Keseleo pada pergelangan tangan merupakan cedera umum yang terjadi ketika ligamen disekitar sendi pergelangan tangan meregang melebihi batasnya atau robek. Hal ini terjadi saat pergelangan tangan tidak sengaja tertekuk atau terpelintir dengan keras, seperti yang disebabkan oleh jatuh dengan tangan yang terulur. Kondisi ini bisa ringan hingga parah tergantung pada seberapa banyak kerusakan pada ligamen.

Ligamen pada pergelangan tangan membantu menjaga tulang pada posisi yang tepat dan menstabilkan sendi. Keseleo dapat berkisar dari peregangan atau robekan kecil pada serat yang membentuk ligamen hingga robekan total melalui ligamen atau melalui perlekatannya ke tulang.

Tingkat Keseleo Pada Pergelangan Tangan

Keseleo dapat dinilai tergantung pada tingkat cedera pada ligamen:

  • Tingkat 1 (ringan) Ligamen meregang, tetapi tidak robek.
  • Tingkat 2 (sedang) Ligamen robek sebagian. Jenis cedera ini mungkin melibatkan beberapa kehilangan fungsi.
  • Tingkat 3 (parah) Ligamen benar-benar robek atau ligamen terlepas dari tulang. Ini adalah cedera signifikan yang memerlukan perawatan medis atau bedah. Jika ligamen terlepas dari tulang, mungkin diperlukan sedikit serpihan tulang atau bisa disebut fraktur avulsi.

Penyebab Keseleo pada Pergelangan Tangan

Keseleo pada pergelangan tangan paling sering disebabkan oleh jatuh dengan tangan yang terulur. Hal ini bisa saja terjadi selama aktivitas sehari-hari, tetapi sering terjadi selama olahraga dan aktivitas luar ruangan.

penyebab tangan keseleo

Gejala Keseleo pada Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan yang terkilir memang menyakitkan. Gejala lain mungkin termasuk:

  • Pembengkakan
  • Memar area pergelangan tangan
  • Nyeri saat disentuh
  • Ada sensasi meletup atau sobek dalam pergelangan tangan
  • Terasa hangat sekitar pergelangan tangan

Bahkan cedera pergelangan tangan yang tampak ringan dengan pembengkakan minimal masih dapat menyebabkan ligamen robek dan memerlukan pembedahan untuk menghindari masalah jangka panjang.

Demikian pula, patah tulang yang tidak dikenali dapat disalahartikan sebagai keseleo ringan atau sedang. Jika tidak diobati, patah tulang mungkin tidak sembuh dengan baik dan pasien mungkin memerlukan pembedahan yang mungkin dapat dihindari dengan pengobatan dini yang tepat. Contoh paling umum dari ini adalah patah tulang skafoid, salah satu tulang kecil di pergelangan tangan.

Penting bagi dokter untuk mengevaluasi bahkan cedera pergelangan tangan ringan jika tidak membaik dengan cepat. Ini sangat penting jika cedera menyebabkan nyeri pergelangan tangan yang terus-menerus. Diagnosis dan perawatan cedera pergelangan tangan yang tepat diperlukan untuk menghindari masalah jangka panjang, termasuk nyeri kronis, kekakuan dan radang sendi.

Baca artikel lainnya

Diagnosis

Sebelum di diagnosis, dokter biasanya menanyakan riwayat medis dan kesehatan umum, dokter juga akan menanyakan tentang cedera sebelumnya pada tangan atau pergelangan tangan. Lalu bagaimana dan kapan cedera bisa terjadi dan pasien akan meminta untuk menjelaskan gejala, termasuk apakah tangan mati rasa atau nyeri di lokasi lain.

Setelah itu, Dokter akan memeriksa pergelangan tangan dengan hati-hati untuk melihat bagian mana yang sakit dan untuk memeriksa bagaimana gerakannya. Dokter juga akan memeriksa seluruh baigan tangan dan lengan untuk memastikan pasien tidak memiliki cedera lain.

