Mesin BiPAP merupakan alat bantu pernapasan untuk pasien dengan gangguan sleep apnea, perangkat ini memberikan dua tekanan yang berbeda untuk membantu memberikan jalan napas saat pasien tertidur. Tekanan pertama untuk menarik napas inhale dan satu lagi untuk menghembuskan napas exhale. Dalam mesin BiPAP terdapat beberapa mode terapi yang digunakan untuk membantu pernapasan pasien. Mode terapi ini bisa digunakan untuk membantu pasien sleep apnea yang sudah diresepkan oleh dokter.

Jenis-Jenis Mode Terapi pada Mesin BiPAP

Mode CPAP

Mode CPAP dalam mesin BiPAP hanya bekerja pada satu tekanan (continuous positive airway pressure), tidak ada pengaturan tekanan ganda, mode kerjanya sama halnya pada mesin CPAP pada umumnya.

Mode S (Spontaneous)

Mode S juga dikenal sebagai mode spontan. Dalam mode S pada mesin BiPAP ini semua pernapasan dipicu dan disikluskan oleh pasien. Artinya jika pasien tidak memulai pernapasan makan tidak ada tekanan yang dikirimkan secara otomatis oleh mesin BiPAP.
Selama pasien menarik dan menghembuskan mesin BiPAP menerapkan tekanan yang telah ditentukan sebelumnya. Tidak ada napas yang dihirup secara otomatis, artinya mode S dalam mesin BiPAP bergantung pada pemicu napas pasien. Singkatnya dalam mode ini semua napas dimulai oleh pasien.

Mode ST (Spontaneous Timed)

Mode ST dalam mesin BiPAP adalah napas dipicu oleh pasien dan mesin serta siklus pasien dan siklus mesin. Dalam mode ini ada opsi pengaturan waktu, kita dapat mengatur napas cadangan sebagai waktu. Jika pasien tidak memulai napas dalam dalam batas waktu tersebut, makan mesin BiPAP akan melakunanya seceara otomatis. Singkatnya dalam mode ini mesin BiPAP memiliki tingkat cadangan untuk memastikan mendapat jumlah napas yang cukup per menit bahkan jiga jika pasien tidak bernapas secara alami.

Mode T (Timed)

Mode T dalam mesin BiPAP yaitu semua napas dikirim dan diatur secara otomatis oleh mesin BiPAP. Alhasil pada mode ini mesin bekerja secara otomtis sesuai laju pernapasan yang telah ditetapkan.

Tabel Ringkasan dari Mode BiPAP

Mode CPAPHanya bekerja pada satu tekanan (continuous positive airway pressure)
Mode SSemua napas dipicu dan disikluskan oleh pasien
Mode STDalam waktu yang ditentukan, jika pasien tidak memulai napas dalam batas waktu tersebut, maka mesin BiPAP akan melakukannya secara otomatis
Mode TMesin bekerja secara otomtis sesuai laju pernapasan yang telah ditetapkan

Mesin BiPAP Terbaik dengan berbagai jenis mode terapi

Mesin BiPAPMode TerapiRentang Tekanan
ResMed AirCurve Vauto 10 BiLevelCPAP, S, VAuto4-25 cm H2O
Philips DreamStation Auto BiPAPFixed CPAP, Fixed Bipap, Auto-BiPAP4-20 cm H2O
Ventmed BiPAP ST30 (DS-8)CPAP, Auto, S, T, ST, APCV4-20 cm H2O

Nah itulah beberapa mode terapi yang tersedia pada mesin BiPAP, mode ini bisa digunakan untuk membantu pasien meberikan bantuan napas dengan gangguan berbagai jenis sleep apnea, namun untuk penggunaannya harus disertakan dengan rekomendasi atau resep dokter, untuk lebih jelasnya silakan hubungi dokter terdekat untuk lebih lanjut.

Sumber>
https://www.hospitalsstore.com/bipap-mode/