Nebulizer merupakan sebuah perangkat kecil yang dapat digunakan untuk memberikan terapi pengobatan pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan, seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), Asma, Bronkitis, dan penyakit pernapasan lainnya. Terdapat banyak macam dan jenis Nebulizer sesuai dengan kebutuhan pengguna, yang paling umum beredar dipasaran yaitu Nebulizer Ultrasonik, Nebulizer Kompresor, dan Nebulizer Mesh. Nebulizer biasanya dapat dinyalakan dengan baterai atau listrik dan bersifat portable sehingga mudah dibawa kemana saja.

Cara kerja Nebulizer yaitu mengubah obat berbentuk cair menjadi aerosol (uap) melalui saluran pernapasan atau biasa disebut dengan metode Inhalasi. Nebulizer akan menghasilkan partikel gas yang lebih halus, sehingga apabila dihirup atau dikumpulkan dalam paru-paru akan bermanfaat. Tujuan dari penggunaan Nebulizer yaitu mengurangi sesak, mengencerkan dahak, dan menghilangkan hiperaktivitas bronkus.

Nebulizer merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk meredakan gejala asma dengan cepat. Asma adalah suatu penyakit yang dimana terjadinya penyumbatan saluran pernapasan, dapat disebabkan oleh alergi rambut, bulu, debu, dan tekanan psikologis. Penyakit ini disertai dengan gejala sesak nafas, terdengar bunyi “ngik-ngik” (Wheezing), dan batuk. Penyakit asma dapat timbul secara tiba-tiba dan dapat hilang secara spontan dengan bantuan obat-obatan atau alat tertentu seperti Nebulizer. Oleh karena itu, Nebulizer sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit pernapasan terutama penderita Asma. Salah satu rekomendasi jenis Nebulizer yang ringan dan mudah dibawa kemana saja yaitu Mesh Nebulizer.

Mesh Nebulizer adalah salah satu jenis Nebulizer yang memiliki ukuran kecil dan memudahkan penggunanya untuk dibawa kemana saja. Mesh nebulizer menggunakan getaran dari elemen piezo untuk menggetarkan substrat jaring yang bersentuhan dengan cairan obat sehingga mendorong cairan melalui lubang pada jaring (mesh). Hal tersebut membuat ukuran partikel menjadi konsisten dalam penyebarannya dan dapat langsung dihirup.

Aerosol yang dihasilkan oleh Nebulizer mesh dihirup langsung melalui corong sehingga Nebulizer jenis ini merupakan pilihan yang tepat bagi penderita gangguan pernapasan yang membutuhkan bantuan cepat untuk meredakan gejalanya. Desain Mesh Nebulizer ini sangat ringkas, mudah disimpan, dan ringan. Salah satu rekomendasi untuk Nebulizer jenis ini yaitu "Nebulizer Mesh Onemed M102".

nebulizer mesh onemed m102

Nebulizer Mesh Onemed M102

Nebulizer Mesh dari Onemed adalah Nebulizer generasi terbaru yang sebagian besar terdiri dari komponen Piezoelektrik. Secara spesifik, melalui komponen Piezoelektrik energi listrik dapat berubah menjadi energi mekanik yang menghasilkan getaran ultrasonik. Gelombang getaran tersebut akan menekan cairan dalam mangkuk obat, sehingga cairan disemprotkan melalui lubang mikro kemudian kabut akan menyebar keluar menuju mouthpiece atau masker Nebulizer dan langsung dihirup seperti metode Inhalasi.Untuk fiturnya, nebulizer mesh Onemed M102 memiliki berbagai fitur menarik yaitu dengan desainnya yang ringkas, mudah disimpan dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu perangkatnya juga dapat mengoprasikan mesin secara sunyi dan tidak berisik. Nah untuk fiturnya, nebulizer ini memiliki power supply berupa 2 baterai alkaline 1.5 v namun memiliki alternatif adopter dengan daya masukan dibawah 5V, memiliki berat 108g tanpa baterai, ukuran alat 67 x 48 x 125 mm (p x l x t), memiliki dua masker (mouthpiece) ukuran anak dan dewasa, selain itu untuk proses laju nebulasinya yaitu sekitar 0.2 ml per menit dengan kapasitas maksimum obat sekitar 8ml. Adapun untuk ururan partikelnya nebulizer ini memiliki ukuran partikel sekitar 3.49 μm sehingga dapat disalurkan dengan optimal kedalam saluran pernapasan.

