Apakah Anda pernah menderita kram, nyeri, dan kesemutan di pergelangan tangan dan tangan? Gejala-gejala ini sering di dengar atau familiar bagi mereka yang didiagnosis dengan carpal tunnel syndrome. Sindrom lorong karpal atau carpal tunnel syndrome adalah kondisi yang membuat tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, nyeri, atau lemah. Sindrom ini terjadi ketika saraf di dalam pergelangan tangan terhimpit atau tertekan.

Lorong karpal adalah lorong sempit di dalam pergelangan tangan yang dibentuk oleh tulang pergelangan tangan (tulang karpal) dan jaringan penghubung antar tulang (ligamen). Di dalam lorong karpal ini terdapat saraf median, yang berfungsi untuk mengendalikan otot jari tangan dan menerima rangsangan dari kulit di daerah tangan.

Carpal tunnel syndrome (CTS) terjadi saat lorong karpal menjadi sempit akibat jaringan yang mengelilinginya membengkak, sehingga menekan saraf median. Wanita lebih berisiko mengalami penyakit ini dibandingkan laki-laki.

carpal tunnel syndrome

Penyebab dari carpal tunnel syndrome adalah tertekannya saraf di pergelangan tangan. Tekanan pada saraf ini bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal. Salah satunya adalah keretakan tulang pergelangan tangan, sehingga menyebabkan pembengkakan jaringan di sekitarnya.

Mengenakan pelindung pergelangan tangan atau wrist support saat Anda beraktivitas atau tidur dapat meredakan nyeri saraf di tangan dengan cepat dan tahan lama. Penyangga tangan dapat melakukan hal itu dengan menjaga tangan Anda dalam posisi netral. Menggunakan penyangga pergelangan tangan dapat membantu Anda mengelola gejala sindrom lorong kapal. Penyangga tangan ini dapat digunakan untuk beraktivitas untuk siang hari, saat tidur, dan banyak lagi.

Penyangga tangan semacam deker ini dapat mencegah rasa sakit, memungkinkan Anda melakukan aktivitas yang terlalu menyakitkan dan berisiko, dan juga membantu Anda menstabilkan pergelangan tangan (terutama pada malam hari) dalam posisi yang benar untuk memungkinkan penyembuhan.

Bagaimana Penyangga Tangan dapat Mengatasi Carpal Tunnel Syndrome?

penyangga tangan untuk carpal tunnel

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyangga tangan Carpal tunnel bekerja dengan cara menawarkan dukungan dan perlindungan tambahan pada pergelangan tangan Anda. Ada berbagai jenis opsi penyangga tangan dan semuanya menawarkan tingkat dukungan yang berbeda.

Semua opsi penyangga tangan dirancang untuk menstabilkan pergelangan tangan Anda hanya pada posisi tertentu, sehingga menghilangkan posisi yang menyebabkan Anda sakit. Itu tergantung pada tingkat kondisi Anda dan aktivitas yang Anda lakukan hingga seberapa besar penyangga carpal tunnel membatasi mobilitas pergelangan tangan Anda. Tujuannya adalah untuk menghilangkan atau setidaknya membatasi rasa sakit dan memberi Anda kemampuan untuk melakukan aktivitas yang sebelumnya tidak mungkin Anda lakukan.

Baca artikel lainnya

Penyangga Tangan untuk tidur harus senyaman mungkin, namun tetap mencegah ikatan pergelangan tangan. Biasanya kebanyakan orang menekuk pergelangan tangan mereka saat tidur. Hal ini dapat membantu melindungi pergelangan tangan saat anda tidur.

Penyangga Tangan untuk bekerja harus sangat kokoh dan memberikan dukungan dan stabilitas ekstra. Tentu saja, itu tergantung pada jenis pekerjaannya.


Berikut adalah rekomendasi beberapa penyangga pergelangan tangan terbaik untuk carpal tunnel yang ada di pasaran.

1. Neomed Neo Wrist Helper JC-017

Neomed Neo Wrist Helper JC-017


Neomed Neo Wrist Helper JC-017 Merupakan alat pelindung pergelangan tangan yang berguna untuk melindungi pergelangan tangan saat berolahraga, bagi yang hobi olahraga bulutangkis, alat ini juga berguna menyerap keringat yang keluar dari tangan.

