Anda mungkin pernah melihat orang memakai penyangga lutut atau knee support digunakan saat berjalan, berlari, atau berolahraga. Tahukah Anda mengapa penyangga lutut menjadi sangat populer belakangan ini? Hal tersebut merupakan bagian dari peningkatan besar dalam penggunaan penyangga lutut serta dengan berbagai model yang tersedia di pasaran. Adapun alasan lainnya adalah bahwa penyangga lutut saat ini diharapkan mampu meningkatkan memperbaiki keluhan nyeri, stabilitas sendi dan limitasi pergerakan pada osteoarthritis lutut.

Nah, pada artikel kali ini kami akan berikan tips bagaimana cara memilih penyangga lutut atau knee support yang bisa Anda gunakan untuk mencegah atau meringankan cedera pada lutut atau juga bisa digunakan untuk aktivitas olahraga. Kami berikan beberapa daftar penyangga lutut terbaik yang dapat Anda beli secara online di Galeri Medika

Penyangga Lutut yang Kami Tawarkan

rekomendasi penyangga lutut

Dr. Ortho ES-7A91 Knee Support Silicone Pad

Bahan neoprene
Jenis wrap around
Model patella terbuka
Ukuran dapat disesuaikan
Tingkatan medium
Rekomendasi: tendonitis, nyeri radang sendi, berolahraga

Beli Sekarang

rekomendasi penyangga lutut

Variteks 163 TX Knee Brace

Bahan aloevera
Jenis hinged
Model patella terbuka
Ukuran dapat disesuaikan
Tingkatan med & maks
Rekomendasi: Tendonitis, arthritis, oalahraga

Beli Sekarang

rekomendasi penyangga lutut

Variteks 858 Hinged Stabilizing Knee Brace

Bahan aluminium
Jenis ROM
Model patella terbuka
Ukuran dapat disesuaikan
Tingkatan maksimum
Rekomendasi: pasca operasi, cedera ACL/MCL

Beli Sekarang

rekomendasi penyangga lutut

FamilyDr Knee Support

Bahan Cotton & Polyester
Jenis compression
Model sleeve
Ukuran S,M,L
Tingkatan ringan
Rekomendasi: kompresi dan olahraga

Beli Sekarang

Apa itu Penyangga Lutut?

Seperti istilahnya, penyangga lutut atau knee support adalah produk penyangga dan rehabilitasi lutut yang dirancang untuk dikenakan di atas area lutut. Penyangga lutut tersedia dalam berbagai desain, gaya, dan merk. Penyangga lutut biasanya memberikan dukungan ke daerah lutut dengan menerapkan sejumlah kompresi dan tekanan di atasnya. Penyangga lutut dapat digunakan oleh:

  • Seseorang dengan nyeri lutut
  • Orang yang telah menjalani operasi lutut
  • Orang yang menderita masalah lutut kronis seperti radang sendi atau osteoartritis
  • Individu yang mengalami kecelakaan dan cedera lutut
  • Seseorang lanjut usia yang membutuhkan dukungan tambahan

Manfaat penyangga lutut sangat beragam sifatnya, antara lain:

  • Memberikan dukungan ke daerah lutut
  • Memberikan kompresi untuk meredakan nyeri lutut
  • Meningkatkan sirkulasi darah di daerah lutut
  • Melindungi lutut dari risiko kerusakan lebih lanjut
  • Membatasi pergerakan patela
  • Meningkatkan propriosepsi
  • Memberikan kehangatan pada daerah lutut
  • Menstabilkan lutut
rekomendasi penyangga lutut

Kapan Harus Menggunakan Penyangga Lutut

Meskipun mengenakan penyangga lutut setiap saat boleh saja karena bahannya biasanya ramah kulit, namun paling baik digunakan saat Anda tahu lutut akan mendapat tekanan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan penyangga lutut, tetapi berikut adalah beberapa langkah umum di mana memakai penyangga lutut bisa lebih efektif:

  • Sambil mengangkat benda berat
  • Saat berjalan atau berlari
  • Saat melakukan latihan eksplosif seperti jongkok, angkat besi, burpe, dll.
  • Saat berolahraga
  • Saat mengendarai kendaraan roda dua

Penyebab Utama Nyeri Lutut

Usia adalah faktor utama dalam masalah lutut. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tubuh manusia melewati fase-fase tertentu seiring bertambahnya usia. Berikut adalah daftar beberapa alasan umum nyeri lutut di antara orang-orang (terlepas dari usia):

Cedera: Cedera berulang karena berjalan, jongkok, berlutut atau mengangkat beban yang sangat berat dapat menyebabkan nyeri lutut atau memperburuk masalah lutut yang ada.
Olahraga: Atlet dan olahragawan rentan terhadap cedera lutut karena olahraga fisik berintensitas tinggi mengakibatkan kerusakan yang cukup besar pada lutut. Tekanan yang diberikan pada persendian sangat tinggi, baik saat latihan maupun saat pertandingan.
Osteoarthritis: Ini adalah masalah umum bagi orang lanjut usia dan dapat menyebabkan kerusakan lutut yang serius. Osteoarthritis juga merupakan salah satu dari lima penyebab utama kelumpuhan di antara orang tua.
Jenis Kelamin: Penelitian membuktikan bahwa wanita di atas usia 50 tahun rentan terhadap masalah lutut. Nyeri lutut akut atau kronis sering terjadi pada wanita lanjut usia.
Kecelakaan: Kita semua tahu bahwa kecelakaan tidak dapat diprediksi. Peristiwa yang tidak diinginkan seperti jatuh atau menabrak dapat menyebabkan cedera lutut.

