untuk anak-anak
- Penggunaan Obat Efisien
- Ukuran partikel 3um
- Tingkat Nebulisasi Kisaran 0.3ml/menit
- Kapasitas obat 7 ml
- Dimensi Kisaran 142x72x98 mm
- Berat Kisaran 270 gr (hanya kompressor)

4. Nebulizer Philips Innospire Essense

Nebulizer Philips Innospire Essense



Nebulizer Philips InnoSpire Essense merupakan alat bantu pernapasan yang menyediakan terapi yang cepat dan efisien, serta laju nebulasi dapat diandalkan untuk pengobatan asma, bronkitis kronis, dan gangguan pernapasan lainnya.
Nebulizer Philips InnoSpire Essense memiliki desain yang elegan dan berat kompresor hanya 1.5 Kg, dan dilengkapi dengan teknologi SideStream Aerosol yang dapat menghasilkan aerosol / kabut secara konsisten, menjadikan produk ini cocok untuk penggunaan di rumah untuk keluarga Anda.

Spesifikasi Produk
- Berukuran ringkas dan ringan, dapat diletakkan di atas meja
- Waktu terapi yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan kompressor lainnya (hanya 6-8 menit), dan dapat menghasilkan aerosol / kabut secara konsisten
- Docking station untuk memudahkan pengisian obat pada Nebulizer
- Mode operasi: Continuous / terus menerus.
- Laju aliran maksimum 9.4 lpm
- Kapasitas obat 8 ml
- Sumber daya 120 V / 60 Hz, 1.7 Amp

Baca artikel lainnya

5. Nebulizer Microlife NEB 200 Untuk Asma

Nebulizer Microlife NEB 200



Microlife NEB 200 merupakan kompresor nebuliser yang cocok untuk keluarga Anda. Alat bantu pernapasan yang menyediakan terapi cepat dan efisien. Dengan pengoprasiannya yang mudah serta penyimpanan yang praktis tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang.

Spesifikasi Produk
- Tingkat Nebulasi 0,40 ml / menit
- Ukuran partikel 3.1 µm (MMAD)
- Perawatan yang efisien untuk saluran pernapasan atas dan bawah
- Pengobatan yang cepat dengan waktu inhalasi yang pendek
- Tombol pengoprasian yang mudah sehingga cocok untuk keluarga Anda
- Sudah dilengkapi dengan masker wajah dewasa dan anak, mulut dan penutup hidung, selang audara, 5 pengganti filer udara serta tas jinjing
- Aman dan higenis
- Cocok untuk semua umur
- Produk dari Swiss

6. Omron NE-C28 Nebulizer Kompresor

Omron NE-C28 Nebulizer Kompresor



Nebulizer Omron NE-C28 adalah sebuah alat yang digunakan untuk Terapi Gangguan Pernafasan. Produk ini bekerja dengan menggunakan teknologi katup virtual (WT) tanpa menggunakan silikon.

Spesifikasi Produk
- Penguapan lebih cepat memudahkan larutnya campuran obat
- Aman untuk anak-anak
- Penggunaan Obat Efisien
- Laju Nebulisasi tinggi (0,4 ml/menit), mengoptimalkan durasi terapi.
- Ukuran partikel 5um
- Kapasitas obat 7ml

7. Beurer IH 18 Nebulizer Kompresor

Beurer IH 18 Nebulizer Kompresor



Nebulizer Beurer IH 18 dapat diandalakan untuk keluarga Anda, membantu mengobati saluran udara bagian atas dan bawah, pilek, asma, dan penyakit pernapasan dengan penggunaan yang mudah dan perawatan yang efisien

Spesifikasi Produk
- Dengan Teknologi udara terkompresi
- Untuk mengobati saluran udara bagian atas dan bawah, pilek, asma dan penyakit pernapasan
- Proporsi partikel terhirup yang tinggi
- Waktu penghirupan yang singkat
- Tekanan kerja: kira-kira. 0,8 hingga 1,45 bar
- Aksesoris yang lengkap
- Dapat didesinfeksi
- Performa Nebulisasi: kira-kira. 0,4 ml / menit

8. Nebulizer Rossmax NB-60

Nebulizer Rossmax NB-60



Nebulizer Rossmax NB-60 merupakan alat bantu pernapasan dengan teknologi VA technology (Valve Adjustable Technology) dan mini pimp. Pemutar VAT memungkinkan pengguna dapat menyesuaikan kecepatan nebulasi pada tingkat yang berbeda beda dengan ukuran partikel yang konsisten.

Spesifikasi Produk
- MMAD < 3 µm; ukuran partikel halus (FPD) : 75 - 80 %
- Ukuran partikel sangat halus sehingga pengobatan lebih efisien
- Cocok untuk anak - anak
- Teknologi mini pump
- Desain sangat compact (13,5x8,8x5,4 cm) dan sangat ringan
- VA technology yang telah dipatenkan
- Tidak bising dan tenang

Baca artikel lainnya

9. Omron DuoBaby NE-C301 Nebulizer + Nasal Aspirator

Omron DuoBaby NE-C301 Nebulizer + Nasal Aspirator



Nebulizer kompresor 2in1 yang unik dengan aspirator hidung. Dirancang secara khusus untuk mengurangi hidung tersumbat dan mengobati kondisi pernapasan pada bayi. DuoBaby hadir dengan dua atasan inhalasi untuk perawatan kondisi saluran udara bagian atas dan bawah pada bayi. Aspirator DuoBaby sangat higienis karena Venturi Effect System yang menciptakan hisap lembut menggunakan kompresor, dapat dicuci sepenuhnya dan tidak memerlukan filter anti-bakteri.

