Lutut merupakan salah satu sendi terbesar dan terpenting dalam tubuh manusia. Lutut memiliki gerakan kompleks seperti berjalan, berlari, dan melompat. Namun, lutut tersebut memiliki rentan yang sangat tinggi terhadap cedera baik akibat olahraga, kecelakaan, atau kondisi medis tertentu. Salah satu alat kesehatan yang dapat mengurangi cedera pada lutut yaitu Knee support. Knee support atau penyangga lutut adalah alat kesehatan yang dirancang untuk memberikan kestabilan pada lutut sehingga mengurangi cedera. Selain mengurangi cedera, knee support juga dapat digunakan untuk proses penyembuhan.

Knee support dapat digunakan ketika sedang berolahraga ataupun saat aktivitas sehari-hari. Knee support hadir sebagai solusi untuk membantu mencegah cedera lutut, mengurangi rasa sakit, dan mendukung proses pemulihan. Knee support ini tersedia dari berbagai jenis dan desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya dan tingkat aktivitas mereka.

7 Rekomendasi Knee Support Untuk Olahraga dan Pemulihan Saat Cedera

Jenis-Jenis Knee Support

1. Hinged Knee Braces

Hinged Knee Braces dirancang untuk pasien atau atlet yang membutuhkan tingkat perlindungan dan dukungan yang lebih tinggi. umumnya disarankan penggunaannya oleh ahli ortopedi atau dokter olahraga untuk atlet dengan kerusakan ligamen yang sudah diperbaiki. Penggunaan knee support jenis ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan melindungi jaringan ligamen.

2. Knee Straps

Knee straps biasanya cocok digunakan bagi seseorang yang menderita sakit lutut seperti tendinitis patella, penyakit osgood-schlatter, atau patella tracking sehingga dapat meminimalkan nyeri lutut dengan menekan tendon patella. Knee straps ini bisa dipakai dibawah pakaian dan sangat mudah untuk dilepas pasang.

3. Knee Pads

Knee pads mungkin bisa masuk ke dalam jenis knee sleeve namun memiliki bantalan tambahan atau bantalan juar yang menutupi bagian depan lutut. Knee pads ini dapat mengurangi resiko cedera terutama dalam aktivitas atau olahraga yang berpotensi terkena pukulan langsung ke bagian lutut seperti voli, bersepeda, skateboard, atau kursi roda.

4. Wrap Around Knee Braces

Wrap Around Knee Braces merupakan jenis knee support yang aman dan nyaman untuk pasien dengan nyeri lutut ringan hingga sedang. Desain wrap around ini dapat meningkatkan kompresi dan stabilitas yang mudah dilepas pasang terutama untuk pasien lanjut usia, atau yang memiliki ketangkasan atau kekuatan kaki yang buruk.

5. Compression

Jenis penyangga lutut ini biasanya digunakan untuk memberikan dukungan ringan pada bagian lutut. Manfaat utama dari model ini yaitu memberikan kompresi sehingga dapat meningkatkan aliran darah dan menjadi pilihan yang baik untuk meredakan pembengkakan.

Penggunaan knee support ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar saat menggunakannya lebih nyaman. Pemilihan knee support merupakan hal yang harus diperhatikan agar manfaat yang dihasilkan menjadi maksimal. Untuk memilih knee support yang tepat dapat membaca artikel berikut: Tips Memilih Penyangga Lutut dengan Tepat.

Knee support ini sudah banyak dijual dengan berbagai jenis dari merk yang berbeda baik di toko secara langsung ataupun di online shop. Knee support dapat ditemukan dengan mudah di Toko Galeri Medika. Galeri Medika menyediakan knee support dari berbagai model dan merk yang dijamin 100% Original. Berikut merupakan 7 rekomendasi knee support yang dapat dijadikan referensi dalam memilih penyangga lutut untuk menghindari cedera olahraga atau digunakan sehari-hari dalam pemulihan saat cedera.

Pelindung Lutut FamilyDr Knee Support - Black Series

Family Dr Knee Support Black Series

Knee Support dr Family Dr type Black series merupakan penyangga lutut yang terbuat dari bahan katun dan polyester berkualitas dari korea yang memberikan sensasi lembut, nyaman, dan elastis sehingga tidak mengganggu peredaran darah serta dapat memberikan kompensasi dan perlindungan sendi lutut. Knee Support ini cocok digunakan untuk aktivitas olahraga. Memiliki model kompresi sehingga dapat digunakan pada lutut kiri maupun kanan. Karena tipe ini merupakan Black series, maka warna dari produk ini yaitu Hitam.

