Diet merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan. Terdapat berbagai macam jenis diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Diet biasanya berfokus pada penurunan asupan kalori tetapi tetap mendapatkan asupan makanan yang bergizi. Banyak menu makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, namun tentu porsinya juga harus diperhatikan.

Dalam beberapa hari terakhir, diet tiongkok menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Diet tersebut menjadi viral di sosial media karena dapat menurunkan berat badan sebesar 10 kg hanya dengan beberapa hari saja. Diet ini diperkenalkan oleh seorang wanita asal Xiaohongshu di media platform china, ia menyebutkan bahwa bisa menurunkan berat badan hingga 10 kg hanya dalam waktu kurang dari satu minggu. Diet ini berfokus pada pola makan dimana selama lima hari seseorang akan menyantap satu jenis makanan berbeda pada masing-masing harinya. Berikut merupakan menu Diet tiongkok yang sempat viral dan menjadi perbincangan di media sosial

Apakah Diet Tiongkok Sehat? Atau Berbahaya Bagi Tubuh?

Menu Diet Tiongkok

Menu diet tiongkok berfokus pada satu jenis bahan makanan setiap harinya. Dalam setiap hari makanan tersebut berbeda dengan hari lainnya. Apa aja sih jenis makanannya? Yuk, simak dibawah ini untuk mengetahui makanan yang dikonsumsi menurut Diet tiongkok

Hari Pertama: Telur

Bagi seseorang yang sedang menjalani diet tiongkok, maka pada hari pertama ia hanya mengkonsumsi telur sebagai sumber makanan. Telur dapat dikreasikan dengan cara direbus, dikukus, didadar, atau lainnya. Saran untuk mengkonsumsi telur yaitu 2-3 butir saat sarapan, 1 butir saat makan siang, dan 1 butir saat makan malam.

Telur sendiri merupakan sumber protein yang baik karena kandungannya cukup tinggi. Namun, banyak orang yang mengkhawatirkan jika mengkonsumsi telur berlebihan, karena telur terutamanya kuningnya mengandung jumlah kolesterol yang cukup tinggi. Bahkan American Health Association (AHA) merekomendasikan batas aman konsumsi telur yaitu tujuh butir dalam satu minggu.

Hari Kedua: Air

Hari kedua menurut diet Tiongkok ini yaitu hanya boleh minum cairan sepanjang hari dan dilarang mengkonsumsi makanan padat. Beberapa minuman yang disarankan yaitu: susu, susu kedelai, yoghurt, atau kopi namun harus diingat bahwa minuman yang dikonsumsi tidak mengandung gula tambahan.

Hari Ketiga: Daging

Pada hari ketiga diet tiongkok ini memperbolehkan untuk mengkonsumsi daging termasuk ayam, sapi, ikan, maupun seafood lainnya. Meskipun boleh mengkonsumsi daging-dangingan tetapi harus tetap memperhatikan cara masaknya. Masalah bahan tersebut dengan cara yang sehat misalnya dipanggang, dikukus, atau ditumis.

Apakah Diet Tiongkok Sehat? Atau Berbahaya Bagi Tubuh?

Hari Keempat: Buah

Hari keempat bagi orang yang menjalani diet Tiongkok yaitu hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah-buahan saja tanpa batasan jumlah. Beberapa buah yang disarankan adalah apel, jeruk, anggur, cherry, semangka, atau delima. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah yang tinggi gula dan kalori seperti durian, mangga, ataupun leci.

Hari Kelima: Sayur

Hari kelima diet tiongkok harus mengkonsumsi sayuran saja sepanjang hari. Sayuran yang dapat dikonsumsi yaitu selada, brokoli, bayam, kangkung, wortel, jamur, sawi, dan lainnya. Sayur ini dapat diolah sesuai selera misalnya dirsebus, di kukus, di tumis, atau bahkan dimakan secara mentah. Namun, disarankan untuk tidak memberi tambahan garam, gula, dan saos ketika memasaknya.

Diet tiongkok memang menawarkan hasil yang sangat menggiurkan yaitu dapat menurunkan 10 kg berat badan hanya dalam 5 hari. Namun, penurunan berat badan berbeda dari setiap Individu masing masing. Berat badan turun dengan cepat merupakan salah satu tanda bahwa diet yang sedang dijalani itu tidak sehat dan tidak seimbang. Hal tersebut dapat menimbulkan beberapa resiko dan tentunya bukan menjadi pilihan yang tepat.