Spesifikasi Produk:
- Gentle Fabric, bahan yang lembut dan elastis, serta tidak mengganggu peredaran darah
- Far Infra Red, memberikan efek termal (hangat) untuk membantu mengurangi / meringankan nyeri serta memperlancar peredaran darah.
- Double Belt, Tingkat tekanan pada saat alat digunakan bisa disesuikan dengan kebutuhan pengguna.

2. FamilyDr Palm Support

FamilyDr Palm Support


FamilyDr Palm Support adalah Alat bantu penyangga pergelangan tangan yang dibuat dari bahan lembut yang pas di pergelangan tangan dan tidak akan menghambat aliran darah. Memiliki dua sabuk pengaman yang membuat alat ini dapat menyangga dengan baik, tidak bergeser, dan mengontrol tekanan atau tingkat kekencangan alat ini pada pergelangan tangan. Sangat dianjurkan untuk digunakan bagi Anda yang sedang menjalani perawatan pada pergelangan tangan yang sedang cedera.

Spesifikasi Produk:
- Buatan Korea kualitas terbaik dunia
- Perpaduan material bahan Cotton & Polyester yag memberikan sensasi lembut, nyaman, dan elastis sehingga tidak mengganggu peredaran darah
- Design ergonomis dengan kompresi tiga arah yang berbeda sehingga dapat melindungi pergelangan tangan dengan baik
- Material tahan lama, disarankan jangan mencuci dengan air panas lebih dari 60 derajat

3. Neomed Neo Wrist Smart JC-053

Neomed Neo Wrist Smart JC-053


Neomed Neo Wrist Smart JC-053 Merupakan alat pelindung pergelangan tangan yang berguna untuk melindungi pergelangan tangan saat berolahraga, bagi yang hobi olahraga bulutangkis, alat ini juga berguna menyerap keringat yang keluar dari tangan.

Spesifikasi Produk:
- Lining fabric with ocher, Bahan yang lembut, elastis, halus, serta tidak mengganggu peredaran darah serta dilengkapi "ocher" pada bahan yang berfungsi sebagai anti bakteri / bau (meneteralkan radikal bebas dengan pemurnian & detoksifikasi)
- Far infra red, Memberikan efek termal (hangat) untuk membantu mengurangi / meringankan nyeri serta memperlancar peredaran darah.
- 4 Way, tingkat elastisitas / tekanan pada alat (bahan) menyesuaikan dengan anatomi bagian tubuh yang cidera pada saat digunakan (ke-4 sisi: atas, bawah, kiri, kanan) sehingga tidak mudah slip pada saat dgunakan.
- Double belt, Tekanan alat pada saat digunakan bisa disesuikan dengan kebutuhan pengguna

4. Elife E-WR055 Universal Wrist Brace

Elife E-WR055 Universal Wrist Brace


Indikasi:
Distorsi pergelangan tangan ringan
Ketidakstabilan pergelangan kaki kronis
Artikular efusi & pembengkakan
Penggunaan profilaksis dan terapeutik dalam kegiatan olahraga

Fungsi:
Mengurangi pembengkakan dari luka-luka ringan
Fleksibel kompresi yang memberi dukungan ankle dan meningkatkan proprioception

5. Variteks 879 Wrist Brace Splint

Variteks 879 Wrist Brace Splint


Variteks 879 Wrist Brace Splint Untuk keseleo, tendonitis, tendon synovitis pada pergelangan tangan atau untuk perawatan paska operasi ortopedi.

Indikasi :
- Untuk keseleo, tendonitis, tendon synovitis pada pergelangan tangan atau untuk perawatan paska operasi ortopedi.
- Dengan bahan yang menyerap lebih banyak keringat dan lembab dikulit.
- Bahan yang memiliki sifat anti bakteri yang lebih tinggi dibandingkan kain lainnya, super lembut, dan anti alergi.
- Dapat digunakan untuk tangan kanan atau kiri.

