Seseorang yang memiliki tubuh lemah atau sakit parah mengharuskan mereka untuk bedrest secara total dan menghabiskan sebagian besar waktunya ditempat tidur. Berbagai kondisi yang menyebabkan immobilisasi (Bedrest) diantaranya adalah gangguan sendi dan tulang, penyakit reumatik seperti patah tulang, penyakit saraf, stroke, dan pasien yang masih lemah setelah menjalani operasi atau penyakit berat tertentu. Kondisi tersebut menyebabkan keterbatasan mereka dalam bergerak, salah satunya sulit mengubah posisi tidur. Terlalu lama berbaring dalam posisi yang sama dapat menyebabkan tekanan yang terus menerus dan iritasi kulit yang akan menyebabkan timbulnya luka dekubitus.

Istilah Dekubitus diambil dari basaha latin “Decumbere” yang memiliki arti berbaring. Dekubitus merupakan luka pada kulit yang disebabkan oleh tekanan yang berlangsung lama dan terus menerus. Luka dekubitus mengakibatkan kerusakan kulit sampai bagian bawah jaringan kulit, bahkan dapat menebus otot hingga tulang.

Bagian tubuh yang sering mengalami luka dekubitus adalah sikut, tumit, pinggul, pergelangan kaki, bahu, punggung, dan kepala bagian belakang. Luka dekubitus disebabkan oleh terputusnya alairan darah lebih dari 2-3 jam yang menyebabkan kulit akan mati. Terputusnya aliran darah disebabkan oleh tekanan, maka kulit mengalami kekurangan oksigen setelah itu akan tampak merah dan meradang lalu akan membentuk luka terbuka (Ulkus).

Berdasarkan tingkatan keparahannya luka dekubitus diklasifikasikan ke dalam 4 tingkatan, yaitu:

  • Tingkat I : Kemerahan pada kulit tanpa luka terbuka
  • Tingkat II : Kerusakan pada lapisan kulit lebih dalam, luka terbuka kecil
  • Tingkat III : Luka lebih dalam mencapai jaringan dibawah kulit
  • Tingkat IV : Luka mencapai otot, tulang, atau bahkan jaringan yang lebih dalam
kasur anti-decubitus serenity effect 1500f

Jika muncul luka dekubitus tingkat pertama, harus segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan pencegahan yang sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing. Upaya pencegahan luka dekubitus harus dapat dilakukan dengan menjaga bagian kepala tempat tidur setinggi 300, perawatan kulit dengan virgin coconut oil, dan penggunaan alat atau sarana yang sesuai, salah satunya adalah dengan penggunaan kasur anti decubitus.

Kasur anti decubitus merupakan kasur atau alas tidur yang didesain untuk mencegah, membantu, dan memberikan kenyamanan dalam proses penyembuhan bagi pasien yang mempunyai keterbatasan dalam bergerak dan harus berbaring ditempat tidur dalam jangka waktu yang panjang. Kasur anti decubitus bekerja dengan prinsip distribusi tekanan, dilengkapi dengan sel-sel udara yang dapat menyesuaikan tekanan dengan anatomi tubuh. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi titik tekan pada area tertentu yang rentan terkena luka dekubitus.

Sistem kerja kasur anti decubitus ini dilengkapi dengan mesin otomatis untuk mengatur tekanan agar udara bisa berpindah dari satu sel gelembung ke sel gelembung lainnya, hal ini dapat mencegah terjadinya tekanan yang terus menerus dalam satu titik. Kasur anti decubitus ini sudah banyak beredar dipasaran baik di toko offline maupun di e-commerce.

Salah satu rekomendasi kasur anti decubitus terbaik adalah Kasur Anti Decubitus Serenity Effect 1500F Medical Grade.

serenity effect 1500f

1. Kasur Anti Decubitus Serenity Effect 1500F

Kasur Anti Decubitus Serenity Effect 1500F Medical Grade digunakan untuk membantu mencegah terjadinya luka dibagian tubuh pasien yang berbaring lama dan tidak pernah digerakan. Dilengkapi dengan pompa atau mesin kompresor yang berguna untuk menyalurkan aliran udara ke dalam kasur. Kasur ini dilengkapi dengan 130 sel gelembung berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan anatomi tubuh, berat, maupun posisi pasien yang sedang berbaring.

