Tekanan darah merupakan tekanan yang dihasilkan oleh aliran darah terhadap dinding arteri. Mengukur tekanan darah, dapat mengetahui kesehatan tubuh dan jantung. Tekanan darah diukur sebagai tekanan atas dan tekanan bawah. Tekanan atas disebut dengan tekanan darah sistolik dan tekanan darah bawah disebut dengan tekanan darah diastolik.

Tekanan darah sistolik merupakan jumlah tekanan yang diberikan pada dinding arteri saat jantung berkontraksi, sedangkan tekanan darah diastolik merupakan tekanan darah terendah di arteri saat jantung berelaksasi.

Tekanan darah normal sistolik untuk orang dewasa yaitu kurang dari 120 mmHg dan tekanan darah diastolik yaitu kurang dari 80 mmHg. Sedangkan, untuk tekanan darah normal secara keseluruhan yaitu memiliki angka 120/80 mmHg. Tekanan darah berpengaruh langsung terhadap laju detak jantung dan elastisitas dinding arteri.

Review Tensimeter Digital Omron Tipe HEM-7600T

Tekanan Darah Tinggi atau Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan Hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah diatas angka normal. Jika tekanan darah terlalu tinggi dalam jangka waktu yang lama maka dapat membahayakan kesehatan. Seringkali seseorang penderita hipertensi tidak menunjukan gejala apapun sehingga tidak menyadari bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi.

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan tekanan darah yang terlalu rendah atau di bawah angka normal. Tekanan darah rendah sering kali menyebabkan pusing, pingsan, dan kelelahan.

Gejala Tekanan Darah Tidak Normal

Tekanan darah tinggi atau hipertensi biasa disebut juga dengan “silent killer” karena tekanan darah tinggi dapat merusak organ dan arteri, namun seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak akan menyadarinya karena tidak menimbulkan gejala apapun, oleh karena itu disebut dengan silent killer.

Gejala tekanan darah tinggi mungkin akan muncul ketika sudah mencapai tahap kritis atau sudah sangat parah. Pada kondisi ini mungkin seseorang akan mengalami nyeri dada parah, sakit kepala dan penglihatan kabur, mual, muntah, sesak napas, hingga kejang.

Disisi lain, tekanan darah rendah atau hipotensi biasanya lebih terasa dan menimbulkan gejala seperti pingsan, pusing, dehidrasi, pernapasan cepat dan dangkal, penglihatan kabur, kulit dingin, pucat, mual, kelelahan, dan berkurangnya konsentrasi.

Review Tensimeter Digital Omron Tipe HEM-7600T

Tekanan darah tidak normal dapat meningkatkan resiko terhadap kondisi kesehatan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi jika tidak terkontrol dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan arteri, kerusakan pada organ seperti jantung, otak, mata, dan ginjal, serangan jantung, gagal jantung, stroke, penyakit ginjal, dan aneurisma.

Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah yang sangat serius bagi tubuh karena menyebabkan kerusakan arteri sehingga jantung bekerja lebih keras. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui tekanan darah agar terhindar dari Hipertensi. Cara untuk mengontrol tekanan darah yaitu dengan pemeriksaan tekanan darah secara rutin menggunakan tensimeter digital. Salah satu rekomendasi tensimeter digital yang cocok digunakan untuk pemeriksaan tekanan darah secara rutin adalah tensimeter digital dari Omron tipe HEM-7600T.

Review Tensimeter Digital Omron Tipe HEM-7600T

Tensimeter Digital Omron HEM-7600T

Tensimeter digital dari omron 7600T merupakan tensimeter digital lengan atas dengan teknologi terbaru yaitu cara menggunakannya sangat simple karena tidak perlu memasang kabel saat menggunakannya. Tensimeter ini dapat digunakan pada lengan atas secara langsung karena manset yang sudah menyatu dengan alat pengukuran tekanan darah.

Tensimeter ini memiliki manset intelli wrap cuff dengan teknologi tubeless terbaru yaitu 360 derajat sehingga memudahkan dalam menggunakan manset ini. Ukuran manset nya pun cukup besar yaitu 22-42 cm dengan rentang pengukuran tekanan yaitu 0-299 mmHg dan rentang pengukuran detak jantung mulai dari 40-180.

