Bayi merupakan seseorang yang rentan terhadap gangguan kesehatan, sehingga orang tua harus memiliki kemampuan untuk memantau tumbuh kembang bayi agar terhindar dari masalah kesehatan dan penyimpangan pertumbuhan. Tumbuh kembang bayi terdiri dari 2 hal, yaitu pertumbuhan fisik dan pertumbuhan kemampuan struktur tubuh. Pertumbuhan bayi dapat dipantau dengan melihat tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan lainnya yang dapat diukur oleh alat ukur. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi adalah genetik, lingkungan, ekonomi, serta perilaku.

Perilaku keluarga terutama Ibu memiliki dampak yang sangat besar terhadap pertumbuhan bayi. Salah satu perilaku yang berdampak positif adalah rutin memantau pertumbuhan bayi. Memantau pertumbuhan bayi terutama berat badan. Kenaikan berat badan yang rendah dalam beberapa bulan menyebabkan pertumbuhan anak bermasalah, sehingga sangatlah pentin untuk memantau berat badan bayi secara rutin untuk mencegah dari masalah kesehatan.

Review Timbangan Bayi Digital OneHealth B01

Manfaat Memantau Berat Badan Bayi

Masa 1000 hari pertama kehidupan (0-2 tahun) merupakan masa krusial bagi tumbuh kembang anak. Setiap anak memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda, memantau berat badan anak bermanfaat untuk memeriksa kesehatan secara umum. Berikut merupakan manfaat dari memantau berat badan bayi:

1. Mengetahui Kondisi Kesehatan Secara Umum

Berat badan bayi merupakan indikator kesehatan dan pertumbuhan bayi secara umum. Peningkatan berat badan bayi sesuai dengan kurva pertumbuhan dapat menunjukan bahwa bayi sedang tumbuh dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup, termasuk pemberian asi yang cukup.

2. Mengetahui Status Gizi

Memantau berat badan secara rutin dapat membantu dalam mengetahui status gizi bayi. Ketika sudah mengetahui berat bayi, kemudian dibandingkan dengan berat ideal menurut tinggi badan anak saat itu, selanjutnya akan diketahui hasilnya dan menunjukan apakah bayi tersebut obesitas, memiliki gizi baik, kelebihan gizi, gizi buruk, ataupun kekurangan gizi.

3. Mendeteksi Penyakit Sejak Dini

Berat badan anak akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Bila berat badan bayi selama beberapa bulan tidak mengalami peningkatan, maka kemungkinan besar bayi mengalami kondisi tertentu yang dapat menghambat pertumbuhannya.

Memantau berat badan secara rutin memungkinkan untuk mendeteksi masalah kesehatan. Perubahan berat badan yang tidak wajar bisa menjadi indikator adanya masalah kesehatan seperti infeksi, gangguan pencernaan, dan lainnya. Oleh karena itu, dapat dilakukan pencegahan atau mengatasi masalah tersebut sebelum menjadi lebih serius.

Review Timbangan Bayi Digital OneHealth B01

Pemantauan berat badan bayi merupakan hal yang harus dilakukan karena berdampak positif terhadap kesehatan bayi. Biasanya untuk mengetahui berat badan bayi, orang tua harus menunggu jadwal kontrol dengan dokter atau menunggu jadwal posyandu. Namun, saat ini orang tua bisa menimbang berat badan bayi dirumah dengan menggunakan timbangan bayi digital. Sudah banyak timbangan bayi digital ini dijual dipasaran dengan berbagai merk, tipe, dan fitur. Salah satu timbangan bayi digital yang dapat dibeli dengan mudah yaitu Timbangan Bayi Digital dari OneHealth tipe B01.

Timbangan Bayi Digital OneHealth B01

Timbangan bayi digital dari Onehealth tipe B01 merupakan timbangan digital yang dapat digunakan untuk pemantauan tumbuh kembang bayi mulai dari lahir hingga umur 2 tahun. Timbangan ini memiliki layar LCD yang besar sehingga hasil pengukurannya akan terlihat jelas. Alas dari timbangan ini terbuat dari plastik ABS yang kuat dengan kapasitas maksimal adalah 20 kg.

Timbangan Bayi Digital OneHealth B01 memiliki tiga satuan unit pengukuran yaitu Kg, Oz (Ons), dan lb:Oz (Pound:Ons). Dilengkapi dengan tombol sensor sentuh dan fungsi Tare (membuat 0 kg). Selain itu, timbangan ini juga memiliki musik yang dapat dinyalakan ketika proses penimbangan bayi. Timbangan ini memiliki sumber daya utama yaitu 4 buah baterai ukuran A2. Untuk dimensi keseluruhan dari timbangan ini yaitu memiliki panjang 595 mm, lebar 321 mm, dan tinggi 115 mm.

