Pada umumnya banyak lansia yang sulit untuk berjalan dengan normal. Sehingga membutuhkan alat bantu jalan yang berkualitas seperti tongkat ataupun kursi roda. Tongkat Jalan dapat membantu para lansia mempertahankan gaya hidup aktif dengan menyediakan cara yang aman untuk tetap bergerak.
Seiring perkembangan zaman, Tongkat jalan memiliki banyak variasi, ada jenis kaki tunggal atau satu kaki, 3 kaki, dan 4 kaki. Bahkan modelnya ada yang melengkung, hal itu bertujuan dengan fungsinya seperti untuk keseimbangan yang di prioritaskan. Oleh sebab itu anda memerlukan orang yang berpengalaman atau mengetahui kegunaan secara umum dari tongkat maupun kondisi anda seperti halnya Dokter.

Tips Cara Penggunaan Dan Perawatan Tongkat

Menemukan alat bantu jalan yang tepat mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan, tetapi mengetahui fitur utama yang harus dicari, serta memiliki opsi untuk dipilih, dapat membuat pengalaman menjadi jauh lebih sukses. Dan terlebih lagi apabila anda mengetahui cara dan kegunaan dari struktur atau bagian bagian dari tongkat tersebut sebelum anda menggunakannya adalah satu hal penting yang harus dilakukan.

Tips Cara Penggunaan Dan Perawatan Tongkat

Tips Memahami Komponen Struktur Dan Bagian-Bagian pada Tongkat

Tidak semua tongkat memiliki komponen yang sama persis, tetapi tidak ada salahnya mengecek terlebih dahulu tongkat yang anda miliki sebelum anda memulai menggunakannya, apabila sama bisa menggunakn tips ini, Contoh yang diambil adalah Tongkat merk GEA dan Tongkat Avico kaki 3.

1. Handle atau pegangan

Pilih tongkat dengan pegangan yang sesuai. Genggaman busa dan gagang yang dibentuk agar pas dengan tangan Anda juga merupakan pilihan. Untuk mengurangi tekanan pada tangan Anda, pilih pegangan pegangan yang melengkung atau bulat.
Genggaman besar mungkin lebih baik jika Anda menderita radang sendi atau nyeri sendi yang membuatnya sulit untuk menggenggam pegangan dengan erat. Memiliki pegangan yang tepat akan memastikan bahwa Anda tidak membuat sendi Anda stres. Ini juga akan membantu mencegah penyimpangan sendi, mati rasa, dan nyeri di tangan dan jari Anda.

2. Pengatur Ketinggian

Bagian Ini adalah penyesuaian ketinggian yang anda inginkan sesuai kebutuhan dan anjuran, saat melakukan pengaturan ketinggian merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum anda memakai tongkat jalan untuk bepergian. Berikut adalah komponen di dalam “Pengatur ketinggian” :

3. Ring Kuncian Dan Pin

Pertama “Ring Kuncian”. Anda harus memastikan bagian ini dalam keadaan terkunci atau tidak!. Caranya adalah dengan memutar Ring Kuncian searah jarum jam untuk mengencangkan atau mengunci, dan arah sebaliknya untuk melonggarkan ring kuncian. hal ini bertujuan agar pada saat melakukan penyesuaian tidak terjadi resiko kerusakan pada tongkat anda dan resiko yang tidak diinginkan pada saat penggunaan, karena pada saat Ring mengunci tongkat menjadi Kokoh dan tidak goyah.

Ring Kuncian

Kedua “Pin Pegas”. Pada Saat anda melonggarkan Ring Kuncian, setelah itu boleh melakukan penyesuaian ketinggian pada tongkat. Caranya adalah dengan menekan Pin lalu melakukan gerakan Vertikal pada tongkat ke atas atau kebawah dengan secara lurus atau dengan cara memperhatikan keberadaan Pin lalu memusatkan pada lubang, otomatis Pin akan bergerak dan mengunci ketinggian pada lubang tersebut.

Perhatikan Step/Langkah dalam menyesuaikan ketinggian yaitu Melonggarkan Ring Kuncian>menekan Pin>mengatur ketinggian>Dan kembali ke ring Kuncian dan mengencangkannya.

