Sleep apnea merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang harus diatas. Salah satu cara mengatasi sleep apnea yaitu menggunakan terapi CPAP (Continuous positive airway pressure). Cara kerja dari alat CPAP yaitu dengan mendorong udara masuk kedalam paru-paru melalui hidung ataupun mulut pada tingkat tekanan tertentu. Terapi CPAP digunakan ketika tidur menggunakan bantuan masker yang dihubungkan dengan alat CPAP menggunakan selang untuk mengalirkan udaranya. Bagi beberapa orang mungkin terbiasa menggunakan alat ini, namun ada juga yang tidak terbiasa dan butuh penyesuaian selama beberapa waktu.

Terkadang ada beberapa orang yang susah tidur ketika menggunakan alat CPAP. Penyebab susah tidur pada pengguna alat terapi CPAP yaitu belum terbiasa karena adanya dorongan udara yang masuk. Akibatnya tubuh menjadi tegang dan sulit mengantuk meski sudah berbaring. Setelah itu, lama kelamaan pengguna akan kesal dan tidak ingin menggunakan alat terapi CPAP. Hal lain yang menyebabkan susah tidur ketika menggunakan alat terapi CPAP yaitu masker yang terlalu longgar atau kencang, suara mesin yang mungkin mengganggu, dan lainnya.

Cara Atasi Susah Tidur Saat Menggunakan CPAP

Menggunakan alat ini memang mudah, namun bagi pengguna pertama kali biasanya harus membiasakan menggunakan alat ini. Belajar menggunakan alat ini dapat membentuk kebiasaan sehingga ketika menggunakan alat ini saat tidur maka akan memberikan kenyamanan dan hasilnya pun lebih optimal. Dalam artikel ini akan membahas beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membiasakan diri menggunakan alat ini sehingga dapat tertidur dengan nyenyak.

Tips Untuk Tidur Nyenyak Saat Menggunakan CPAP

Saat pertama kali menggunakan CPAP biasanya membutuhkan penyesuaian dalam beberapa waktu. Berikut merupakan langkah-langkah sederhana yang dapat diikuti untuk membantu dalam menyesuaikan diri menggunakan CPAP saat tidur.

1. Mulailah Menggunakan CPAP Secara Perlahan

Untuk membentuk kebiasaan, gunakan CPAP dapat digunakan pada siang hari dalam waktu singkat misal dapat digunakan saat sedang bersantai, membaca buku, atau lainnya.

Tekanan yang diberikan biasanya akan diatur oleh ahli kesehatan atau terapi sesuai dengan hasil AHI atau Indeks Apnea-Hypopnea, sehingga hasil dari penggunaan CPAP ini lebih maksimal. Yang harus dilakukan pengguna yaitu memperhatikan filter pada alat CPAP dan masker.

Cara Atasi Susah Tidur Saat Menggunakan CPAP

2. Pilihlah Masker yang Nyaman

Terdapat berbagai jenis masker yang tersedia mulai dari fullface, nasal pillow, dan lainnya. Jenis masker tersebut dapat dipilih sesuai dengan kenyamanan Anda. Selain itu, ketika menggunakan masker juga perlu diperhatikan apakah masker tersebut terpasang dengan pas atau tidak. Cobalah masker dengan cara berbaring dan rasakan apakah sudah nyaman atau tidak. Masker untuk CPAP ini dapat dibeli di Galer! Med!ka dengan model dan jenis yang beragam sehingga dapat menyesuaikan kebutuhanmu.

Pastikan ukuran masker yang sesuai, karena jika masker terlalu besar maka tali penutup harus ditarik sehingga membuat tidak nyaman. Begitu pula dengan masker yang terlalu kecil, maka wajah tidak akan tertutup sempurna sehingga udara akan masuk ke dalam mata yang membuat tidak nyaman.

3. Menjaga Kebersihan Saat Tidur

Sebelum memulai terapi CPAP pastikan untuk menjaga kebersihan baik kebersihan tempat tidur, tubuh, dan lainnya yang dapat membantu tidur lebih nyenyak. Untuk meningkatkan kebersihan tidur juga dapat melakukan penyesuaian pada kebiasaan, misalnya pergi tidur ketika sudah ada sinyal mengantuk dan lelah.

Perbaiki lingkungan tidur seperti menggunakan bantal yang empuk, kasur yang bagus, kamar tidur gelap, suhu ruangan baik, hindari alkohol dan kopi sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak dan ketika menggunakan CPAP pun akan lebih nyaman.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

4. Jangan Tidur Sampai Merasa Lelah

Saat menggunakan CPAP, sebaiknya mencoba tidur ketika sudah mulai lelah. Jika mencoba tidur ketika tidak lelah, mungkin kamu akan merasa menggunakan CPAP adalah hal yang asing sehingga sulit untuk tertidur karena terus memikirkan benda asing yang sedang digunakan. Untuk itu, cobalah lakukan sesuatu yang membuat rileks. Namun, jangan lakukan tips ini secara sering, jika sudah terbiasa menggunakan CPAP maka sebaiknya berhenti menggunakan cara tersebut.

5. Relax Saat Sebelum Tidur

Terlalu banyak pikiran dan pikiran penuh dengan kekhawatiran dapat menyebabkan menyebabkan sulit untuk tidur. Lakukanlah hal yang membuat tenang seperti mandi air hangat, membaca buku, menonton televisi, dan olahraga yang membuat relax. Lakukanlah aktivitas tersebut 1-2 jam sebelum tidur.

Hindari melakukan aktivitas yang membuat stress atau melakukan pekerjaan yang memicu masalah emosional. Hal tersebut dapat memicu tubuh mengeluarkan hormon stres dan kortisol sehingga membuat lebih banyak yang dipikirkan dan menjadikan sulit tidur.

Cara Atasi Susah Tidur Saat Menggunakan CPAP

6. Perhatikan Fitur Ramp pada CPAP

Pada beberapa CPAP dilengkapi dengan fitur ramp yang dimana cara kerja dari fitur tersebut adalah memberikan tekanan udara secara perlahan lalu ketika sudah tidur maka akan meningkat secara perlahan. Menyalakan fitur ini dapat memudahkan bagi pengguna baru dalam proses penyesuaian karena tidak akan memberikan tekanan tinggi hingga penggunanya tertidur.

Lakukan Pernapasan yang Sesuai

Ketika sudah merasa relax dan siap untuk tidur, maka yang harus dilakukan adalah melakukan teknik pernapasan. Terdapat teknik pernapasan yang dirancang untuk membantu relax ketika tidur.

Penggunaan Terapi CPAP ini dapat merubah kualitas tidur menjadi lebih baik, namun pada beberapa orang dibutuhkan penyesuaian untuk menggunakan alat ini. Terkadang, bagi pengguna pertama kali ketika menggunakan alat ini akan merasa tidak nyaman, sulit tidur, bahkan tidak nyenyak ketika tidur. Oleh karena itu, perlunya penyesuaian untuk menggunakan terapi CPAP. Dalam artikel ini sudah dibahas tips agar bisa tidur nyenyak ketika menggunakan terapi CPAP. Alat CPAP ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. selain CPAP, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.resmed.com.au/blog/7-tips-for-falling-asleep-using-your-cpap
https://buffalocpap.com/getting-used-to-your-cpap-machine/