Pulse Oximeter adalah alat tes non-invasif (tanpa memasukkan alat ke dalam tubuh) tanpa rasa sakit untuk mengukur tingkat saturasi oksigen Anda atau tingkat oksigen dalam darah Anda. Ini dapat dengan cepat mendeteksi bahkan perubahan kecil dalam seberapa efisien oksigen dibawa ke ekstremitas terjauh dari jantung, termasuk kaki dan lengan.

Pulse Oximeter adalah perangkat kecil seperti klip jemuran baju yang menempel pada bagian tubuh seperti tangan, jari kaki atau daun telinga. Pengukuran yang paling sering digunakan yaitu menggunakan jari tangan dan sering digunakan dalam pengaturan perawatan kritis seperti ruang gawat darurat atau rumah sakit.


Pengukuran Pulse Oximeter

Pulse oximeter merupakan tes yang cukup akurat. Ini terutama saat menggunakan peralatan berkualitas tinggi yang ditemukan di sebagian besar di layanan medis atau rumah sakit. Ini secara konsisten memberikan hasil dalam perbedaan 2 persen apa pun dari apa yang sebenarnya. Misalnya, Jika pembacaan saturasi oksigen Anda 82 persen, tingkat saturasi oksigen Anda yang sebenarnya mungkin berkisar antara 80 hingga 84 persen. Namun, kualitas bentuk gelombang pulse dan penilaian individu harus dipertimbangkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keakuratan pengukuran oximeter seperti adanya gerakan, suhu, atau cat kuku yang menempel.


Klasifikasi nilai oksigen dalam darah (Nilai Oksimeteri)

Nilai OximeteriKategori
95-100%Normal
90-95%Hipoksia ringan sampai sedang
85-90%Hipksia sedang sampai berat
<85%Hipoksia berat mengancam jiwa

Hipoksia: Kondisi kurangnya pasokan oksigen bagi tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya


Biasanya, lebih dari 89 persen darah Anda harus membawa oksigen. Ini adalah tingkat saturasi oksigen yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sel Anda - dan tubuh Anda. Meskipun saturasi oksigen di bawah ini untuk sementara tidak diyakini menyebabkan kerusakan, penurunan saturasi oksigen yang berulang atau terus-menerus dapat merusak.

Tingkat saturasi oksigen 95 persen dianggap normal untuk kebanyakan orang sehat. Tingkat 92 persen menunjukkan potensi hipoksia, atau kekurangan oksigen mencapai jaringan dalam tubuh.


Selain mengukur saturasi oksigen saat ini alat pulse oximeter juga memiliki berbagai fitur seperti konektivitas bluetooth, pengukuran denyut jantung dan perfusion index.


Apa Itu Perfusion Index?

Perfusion Index atau PI adalah rasio aliran darah berdenyut dengan aliran darah statis non-pulsatil di jaringan perifer pasien, seperti pada ujung jari, jari kaki, atau daun telinga. Indeks perfusi merupakan indikasi kekuatan denyut nadi di sensor oksimetri. Nilai PI berkisar dari 0,02% untuk denyut sangat lemah hingga 20% untuk denyut yang sangat kuat.
Indeks perfusi bervariasi tergantung pada pasien, kondisi fisiologis, dan lokasi pengukuran. Karena variabilitas ini, setiap pasien harus menetapkan indeks perfusi "normal" sendiri untuk lokasi pengukuran tertentu dan menggunakannya untuk tujuan pemantauan.

Baca artikel lainnya:

Cara Menggunakan Pulse Oximeter - Alat Ukur Kadar Oksigen Dalam Darah


1. Beurer PO 40 Pulse Oximeter


Beurer PO 40



Pulse Oximeter Beurer PO 40 dapat diandalkan serta dengan mudah menentukan saturasi oksigen arteri, detak jantung, dan Indeks Perfusi. Perangkat ini kecil dan ringan dapat digunakan di rumah atau saat bepergian. Dengan layar berwarna serta memiliki tampilan 4 arah dan tampilan grafik pulse.

Fitur Produk:
- Parameter : Pulse rate, Sp02, Perfusion Index
- Tampilan simbol untuk pengukuran yang tidak akurat
- Sangat cocok untuk orang dengan: Gagal jantung, Penyakit paru obstruktif kronik, Asma bronkial
- Juga cocok untuk olahraga di dataran tinggi
- Layar berwarna dengan 4 tampilan yang tersedia
- Kecerahan tampilan yang dapat disesuaikan
- Tampilan grafik pulse
- Mati otomatis
- Indikator baterai rendah
- Mudah dibawa kemana saja


2. Serenity PO80 Pulse Oximeter


Serenity PO80 Pulse Oximeter



Serenity Pulse Oximeter SR-PO80 Terintegrasi dengan modul tampilan SPO2 dan display pocessing. Volume kecil, nyaman dan ringan saat dibawa. Pengoperasian produk ini sederhana serta konsumsi daya yang rendah. Tampilan SPO2 dan PR dan PI, tampilan nilai denyut nadi, tampilan grafik batang. Indikasi tegangan rendah: indikator tegangan rendah muncul sebelum bekerja secara tidak normal yang disebabkan oleh tegangan rendah. Secara otomatis mematikan fungsi: ketika perangkat berada dalam keadaan mengukur antarmuka. Secara otomatis akan mati dalam 5 detik jika jari terlepas dari probe.