4. Kaki Tongkat

Jenis kaki tongkat bervariasi tergantung dari kebutuhan, seperti anda lebih dominan dengan menggunakan nya dengan tangan kiri , atau kondisi anda. dalam beberapa kasus masih ada yang belum mengerti jenis bentuk kaki dan kegunaannya. dalam beberapa jenis atau tipe tongkat yang seperti ini memiliki persamaan sistem operasi dan cirinya memiliki 2 pin pegas. Contoh mengatur posisi bentuk kaki yang sesuai anda ingini. yaitu dengan memutar kunci ring dan menekan pin secara horizontal dengan 180 derajat.

Selain bentuk kaki, Anda harus berhati-hati saat menggunakan tongkat. Ujung tongkat yang berujung karet akan membantu pegangan dan memungkinkan traksi pada permukaan jalan. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan tongkat Anda dalam kondisi basah, dingin, atau licin.

Tips Menggunakan Tongkat

Tongkat tidak difungsikan sama persis dengan Kruk/atau tongkat ketiak yang fungsinya menahan beban penuh.Tongkat menambahkan titik ketiga dari kontak tanah yang mengubah biomekanik berjalan untuk mempengaruhi keseimbangan, meredakan nyeri sendi dan memberikan stabilitas kepada pengguna. Jika anda tidak memerlukan saran atau tidak sempat ke dokter untuk konsultasi, anda bisa menggunakan tips ini. Berikut tips sebelum menggunakan tongkat :

  • Jauhkan dari apa pun yang dapat menghalangi jalan Anda, seperti kabel listrik, furniture, dan hewan peliharaan.
  • Pegang tongkat Anda di tangan yang berlawanan dengan sisi yang membutuhkan dukungan.
  • Posisikan tongkat sedikit ke samping dan sekitar 2 inci ke depan.Hindari memposisikan tongkat Anda terlalu jauh ke depan, karena bisa tergelincir.
  • Gerakkan tongkat Anda ke depan pada saat yang sama saat Anda melangkah maju dengan kaki Anda yang sakit.
  • Pegang tongkat dengan stabil di tempatnya saat Anda berjalan ke depan dengan kaki yang sehat.

Minta seseorang untuk mengawasi Anda dan mungkin membantu mendukung atau menstabilkan Anda ketika Anda pertama kali merasa nyaman berjalan dengan tongkat Anda. Pastikan Anda merasa sepenuhnya percaya diri sebelum Anda berani keluar sendiri.
Bicaralah jika Anda merasa membutuhkan bantuan saat menggunakan tongkat Anda. Buatlah rencana untuk apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini.

Tips Perawatan Tongkat

Tongkat apabila sering digunakan terutama di luar akan menjadi kotor. Untungnya mudah untuk membersihkan tongkat.
Cara terbaik untuk membersihkan tongkat adalah dengan membasahi kain serat mikro dengan air sabun yang lembut dan bersihkan permukaannya dengan lembut. Metode ini bekerja pada kayu tertentu, sebagian besar tongkat plastik/lucite, logam, dan serat karbon. Semua permukaan harus dibersihkan secara menyeluruh. Setelah dibersihkan, benda harus dibiarkan mengering sepenuhnya (setidaknya 10 menit).

Selain membersihkan, anda harus memperhatikan dan mengecek bagian bagian tongkat yang perlu di ganti, contohnya ujung kaki karet, jika terjadi kerusakan atau pecah, segera menggantinya karena dikhawatirkan timbul Resiko tergelincir. Pegangan harus diperiksa untuk memastikan tidak longgar atau rusak. Pegangan yang longgar merupakan risiko serius terhadap stabilitas.

Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan bahan kimia keras pada tongkat Anda, terutama tongkat kayu yang sudah jadi. Tergantung pada hasil akhir, itu mungkin memudar atau menyebabkan perubahan warna. Beberapa bahan kimia bahkan dapat menghilangkan jenis pelapis tertentu.

Meskipun perawatan yang diperlukan minimal, pengguna tongkat, kruk, dan alat bantu jalan harus waspada terhadap keadaan yang menimbulkan ancaman keamanan. Pembersihan dan perawatan harus dilakukan sesuai kebutuhan.