Walker merupakan alat bantu jalan yang terbuat dari Alumunium ringan yang biasa digunakan oleh orang tua (lansia) karena dapat dijadikan tumpuan tubuh melalui kedua tangan. Selain untuk orang tua Walker juga dapat digunakan sebagai alat fisioterapis sebagai alat rehabilitas atau latihan gerak bagi seseorang yang mengalami kesulitan berjalan seperti kelemahan otot, ketidakseimbangan tubuh, cedera pada kaki, atau pasca operasi.

Walker dirancang dengan memiliki empat kaki seperti kursi sehingga dapat menopang tubuh dengan stabil, karena memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan tongkat jalan. Alat ini menyimpan beban di bagian samping dan memerlukan kekuatan genggaman kedua tahan yang baik, namun alat ini memiliki dampak melambatnya kecepatan berjalan seseorang dan memiliki keterbatasan gerak seperti sulit untuk menaiki atau menuruni tangga dan memiliki ruang lebih dibandingkan alat bantu jalan lain, seperti tongkat.

Terdapat beberapa jenis Walker yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti Walker Fixed, Walker Reciprocal, dan Walker dengan roda.

Jenis-jenis Walker

Secara umum Walker dibagi menjadi tiga jenis yaitu Walker fixed, Walker Reciprocal, dan Walker dengan roda. Tentunya terdapat kekurangan dan kelebihan dari setiap jenis. Berikut merupakan jenis-jenis Walker yang paling umum digunakan.

perbedaan walker fixed dan reciprocal

Walker Fixed

Walker fixed merupakan jenis walker yang memiliki stabilitas paling tinggi dibandingkan dengan jenis walker lainnya. Walker ini memiliki empat kaki yang kokoh sehingga dapat menopang tubuh dengan baik. Walker jenis ini dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. Walker jenis ini direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki keterbatasan gerak ketika menopang badan.

Penggunaan alat ini yaitu dengan cara mengangkat dan menurunkan saat hendak berjalan. Walker Fixed tidak direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki kesulitan dalam mengangkat tangan, karena Walker tipe ini membutuhkan gerakan mengangkat oleh tangan. Selain itu, walker jenis ini juga dapat memperlambat kecepatan dalam berjalan karena penggunanya harus mengangkat walker-nya di setiap langkah.

Penggunaan Walker Fixed disarankan pada permukaan yang relatif rata, karena apabila dipakai pada lantai yang tidak rata akan menyebabkan resiko cedera dan jatuh yang besar.

perbedaan walker fixed dan reciprocal

Walker Reciprocal

Walker reciprocal merupakan alat bantu jalan yang memiliki empat kaki. Namun tidak seperti WAlker Fixed yang harus diangkat ketika berjalan, walker jenis ini bekerja dengan cara menggerakan setiap sisi secara bergantian. Walker Reciprocal digunakan dengan mendorong kerangka sebelah kanan lalu menggerakan kaki kiri kedepan, selanjutnya mendorong kerangka kiri lalu gerakan kaki kanan.

Karena salah satu kaki penyangga yang selalu berada di permukaan, menjadikan Walker Reciprocal jenis ini memiliki kestabilan yang sangat terjaga. Walker tipe ini direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki kesulitan dalam menggunakan Walker Fixed, sakit pada salah satu kaki, atau dukungan tambahan dalam berjalan.

Pengguna Walker Reciprocal membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik karena akan menyulitkan bagi seseorang memiliki keseimbangan tubuh yang kurang baik.

perbedaan walker fixed dan reciprocal

Walker Dengan Roda

Walker dengan Roda atau biasa disebut Rollator merupakan alat bantu jalan yang paling mudah digunakan karena memiliki roda pada setiap kaki penyangga. Walker tipe ini memiliki mobilitas yang tinggi karena penggunanya tinggal mendorong walker tersebut. Walker dengan roda cocok digunakan bagi seseorang yang memiliki lengan lemah dan sangat efektif apabila digunakan untuk bepergian jauh.

Penggunaan Walker tipe ini perlu sangat berhati-hati karena apabila kehilangan keseimbangan saat bersandar kepadanya akan mengalami resiko jatuh. Walker jenis ini dilengkapi dengan Rem yang dapat diaktifkan atau kontrol tambahan ketika berjalan atau ingin berhenti. Selain rem, Walker dengan roda biasanya dilengkapi dengan keranjang dan tempat duduk sehingga memberikan kenyamanan saat sedang digunakan.