6. Variteks 307 Elastic Wrist Brace Splint

Variteks 307 Elastic Wrist Brace Splint


Wrist Support Variteks 307 Elastic Wrist Brace Splint digunakan untuk pergelangan tangan yang melemah, karena terlalu banyak melakukan aktifitas dengan menggunakan tumpuan pada pergelangan/telapak tangan, seperti : menyetir kendaraan, mencuci, memeras, mengetik, dll. Atau yang dalam istilah medis terkena CARPAL TUNNEL SYNDROME.

Spesifikasi Produk:
- Penopang pergelangan tangan untuk kondisi tenosynovitis.
- Dengan bahan lebih elastis yang terdiri dari wol dan dilengkapi dengan aluminium untuk menopang.
- Mengurangi nyeri dan rasa sakit pada pergelangan & telapak tangan.
- Menstabilkan tulang sendi.
- Meringankan ketegangan yg terjadi pada syaraf di pergelangan & telapak tangan.
- Tersedia model untuk tangan kanan dan kiri.

7. Variteks 306 Wrist Splint With Thumb Grip

Variteks 306 Wrist Splint With Thumb Grip


Variteks 306 Wrist Splint With Thumb Grip Penopang pergelangan tangan untuk kondisi tenosynovitis dan carpal tunnel syndrome. Dilengkapi dengan dua pelat alumunium pada ibu jari dan pergelangan tangan. Tersedia model untuk tangan kanan dan kiri.

Indikasi :
- Untuk pergelangan tangan yg melemah, karena terlalu banyak melakukan aktifitas dengan menggunakan tumpuan pada pergelangan/telapak tangan, seperti : menyetir kendaraan, mencuci, memeras, mengetik, dll. Atau yang dalam istilah medis terkena CARPAL TUNNEL SYNDROME.
- Penopang pergelangan tangan untuk kondisi tenosynovitis.
- Dilengkapi dengan dua pelat alumunium pada ibu jari dan pergelangan tangan agar lebih stabil.
- Mengurangi nyeri dan rasa sakit pada pergelangan & telapak tangan.
- Menstabilkan tulang sendi.
- Meringankan ketegangan yg terjadi pada syaraf di pergelangan & telapak tangan.
- Tersedia model untuk tangan kanan dan kiri.

8. Variteks 319 Wrist Splint (With Thumb Grip)

Variteks 319 Wrist Splint


Variteks 319 Wrist Splint penopang pergelangan tangan untuk kondisi tenosynovitis dan carpal tunnel syndrome. Dilengkapi dengan dua pelat alumunium pada ibu jari dan pergelangan tangan. Bisa dipakai di tangan kanan atau kiri.

Indikasi :
- Penopang pergelangan tangan untuk kondisi TENOSYNOVITIS dan CARPAL TUNNEL SYNDROME.
- Pemakaian pasca operasi atau pelepasan gips.
- Dilengkapi dengan dua pelat alumunium pada ibu jari dan pergelangan tangan.
- Terdaat tali adjustable di bagian samping produk untuk lebih menyesuaikan dengan bentuk tangan/wrist Anda.
- Terdapat perekat velcro premium pada bagian jempol dan pergelangan tangan untuk lebih suitable (pas) dengan tangan dan memaksimalkan fungsi produk.
- Bisa dipakai pada tangan sebelah kanan atau kiri.
- Dengan bahan yang nyaman digunakan dan tahan lama.
- Terdapat jalur untuk penopang aluminium dengan label “right” dan “left”, masukan ke bagian yang sesuai dengan tangan mana yang akan dipakai.


Jika Anda menderita sakit pergelangan tangan seperti carpal tunnel syndrome, menggunakan penyangga pergelangan tangan bisa menjadi solusi yang sangat sederhana. Sederhananya, alat ini bekerja dengan memberikan tekanan ke area pergelangan tangan dengan nyaman sehingga secara efektif mencegah gerakan yang dapat menyebabkan rasa sakit, menyebabkan pembengkakan, atau memperburuk gejala nyeri sendi yang umum.

Meskipun penyangga tangan membantu tidak hanya dalam meredakan gejala cedera pergelangan tangan, tetapi juga mencegah semuanya, penting untuk memastikan bahwa Anda membeli penyangga pergelangan tangan yang menopang persendian dengan sempurna. Ini mengharuskan Anda untuk menemukan produk yang mudah disesuaikan untuk memberikan keseuaian.