Fitur Produk

  • Desain baru black series
  • Melindungi lutut dari cedera
  • Bahan elastis, lembut dan nyaman saat digunakan
  • Dengan fitur tiga titik tekanan mampu melindungi lutut dengan baik
  • Bisa digunakan lutut bagian kiri/kanan
  • Desain unisex bisa untuk pria dan wanita
  • Cocok digunakan untuk aktivitas olahraga
  • Made in Korea
  • Ukuran (Diukur melalui lingkar lutut)
    S : 28-33 cm (11-13")
    M : 33-38 cm (13-15")
    L : 38-43 cm (15-17")

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Support Lutut Oppo 2022

Knee Support Oppo 2022

Knee Support dari Oppo 2022 memiliki bahan yang elastis sehingga mampu memberikan kompresi yang sesuai pada sendi lutut. Selain itu produk ini juga memiliki bahan yang lembut dan tebal serta dirajut menggunakan 4 arah sehingga nyaman digunakan. Knee support ini cocok digunakan untuk olahraga, aktivitas sehari-hari, dan masalah kesehatan seperti lutut arthritis, keseleo ringan karena dapat membantu penyembuhan dan menjaga sendi lutut tetap fleksibel. Tersedia dengan warna Beige serta memiliki model kompresi yang cocok digunakan untuk lutut kanan ataupun lutut kiri.

Fitur Produk

  • Rajutan 4 way (4 arah)
  • Memiliki desain patella pada bagian tengah produk
  • Bisa digunakan pada lutut kanan atau kiri
  • Material bahan: 35% Cotton, 35% Nylon, 20% Rubber, dan 10% Spandex
  • Ukuran (diukur melalui lingkar lutut):
    S: 28.6 - 33.7 cm
    M: 33.7 - 40.6 cm
    L: 40.6 - 47.6 cm
    XL: 47.6 - 55.2 cm

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Neomed Neo Knee Smart JC-050

Neomed JC-050 Knee Support

Knee support ini terbuat dari Neospan yang lembut dan elastis sehingga tidak mengganggu peredaran darah. Memiliki desain 4 Way atau 4 arah sehingga tingkat kompresi menyesuaikan dengan anatomi bagian tubuh yang cedera saat digunakan. Knee support ini juga tidak mudah slip dengan model kompresi. Cocok digunakan saat olahraga seperti sepak bola, lari, bela diri, dan aktivitas lainnya yang mengandalkan kekuatan lutut. Tersedia dengan warna abu-abu yang dapat digunakan pada lutut bagian kanan atau kiri.

Fitur Produk

  • Desain 4 arah sehingga tidak mudah slip pada saat digunakan
  • Memiliki desain patella pada bagian tengah
  • Made in Korea
  • Dapat digunakan pada lutut kiri atau kanan
  • Ukuran (diukur melalui lingkar lutut)
    S : 27 - 32 cm (10.6 - 12.5")
    M : 32 - 37 cm (12.5 - 14.5")
    L : 37 - 42 cm (14.5 - 16.5")
    XL : 42 - 47 cm (16.5 – 18.5")

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Variteks 804 Knee Brace Untuk Rematik Pada Lutut

Variteks 804 Knee Support

Knee Support dari Variteks 804 ini terbuat dari bahan yang lembut yaitu kain wol asli (bulu biri-biri) dan serat lycra sehingga dapat memberikan kompresi dan perlindungan dengan nyaman. Knee support ini cocok digunakan oleh seseorang yang memiliki rematik, segala jenis nyeri lutut. Tersedia dengan warna putih dengan model kompresi sehingga cocok digunakan pada lutut kiri ataupun lutut kanan.

Fitur Produk

  • Material bahan: Kain lycra dan serat wol
  • Model kompresi dengan warna putih
  • Berfungsi untuk memberikan kompresi dan perlindungan lutut
  • Made in Turki
  • Ukuran (diukur melalui lingkar lutut):
    S = 28 - 32 cm
    M = 32 - 36 cm
    L = 36 - 40 cm
    XL = 40 - 44 cm
    XXL = 44 - 49 cm

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Dr. Ortho ES-7A91 Knee Support Silicone Pad

Knee Support Dr Ortho ES-7A91

Knee support tipe ini memiliki bahan yang lebih tebal dari sebelumnya. Knee support ini dilengkapi dengan patella pad (bantalan silikon) dan 4 spiral yang berfungsi untuk menstabilkan tempurung lutut, mencegah keseleo, dan menghilangkan rasa sakit. Memiliki model wrap around yaitu dengan cara merekatkan bagian atas dan bawah menggunakan sabuk velcro. Memiliki warna hitam serta tersedia dengan satu ukuran yang dapat digunakan pada kaki kanan atau kiri.

