Kruk merupakan alat yang memberikan dukungan dan keseimbangan saat Anda berjalan. Anda mungkin membutuhkan 1 atau 2 kruk untuk membantu menopang berat badan Anda. Anda mungkin memerlukan kruk jika Anda menjalani operasi atau cedera yang memengaruhi kemampuan Anda untuk berjalan.

Kebanyakan orang menggunakan tongkat kruk saat mereka perlu menjaga beban dari kaki yang cedera, sehingga mereka dapat sembuh dan kembali ke mobilitas penuh. tongkat kruk dapat digunakan baik untuk bantuan mobilitas jangka pendek maupun jangka panjang dan dapat membantu Anda menopang berat badan saat Anda tidak dapat melakukannya sendiri.

Ada banyak kondisi dimana pasien yang menderita cedera kaki membutuhkan bantuan kruk diantaranya:

  • Tendon Achilles pecah
  • Pergelangan kaki patah
  • Fraktur kaki
  • Fraktur stres
  • Fraktur tibia
  • Otot tertarik
  • Terkilir
  • Cedera ACL

Kruk atau tongkat ketiak bekerja dengan menggunakan lengan Anda untuk menopang berat tubuh bagian bawah sehingga Anda dapat menahan beban pada anggota tubuh yang cedera atau terkena. Kruk hanya berfungsi jika salah satu kaki Anda cedera dan yang lainnya mampu menopang berat badan Anda. Ini karena kaki Anda yang tidak cedera akan diminta untuk memikul sebagian besar beban Anda. Penting juga untuk dipahami bahwa berat badan Anda tidak boleh ditopang oleh ketiak. Jika Anda mengandalkan ketiak sebagai penyangga, Anda mungkin akan mengalami kerusakan saraf karena terlalu banyak menekan area tersebut.

Penggunaan Tongkat Kruk Ketiak

Metode penggunaan kruk yang benar adalah dengan berdiri tegak dengan ujung kruk dua hingga tiga inci di depan kaki Anda dan menyesuaikan kruk sehingga bantalan atas jatuh sekitar satu inci di bawah ketiak Anda. Saat Anda bersiap untuk bergerak dengan kruk, tangan Anda harus berada di pegangan tangan dengan sedikit menekuk siku dan tidak menekuk pergelangan tangan. Tempatkan ujung kruk di depan jari kaki Anda dan berlatihlah mengayunkan tubuh dengan lembut melalui kruk untuk bergerak. Anda harus menjaga lutut kaki yang cedera tetap menekuk saat mengayunkan tubuh untuk mencegahnya menyentuh tanah, dan mendarat di kaki yang tidak cedera.

Meskipun membutuhkan sedikit latihan untuk memahami kruk Anda, belajar menggunakannya dengan benar akan membuat Anda lebih nyaman saat Anda pulih dan membantu Anda berkeliling dengan lebih efisien.

Jenis Tongkat Kruk

Tongkat Ketiak (Underarm Crutches)

Penggunaan Tongkat Ketiak


Tongkat ketiak adalah yang paling umum di gunakan. Tongkat ini juga dikenal sebagai kruk ketiak dan merupakan jenis yang biasa diberikan kepada pasien setelah cedera tungkai bawah. Faktanya, kebanyakan orang menganggap tongkat ini satu-satunya pilihan yang tersedia. Tongkat ini dapat digunakan untuk semua cedera kaki dan membantu Anda bergerak tanpa membebani kaki Anda, memberikan waktu cedera Anda untuk sembuh.

Kelebihan:
Kruk ketiak membantu Anda bergerak tanpa membebani kaki yang cedera dan dapat digunakan untuk semua cedera kaki.

Kekurangan:
Kruk ketiak tidak nyaman dan seringkali terasa sakit. Keluhan yang umum terjadi antara lain nyeri ketiak, pergelangan tangan dan tangan. Ada juga potensi kerusakan saraf ketiak jika digunakan secara tidak benar atau untuk jangka waktu yang lebih lama. Anda akan kehilangan penggunaan tangan dan lengan saat menggunakan kruk ketiak, jadi menjalani rutinitas harian Anda membutuhkan bantuan.