Tips Memilih Penyangga Lutut

Untuk memastikan Anda memilih penyangga lutut yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, kami akan merinci semua faktor penting seperti.

Material Bahan

  • Campuran Neoprene

    Neoprene adalah bahan yang ideal untuk penyangga lutut karena retensi panas yang unggul, kemampuan bernapas, penyerapan kelembaban, dan ketahanan terhadap peregangan.

  • Campuran Katun dan Polyester

    Penyangga lutut dengan bahan katun dan polyester menawarkan kompresi, dan sangat cocok untuk atlet. Material bahan ini membantu memberikan sensasi lembut, nyaman, dan elastis sehingga tidak mengganggu peredaran darah.

  • Aluminium

    Penyangga lutut dengan paduan Aluminium ringan dan tahan lama, memungkinkan pemakainya memanfaatkan dukungan maksimal untuk pemulihan jangka panjang. Ini juga tahan karat, yang berarti dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa rusak.

rekomendasi penyangga lutut

Jenis-jenis Penyangga Lutut

  • Wrap Around

    Jenis penyangga lutut ini biasanya digunakan pada atlet olahraga yang memiliki masalah nyeri lutut ringan hingga sedang. Dibuat dengan beberapa tali Velcro di bagian atas dan bawah penyangga yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kecocokan dan tingkat dukungan. Anda dapat menyesuaikan ukurannya, sehingga mudah untuk mengelola selama proses pemulihan.

  • Hinged

    Dibangun dengan engsel lateral di kedua sisi lutut, penyangga lutut berengsel ini memberikan dukungan maksimal dan kaku dengan menstabilkan lutut dan melindungi ligamen yang rentan. Penyangga ini biasa digunakan pada saat tindakan paska operasi pada lutut. Baik pada pasien maupun atlet yang membutuhkan perlindungan struktur penyangga lutut yang tinggi.

  • Range of Motion (ROM)

    Jenis penyangga lutut Range of motion (ROM) membantu melindungi lutut dengan mencegah pemakainya meregangkan sendi secara berlebihan. Jenis penyangga ini memiliki bahan aluminium kaku yang dilapisi dengan bantalan busa untuk menjaga kenyamanan. Dilengkapi dengan dial yang dapat disesuaikan memudahkan untuk menyempurnakan rentang gerakan. Penyangga ini ini sangat ideal untuk rehabilitasi, paska operasi dan pemulihan cedera.

  • Sleeve

    Penyangga ini dirancang untuk memberikan kompresi ringan dengan dukungan ringan untuk meningkatkan sirkulasi dan kompresi yang ditargetkan. Jenis penyangga ini merupakan pilihan populer untuk radang sendi, serta untuk nyeri lutut meniskus robek. Atlet juga dapat memperoleh manfaat, baik Anda seorang pelari, atlet voli, futsal atau basket.

  • Compression

    Penyangga lutut dengan jenis kompresi biasanya untuk dukungan ringan pada bagian lutut. Namun manfaat utama penyangga ini adalah kompresi dan retensi panas yang ditawarkannya, yang meningkatkan aliran darah dan pilihan yang baik untuk meredakan pembengkakan, serta untuk atlet yang ingin meningkatkan stabilitas dan stamina dengan satu produk.

Patela Terbuka atau Tertutup

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa beberapa penyangga lutut dirancang dengan lubang di sekitar tempurung lutut, sementara yang lain menutupinya. Desain patela terbuka adalah desain yang memperlihatkan tempurung lutut untuk mengurangi tekanan dan memberikan pelacakan patela yang memadai. Ini menjaga tempurung lutut tetap sejajar dan tidak bergeser dari tempatnya saat kaki ditekuk. Desain patela tertutup menutupi tempurung lutut sepenuhnya untuk memberikan kompresi yang merata di seluruh lutut. Jenis penjepit ini tidak menahan sendi lutut di tempatnya atau mencegah pergeseran.

Ukuran

Saat menyesuaikan penyangga lutut agar pas, pastikan cukup kencang untuk menghindari kendur atau turun kebawah, tetapi juga cukup longgar sehingga tidak memotong sirkulasi. Model penyangga lutut yang kami tawarkan dapat disesuaikan mudah. Dengan gaya penyangga apa pun, Anda harus dapat dengan nyaman memasukkan 2 jari di antara penyangga dan kulit Anda.

Rekomendasi penyangga lutut Dari Kami

rekomendasi penyangga lutut

Dr. Ortho NS-706 Ligament Knee Support

Bahan neoprene
Tipe wrap around
Model patella terbuka
Ukuran dapat disesuaikan
Tingkatan med & maks
Rekomendasi: tendonitis, nyeri radang sendi, berolahraga

Beli Sekarang

rekomendasi penyangga lutut

Variteks 454 Hinged Knee Support

Bahan aloevera
Tipe hinged
Model patella tertutup
Ukuran dapat disesuaikan
Tingkatan med & maks
Rekomendasi: arthritis, bursitis and tendonitis

Beli Sekarang

rekomendasi penyangga lutut

Neomed Neo Knee Smart JC-050

Bahan lining fabric
Tipe Compression
Model Sleeve
Ukuran S,M,L,XL
Tingkatan ringan
Rekomendasi: kompresi dan olahraga

Beli Sekarang

rekomendasi penyangga lutut

Variteks 886 Patella Band

Bahan campuran Neoprene
Tipe strap
Model patellar
Ukuran dapat disesuaikan
Tingkatan ringan dena med
Rekomendasi: lari dan olahraga

Beli Sekarang


Sumber Referensi>
https://www.seniority.in/blog/your-complete-guide-to-buying-the-right-knee-cap/