Fitur Produk

  • 4 spiral tetap memberikan dukungan tambahan, bantalan silikon menjaga tempurung lutut di posisi.
  • Ideal untuk mencegah lutut terlalu sering atau keseleo.
  • Panas / bahan penembus kelembaban untuk ventilasi.
  • Lapisan kapas dengan sentuhan bernapas & terbaik, efisien menyerap keringat.
  • Terbuat dari bahan 25% Cotton, 20% Nylon, 15% Rubber, 12% Spandex, 10% Silicone, 10% PU Film, 8% Steel
  • Ukuran One Size fit all

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Neomed JC-7700 Neo Knee Happiness

Neomed JC-7700 Knee Support

Knee support ini memiliki model wrap around namun lebih tipis dan elastis dari yang sebelumnya. Terbuat dari bahan Hi-Prene yang lembut, elastis, tahan lama, dan anti bakteri serta mampu memberikan perlindungan maksimal. Memiliki rajutan 4 arah sehingga sangat fleksibel dan stabil.Dilengkapi dengan tambahan belt sehingga dapat menopang lutut dan mengontrol tekanan pada patella. Tersedia dengan warna hitam serta ukuran yang universal yaitu untuk lingkar lutut 28-43 cm sehingga dapat digunakan pada lutut kanan atau kiri.

Fitur Produk

  • Buatan Korea kualitas terbaik dunia
  • Terdapat sistem sirkulasi udara
  • Bisa untuk lutut kanan dan kiri
  • Fleksibel
  • HI-Prene: bahan berkualitas yang lembut, elastis, stabil, dan tahan lama, serta mampu menetralkan radikal bebas (toxin) serta anti bakteri.
  • 4-Way: tingkat elastisitas/tekanan pada alat (bahan) menyesuaikan dengan anatomi bagian tubuh yang cedera pada saat digunakan (ke 4 sisi: atas, bawah, kiri, kanan) sehingga tidak mudah slip saat digunakan.
  • Double belt : tingkat tekanan pada saat alat digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna
  • Ukuran One Size untuk lingkar lutut 28-43 cm

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Pelindung Lutut Variteks 163 TX Knee Brace With Flexible Stays

Variteks 163 Tx Knee Support

Variteks 163 TX Knee Brace With Flexible Stays terbuat dari bahan Mikrokapsul Aloe Vera yang dapat memberikan sirkulasi udara serta memiliki bahan yang tebal dan lembut sehingga nyaman ketika dipakai. Dilengkapi dengan patella pad pada bagian tempurung lutut yang berfungsi untuk melindungi tempurung dari cedera. Selain itu, pada bagian samping terdapat pelat fleksibel yang membuat lebih nyaman ketika dipakai. Knee support ini mampu menopang tendon lateral dan medial pada area lutut, serta melindungi patella. Tersedia varian warna beige dengan model wrap around.

Fitur Produk

  • Material bahan Mikrokapsul Aloevera
  • Memiliki pelat fleksibel pada bagian samping
  • Dilengkapi dengan patella pad pada bagian tempurung lutut
  • Made in turki
  • Ukuran (diukur melalui lingkar lutut atas)
    S (1) = 30 - 34 cm
    M (2) = 34 - 38 cm
    L (3) = 38 - 42 cm
    XL (4) = 42 - 46 cm
    XXL (5) = 46 - 50 cm

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Nah itulah 7 rekomendasi knee support yang dapat dijadikan referensi sebelum membeli knee support. Model yang berbeda sehingga memberikan kenyamanan yang berbeda. Oleh karena itu, perlu diperhatikan agar memilih knee support yang sesuai agar lebih nyaman ketika digunakan. Toko yang menyediakan Knee support yaitu Galeri Medika. Selain knee support, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh penjuru Nusantara dengan Jasa Ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/knee-braces-support-2549604
https://www.sfidnfits.com/7-jenis-knee-support-dan-tingkat-perlindungannya-yang-aman-untuk-anda