Perbedaan Walker Fixed dengan Walker Reciprocal

Walker fixed dan Reciprocal memiliki bentuk yang cenderung mirip, yaitu berkaki empat seperti kursi. Terdapat beberapa merk atau tipe walker yang memiliki dua fungsi sekaligus yaitu Fixed dan Reciprocal. Meskipun memiliki bentuk yang sama antara Walker Fixed dan Walker Reciprocal tetapi tetap mempunyai perbedaan dari cara pemakaian. Berikut merupakan beberapa perbedaan antara Walker Fixed dengan Walker Reciprocal

Desain dan Cara Kerja

  • Walker Fixed: Memiliki empat kaki dan bentuk rangka tetap. Cara kerjanya yaitu dengan mengangkat walker setiap berjalan.
  • Walker Reciprocal: Memiliki empat kaki dan bentuk bisa berubah. Cara kerjanya yaitu dengan mendorong sisi rangka secara bergantian ketika berjalan

Fleksibilitas Gerakan

  • Walker Fixed: Menopang tubuh dengan stabil namun kurang fleksibel dalam bergerak.
  • Walker Reciprocal: Pergerakan lebih dinamis, namun perlu keseimbangan yang tinggi ketika menggunakan walker tersebut.

Kenyamanan dan Kemudahan Pengguna

  • Walker Fixed: Sederhana dan mudah digunakan tetapi diperlukan upaya yang besar untuk mengangkat seluruh rangka
  • Walker Reciprocal: Perlunya mekanisme gerakan sehingga cukup kompleks dalam penggunaannya, namun tidak memerlukan upaya besar karena hanya mendorongnya saja secara bergantian.

Keamanan dan Stabilitas

  • Walker Fixed: Cenderung memberikan stabilitas yang tinggi karena keempat kakinya tetap, sehingga keamanan yang dihasilkan cukup tinggi
  • Walker Reciprocal: Memberikan stabilitas yang baik namun kurang stabil dibandingkan dengan Walker Fixed dan membutuhkan keseimbangan yang tinggi dalam menggunakannya
perbedaan walker fixed dan reciprocal

Tips Menggunakan Walker

Menggunakan walker dengan benar dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan kestabilan saat berjalan. Berikut merupakan beberapa tips penggunaan walker

1. Memilih Pegangan yang Sesuai

Rata-rata alat bantu jalan menggunakan pegangan plastik, namun ada beberapa yang menggunakan busa atau bahan lainnya. Pilihlah pagangan yang sesuai dengan kebutuhan anda agar nyaman dalam menggunakannya.

2. Sesuaikan Tinggi Walker

Pastikan walker yang dipilih sudah sesuai dengan tinggi tubuh anda, hal ini dapat membuat kenyamanan saat menggunakan Alat bantu jalan tersebut.

3. Pastikan Bobot Walker Sesuai

Pilihlah Walker yang sesuai dengan kemampuan pengguna, terutama walker tipe fixed. Lebih stabil bukan berarti lebih baik karena meningkatkan stabilitas, namun menjadi berat dan sulit digerakan. Jika anda kesulitan dalam mengangkat walker disarankan menggunakan Walker dengan Roda agar mempermudah dalam beraktifitas.

4. Gunakan Walker pada Permukaan Rata

Menggunakan walker pada permukaan yang kasar atau tidak rata dapat membuat hilangnya stabilitas saat berjalan dan mengakibatkan mengalami resiko kecelakaan yang besar.

5. Berpindah Secara Perlahan

Apabila hendak menggunakan Walker sebaiknya anda berjalan secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Ambil langkah pendek dan perlahan untuk menghindari keseimbangan saat menggunakan walker.

6. Periksa dan Perawatan secara Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin pada walker terutama walker dengan roda, pastikan rem berfungsi dengan baik. Pastikan semua bagian walker berfungsi dengan baik sebelum digunakan.

Penting untuk memilih walker sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan pengguna. Pilihlah produk yang memiliki pegangan fleksibel, mudah digunakan, dan tidak licin. Selalu konsultasikan dengan fisioterapis atau profesional dibidang kesehatan untuk memastikan penggunaan walker yang sesuai. Sebelum membeli Walker, penting untuk mempertimbangkan secara spesifik terkait jenis yang sesuai dengan pengguna dan memastikan bahwa alat bantu ini sesuai dengan kondisi kesehatannya. Walker ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain Walker, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.