Keinginan seseorang dalam menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal ataupun menjaga kesehatan tertentu biasanya akan melakukan program diet. Saat ini, program diet memiliki berbagai macam jenis dan fokus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jenis-jenis diet meliputi diet rendah karbohidrat, diet protein, diet mediterania, diet DASH, diet clear liquid, dan lainnya.

Salah satu jenis diet yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah Clear liquid diet. Clear liquid diet merupakan salah satu jenis diet dimana orang yang sedang menjalaninya harus membatasi konsumsi makanan dan makanan yang bertekstur jadi yang dikonsumsi hanya cairan bening atau tidak mengandung apapun.

Apa itu Clear Liquid Diet? dan Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?

Manfaat Clear Liquid Diet

Clear Liquid Diet merupakan diet yang mencangkup konsumsi cairan jernih seperti air, jus apel murni, susu, milkshake, dan smoothie. Terkadang juga ada yang merekomendasikan konsumsi minuman lebih kental seperti yoghurt atau gelatin cair yang tidak memiliki atau mengandung potongan padat.

Biasanya tujuan dari diet ini yaitu untuk membersihkan saluran pencernaan atau membersihkan saluran pencernaan mulai dari mulut, tenggorokan, hingga rektum. Meskipun berbentuk cairan, tetapi diet ini memberikan nutrisi yang cukup tinggi bagi tubuh. Selain itu, tujuan dari diet ini adalah mengonsumsi banyak nutrisi tanpa harus menempatkannya di sistem pencernaan. Untuk mencapai tujuan maka perlu diperhatikan beberapa hal, seperti:

Apa itu Clear Liquid Diet? dan Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?
  1. Berapa Banyak yang dikonsumsi: Aturan umum yaitu konsumsi secukupnya jangan sampai berlebihan.
  2. Perhatikan yang dikonsumsi: Meskipun sedang diet, tetapi harus diperhatikan juga asupan yang dikonsumsi. Tentunya, harus selalu memastikan makanan yang memiliki nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh.
  3. Pastikan Nutrisi tercukupi: Untuk memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi, buatlah catatan harian yang dikonsumsi dan hitung kandungan kalori, protein, serta karbohidrat harian.

Diet clear liquid biasanya direkomendasikan untuk dikonsumsi selama beberapa hari dan jangan digunakan lebih dari dua minggu. Selain itu, diet clear liquid juga biasanya dilakukan ketika persiapan sebelum operasi penurunan berat badan, pemulihan rahang patah tulang, dan lainnya. Karena harus mengikuti batas, maka perlu dipantau oleh penyedia layanan kesehatan agar tidak berdampak negatif bagi tubuh.

Ketika memulai untuk melakukan clear liquid diet, maka harus diperhatikan mengkonsumsi makanan dan minuman secara teratur. Clear liquid akan dicerna cukup cepat sehingga tidak akan memberikan kepuasan bagi tubuh. Diet ini juga tidak memenuhi nutrisi dengan baik, sehingga disarankan untuk melakukannya sebentar atau tidak terus menerus.

Apa itu Clear Liquid Diet? dan Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?

Efek Samping Clear Liquid Diet

Meskipun clear liquid diet memiliki dampak positif terhadap saluran pencernaan, namun bisa menjadikan kemungkinan tubuh akan merasa sedikit lemah dan pusing jika terlalu banyak melakukan aktivitas fisik terutama beraktivitas berat. Lakukanlah aktivitas fisik secara perlahan saat menjalani diet dan hindari aktivitas ekstrim. Kamu bisa beraktivitas dengan normal ketika sudah makan secara teratur.

Selain hal tersebut, clear liquid diet juga dapat menurunkan berat badan jika mengkonsumsi kalori harian tidak melebihi batas yang dianjurkan. Penurunan berat badan mungkin akan terjadi secara tiba-tiba dan signifikan bahkan hanya dalam waktu yang sebentar. Karena tubuh mengonsumsi lebih sedikit kalori, vitamin, dan mineral, maka mungkin akan merasa lelah, mudah tersinggung, sedih, atau merasa tidak sehat secara umum. Jangan ragu untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda tentang gejala-gejala ini karena mungkin ada solusi yang dapat membantu.

Apa itu Clear Liquid Diet? dan Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?

Cara Kerja Clear liquid diet

Diet ini merupakan diet yang berfokus pada cairan tanpa padatan maupun serat. Selain cairan, diet ini juga memperbolehkan konsumsi makanan yang tidak mengandung gumpalan seperti es, agar-agar, yoghurt, dan lainnya. Biasanya tidak ada batasan pada jumlah cairan jernih yang dapat dikonsumsi dalam sehari kecuali ada kekhawatiran tentang pengosongan lambung dengan benar atau pada waktu yang tepat untuk suatu prosedur.

Diet cair jernih sangat rendah kalori, protein, lemak, dan sebagian besar nutrisi, sehingga sebaiknya digunakan hanya selama beberapa hari. Sebaiknya menggunakan diet cair jernih tidak lebih dari tiga atau empat hari. Berikut merupakan menu clear liquid diet:

  • Jus Buah: Apel, anggur, cranberry
  • Minuman Bening: Ginger ale, lemonade, air soda, soda lemon-lime
  • Minuman berenergi
  • Teh tanpa gula atau kopi hitam
  • Gelatin
  • Es dari buah
  • Kaldu bening
  • Suplemen nutrisi bening
  • Permen seperti lolipop atau jelly
  • air

Clear liquid diet merupakan diet yang cukup asing didengar oleh kebanyakan orang. Clear liquid diet selain untuk menurunkan berat badan juga biasanya dilakukan sebelum menjalani prosedur medis tertentu. Namun, tujuan utama dari diet adalah menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk menunjang diet ini tentunya juga perlu pemantauan berat badan secara rutin agar mengetahui apakah diet yang dijalani memiliki dampak positif atau malah tidak memiliki dampak apapun.

Oleh karena itu, perlu melakukan pemantauan berat badan secara rutin menggunakan timbangan berat badan. Timbangan berat badan ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Galeri Medika. Selain timbangan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/what-are-clear-liquids-1192173
https://www.verywellhealth.com/what-you-can-eat-on-a-clear-liquid-diet-2507156