Salah satu masalah terbesar dengan tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi atau benda kotor adalah bahwa sepanjang hari kita menyentuh banyak hal. Orang lain kemudian menyentuh benda-benda yang anda sentuh dan ketika kita menyentuh hidung atau mulut kita, kita terkena infeksi. Selain itu, jika Anda menyiapkan makanan dengan tangan kotor, orang dapat terkena infeksi dengan memakan apa yang Anda buat. Hal ini bisa berakibat fatal jika Anda atau keluarga Anda tidak mecuci tangan anda setelah menyentuh barang-barang kotor maka dapat membawa penyakit seperti diare, flu, resiko radang pernapasan hingga hepatitis.

Tangan yang bersih agar terhindar dari bakteri, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau gunakan antiseptik berbasis alkohol jika tangan Anda tidak terlihat kotor. Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan antiseptik berbasis alkohol menghilangkan virus jika ada di tangan Anda. Menggunakan antiseptik berbasis alkohol (lebih cepat, lebih efektif, dan lebih ditoleransi oleh kulit daripada mencuci dengan sabun dan air) jika tangan tidak tampak kotor. Untuk mencuci dengan sabun dan air ketika tangan terlihat kotor, dan setelah menggunakan toilet atau menyentuh binatang.

Bagaimana Cara Saya Mencuci Tangan Dengan Benar?

Mencuci tangan dengan benar membutuhkan waktu selama 15-20 detik secara perlahan dan sampai merata pada bagian tangan. Untuk ilustrasinya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini

 

 

Kesimpulan

Mencuci tangan menggunakan sabun mungkin tidak selalu efektif terutama bagi anak-anak, jika tidak menggunakan teknik yang tepat maka masih banyak meninggalkan kuman pada tangan. Kami sarankan mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air hangat dan pastikan Anda membersihkan seluruh tangan dengan bersih. Pembersih tangan menggunakan Gel aseptik lebih baik daripada tidak mencuci tangan sama sekali. Dalam situasi di mana air tidak tersedia, atau sedang traveling Gel pembersih tangan merupakan alternatif yang dapat diterima. Disarankan bahwa jika Anda menggunakan pembersih tangan harus memiliki setidaknya 60-70% persen kandungan alkohol agar dapat membunuh sebagian besar kuman. Dalam keadaan darurat, Gel pembersih tangan bisa sangat membantu, terutama bagi anak kecil. Namun, efek samping umum dari menggunakan terlalu banyak pembersih tangan adalah kekeringan pada kulit.