Terapi lampu inframerah merupakan salah satu inovasi dari perkembangan di era medis. Terapi lampu inframerah memanfaatkan cahaya dengan dengan panjang gelombang tertentu yang memiliki intensitas rendah yang langsung masuk kedalam sel-sel tubuh untuk merangsang penyembuhannya. Terapi lampu inframerah ini bersifat non invasif dan tidak menyakitkan.

Bagaimana Terapi Lampu Inframerah Bekerja?

Terapi lampu inframerah bekerja dengan cara memberikan cahaya intensitas rendah untuk mengaktifkan energi sel mitokondria. Sebagian besar energi yang dihasilkan mitokondria disimpan dalam molekul yang disebut adenosin trifosfat (ATP) yang membantu tubuh menyimpan serta menggunakan energi.

Faktor penuaan, penyakit, gaya hidup dapat membuat mitokondria memproduksi lebih sedikit ATP. Terapi lampu inframerah inilah yang dapat membantu mengembalikan penurunan tersebut. Selain itu, terapi lampu inframerah juga dapat dijadikan pengobatan dalam memperbaiki jaringan, menghilangkan rasa sakit, dan peradangan.

Apa itu Terapi Lampu Inframerah? dan Apa Saja Manfaat bagi Kesehatan

Manfaat Terapi Lampu Inframerah

Penggunaan lampu inframerah untuk terapi sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Tujuan terapi inframerah ini adalah untuk membantu pengobatan berbagai kondisi kesehatan dan mendukung proses penyembuhan. Terapi lampu inframerah juga terbilang aman dan minim resiko, manfaatnya antara lain yaitu:

1. Kesehatan Kardiovaskular

Cahaya lampu inframerah dapat memberikan manfaat bagi seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi dan gangguan aliran darah. Cahaya lampu inframerah dapat meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga sangat bermanfaat terhadap kesehatan.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa 25 pria dengan setidaknya satu faktor risiko kardiovaskular melakukan terapi setiap harinya selama dua minggu menunjukan adanya peningkatan yang baik dan signifikan dalam fungsi endotel, tekanan darah, dan gula darah.

2. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Salah satu manfaat terapi lampu infrared untuk kesehatan yaitu meredakan nyeri dan peradangan berbagai kondisi seperti artritis, tendinitis, dan nyeri otot. Sinar inframerah dapat mengarahkan lebih banyak aliran darah ke area yang nyeri. Aliran darah yang cukup maka dapat meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi di sekitar jaringan yang mengalami nyeri dan radang, sehingga mempercepat proses penyembuhan inflamasi.

3. Nyeri Pinggang Bawah

Nyeri pinggang bawah adalah salah satu jenis nyeri yang paling umum dilaporkan oleh pasien. Kondisi nyeri punggung dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penggunaan lampu terapi inframerah dapat meredakan nyeri pinggang bawah. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa 39 pasien yang menggunakan terapi inframerah dapat meredakan nyeri pinggang bawah selama 7 minggu penelitian.

Apa itu Terapi Lampu Inframerah? dan Apa Saja Manfaat bagi Kesehatan

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat lainnya yaitu mempercepat penyembuhan luka. Sinar inframerah yang dipancarkan dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen ini lah merupakan protein yang membantu penyembuhan luka dan berperan penting dalam proses regenerasi kulit.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Terapi lampu inframerah bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena inframerah dapat membantu merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih memiliki tugas dalam menghadang infeksi dan penyakit didalam tubuh. Peningkatan jumlah sel darah putih tentunya dapat meningkatkan sistem kekebalan dan ketahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

6. Meningkatkan Relaksasi dan Kualitas Tidur

Selain mempercepat penyembuhan luka, terapi inframerah juga dapat membantu meningkatkan efek relaksasi dan kualitas tidur. Hal ini terjadi karena lampu inframerah dapat merangsang hormon relaksasi yaitu serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut yang dapat meningkatkan perasaan rileks dan nyaman sehingga tidur lebih nyenyak. Terapi inframerah juga dapat memanajemen stress dan meningkatkan suasana hati.

Kelebihan dan Kekurangan Terapi Lampu Inframerah

Terapi lampu inframerah ini menawarkan cukup banyak manfaat terutama bagi kesehatan secara keseluruhan. Namun, tentunya terdapat juga efek samping dari terapi ini, berikut merupakan keunggulan dan efek samping dari terapi lampu infrared:

Apa itu Terapi Lampu Inframerah? dan Apa Saja Manfaat bagi Kesehatan

Keunggulan

  • Bersifat tidak beracun, non invasif, dan dianggap aman untuk semua jenis kulit.
  • Tidak menggunakan sinar ultraviolet.
  • Mudah diakses, dapat ditemukan dengan mudah dimana saja.

Efek Samping

  • Keamanan penggunaan jangka panjang belum diketahui.
  • Hasilnya terasa setelah pemakaian namun akan memakan waktu lebih lama untuk melihat perkembangan.
  • Jika tidak digunakan dengan benar bisa menyebabkan iritasi atau kulit terbakar.
  • Orang yang memiliki kulit sensitif, diabetes, dan yang sedang hamil sebaiknya konsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memulai terapi.

Menggunakan terapi inframerah ini cukup mudah hanya dengan menyinari bagian tertentu yang terasa nyeri. Terapi dilakukan langsung menyinari kulit tanpa ada kain atau selimut. Durasi terapi biasanya berkisar antara 15-30 menit sekali terapi. Ketika terapi hindari kontak langsung dengan mata.

Meskipun ada beberapa efek samping, terapi lampu infrared ini memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya. Lampu inframerah untuk terapi ini bisa dibeli di Toko Galeri Medika. Selain lampu infrared, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/red-light-therapy-5217767
https://www.rupahealth.com/post/11-health-benefits-of-infrared-light-therapy
https://hellosehat.com/herbal-alternatif/alternatif/manfaat-lampu-terapi-infrared-untuk-kesehatan/