Ada beberapa contoh penerapan social distancing yang umum dilakukan, yaitu:
• Bekerja dari rumah (work from home)
• Belajar di rumah secara online bagi siswa sekolah dan mahasiswa
• Menunda pertemuan atau acara yang dihadiri orang banyak, seperti
konferensi, seminar, dan rapat, atau melakukannya secara online lewat konferensi video atau teleconference
• Tidak mengunjungi orang yang sedang sakit, melainkan cukup melalui telepon atau video call
Selain, contoh-contoh yang umum seperti diatas. Merawat kuku yang biasanya kalian lakukan di salon, bisa kalian lakukan dirumah lhoo.
Memiliki kuku cantik merupakan dambaan hampir setiap wanita. Untuk itu perlu perawatan agar kuku tetap sehat, kuat, dan tampak berkilau. Tak hanya perawatan di salon, Anda bisa menjaga kuku cantik Anda dengan melakukan perawatan alami di rumah.

Kuku yang terawat baik akan membuat Anda terlihat cantik. Kuku cantik dan bersih juga bisa menggambarkan kebersihan dan kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, kuku yang cantik juga dapat menambah kepercayaan diri. Berikut ada beberapa cara merawat kuku dirumah agar tetap sehat dan terlihat cantik :

Pakai perawatan alami


Untuk mendapatkan kuku cantik, Anda juga bisa mencoba beberapa cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan merendam kuku pada air garam hangat.
Selain itu,  tea tree oil juga dapat menjadi bahan alami merawat kuku cantik Anda. Minyak ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Campur beberapa tetes tea tree oil dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kuku.

Rutin membersihkan dan menggunting kuku
Rawatlah kuku Anda dengan cara mengguntingnya ketika kuku sudah panjang. Menggunting kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir.
Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan dalam merawatnya. Jangan mendorong atau bahkan mengupas kutitula karena bisa merusak dan membuat kuku terkena infeksi.
Berhati-hatilah ketika sedang membersihkan bagian dalam kuku, karena berisiko menyebabkan infeksi, terutama ketika membersihkannya dengan alat yang berbentuk panjang dan runcing. Infeksi dapat terjadi bila jamur atau bakteri masuk melalui celah antara kuku dan bantalan kuku.

Perawatan kuku cantik dari dalam
Selain perawatan secara langsung dari luar. Mempunyai kuku sehat juga perlu menjaga asupan gizi serta mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah gandum, bayam, susu, telur, ubi, salmon dan ayam.

Tetapi, seiring pertambahan usia, kuku akan menjadi lebih mudah rapuh. Perubahan yang bersifat alami tersebut umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus. Namun, ada perubahan tertentu yang ternyata mengindikasikan kondisi-kondisi yang lebih serius.
Dibawah ini, penyakit umum yang terjadi pada kuku :

1. Jamur Kuku (Onychomicosis)



Onychomicosis adalah infeksi kuku jamur yang memang sering terjadi dan diperkirakan menyebabkan sekitar setengah dari semua penyakit kuku. Infeksi ini menular melalui kontak kulit langsung ke kulit, tetapi lebih sering menyebar melalui penumpahan sel kulit mati yang terinfeksi/kuku dan fomites (benda tak hidup seperti pensil, pulpen, dsb) yang terkontaminasi jamur.

Gejala Jamur Kuku
Jamur kuku atau tinea unguium dapat menyerang kuku tangan, namun kondisi ini lebih sering muncul pada kuku kaki. Beberapa kelainan pada kuku di bawah ini bisa menandakan adanya jamur kuku:
• Kuku menebal.
• Muncul bintik-bintik putih pada kuku.
• Kuku berubah warna menjadi putih, kuning kecoklatan, atau kehitaman.
• Kuku menjadi kasar dan rapuh.
• Kuku terpisah dengan kulit jari tempatnya menempel.
• Timbul bau yang tidak sedap pada kuku.

2. Cantengan



Cantengan dapat terjadi pada kuku di salah satu kaki atau di kedua kaki.
Cantengan adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi ini sering dialami oleh jempol kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal.

Gejala cantengan
Gejala cantengan yang umumnya terjadi, antara lain adalah:
• Nyeri apabila kuku yang mengalami cantengan ditekan.
• Terdapat penumpukan cairan di bagian jari kaki.
• Perdarahan di kuku yang mengalami cantengan.
• Keluarnya nanah berwarna putih atau kuning.
• Peradangan pada kulit di ujung jari kaki.
• Kulit jari kaki mengalami pertumbuhan berlebih.

Jika pada kuku kalian sudah timbul kelainan pada kuku seperti yang telah disebutkan di atas, segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan. Pengobatan jamur kuku membutuhkan waktu yang lama. Selama pengobatan, pasien perlu terus kontrol ke dokter untuk mengetahui perkembangan penyakit dan mengevaluasi pengobatan.

Berikut ada 2 rekomendasi alat perawatan kuku yang bisa anda pakai dirumah agar kuku tetap sehat dan terlihat cantik :


1. Beurer MP41 / MP-41 Perawatan Kuku



Beurer MP41 / MP-41 Manicure Set With Light / Perawatan Kuku merupakan alat pedikur dengan lampu LED yang terang memberikan hasil yang baik dan maksimal.

Fitur Produk:
- Untuk perawatan kuku dan kaki profesional
- Untuk tangan dan kaki yang dirawat dengan baik
- Dengan lampu LED yang terang
- Kecepatan: 3,800 - 4,600 rpm +/- 14%
- 2 pengaturan kecepatan
- Operasi listrik yang kuat dengan unit gigi
- Berjalan searah jarum jam / berlawanan arah jarum jam
- Termasuk tas penyimpanan


2. Beurer MP 100 Perawatan Kuku



Beurer MP 100 merupakan Mesin Set untuk keperluan Manicure dan Pedicure dengan set yang lengkap cocok sekali untuk Keperluan Pribadi maupun Profesional /Salon / Klinik Kecantikan.

Fitur Produk:
- Untuk perawatan kuku dan kaki
- Maks. daya hingga 20.000 rpm
- Kecepatan yang dapat disesuaikan terus-menerus Berjalan searah jarum jam / berlawanan arah jarum jam
- 10 Aksesoris safir dengan berkualitas tinggi
- 30 Aksesoris satu arah Tutup pelindung untuk debu kuku
- Dengan permukaan pegangan non-slip Kunci keamanan
- Cocok untuk penderita diabetes
- Mudah digunakan Juga cocok untuk kuku buatan Menggunakan operasi listrik
- Termasuk penyimpanan adaptor terintegrasi

Kesimpulan

Merawat kuku selama #dirumahaja itu sangat diperlukan, karena kebersihan kuku merupakan salah satu cara untuk mencegah suatu penyakit yang akan masuk kedalam tubuh kita.