Meskipun memiliki manset yang sudah menyatu dengan unitnya, tensimeter ini sangat akurat karena sudah dilengkapi dengan teknologi Intellisense yang memberikan keakuratan, kenyamanan, dan kemudahan bagi penggunanya. Untuk akurasi tekanannya yaitu kurang lebih 3 mmHg dan untuk akurasi detak jantung yaitu 5% dari hasil pengukuran.

Fitur dari tensimeter ini juga cukup beragam seperti detak jantung tidak beraturan, deteksi gerak tubuh, dan sudah dilengkapi dengan bluetooth sehingga memudahkan pengguna dalam memantau data hasil pengukuran di smartphone melalui aplikasi omron connect. Tensimeter ini juga memiliki memori penyimpanan yang besar yaitu sebanyak 100 memori hasil pengukuran. Untuk menyalakan tensimeter ini cukup dengan menggunakan 4 buah baterai ukuran A3.

Omron 7600T Tensimeter Digital Lengan

Tensimeter Digital Omron HEM-7600T

OTensimeter Digital Omron tipe HEM-7600T adalah Monitor Tekanan Darah dengan Teknologi Intellisense dan Intelli Wrap Cuff. Dengan teknologi tubeless terbaru, 360° Akurasi dan mudah digunakan hanya dengan pengukuran satu sentuhan. Dilengkapi dengan bluetooth sehingga memudahkan pengguna dalam memantau hasil pengukuran melalui di smartphone melalui aplikasi Omron connect.

Fitur Produk

  • Monitor Tekanan Darah Lengan Atas
  • Metode Transmisi: Bluetooth teknologi energi rendah
  • Teknologi Intellisense
  • Intelli Wrap Cuff Didesain untuk kemudahan membungkus manset
  • Sumber Daya: 4 buah baterai AAA 1.5V
  • Smart Elite Tubeless BP Monitor dengan koneksi Bluetooth. Gunakan dengan Aplikasi Omron Connect
  • Otomatis
  • Tingkat inflasi disesuaikan secara otomatis, tanpa rasa sakit dan rasa tidak nyaman
  • Pijakan kaki yang mudah diatur sesuai kebutuhan pengguna
  • Katup pengempisan untuk deflasi berjalan cepat untuk menghasilkan pengukuran yang cepat
  • Pengoperasian mudah dengan tombol-tombol berukuran besar

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Cara Menggunakan Tensimeter Digital Omron HEM-7600T

Cara menggunakan tensimeter ini cukup mudah, hampir sama dengan tensimeter digital lainnya. Namun, karena tensimeter ini tidak dilengkapi selang, sehingga pemakaian menjadi lebih mudah, yaitu:

  1. Masukan baterai ke tensimeter
  2. Masukan manset ke lengan kiri
  3. Kencangkan manset sesuai ukuran lengan, pastikan ujung manset lengan 1-2 cm diatas siku
  4. Letakan tangan kiri di atas meja dan sejajarkan dengan jantung
  5. Tekan tombol start dan tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul

Tips Pengukuran yang Akurat

Untuk pengukuran yang lebih akurat, yang harus dilakukan adalah hindari mandi sebelum melakukan pengukuran, dilarang mengkonsumsi alkohol/kafein, dilarang merokok, hindari berolahraga 30 menit sebelum pengukuran tekanan darah, istirahat minimal 5 menit sebelum melakukan pengukuran, duduk tegak dikursi dengan kaki menapak di lantai, pastikan tangan diatas meja sejajar dengan jantung, dan pastikan tetap diam serta jangan bicara selama pengukuran.

Tensimeter memang sangat berfungsi untuk mengukur tekanan darah dan mengetahui tekanan darah secara rutin agar menghindari dari kondisi tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah. Salah satu tensimeter digital yang menjadi rekomendasi yaitu tensimeter digital dari omron tipe HEM-7600T. Tensimeter ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain tensimeter ini, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara dengan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/what-is-blood-pressure-5078023