Cara Menggunakan:
Cara terbaik untuk menggunakan kruk ini adalah dengan berdiri tegak dengan kruk sedikit di depan kaki Anda dan bantalan kruk 1–2 inci di bawah ketiak Anda. Ayunkan kaki Anda ke depan di antara kruk, mendarat dengan kaki yang baik, lalu ulangi.

Baca artikel lainnya

Tongkat Siku / Elbow (Forearm Crutches)

Penggunaan Tongkat Siku


Tongkat siku/elbow ini dibuat dari berbagai bahan seperti batang logam, Aluminium dan serat karbon cenderung lebih kuat daripada tongkat kayu, dan beberapa dapat disesuaikan ketinggiannya. Perbedaannya dengan tongkat ketiak adalah adalah tongkat siku/elbow ini memiliki manset terbuka atau tertutup yang dapat mencengkeram lengan Anda saat Anda menggunakannya.

Kelebihan:
Tongkat siku/elbow sering digunakan untuk mengatasi cedera dan penyakit jangka panjang. Mereka menggunakan lebih banyak kekuatan tubuh bagian atas daripada tongkat ketiak, tetapi mereka memberi Anda lebih banyak kendali atas gerakan Anda. Tongkat ini cenderung lebih mudah digunakan di tangga atau medan yang tidak rata.

Kekurangan:
Sisi negatifnya sama dengan kruk ketiak. Tongkat ini tidak nyaman karena Anda tidak dapat menggunakan tangan Anda untuk hal lain. Ini bisa menyakitkan untuk digunakan, terutama di tangan Anda karna tumpuan utama adalah tangan. Dan itu bisa sangat melelahkan, bahkan setelah waktu yang singkat.

Cara Menggunakan:
Menggunakan tongkat siku/elbow mirip dengan menggunakan tongkat ketiak. Dengan menggunakan kaki yang tidak cedera sebagai penyangga, ayunkan beban Anda ke depan di antara kruk dan mendaratlah dengan kaki yang sehat. Pastikan ujung lengan kruk bawah 1–1,5 inci di bawah siku Anda.


Jika Anda sedang mencari jenis tongkat siku atau tongkat ketiak, berikut ini kami berikan rekomendasi tongkat jalan yang bisa ada beli sesuai kebutuhan.


1. Tongkat Siku GEA FS933L

Tongkat Siku GEA FS933L



Tongkat siku atau tongkat elbow merupakan alat bantu jalan yang berfungsi untuk menompang tubuh waktu berdiri ataupun jalan. Tongkat ini sangat ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Terbuat dari bahan aluminium sehingga ringan untuk digunakan serta tongkat yang bisa diatur tinggi rendahnya sesuai kebutuhan.

Spesifikasi Produk:
- Terbuat dari bahan aluminium sehingga tidak mudah berkarat
- Ringan sehingga tak perlu tenaga lebih kuat untuk dapat menggunakan tongkat ini
- Dapat diatur tinggi rendahnya
- Desain yang simple
- Nyaman digunakan
- Cocok untuk semua kalangan

2. Tongkat Ketiak / Kruk GEA FS925

Tongkat Ketiak / Kruk GEA FS925



Tongkat Ketiak GEA FS925 merupakan tongkat ketiak yang berguna sebagai alat bantu jalan pasien pasca cedara kaki, maupun mengalami kecelakaan yang membutuhkan alat bantu untuk tumpuan kaki.

3. Rebotec Magic-Twin 102 Tongkat Siku

Tongkat Elbow Rebotec Magic-Twin



Tongkat Elbow Rebotec Magic-Twin 102 merupakan alat bantu jalan dengan menopang beban tubuh di tangan dan siku, terbuat dari bahan alumunium untuk rangkanya dan bahan plastik pada pergelangan dan pegangan tangan.