nebulizer mesh onemed m102

Cara Menggunakan Nebulizer Mesh Onemed M102

  1. Buka penutup baterai dan pasangkan baterai sesuai tanda polaritas.
    LED Indikator berwarna orange berkedip, itu berarti daya baterai hampir habis. Saat LED berwarna Oranye dan terus menerus menyala artinya daya baterai baterai hampir habis dan nebulizer gagal menyemprotkan kabut, segera ganti baterai.
  2. Lepaskan modul cangkir dari nebulizer
    Tekan tombol “PUSH” di belakang unit utama, dorong mangkuk obat ke arah unit utama dan lepaskan modul mangkuk obat.
  3. Masukan cairan obat kedalam tabung obat
    Buka penutup cangkir dan masukan cairan obat kedalam cangkir obat, setelah itu kencangkan penutupnya.
  4. Pasangkan kembali modul cangkir obat kedalam nebulizer dan pastikan pemasangannya dengan benar.
    Pastikan modul cangkir obat sudah terpasang dengan baik sehingga dapat menyemprot secara normal.
  5. Pasangkan masker nebulizer atau mouthpiece
    Sebelum menggunakan masker Nebulizer atau mouthpiece harap bersihkan dengan air terlebih dahulu dan dikeringkan.
  6. Tekan tombol power untuk menyalakan nebulizer dan mulai menghirup.
    Nebulizer akan mati secara otomatis apabila tidak ada cairan obat atau cairan lain di mangkuk obat. Setelah menekan tombol power, nebulizer akan menyemprotkan kabut/fog normal setelah melewati tahap awal yang singkat (dibawah 2 detik)
  7. Mematikan Alat
    Nebulizer akan mati secara otomatis apabila cairan habis. Jika diperlukan mematikan saat inhalasi, tekan tombol power untuk mematikan, dan LED indikator (biru) dari nebulizer mati.
nebulizer mesh onemed m102

Cara Merawat Nebulizer Mesh Onemed M102

Membersihkan Sisa Cairan

  1. Lepaskan mouthpiece atau masker dari mangkuk obat
  2. Buka penutup obat lalu tuangkan sisanya
  3. Masukan sedikit air yang sudah dimurnikan (2-5 ml) kedalam cangkir obat dan kemudian kencangkan penutup cangkir. Kocok cangkir obat dengan lembut untuk melarutkan seluruh cairan sisa dalam air.
  4. Buka penutup dosis, tuangkan larutan kedalam cangkir dan masukan kembali sedikit air yang telah dimurnikan.
  5. Tekan tombol; power secara terus menerus sampai LED Indikator berkedip bergantian.

Pembersihan

  1. Unit Utama: Lap noda pada unit utama secara lembut dengan kain kasa basah, lalu lap unit utama dengan kain kasa baru agak kering.
  2. Bersihkan elektroda pada unit utama dan modul mangkok obat, untuk memastikan sambungan yang baik antara modul mangkok obat dan unit utama
  3. Modul mangkuk obat dan perangkat inhalasi: Cuci modul cangkir obat dan perangkat inhalasi dengan air yang dimurnikan.
  4. Lap bagian yang sudah dibersihkan dengan kain kasa baru dan letakan bagian tersebut ditempat yang bersih agar benar-benar kering di udara.
  5. Tempatkan semua bagian nebulizer pada tas penyimpanan.

Disinfeksi

  1. Disinfeksi perangkat inhalasi dengan alkohol medis 75%
  2. Disinfeksi perangkat inhalasi dengan larutan asam asetat dengan cuka putih dan air yang sudah dimurnikan dengan perbandingan 1:3

Masalah dan Solusi

Volume Semprotan Telalu Kecil

  • Modul cangkir obat tidak terpasang dengan benar, atasi dengan pasang kembali cangkir obat
  • Cairan habis atau tidak mengenai lebaran semprotan lebih dari 10 detik, atasi dengan cara memiringkan nebulizer
  • Lembaran semprotan diblokir, atasi dengan membersihkan cangkir obat sesuai petunjuk pengoperasian
  • Elektroda unit utama atau mangkok kotor, bersihkan terlebih dahulu lalu nyalakan kembali

Setelah dihidupkan, LED Indikator daya akan berkedip mati

  • Cangkir obat tidak berisi cairan atau habis, Isi cairan obat terlebih dahulu apabila masih dipakai

LED Indikator tidak menyala atau nebulizer tidak berfungsi

  • Koneksi terbalik dari anoda baterai dan katoda, atasi dengan cara pasang kembali baterai sesuai dengan petunjuk pengoperasian
  • Daya baterai telalu lemah, isi daya terlebih dahulu lalu digunakan

Nebulizer Mati Secara Otomatis saas digunakan

  • Nebulizer terguncang atau digetarkan dengan serius saat menggunakannya, cara mengatasinya yaitu pegang nebulizer dengan tangan secara stabil saat menggunakannya.

Nebulizer mesh jika dibandingkan dengan jenis nebulizer lain sering dianggap paling mudah untuk bawa kemana mana. Selain memiliki ukuran yang kecil, Nebulizer Mesh juga memiliki berat yang ringan. Nebulizer Mesh Onemed M102 memberikan bentuk yang elegan, ringkas, dan dilengkapi dengan dua ukuran masker sehingga fleksibel digunakan oleh anak maupun dewasa.


Kelebihan Onemed M102

  • Bentuk kecil, ringan dan mudah dibawa
  • Pengoprasian sunyi tidak berisik
  • Waktu terapi cepat dan efisien
  • Tersedia masker anak dan dewasa

Kekurangan Onemed M102

  • Tidak dilengkapi dengan adaptor
  • Tidak support untuk adaptor fast charging

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.