Snoring atau mendengkur merupakan salah satu gejala yang terjadi saat pernapasan seseorang terganggu dengan adanya henti napas secara berulang pada saat tidur. Kondisi ini menyebabkan otak dan bagian tubuh lain tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Kondisi ini merupakan dampak dari terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan, penyempitan saluran napas tersebut bisa disebabkan oleh kondisi medis yang serius.

Gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur diduga kuat menjadi gejala sleep apnea. Kondisi ini dapat ditandai dengan mendengkur saat tidur dan tetap merasa mengantuk setelah tidur lama. sleep apnea dapat terjadi pada siapa saja bahkan pada anak-anak. Seseorang akan lebih berisiko terkena sleep apnea jika memiliki beberapa faktor risiko seperti bertambahnya usia, berjenis kelamin laki-laki, obesitas, merokok, kecanduan alkohol dan pengguna obat-obat penenang.

Adapun gejala yang sering dialami pada penderita sleep apnea yaitu nyeri tenggorokan ketika bangun, sering mengantuk saat siang hari, pusing atau sakit kepala bahkan sulit berkonsentrasi, belajar, atau mengingat sesuatu. Pengobatan sleep apnea tergantung pada kondisi pasien dan tingkat keparahan yang dialaminya. sleep apnea ringan dapat ditangani secara mandiri, misalnya dengan menurunkan berat badan, berhenti merokok, berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, dan mengubah posisi tidur menjadi menyamping atau tengkurap. Jika kondisinya sudah cukup parah, sleep apnea perlu mendapatkan penanganan medis, antara lain dengan terapi khusus CPAP.

CPAP atau continuous positive airway pressure merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan udara ke saluran pernapasan melalui masker khusus yang menutupi hidung dan mulut pada pasien sleep apnea saat tidur. Tujuan terapi CPAP adalah untuk mencegah tenggorokan menutup dan meredakan gejala-gejala yang muncul seperti mendengkur.

Nah sebelum membeli perangkat terapi CPAP pastikan sudah mengetahui informasi-informasi dasar mengenai kegunaan dan fungsinya. Selain itu juga kenali fitur-fitur dalam mesin CPAP seperti fitur RAMP Time, Humidifier, Pressure dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sering diajukan kepada kami saat ingin mencari informasi atau membeli produk CPAP.

Apa Itu Terapi CPAP?

CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure merupakan terapi sleep apnea digunakan untuk membantu pasien bernapas lebih mudah dan teratur saat tidur. Mesin CPAP meningkatkan tekanan udara di tenggorokan, mencegah mencegah tenggorokan menutup dan meredakan gejala-gejala yang muncul seperti mendengkur.

Apa Manfaat Terapi CPAP?

CPAP merupakan terapi non-invasif efektif mencegah menutupnya jalan napas pada saat tidur. Dengan menjalani terapi ini secara rutin setiap malam, Anda akan melihat peningkatan signifikan pada kehidupan sehari-hari dan kesehatan mental secara keseluruhan. Manfaat dari terapi CPAP antara lain:

  • Berkurangnya sakit kepala di pagi hari
  • Meningkatnya level energi dan konsentrasi pada siang hari
  • Menurunya perasaan mudah marah
  • Meningkatnya daya ingat
  • Berkurangnya frekuensi terjaga dimalam hari untuk ke kamar kecil
  • Meningkatnya kualitas hidup secar keseluruhan

Kunci untuk mewujudkan manfaat ini adalah dengan terus menjalani terapi setiap malam.

Bagiamana Cara Kerja CPAP?

Mesin CPAP bekerja menggunakan tekanan udara untuk disalurkan ke saluran pernapasan melalui masker khusus yang menutupi hidung atau mulut pada pasien penderita sleep apnea. Mesin CPAP terdiri dari perangkat mesin CPAP, humidifier, selang dan masker.

Siapa yang Boleh Menggunakan Mesin CPAP?

Mesin CPAP biasa digunakan untuk terapi obstructive sleep apnea. OSA ditandai dengan adanya hambatan jalan napas yang menyebabkan napas berhenti sesaat akibatnya penderita akan kekurangan oksigen. Kondisi ini dapat ditandai dengan mendengkur saat tidur dan tetap merasa mengantuk setelah tidur lama.

Faktor Risiko Apa Yang Menyebabkan sleep Apnea?

sleep apnea dapat terjadi pada siapa saja bahkan pada anak-anak. Seseorang akan lebih berisiko terkena sleep apnea jika memiliki beberapa faktor risiko seperti bertambahnya usia, berjenis kelamin laki-laki, obesitas, merokok, kecanduan alkohol dan pengguna obat-obat penenang.

Apa Saja Gejala Sleep Apnea?

Gejala yang sering dialami pada penderita sleep apnea yaitu nyeri tenggorokan ketika bangun, sering mengantuk saat siang hari, pusing atau sakit kepala bahkan sulit berkonsentrasi, belajar, atau mengingat sesuatu.

Apakah Saya Bisa Mengubah Pengaturan Tekanan Pada Mesin CPAP?