Spesifikasi Produk
- 2in1 Nebulizer kompresor dan aspirator hidung
- Mengurangi hidung tersumbat dan mengurangi risiko infeksi paru-paru
- Cocok untuk saluran pernapasan atas dan bawah
- Khusu dikembangkan untuk bayi
- Tersedia penyimpanan untuk askesoris
- Laju nebulasi (Kit 1 : 0,4 ml/menit, Kit 2 : 0,2 ml/menit)
- Ukuran partikel uap (Kit 1 : 4µm MMAD, Kit 2 : 9µm MMAD)
- Kapasitas obat 12 ml (Max)
- Menggunakan kabel daya listrik

10. Laica NE1005 Mesh Nebulizer

Laica NE1005 Mesh Nebulizer



Laica Ultrasonic Nebulizer NE1005 Mesh Nebuliser for aerosol therapy, Mengubah obat cair menjadi kabut halus yang dapat dengan mudah terhirup. Dengan model portable alat ini mudah digunakan dimana saja dan kapan saja cocok digunakan oleh anak hingga dewasa.

Spesifikasi Produk
- Sangat sepi
- Operasi baterai dan listrik
- Ideal untuk pengobatan : paru-paru, gangguan tracheitis, bronkitis, sinusitis , alergi & pilek
- Kapasitas Nebulasi sekitar 0.25ml/menit
- Ringkas dan praktis
- Sumber daya 2x 1.5V AA Alkaline Baterai
- Tingkat kebisingan pada 1 meter 37.4 dB
- Rata-rata Droplets 4.8 μm

11. Beurer IH 40 Nebulizer Ultrasonik

Beurer IH 40 Nebulizer Ultrasonik



Beurer Nebulizer Ultrasonik IH 40 Nebuliser dengan teknologi ultrasound cocok untuk untuk merawat saluran udara bagian atas dan bawah. Waktu penggunaan sangat nyaman karena waktu penghirupan yang singkat dan aliran udara yang dapat disesuaikan.

Spesifikasi Produk
- Teknologi ultrasonografi
- Untuk mengobati saluran udara bagian atas dan bawah, pilek, asma, penyakit pernapasan
- Proporsi partikerl yang etrhirup tinggi
- Ruang Nebulisasi biru menyala
- Tidak berisik
- Otomatis OFF
- Waktu penghirupan singkat
- Aliran udara disesuikan
- Tersedia aksesori
- Tas penyimpanan
- Dapat didesinfeksi
- Performa Nebulisasi : >0.4 ml / mnt

12. Omron NE-U100 Portable Nebulizer (Mesh)

Omron NE-U100 Portable Nebulizer



Nebulizer Omron NE-U100 Memberikan kenyamanan dan rasa yang aman untuk digunakan dimana saja dan kapan saja. Dengan ukuran yang kecil, hening serta ringan, nebulasi secara efektif bisa dilakukan dalam posisi apapun, bahkan ketika berbaring.

Spesifikasi Produk
- Dengan Teknologi Mesh yang dikembangkan oleh Omron dengan memanfaatkan alloy mesh dan titanium vibrator
- Hening dan tidak berisik
- Mudah dibersihkan
- Berukuran Kecil, ringan dan portable
- Dioperasikan dengan dua baterai AA
- Tingkat Nulisulisasi 0,25 ml / menit
- Ukuran Partikel 5 µm (MMAD)
- Ukuran produk 45 x 130 x 60 mm

Tips Cara Menggunakan Nebulizer

Saat Anda atau anak Anda perlu menggunakan nebulizer, Anda dapat menyiapkannya dalam beberapa langkah sederhana:

  1. Letakkan kompresor nebulizer (bagian utama mesin) di atas permukaan datar dekat saluran keluar.
  2. Pastikan setiap bagian nebulizer bersih.
  3. Cuci tangan Anda sebelum menyiapkan obat.
  4. Campur obat Anda jika belum dicampur sebelumnya dan tambahkan ke wadah. Jaga wadah tetap tegak selama perawatan.
  5. Hubungkan kompresor dan wadah cairan dengan selang nebulasi.
  6. Siapkan corong (Mouthpiece) atau masker.
  7. Nyalakan nebulizer Anda dan pastikan nebulizer sudah mengeluarkan uap
  8. Pastikan corong (Mouthpiece) atau masker tidak bocor. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menghirup.


Cara menggunakan nebulizer

Seseorang perlu mengganti beberapa bagian komponen antara tiga dan empat kali per tahun. Lihat buku petunjuk untuk mempelajari bagaimana dan seberapa sering melakukan perawatan nebulizer. Penting untuk mengikuti petunjuk pembersihan, desinfektan, dan penggantian.

Jika seseorang tidak merawat nebulizer dengan baik, nebulizer tersebut dapat terkontaminasi oleh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Infeksi bisa sangat berbahaya, terutama bagi orang dengan kelainan paru-paru.

Nebulizer adalah peralatan medis yang dapat membantu mengantarkan obat langsung ke paru-paru dan sistem pernapasan di mana ia dibutuhkan. Meskipun perangkat ini mudah dioperasikan, penting untuk menggunakan, membersihkan, dan memeliharanya dengan benar. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter, apoteker, atau penyedia layanan kesehatan lainnya jika ada pertanyaan atau masalah.