Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No. 62 Tahun 2017 tentang Izin Edar Alat Kesehatan, Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, maka produk Alat Kesehatan yang beredar di Indonesia harus memiliki izin edar. Alat kesehatan adalah bahan, instrumen, aparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosa, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan memperbaiki fungsi tubuh. Alat kesehatan yang diproduksi atau di edarkan harus memenuhi persyaratan mutu, keamanan dan kemanfaatan.

Belakangan ini ramai beredar pemberitaan mengenai produk alat kesehatan palsu (alkes). Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan BPOM turut menerima aduan produk kesehatan palsu marak di masa pandemi. Adapun topik yang dikeluhkan mencakup penjualan hand sanitizer tanpa izin edar, penjualan masker bekas, masker medis palsu, dan penjualan pulse oximeter palsu. Dimana produk alkes tersebut sangat diperlukan dalam situasi pandemi sekarang ini.

Tips Memilih Produk Alkes Yang Tepat

1. Periksa Lisensi Atau Izin Edar

Produk Izin edar merupakan kode unik berupa kombinasi 3 huruf dan 11 digit angka yang di terbitkan oleh Kementrian Kesehatan sebagai bentuk persetujuan terhadap suatu produk alat kesehatan atau PKRT dapat di erdarkan di Indonesia.Agar tidak mudah tertipu dengan produk kesehatan abal-abal yang dijual oleh pihak yang tidak bertanggung jawab adalah dengan memeriksa izin edar dari produk kesehatan tersebut. Dengan adanya izin edar tersebut, maka kita sebagai pembeli akan percaya dengan produk tersebut. Jika barang tidak memiliki izin edar bisa saja barang tersebut palsu.

Peredaran alat kesehatan Indonesia diatur oleh Kementrian Kesehatan. Kemenkes menjamin mutu serta keamanan produk medis yang beredar di Tanah Air. Tidak hanya produk dalam negeri, produk dari luar negeri pun juga diatur oleh Kemenkes. Untuk mengedarkan produknya, produsen-produsen harus mendaftarkannya ke Kemenkes untuk di uji mutu dan keamanan produk. Ada beberapa kode umum, seperti AKL untuk produk kesehatan dari luar negeri dan AKD untuk produk kesehatan dari dalam negeri.

Jadi, jika kamu ingin membeli alat medis, mulai dari masker hingga pulse oximeter, pastikan produk yang ingin dibeli sudah mengantongi izin edar dari kemenkes. Produk alkes yang asli dikemasan harus tertera nomor izin edar. Perlu di ingat nomor surat keterangan, nomor sertifikat produksi dan nomor sertifikat distribusi bukanlah nomor izin edar. Nomor izin edar kombinasi 3 huruf dan 11 digit angka contoh : AKL 11402917963, AKD 20501510344.

Cek izin Edar Alat Kesehatan

2. Beli di Tempat Yang Terpercaya

Membeli barang di tempat yang tepat akan memberikan kemudahan bagi Anda. Pilih lah tempat / toko alkes yang sudah mengantongi izin untuk menjamin keamanan dan mutu produk alkes agar terhindar dari Alkes Ilegal.

3. Konsultasi dengan Dokter.

Sebelum membeli peralatan kesehatan yang tepat, Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim medis, khususnya jika saat ini kondisi kesehatan Anda sedang dalam pengawasan dokter. Namun jika saat ini Anda sedang dalam kondisi fit dan ingin menjaga kebugaran tubuh dengan menggunakan alat kesehatan tertentu, Anda bisa langsung mencari referensi tentang peralatan yang ingin anda beli.

4. Memiliki Garansi

Keberadaan garansi itu penting. Oleh sebab itu Anda harus mengcek terlebih dahulu ada tidaknya garansi dari produk yang akan dibeli. Garansi tersebut bisa Anda gunakan jika ada kerusakan pada produk tersebut. Namun perlu di ketahui juga tidak semua produk alkes harus memiliki garansi, misal masker medis, sarung tangan medis, alat bantu jalan dll.

Cara Cek Keaslian Produk Alkes /Izin Edar Alkes

Untuk mengecek nomor izin edar alkes, masyarakat dapat mengakses laman infoalkes.depkes.go.id. Berikut langkah mengecek produk-produk alkes yang sudah memiliki izin edar Kemenkes :

- Kunjungi laman infoalkes.depkes.go.id

- Klik Icon pencarian di sebelah kanan

- Pilih kategori pencarian (nomor izin edar, nama produk, pendaftar, tipe dan produsen)

- Masukkan kata kunci (misal, nama dari produk masker)

- Klik cari

Jika produk alkes yang kamu miliki terdaftar dan memiliki izin edar dari Kemenkes maka produk tersebut akan muncul dalam daftar tersebut.

Untuk itu, masyarakat untuk lebih hati-hati dalam membeli alkes dan jangan mudah tergiur oleh harga murah yang di tawarkan oleh para pedagang ilegal. Masyarakat diimbau untuk mulai teliti lagi dan dapat juga mengecek produk alat kesehatan apa saja yang sudah memiliki izin edar dengan mengakses http://infoalkes.depkes.go.id/