Fitur Produk

  • Terdapat 130 Sel Gelembung
  • Bahan Matras dari PVC Medical grade yang aman digunakan
  • Bahan matras yang lembut dan Breathable
  • Matras tahan air dan kotoran
  • Mesin pompa atau kompresor tidak berisik
  • Daya listrik 10 watt
  • Cycle Time 10-15 menit
  • Ukuran Matras 200 x 90 x 7 cm
  • Maksimal beban hingga 135 Kg
  • Garansi 1 tahun

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Kasur decubitus merupakan pilihan terbaik untuk mencegah luka dekubitus bagi seseorang yang membutuhkan bedrest. Penggunaan kasur anti-decubitus harus sesuai agar memberikan efektivitas yang tinggi dalam pencegahan luka bagi penggunanya. Berikut merupakan panduan secara umum cara menggunakan kasur anti decubitus

1. Pilih kasur yang sesuai

Pastikan jenis kasur anti decubitus yang dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sebelum menggunakannya pastikan kasus tersebut bersih dan bebas dari kerusakan, periksa sel-sel gelembungnya agar tidak terjadi kebocoran.

2. Pemasangan

Tempatkan kasur anti decubitus di tempat tidur atau permukaan yang akan digunakan. Pastikan kasur terletak dengan rapi. Setelah meletakan kasur di tempat yang ingin digunakan, pompa kasur dengan kompresor. Jika semua gelembung sel sudah terisi udara, sesuaikan tekanan dengan kebutuhan pengguna. Patikan kompresor atau pompa selalu menyala saat kasur digunakan.

3. Posisi Tubuh

Pindahkan posisi tubuh untuk mencegah penumpukan tekanan di satu titik. Pindahkan tubuh pengguna secara teratur. Pemindahan tubuh dapat dilakukan oleh perawat atau dengan bantuan orang lain. Pastikan tubuh pengguna tidak tertekan terlalu lama pada satu titik, gunakan bantal atau penyangga tambahan untuk mendukung postur yang nyaman.

Sangatlah penting untuk mengetahui cara penggunaan kasur anti decubitus yang benar agar hasil pencegahan yang didapatkan pun secara maksimal. Selain cara penggunaan, perawatan kasur anti-decubitus juga harus sesuai agar kasur bisa awet dan mendapatkan hasil yang maksimal bagi penggunanya.

kasur anti-decubitus serenity effect 1500f

Cara Membersihkan Kasur Anti Decubitus

Merawat kasur anti dekubitus dengan baik adalah investasi kesehatan dan kenyamanan bagi penggunanya. Tindakan perawatan yang rutin membantu memastikan bahwa kasur tetap efektif dalam mencegah luka dekubitus. Berikut merupakan beberapa cara untuk membersihkan kasur anti decubitus.

  • Gunakan kain basah untuk membersihkan permukaan kasur
  • Matikan mesin sebelum kasur dibersihkan
  • Gunakan kain kering atau lembut untuk membersihkan pompa (kompresor)
  • Dilarang merendam kasur di dalam air
  • Dilarang Menggunakan Pemutih untuk membersihkan kasur

Luka dekubitus merupakan luka yang dapat dicegah. Sebelum luka itu muncul sebaiknya memahami bagaimana lukaitu terjadi agar kita dapat melakukan pencegahan sejak awal. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terkena luka dekubitus adalah dengan menggunakan kasur anti decubitus.

Kasur anti decubitus dapat mengurangi resiko terkenanya luka dekubitus karena mengurangi tekanan pada satu titik bagian tubuh dibantu oleh mesin pompa udara listrik yang dapat memompa aliran udara secara teratur dan otomatis bahkan dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh, berat badan, dan posisi pasien. Kasur Anti Decubitus ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain itu, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://ejurnal.universitas-bth.ac.id/index.php/P3M_JKBTH/article/view/72/72
https://jurnal.medikasuherman.ac.id/imds/index.php/JIKMDS/article/view/79/76
https://jurnal.usk.ac.id/INJ/article/view/8827/7423
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/504/ulkus-dekubitus
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bed-sores/symptoms-causes/syc-20355893