Diet yang tepat dilakukan dengan memperhatikan gizi yang seimbang. Penurunan berat badan yang sehat adalah 0.5-1 kg per minggu. Banyak orang yang melakukan cara agar berat badan cepat berkurang. Padahal, diet yang cepat kurus sebenarnya kurang direkomendasikan. Selain tidak sehat, diet tersebut juga sulit dilakukan secara konsisten. Bagi Kamu yang sedang ingin melakukan Diet yang sehat dan efektif dan ampuh menurunkan berat badan, silahkan membaca artikel berikut: Diet Sehat dan Efektif: 6 Tips Ampuh Mencapai Berat Badan Ideal

Setelah mengetahui Diet tiongkok, yang ternyata dapat menurunkan berat badan secara Instan. Namun disisi lain, penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat dapat menimbulkan resiko bagi kesehatan. Oleh karena itu, tentunya ada kekurangan dan kelebihan dari diet tersebut. Berikut merupakan kekurangan dan kelebihan dari diet tiongkok.

Apakah Diet Tiongkok Sehat? Atau Berbahaya Bagi Tubuh?

Kelebihan Diet Tiongkok:

  1. Mudah dilakukan oleh siapapun dan tidak perlu menghitung kalori, karbohidrat, protein, atau lemak
  2. Diet Tiongkok bisa memberikan hasil yang signifikan, jika dilakukan dengan konsisten dan sesuai arahan
  3. Karena diet ini mengurangi asupan makanan berat dan berlemak sehingga makanan yang dikonsumsi lebih sehat . Oleh karena itu, diet tiongkok bisa membantu membersihkan pencernaan serta detoksifikasi tubuh.

Kekurangan Diet Tiongkok:

  1. Diet tiongkok ini mengharuskan mengkonsumsi satu jenis bahan makanan dalam sehari sehingga menjadi membosankan dan bisa memiliki keinginan untuk makan makanan lain
  2. Diet Tiongkok menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti dehidrasi, kekurangan gizi, penurunan imun tubuh, anemia, hipoglikemia, dan lainnya
  3. Diet ini juga dapat menyebabkan efek yo-yo, yaitu kenaikan berat badan yang lebih tinggi dari sebelum diet, jika setelah diet ia kembali ke pola makan normal tanpa disertai dengan olahraga dan memperhatikan asupan kalori.

Diet Tiongkok yang sedang viral itu ternyata merupakan cara yang tidak sehat dan tidak aman untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut karena diet Tiongkok tidak sesuai dengan prinsip diet seimbang, yang mengharuskan asupan makanan sehat dan bergizi. Oleh karena itu, tentunya ketika ingin menurunkan berat badan dengan cara diet, harus memilih tipe diet yang sesuai bagi kebutuhan setiap Individu. Selalu perhatikan asupan gizi yang didapat oleh tubuh dan hindari diet dengan cara yang ekstrim.

Saat mencoba untuk menurunkan berat badan, usahakan untuk selalu mengontrol berat badan dan memantau apakah penurunan berat badan tersebut hasil dari kehilangan lemak atau malah hasil dari kehilangan otot. Oleh karena itu, perlunya alat yang dapat memanajemen komposisi tubuh, salah satunya yaitu Timbangan Komposisi Tubuh. Timbangan tersebut merupakan alat yang cocok untuk membantu dalam program diet karena memiliki fitur yang dapat mengetahui berat otot, persentase lemak, berat tulang, dan lainnya. Timbangan tersebut dapat ditemukan di Toko Galeri Medika. Selain Timbangan, Galeri Medika juga menjual berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh penjuru Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://jurnalfaktual.id/wellness/menu-diet-tiongkok-cara-cepat-turun-10-kg-dalam-5-hari/
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1778/diet-menurunkan-berat-badan
https://food.detik.com/info-sehat/d-7186077/fakta-diet-tiongkok-yang-disebut-bisa-turunkan-bb-10-kg-dalam-5-hari
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240207121614-255-1059719/diet-tiongkok-lagi-viral-diklaim-bisa-turunkan-bb-10-kg-dalam-5-hari