Tekanan pada mesin CPAP diatur seusai dengan resep yang ditulis oleh dokter. Jika tekanan membutuhkan penyesuaian silakan konsultasikan dengan dokter.

Apa itu fitur RAMP pada CPAP?

RAMP time adalah periode di mana tekanan yang lebih rendah kemudian secara bertahap untuk meningkatkan tekanan selama jangka waktu tertentu, Permulaan Ramp dengan tekanan yang lebih rendah dapat membuatnya lebih mudah tertidur.

Bagaimana Cara Menggunakan Masker CPAP dengan Benar?

Ada beberapa jenis masker yang bisa digunakan untuk mesin CPAP antara lain masker Full-face yang menutupi mulut dan hidung dan masker under nose yang menutupi hidung. Untuk menggunakannya, posisikan masker di wajah, lalu pasang atau tarik tali pengikatnya untuk mengencangkan masker. Masker harus benar-benar pas tidak boleh longgar tetapi juga tidak terlalu rapat atau menekan terlalu dalam ke kulit. Seuaikan dengan tali pengait agar pas dan nyaman

Seberapa Sering Saya Perlu Mengganti Filter, Masker dan Selang?

Untuk penggantian filter CPAP itu tergantung pemakaian, pastikan untuk mengganti filter udara ketika sudah kotor, penggantian bisa dilakukan setiap 4 minggu sekali. Lalu untuk penggantian masker CPAP bisa diganti setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Dan Untuk selang CPAP bisa di ganti setiap 3 bulan sekali.

Berapa Jam Dalam Semalam Saya Perlu Menggunakan CPAP?

Anda harus menggunakannya sebanyak mungkin setiap kali Anda tidur.

Apakah Saya Bisa Membawa CPAP pada Saat Bepergian?

Ya, Anda bisa membawa mesin CPAP pada saat bepergian atau liburan. Tersedia model perangkat CPAP yang mini dan portable seperti ResMed AirMini Auto CPAP

Apakah Ada Mesin CPAP Portable?

Mesin CPAP memiliki beberapa jenis salah satunya jenis portable untuk travel, Tersedia model perangkat CPAP yang mini dan portable seperti ResMed AirMini Auto CPAP

Apa Fungsi Humidifier Pada Mesin CPAP?

Fungsi humidifier pada mesin CPAP berfungsi untuk menjaga kelembaban pada tenggorokan sehingga pasien dapat tidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Bagaimana Cara Merawat Mesin CPAP?

untuk perawatannya. pastikan untuk selalu membersihkan perangkat dan aksesoris secara teratur karena penting untuk pencegahan infeksi pernapasan. untuk tangki humidifier dan selang, cuci menggunakan sabun cair sekitar dua minggu sekali. Untuk bagian perangkat bisa dibersihkan menggunakan kain atau lap basah. Lalu untuk masker bisa di bersihkan setiap minggu sekali. Pastikan untuk mengganti filter udara ketika sudah kotor, untuk penggantian filter bisa dilakukan setiap 4 minggu sekali.

Baca artikel lainnya

Kapan Saya Akan Merasa Lebih Baik Setelah Menggunakan Perangkat CPAP?

Kebanyakan pasien mulai merasa lebih baik dalam dua hingga empat minggu. Namun, ada kalanya diperlukan waktu sedikit lebih lama.

Bagaiamana Jika Saya Tetap Mendengkur Selama Terapi CPAP?

Perangkat CPAP akan mencegah mendengkur. Jika Anda tetap mendengkur, hubungi dokter untuk mengtahui apakah tekanan yang diresepkan untuk Anda perlu diseusaikan.

Bagaimana Jika Gejala Lama Saya Muncul Kembali?

Sebaiknya hubungi dokter untuk mengtahui apakah tekanan yang diresepkan untuk Anda perlu diseusaikan.

Jika Saya Harus Diopname Karena Suatu Alasan, Perlukah Saya Membawa Mesin CPAP?

Ya, Selalu beri tahu dokter yang merawat apnea tidur Anda jika Anda akan diopname, jika Anda menjalani pembedahan, beri thau dokter bedah dan dokter anestesi bahwa Anda menggunakan perangkat CPAP dirumah.

Saya Melihat Bekas-bekas Merah di Kulit Pada Sekitar Area Masker CPAP, Apakah Ada Opsi Yang Tersedia Untuk Saya?

Iritasi dapat menandakan bahwa masker Anda terlalu rapat. Jika masker Anda dilengkapi lengan dahi atau fitur penyetelan, cobalah menyetel ulang terlebih dahulu, lalu setel ulang sabuk headgear jika perlu.

Bagaimana Cara Mengetahui Masker CPAP Saya Rusak?

Jika akan menemukan tanda-tanda seperti kaku, retak atau koyak pada masker CPAP saatnya untuk mengganti masker CPAP Anda.

Sumber referensi:
https://www.alodokter.com/sleep-apnea
https://www.nhibi.nih.gov/health/health-topics/topics/cpap/while
https://www.myapnea.org/learn/pap/about-pap-therapy