Kejang otot, nyeri sendi dan kekakuan pada punggung dapat membatasi mobilitas dan mengganggu aktivitas fisik. Heating Pad atau bisa disebut dengan Bantalan Pemanas dapat digunakan untuk menghangatkan bagian. Efek hangat yang diberikan dapat memperlancar peredaran darah dan membantu melemaskan bagian otot yang kaku. Tidak hanya itu, beberapa manfaat lain dari bantal panas terapi adalah membakar lemak, membantu gangguan susah tidur, sakit pinggang, pundak terasa kaku, kedinginan, sakit urat syaraf dan lain-lain. Jenis terapi ini bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan, sejarahnya berawal dari orang Yunani dan Mesir kuno yang menggunakan sinar matahari sebagai terapi. Orang Cina dan Jepang bahkan menggunakan sumber air panas sebagai terapi rasa sakit.

Manfaat Menggunakan Bantal Pemanas atau Heating Pad

Menggunakan bantalan pemanas merupakan obat atau terapi yang efektif untuk meredakan rasa nyeri dan kekakuan pada otot-otot tubuh Anda. Sebenarnya, menggunakan terapi panas sangat beragam. Tetapi dengan bantalan pemanas ini sangat ideal karena nyaman dan portabel, sehingga Anda dapat menggunakannya dimana saja, dirumah bisa sambil berbaring ditempat tidur atau sambil duduk di sofa.

Mandi air panas atau hangat juga memberikan efek untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi nyeri dan kekakuan otot. Tetapi mandi dengan air panas atau hangat memiliki kesulitan untuk menjaga suhu air, karena air perlahan akan mendingin. Bantalan pemanas memiliki tingkat panas yang dapat disesuaikan dan memberikan aliran panas berkelanjutan selama bantalan dihidupkan.

Cara Menggunakan Bantalan Pemanas atau Heating Pad

Pengaturan panasatu atau terendah mungkin lebih dari cukup untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan. Anda dapat meningkatkan intensitas panas secara bertahap jika diperlukan. Tidak ada aturan yang mengharuskan berapa lama untuk menggunakan bantal pemanas, itu semua tergantung pada tingkat rasa sakit dan toleransi tubuh Anda terhadap panas. Meski begitu, jika Anda menggunakan bantal pemanas pada pengaturan tinggi, lepaskan setelah 15 hingga 30 menit untuk menghindari luka bakar.

Cara menggunakan heating pad

Pengaturan kedua atau sedang bisa digunakan untuk nyeri yang terkait dengan penyakit kantung empedu dan nyeri pada bahu. Untuk nyeri pada kantung empede letakkan bantal pemanas di atas area kanan perut Anda tepat di bagian bawah tulang rusuk, Anda dapat berbaring miring dan biarkan efek panas menyebar secara merata. Sedangkan utuk nyeri di bahu Anda, sebaiknya berbaring terlentang diatas permukaan yang rata seperti kasur, letakkan bantal pemanas tepat di bahu yang sakit. Anda bisa bergantian diantara kedua bahu jika keduanya sedang sakit.

Cara menggunakan heating pad

Untuk nyeri di bagian punggung mana pun, Anda hanya perlu berbaring rata supaya punggung Anda menyentuh bantalan pemanas tepat pada rasa nyeri berasal. Pengaturan untuk nyeri pada punggung ini adalah pengaturan panas ketiga atau tertinggi. Disarankan menambah alas diantara kulit dan bantalan pemanas untuk menghindari luka bakar dan biarkan otot menyerap panas. Gunakan bantalan pemanas tidak lebih dari satu jam untuk setiap cedera, kecuali ditentukan oleh dokter berlisensi.