Fitur Produk
- Pulse Rate measuring
- Garansi Akurasi
- Mati Otomatis
- layar OLED
- Jumbo display
- Multiple Display Modes
- Grafik detak jantung
- Smart Alarm


3. Pulse Oximeter Serenity PO90 Bluetooth


Serenity PO90 Bluetooth



Serenity Pulse Oximeter SR-PO90 Terintegrasi dengan modul tampilan SPO2 dan display pocessing. Volume kecil, nyaman dan ringan saat dibawa. Pengoperasian produk ini sederhana serta konsumsi daya yang rendah. Tampilan SPO2 dan PR dan Ridisplay, tampilan nilai denyut nadi, tampilan grafik batang. Indikasi tegangan rendah: indikator tegangan rendah muncul sebelum bekerja secara tidak normal yang disebabkan oleh tegangan rendah. Secara otomatis mematikan fungsi: ketika perangkat berada dalam keadaan mengukur antarmuka. Secara otomatis akan mati dalam 5 detik jika jari jatuh dari probe.

Fitur Produk
- Bluetooth untuk mentransfer hasil pengukuran ke smartphone
- Pulse Rate measuring
- Garansi Akurasi
- Mati Otomatis
- layar OLED
- Jumbo display
- Multiple Display Modes
- Grafik detak jantung
- Smart Alarm


4. Fingertip Pulse Oximeter ChoiceMMed MD300CN310


ChoiceMMed MD300CN310



Pulse Oximeter ChoiceMMed MD300CN310 memiliki fitur Multi Color Screen dan 4 tampilan orientasi berbeda dan 7 tampilan. Keunggulan ChoiceMMed MD300CN310 adalah Layar OLED dengan tampilan presentase tingkat kejenuhan oksigen darah (SpO2), Detak Jantung (PR), Indeks Perfusi (PI), dengan Grafik Pulse Bar dan Grafik Gelombang (Waveform).

Detail Produk
- Layar OLED
- Tingkat 1-10 Kecerahan disesuaikan
- 7 Mode tampilan
- Konsumsi energi rendah (24 jam operasi terus menerus)
- 2x baterai AAA (include)
- Berat: 46 g (dengan baterai)
- Indikator baterai lemah
- Otomatis mati
- Garansi 2 Tahun


5. Jumper JPD-500G Pulse Oximeter


Jumper JPD-500G Pulse Oximeter



Jumper JPD-500G Fingertip Pulse Oximeter Terintegrasi dengan probe SPO2 dan modul pemrosesan display. Volume kecil, ringan, dan nyaman dibawa. Pengoperasian produk ini sederhana, konsumsi daya rendah. SPO2, PR dan Ridisplay. Tampilan nilai denyut nadi, tampilan grafik bar. Alat ini akan mati secara otomatis dalam 5 detik jika jari lepas probe. Cocok digunakan untuk usia dewasa, remaja dan anak.

Detail Produk
- Layar OLED
- Layar fitur bisa 4 arah
- Akurasi Sp02 : 70%-100%, ±2%
- Akurasi Pulse Rate : 25bpm - 250 bpm, ±2%
- Akurasi Perfusion Index : 0.3% - 20.0%
- Parameter : Pulse rate, Sp02, Perfusion Index
- Idikator : Baterai lemah, Singal lemah/tidak stabil, batasan nilai
- Tipe baterai : 2x AAA Baterai
- Peruntukan : Dewasa, remaja dan anak
- Berat produk : 51.5g


6. Jumper JPD-500G Bluetooth Pulse Oximeter


Jumper JPD-500G



Pulse Oximeter Jumper JPD-500G - Bluetooth Terintegrasi dengan probe SPO2 dan modul pemrosesan display. Volume kecil, ringan, dan nyaman dibawa. Pengoperasian produk ini sederhana, konsumsi daya rendah. Pengoperasian dapat melalui smartphone dengan koneksi bluetooth. Anda juga dapat menyimpan riwayat pengukuran sebagai referensi. SPO2, PR dan Ridisplay. Tampilan nilai denyut nadi, tampilan grafik bar. Alat ini akan mati secara otomatis dalam 5 detik jika jari lepas probe. Cocok digunakan untuk usia dewasa, remaja dan anak.

Detail Produk
- Layar OLED
- Smart alarm
- Fitur : Koneksi dengan bluetooth dan APP melalui smartphone
- Akurasi Sp02 : 70%-99%, ±2%
- Akurasi Pulse Rate : 35bpm - 250 bpm, ±2%
- Akurasi Perfusion Index : 0.3% - 20.0%
- Parameter : Pulse rate, Sp02, Perfusion Index
- Idikator : Baterai lemah, Singal lemah/tidak stabil, batasan nilai
- Tipe baterai : 2x AAA Baterai
- Peruntukan : Dewasa, remaja dan anak
- Berat produk : 51.5g