Merawat tubuh adalah sebuah keharusan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk merawat tubuh, salah satunya yang saat ini sedang populer adalah merawat tubuh melalui proses detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses tubuh secara alami untuk mengeluarkan racun dan zat berbahaya yang disebabkan oleh banyak hal baik lingkungan, makanan yang dikonsumsi, dan gaya hidup sehat.

Merawat tubuh dengan metode detoksifikasi memiliki berbagai metode dan yang paling mudah adalah mengkonsumsi Jus detox. Jus detox atau Jus untuk detoksifikasi biasanya terdiri dari campuran buah dan sayuran segar. Detox ini sering dilakukan dengan cara mengganti makanan padat dengan minuman sehat seperti Jus buah dan sayur. Tujuan dari detox ini sendiri ialah untuk menghilangkan racun melalui urine, feses, dan keringat, meningkatkan sirkulasi, memberikan nutrisi yang lebih sehat bagi tubuh, dan merangsang organ hati untuk membuang racun. Disisi lain, Detox dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.Yuk, simak apa saja manfaat Detox bagi tubuh.

Manfaat Detoksifikasi Tubuh dengan Jus Detox

Manfaat Detox

Melakukan detox memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apabila dilakukan dengan benar, detoksifikasi juga dapat menjadi kunci dalam hidup sehat. Berikut merupakan Manfaat detox bagi Tubuh

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ciri khas dari detox ini adalah untuk memperlancar sistem pencernaan.. Detox mampu membantu pencernaan lebih lancar karena makanan yang dikonsumsi sehat, terjaga, dan bersih. Melakukan detox dengan mengkonsumsi jus akan mudah dicerna oleh tubuh karena bentuknya yang cair sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Mengkonsumsi Jus detox sebagai pengganti makanan utama juga biasanya sering dilakukan oleh orang yang sedang menjalani program diet.

2. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi Jus detox merupakan salah satu langkah dalam pola hidup sehat, namun tentunya harus diperhatikan juga kandungan nutrisi pada jus tersebut. Biasanya jus detox terdiri dari berbagai campuran buah dan sayur yang memiliki kandungan nutrisi berbeda. Dengan memperbaiki pola hidup sehat seperti menghindari makanan berminyak, makanan tinggi lemak, sehingga makanan cepat saji, dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi jus detox. Oleh sebab itu, makanan yang dikonsumsi lebih sehat sehingga dapat membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Proses detoksifikasi dapat membantu menguatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Selain dapat menjaga kadar kolesterol, mengkonsumsi jus detox dan menjalani pola hidup sehat juga dapat mengurangi resiko berbagai penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, dan obesitas.

4. Menyehatkan Kulit

Wajah yang sering berminyak merupakan salah satu tanda bahwa Kamu perlu melakukan Detox Lho! Wajah berminyak dapat disebabkan oleh terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan hormon yang tidak seimbang. Oleh karena itu, perlunya melakukan detoksifikasi dengan jus detox agar toxin yang menumpuk pada tubuh dapat dikeluarkan melalui sistem pencernaan.

Manfaat Detoksifikasi Tubuh dengan Jus Detox

Banyak bukan manfaat yang didapat jika melakukan detox? Detox harus dilakukan jika Tubuh kamu mulai merasa lelah, muncul jerawat, iritasi pada kulit, mengalami infeksi berulang, kekebalan tubuh yang buruk, tidak fokus, mood swing, mudah marah, mengalami masalah pada sistem pencernaan, dan emosi yang tidak stabil. Detox ini biasanya dilakukan secara pengganti makanan padat dengan minuman salah satunya adalah jus detox. Perlu diperhatikan juga berbagai kandungan dari buah dan sayur agar lebih seimbang.

Resep Jus Untuk Detox

Jus detox ini dapat dibuat sendiri dirumah agar lebih sehat, terjaga kebersihannya, dan lebih hemat. Biasanya jus detox ini terdiri dari berbagai campuran buah dan sayur. Berikut merupakan resep dalam membuat jus detox.

Green Smoothies Detox

Smoothie detox hijau merupakan salah satu minuman detox yang populer dan banyak disukai. Selain rasanya yang enak, jus ini juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Simak resep lengkapnya dibawah ini:

  • 1 Buah Kiwi
  • 1 Buah Pisang
  • ¼ Gelas Nanas
  • 2 Batang Seledri
  • Bayam secukupnya
  • 1 Gelas Air

Cara membuatnya juga cukup simple yaitu dengan memasukan semua bahan ke blender, lalu dapat dikonsumsi ketika sudah dihaluskan.

Smoothies Kale Detox

Kale merupakan sayuran yang memiliki gizi tinggi karena memiliki banyak vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Kale ini bisa dikombinasikan dengan bahan yang tepat agar rasanya lebih enak. Pastikan untuk menggunakan daunnya saja dan membuang batangnya untuk menghindari rasa pahit.

  • 2/3 Gelas susu almond (tanpa gula)
  • 3/4 Gelas es
  • 1 ½ gelas kale
  • 1 Tangkai seledri
  • 1/2 Apel
  • 1 sdm biji rami bubuk
  • 1 sdt madu (opsional)

Cara membuatnya yaitu dengan memasukan semua bahan dan blender hingga tercampur rata. Lalu dapat langsung disajikan.

Manfaat Detoksifikasi Tubuh dengan Jus Detox

Smoothies Alpukat Detox

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi sehat. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan Jantung, meredakan peradangan sendi, dan membantu menurunkan berat badan. Berikut merupakan resep smoothies alpukat yang dapat dicoba:

  • 1/2 Alpukat
  • 1 ½ gelas jus apel
  • 2 gelas bayam
  • 1 buah apel tidak dikupas (potong dan biji dibuang)

Semua bahan tersebut dimasukan kedalam blender, ketika sudah halus maka bisa dinikmati.

Smoothies Peach-Oatmeal

Oatmeal dapat mengatur kadar gula darah dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Sedangkan buah peach memiliki nutrisi dan kalori yang baik sehingga akan mudah kenyang. Simak, bahan bahan untuk membuat:

  • ¼ gelas oatmeal
  • 1 gelas buah persik
  • 1 gelas yoghurt (tanpa gula)
  • ¼ sdt vanilla essence (ekstrak vanilla)
  • 1 cangkir susu almond

Masukan semua bahan kedalam blender lalu haluskan hingga tercampur rata. Sajikan smooties dengan es batu agar lebih segar

Itulah rekomendasi smooties atau jus yang dapat dicoba di rumah sebagai alternatif melakukan detox. Perlu diingat bahwa detoksifikasi bukanlah sekedar trend yang hanya dilakukan dalam jangka pendek, namun harus menjadi bagian dari pola hidup sehat yang berkelanjutan. Dengan rutin mengkonsumsi jus detox maka tubuh akan lebih sehat, lebih bugar, mengurangi stress, dan mengurangi resiko penyakit berbahaya bagi tubuh.

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.halodoc.com/kesehatan/detox
https://www.orami.co.id/magazine/resep-smoothies-diet
https://www.rejuve.co.id/blog/detox-dan-beberapa-fungsinya-yang-baikuntuk-tubuh
https://hellosehat.com/nutrisi/diet/cara-melakukan-detox-tubuh/