Dokter juga mungkin akan menggunakan tes pencitraan untuk membantu memastikan diagnosis pada pergelangan tangan.

Tes Rontgen Meskipun tes rontgen tidak menunjukkan ligamen itu sendiri, terapi dapat menunjukkan cedera ligamen jika tulang pergelangan tangan tidak sejajar dengan benar. Tes rontgen juga dapat membantu dokter untuk menyingkirkan patah tulang pada pergelangan tangan.Tes lainnya. Jika informasi lebih lanjut diperlukan, pemindaian magnetic resonance imaging (MRI), pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT Scan), atau artrogram juga dapat dilakukan. Dalam artrogram, pewarna khusus disuntikkan ke sendi pergelangan tangan. Ini membuat sendi dan ligamen tampak lebih jelas pada studi pencitraan.

Perawatan Keseleo Pada Pergelangan Tangan

Perawatan untuk keseleo pada pergelangan tangan tergantung pada tingkat keparahan cedera yang dialami.

Perawatan Umum

Keseleo pada pergelangan tangan yang ringan biasanya akan membaik dengan melakukan perawatan di rumah dengan metode RICE:

  • Rest: atau tindakan mengistirahatkan dahulu otot yang cedera
  • Ice: yaitu mengompres dengan es untuk mengurangi pembengkakan
  • Compression: gunakan perban elastis untuk membantu memberi kestablilan
  • Elevation: Sesering mungkin, istirahatkan dengan pergelangan tangan terangkat lebih tinggi dari jantung.

Selain itu, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin atau ibuprofen, dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan. Namun, jika nyeri dan bengkak bertahan selama lebih dari 48 jam, temui dokter.

penyebab tangan keseleo

Perawatan Non-Bedan

Keseleo pada pergelangan tangan dengan kondisi sedang mungkin perlu diimobilisasi dengan penyangga selama satu minggu atau lebih. Dokter juga mungkin merekomendasikan beberapa latihan peregangan untuk membantu Anda mendapatkan kembali mobilitas penuh.

Perawatan Bedan

Keseleo dengan kondisi parah mungkin memerlukan pembedahan untuk memperbaiki ligamen yang sepenuhnya robek. Pembedahan melibatkan penyambungan kembali ligamen ke tulang atau menggunakan cangkok tendon untuk merekonstruksi ligamen yang cedera. Dokter akan berbicara dengan pasien tentang opsi mana yang terbaik dalam situasi saat cedera.

Pembedahan diikuti dengan periode rehabilitasi yang mencakup latihan untuk memperkuat pergelangan tangan dan memulihkan rentang gerak. Meskipun ligamen biasanya sembuh dalam 8 hingga 12 minggu, dibutuhkan waktu 6 hingga 12 bulan untuk pulih sepenuhnya. Lamanya proses pemulihan dan hasil akan bergantung pada tingkat keparahan cedera.

Pencegahan

Keseleo pada pergelangan tangan biasanya disebabkan karena terjatuh, maka berhati-hatilah saat berjalan dalam kondisi basah atau licin. Keseleo pada pergelangan tangan juga bisa terjadi saat berolahraga, seperti skating, skateboard, dan ski dll. Mengenakan pelindung pergelangan tangan (wrist support) atau perban elastis akan membantu menopang pergelangan tangan dan mencegahnya tertekuk terlalu dalam jika terjatuh.

Keseleo pada pergelangan tangan merupakan cedera umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Mengenali gejala dan penyebabnya penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam pengobatan. Melakukan tindakan metode RICE (Rest, Ice, Compression & Elevation) merupakan langkah awal yang penting dalam penanganan keseleo pada pergelangan tangan. Dalam kasus yang lebih serius, konsultasikan dengan dokter atau ahli terapi untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Penting untuk memberikan waktu istirahat yang cukup pada pergelangan tangan untuk pulih sepenuhnya dan hindari aktivitas yang dapat memperburuk kondisi pada pergelangan tangan.

Sumber>

https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/wrist-sprains/