Timbangan Bayi Digital OneHealth B01

Timbangan Bayi Digital OneHealth B01

Timbangan bayi digital Onehealth B01 merupakan solusi yang tepat untuk pemantauan tumbuh kembang bayi selama masal 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) atau dari sejak lahir hingga umur 2 tahun.

Fitur Produk

  • Layar LCD besar
  • Material alas plastik ABS
  • Menggunakan tombol sensor sentuh
  • Dilengkapi dengan fungsi Tare
  • Dilengkapi dengan lagu pada saat pengukuran
  • Unit pengukuran Kg/Oz/lb:Oz
  • Menggunakan 4 buah baterai AA
  • Kapasitas beban 20 kg
  • Dimensi produk 595 x 321 x 115 mm

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Cara Menggunakan Timbangan Bayi Digital OneHealth B01

Penggunaan timbangan ini cukup mudah. Pertama, pasangkan baterai terlebih dahulu untuk menghidupkan timbangan ini. Kedua, letakan timbangan pada tempat yang datar dan keras seperti meja, lantai, dan lainnya. Selanjutnya, pilih satuan unit untuk hasil pengukuran. Setelah itu, letakan bayi secara perlahan diatas timbangan.

Apabila ingin menyalakan fitur musik, klik tombol unit unit selama kurang lebih 5 detik lalu musik akan terdengar dan membuat bayi lebih tenang saat sedang menimbang berat badan.

Fungsi Tare dapat digunakan apabila ingin meletakan handuk atau alas sebelum menimbang bayi. Caranya, setelah timbangan dinyalakan lalu memilih satuan unit, letakan alas seperti handuk atau selimut diatas timbangan lalu tekan tombol tare maka timbangan akan menunjukan angka 0. Setelah itu, bayi bisa diletakan di atasnya. Karena fungsi tare tersebut, maka hasil akhir adalah berat murni bayi tanpa tambahan berat alas yang digunakan.

Review Timbangan Bayi Digital OneHealth B01

Tips Agar Bayi Memiliki Tubuh Sehat

  • Menyusui dengan cara benar: ASI merupakan sumber nutrisi bayi. Beberapa Ibu mungkin khawatir ASI yang mereka miliki tidak cukup memenuhi kebutuhan bayi. Untuk meningkatkan suplai ASI, susui bayi setiap satu atau dua jam dan beristirahat terlebih dahulu setelah itu.
  • Memberikan MPASI Sehat: Saat bayi sudah boleh diberi buah, sayuran, daging tanpa lemak, dan biji-bijian maka bayi akan mencoba apapun yang diberi. Gunakan momen atau waktu ini untuk membangun selera makanan sehat dan menghindari bayi menjadi pemilih makanan.
  • Jangan memberi makanan berlebihan: Meskipun MPASI yang sehat memiliki nutrisi dan manfaat yang baik, namun pemberiannya tidak boleh berlebihan atau memaksakan bayi untuk makan terus menerus, kecuali memang kekurangan berat badan dan sesuai anjuran dokter.
  • Biarkan bayi aktif agar tubuhnya berkembang dan menjadi kuat
  • Pastikan bayi mendapat tidur yang cukup, untuk anak usia 1-2 tahun yaitu sekitar 11-14 jam per hari.
  • Selalu pantau pertumbuhan bayi terutama berat badan agar mengetahui kondisi tubuh bayi secara umum.

Memantau berat badan bayi merupakan hal yang penting untuk memastikan kondisi kesehatan si Kecil. Selalu pantau berat badan bayi dengan rutin menggunakan timbangan bayi digital, dan apabila ada kejanggalan dari berat badan yaitu tidak berkembang atau mengalami penurunan maka segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan dapat diberikan penanganan sejak awal. Timbangan Bayi Digital ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain Timbangan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://jurnal.agdosi.com/index.php/jpemas/article/view/67/64
https://bebeclub.co.id/artikel/ibu-perlu-tahu/3-tahun-atas/berat-badan-ideal-anak
https://www.haibunda.com/parenting/20201021140738-60-168525/6-cara-menjaga-berat-badan-bayi-tetap-ideal-dan-sehat
https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/14498
https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/12044/Download%20Artikel