Spesifikasi Produk:
- Pegangan yang ergonomis
- Reflektor
- Ferrule padat dengan diameter tinggi
- Mampu menopang sampai 130 kg berat badan
- Tongkat bisa disesuaikan dengan pengguna sampai 10
- Kompresi yang tepat
- Tinggi dari handle sampai lengan 24 cm
- Produk dari Jerman

4. Rebotec SafeInKid 122 Tongkat Elbow Anak

Tongkat Elbow Anak Rebotec SafeInKid 122



Tongkat Anak Rebotec Safe-In-Kids 122 merupakan alat bantu jalan untuk anak dengan menopang beban tubuh di tangan dan siku, terbuat dari bahan yang aman dengan pegangan yang ergonomis sehingga nyaman untuk digunakan.

Spesifikasi Produk:
- Manset lengan bawah dengan engsel untuk meningkatkan mobilitas
- Pegangan yang ergonomis
- Tinggi bisa disesuaikan dari pegangan ke manset
- Rerrule padat dengan diameter tinggi - Mampu menopang sampai 100 kg berat badan
- Tongkat bisa disesuaikan tinggi rendahnya
- Dengan Kompresi yang tepat
- Produk dari Jerman

5. Rebotec Safe-In Erg 116 Tongkat Siku

Tongkat Siku Rebotec Safe-In Erg 116



Tongkat Siku Rebotec Safe-In Erg 116 merupakan alat bantu jalan dengan menopang beban tubuh di tangan dan siku, Dengan manset lengan bawah dengan engsel untuk meningkatkan mobilitas

Spesifikasi Produk:
- Manset lengan bawah dengan engsel untuk meningkatkan mobilitas
- Pegangan yang ergonomis
- Reflector front/backwards
- Tinggi bisa disesuaikan dari pegangan ke manset
- Mampu menopang sampai 130 kg berat badan
- Tongkat bisa disesuaikan tinggi rendahnya
- Dengan Kompresi yang tepat
- Produk dari Jerman

6. Rebotec Safe-In Anat 119 Tongkat Siku

Rebotec Safe-In Anat 119



Tongkat Rebotec Safe-In Anat 119 merupakan alat bantu jalan dengan menopang beban tubuh di tangan dan siku, dengan pegangan yang lembut sehingga nyaman untuk digunakan.

Spesifikasi Produk:
- Manset lengan bawah dengan engsel untuk meningkatkan mobilitas
- Pegangan yang ergonomis
- Tinggi bisa disesuaikan dari pegangan ke manset
- Reflektor depan / belakang
- Mampu menopang sampai 130 kg berat badan
- Tongkat bisa disesuaikan tinggi rendahnya
- Dengan Kompresi yang tepat

7. Rebotec Safe-In Anatom Soft 118

Rebotec Safe-In Anatom Soft 118



Tongkat Rebotec Safe-In Anatom Soft 118 merupakan alat bantu jalan dengan menopang beban tubuh di tangan dan siku, dengan pegangan yang lembut sehingga nyaman untuk digunakan.

Spesifikasi Produk:
- Manset lengan bawah dengan engsel untuk meningkatkan mobilitas
- Pegangan yang lembut dan ergonomis
- Tinggi bisa disesuaikan dari pegangan ke manset
- Mampu menopang sampai 130 kg berat badan
- Tongkat bisa disesuaikan tinggi rendahnya
- Dengan Kompresi yang tepat
- Produk dari Jerman



Penggunaan Tongkat Jalan

Tidak semua tongkat ketiak atau tongkat siku dibuat dengan model yang sama. Saat memilih, pertimbangkan jenis cedera atau penyakit yang Anda alami dan seberapa banyak mobilitas yang Anda inginkan selama pemulihan. Setiap penggunaan kruk membutuhkan latihan sebelum Anda dapat menggunakannya. Anda biasanya bisa langsung menggunakan kruk tradisional, seperti lengan bawah dan ketiak. Namun, penting agar Anda menyesuaikan dan menggunakannya dengan benar jika tidak, hal itu dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

Menggunakan kruk dengan benar membutuhkan latihan, tetapi memahami cara kerjanya dan mengikuti teknik umum penggunaan kruk akan membantu Anda menyesuaikan waktu menggunakan kruk dengan lebih mudah dan membuat kruk lebih nyaman digunakan.