Berkat kemajuan teknologi yang pesat di bidang medis, oksigen konsentrator saat ini memiliki variasi desain seperti bentuk yang kecil, senyap, dan ringan, tetapi tetap memberikan kepatuhan dan kinerja yang tinggi. Oksigen konsentrator versi lama berukuran besar dan berat, sehingga menyulitkan pasien yang memerlukan terapi oksigen saat bepergian atau di luar rumah.

Saat ini, Anda dapat memilih oksigen konsentrator standar yang bisa digunakan di rumah dan oksigen konsentrator portabel/mini (POC), yang dapat dibawa kemana pun Anda pergi dengan mudah. Salah satu Brand ternama pemasok oksigen konsenttrator yaitu Philips Respironics, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbandingan oksigen konsentrator Philips EverFlo vs SimplyGO vs SimplyGo Mini

Apa Itu Oksigen Konsentrator?

Sebelum membahas perbandingan oksigen Philips, kita kenali dulu apa itu oksigen konsentrator. Oksigen konsentrator adalah jenis perangkat medis yang digunakan untuk mengirimkan oksigen kepada pasien dengan gangguan pernapasan. Pasien yang oksigen dalam darahnya lebih rendah dari biasanya seringkali memerlukan oksigen konsentrator sebagai tambahan agar dapat bernapas dengan tenang.

Umumnya, Anda tidak dapat menggunakan oksigen konsentrator dengan bebas. Seorang dokter harus meresepkannya setelah mereka menyelesaikan evaluasi medisnya. Dokter juga biasanya akan menunjukkan kepada pasien bagaimana menggunakan konsentrator secara efektif saat di gunakan di rumah atau saat bepergian.

Penggunaan Oksigen Konsentrator

Ada beberapa kondisi dimana seseorang dapat menggunakan terapi oksigen diantaranya termasuk:

  • Penderita asma
  • Bronkitis kronis
  • Gagal jantung kongestif
  • PPOK (penyakit paru obstruktif kronik)
  • Fibrosis kistik
  • Empisema
  • Kanker paru-paru
  • Radang paru-paru
  • Fibrosis paru
  • Apnea tidur

Baca artikel lainnya

Anda bisa mendapatkan oksigen konsentrator dengan beberapa cara. Pilihan terbaik untuk Anda bergantung pada seberapa banyak yang Anda butuhkan, gaya hidup Anda, dan hal lainnya. Philips Respironics yang merupakan brand ternama untuk penjualan oksigen konsentrator memiliki beberapa jenis yaitu oksigen konsentrator standar dan portable.

Oksigen Konsentrator Standar. Mesin ini memiliki motor dan beroperasi dengan listrik. Dibutuhkan udara biasa dan menyaring nitrogen untuk mendapatkan oksigen. Beratnya sekitar 30 kg dan biasanya memiliki roda sehingga Anda dapat bergerak sambil terhubung dengan oksigen konsentrator.

Oksigen Konsentrator Portabel. Ini adalah pilihan yang baik saat Anda menjalankan tugas seperti beraktivitas atau liburan. Beratnya 3-20 kilogram sehingga Anda bisa membawanya. Anda dapat memasang beberapa model ke mobil Anda atau menjalankannya dengan baterai.

Philips EverFlo Home Oxygen Concentrator

Philips EverFlo Home Oxygen Concentrator

Philips Everflo Home Oxygen Concentrator merupakan oksigen konsentrator paling yang dapat di andalkan dengan desain yang elegan, mesin canggih, penggunaan daya yang rendah, serta konstruksi yang ringan dan tahan lama menjadikannya mudah, nyaman, dan dapat dipercaya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk isi ulang Oksigen tabung oxygen Anda. EverFlo dari Respironics adalah oksigen konsentrator yang andal memberikan apa yang diinginkan oleh penyedia layanan rumah tangga dan pasien. Alat ini mampu menghasilkan oksigen hingga 5 liter per menit.

Philips SimplyGo Portable Oxygen Concentrator

Rekomendasi Oksigen Konsentrator Philips

Portable Oksigen Konsentrator adalah mesin pembuat oksigen yang memproses udara bebas disekitar kita menjadi oksigen murni yang biasa di gunakan oleh pasien di rumah dan bisa anda bawa kemana-mana termasuk dipakai di pesawat
Philips SimplyGo Portable Oxygen Concentrator menawarkan pengiriman dosis aliran dan denyut nadi yang berkelanjutan dalam perangkat dengan berat 4,5 kg. Mengelola dengan baik kebutuhan terapi dan gaya hidup pasien Anda hanya dengan satu POC (portable oxygen concentrator). Sederhanakan manajemen pasien dan bisnis Anda dengan SimplyGo.

Philips SimplyGo Mini Oksigen Konsentrator

Philips SimplyGo Mini Oksigen Konsentrator

SimplyGO Mini Oxygen Concentrator merupakan oksigen konsentrator dengan bentuk yang paling kecil di banding dengan tipe philips lainnya. Alat ini dirancang untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan memberi Anda kemampuan untuk menawarkan bobot yang ringan, fitur menarik, dan keandalan yang sesungguhnya yang diminta oleh pasien saat ini dalam POC (portable oxygen concentrator).
Sebagai POC terkecil dan teringan yang pernah dikembangkan oleh Philips Respironics, SimplyGo Mini dibangun untuk pasien saat ini dengan fitur-fitur seperti: desain yang menarik dan ramping, baterai eksternal yang mudah dilepas, layar intuitif (toucscreen), mudah dibaca serta dilengkapi dengan tas jinjing yang nyaman.


Untuk mengetahui perbedaannya, berikut ini adalah perbandingan oksigen konsentrator antara Philips Respironics EverFlo, SimplyGo dan SimplyGo Mini.

Philips EverFlo vs SimplyGO

Klik Disini Untuk Perbesar

Oksigen konsentrator adalah pilihan yang bagus untuk semua alasan di atas, tetapi penting bagi individu untuk mempertimbangkan masalah potensial yang mungkin mereka hadapi. Saat Anda memilih oksigen konsentrator pertimbangkan bagaimana dan kapan Anda akan membutuhkan oksigen, serta seberapa banyak Anda membutuhkan sistem penyaluran oksigen untuk Anda. Jika saat menggunakan oksigen konsentrator portable, selalu disarankan agar Anda menyediakan baterai tambahan yang terisi penuh untuk menghindari habisnya pasokan oksigen.

Sumber Referensi :
https://www.webmd.com/lung/lung-home-oxygen-therapy