Mendengkur bisa menjadi gangguan besar jika Anda yang di sebelahnya. Tetapi jika dengkuran itu adalah gejala sleep apnea, itu bisa berpotensi mengancam jiwa. Untungnya, peningkatan risiko yang terkait dengan gangguan pernapasan saat tidur dapat dicegah dengan perawatan sederhana dan non-invasif.

Mesin CPAP, BiPAP, dan Ventilator semuanya dirancang untuk membantu pasien dengan gangguan pernapasan. Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang jenis peralatan ini seperti apa bedanya dan mana yang terbaik untuk Anda. Dokter Anda akan memilih perangkat tergantung pada diagnosis dan kebutuhan pernapasan Anda.

1. CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) Machines

CPAP paling sering digunakan untuk perawatan apnea tidur obstruktif. Udara bertekanan dipaksa menuruni jalan napas untuk menjaga jalan napas tetap terbuka dan bebas dari halangan. Ini mencegah terjadinya sleep apnea.

"C" dalam CPAP adalah singkatan dari "continuous" yang berarti terus menerus, karena dengan terapi CPAP tekanan yang sama diterapkan sepanjang siklus pernapasan, baik selama inhalasi maupun pernapasan.

Tingkat tekanan yang diberikan oleh mesin CPAP Anda tergantung pada seberapa sulit jalan napas Anda. Ini biasanya ditentukan selama studi tidur dan kemudian diresepkan oleh dokter Anda. Beberapa mesin akan menyesuaikan dengan tekanan apa pun yang diperlukan untuk memastikan Anda selalu bernafas. Jenis mesin ini biasanya mulai pada tekanan yang lebih rendah dan bereaksi terhadap pola pernapasan Anda untuk memastikan jalan napas tetap terbuka.

Philips DreamStation Auto CPAP


Philips DreamStation Standard CPAP Perangkat terapi tidur DreamStation positive airway pressure (PAP) dirancang agar senyaman dan semudah pengalaman seperti apa yang diharapkan. Memiliki menu yang mudah diakses dan ramah pengguna yang dirancang untuk memberikan peringatan dan hasil tidur bagi pengguna CPAP.

Desain yang ramping, penuh gaya dan low-profile menawarkan fitur penting, dengan ukuran yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa saat bepergian. Dengan menu navigasi yang mudah serta tampilan menghadap ke depat yang dapat dioperasikan sambil berbaring atau duku di tempat tidur serta humidifier yang mudah di bersihkan.

2. BiPAP (Bilevel Positive Airway Pressure) Machines

BiPAP adalah jenis yang lebih kompleks dari mesin terapi tidur yang digunakan ketika CPAP tidak dapat ditoleransi, jalan nafas tidak dapat terbuka secara memadai dengan CPAP, atau ketika pasien memiliki apnea tidur sentral.

"Bi" dalam "BiPAP" adalah singkatan dari "bilevel," atau dua level. tekanan ini kadang-kadang disebut "gradasi tekanan".BiPAP berbeda dari CPAP karena memiliki dua tekanan, satu untuk inhalasi dan satu untuk exhalasi. Agar pasien ditempatkan pada BiPAP, dokter harus membuktikan bahwa pasien membutuhkan asuransi untuk menyetujui pertanggungan.

Ventmed BiPAP ST30 (DS-8)


Ventmed BiPAP Automatic Ventilator ST30 (DS-8) dirancang untuk perawatan pasien dewasa untuk menangani Obstructive Sleep Apnea (OSA), Central Sleep Apnea (CSA), Hypopnea, COPD (penyakit paru obstruktif kronis) dan mendengkur.

Ventmed BiPAP menawarkan terapi tidur yang nyaman. Ini dapat memberikan tekanan jalan nafas yang benar untuk mencegah atau bahkan memperbaiki pernapasan yang tidak teratur seperti semua jenis sleep apnea, hypopnea, pembatasan aliran udara, COPD dan mendengkur.

Perangkat ini juga dapat memberikan ventilasi non-invasif untuk pasien dengan kekurangan pernapasan seperti penggunaan di rumah sakit atau di rumah.

BiPAP berbeda dengan CPAP, BiPAP memiliki dua tekanan yaitu Inhalasi dan Ekshalasi. Inhalasi memiliki tekanan lebih tinggi dan mendukung saluran napas napas seperti yang diambil dalam. sebaliknya, Ekshalasi adalah tekanan yang lebih rendah yang memungkinkan anda untuk mengeluarkan napas.

3. Ventilator Machines

Ventilator digunakan untuk pasien yang tidak dapat bernapas sendiri atau ketika seseorang menderita penyakit pernapasan parah. Ventilator penopang kehidupan dapat digunakan 24 jam per hari ketika seorang pasien menderita gangguan pernapasan seperti pasien virus COVID-19 yang membuat mereka tidak dapat bernapas dengan tenang.

Kadang-kadang pasien juga ditempatkan pada ventilator untuk penggunaan jangka pendek dalam pengaturan akut seperti rumah sakit ketika mereka sakit parah.

Dalam pengaturan rumah, ventilator juga digunakan non-invasif (dengan masker) ketika pasien mengalami COPD parah. Untuk situasi ini, itu hanya digunakan pada malam hari mirip dengan CPAP dan BiPAP.

Ada kesalahpahaman umum bahwa ventilator adalah peralatan besar untuk pasien yang terikat di tempat tidur. Namun, ada opsi seperti Trilogy Ventilator atau Astral, yang kecil dan mobile. Dengan hanya berbobot 5 kg dengan desain yang kompak pasien masih bisa mempertahankan kebebasannya.

Philips Trilogy 100 Portable Ventilator


Ventilator penopang kehidupan dapat digunakan 24 jam per hari ketika seorang pasien menderita gangguan pernapasan seperti pasien virus COVID-19 yang membuat mereka tidak dapat bernapas dengan tenang.

Dalam pengaturan rumah, ventilator juga digunakan non-invasif (dengan masker) ketika pasien mengalami COPD parah. Untuk situasi ini, itu hanya digunakan pada malam hari mirip dengan CPAP dan BiPAP.

Philips Respironics Trilogy 100 yang serbaguna dan mudah digunakan dan dirancang untuk penggunaan di rumah, rumah sakit, dan perawatan akut untuk memberikan dukungan ventilator invasif dan non-invasif untuk pasien dewasa dan anak-anak. Ventilator dengan mode tekanan dan volume algoritma hak milik, Trilogy 100 memenuhi kebutuhan pasien dengan menggabungkan fleksibilitas unik dengan kemudahan penggunaan dan teknologi canggih.


Berikut ini adalah perbedaan antara mesin CPAP, BiPAP dan Ventilator


Perbedaan CPAP, BiPAP dan Ventilator

Klik Disini Untuk Perbesar