Mengukur berat badan anak tentu lebih mudah dibandingkan dengan tinggi anak karena bisa dengan melakukan perbandingan. Akan tetapi, untuk anak-anak dengan cenderung lebih pendek atau yang mungkin tidak tumbuh secepat teman seusianya, mengukur tinggi badan secara berkala itu sangat penting.

Mengetahui pola pertumbuhan individu hanya salah satu dari banyak alasan mengapa Anda perlu mengecek tinggi badan mereka. Mengetahui seberapa tinggi anak Anda memungkinkan Anda untuk menilai tinggi badan berdasarkan usia serta membandingkannya dengan anak-anak lain. Perbandingan ini dapat membantu untuk mengidentifikasi masalah dengan pertumbuhan sebelum menjadi permanen.

Hal ini juga membantu orang tua untuk mengetahui indeks massa tubuh (BMI) anak mereka, yang merupakan variabel lain dalam menilai pertumbuhan anak. BMI adalah perhitungan yang membandingkan berat dengan tinggi, sehingga Anda dapat menentukan apakah tinggi mereka sesuai untuk berat mereka. Pengukuran ini bisa mengetahui apakah anak, kekurangan gizi, atau kelebihan gizi sehingga dapat dicegah sebelum menjadi lebih parah.



Jika Anda ingin mengukur tinggi anak Anda di rumah, pertama-tama yang harus tahu adalah apakah anak Anda mudah diukur di dinding atau sulit misal karena sulit diatur atau masih belum bisa berdiri.

Mengukur Tinggi Badan Anak Berbaring

Jika anak Anda tidak dapat berdiri, Anda harus mengukurnya saat berbaring. Sebagian besar pusat kesehatan memiliki peralatan khusus untuk mengukur tinggi yang mana alat ini digunakan untuk mengambil panjang telentang pada bayi dan anak-anak yang tidak bisa berdiri. Alat ini ditempatkan pada permukaan yang rata dan memiliki bagian kepala atau kaki yang dapat digeser, serta terdapat tanda untuk membantu menentukan panjangnya.

1. Bayi atau balita yang menggeliat cenderung kurang kooperatif ketika Anda mencoba mengukur panjangnya di rumah. Jadi, Anda pastikan meminta bantuan anggota keluarga atau teman untuk membantu.
2. Baringkan bayi Anda di atas permukaan datar, lantai atau di tempat tidur Anda.
3. Minta rekan Anda untuk membantu meregangkan kaki bayi dengan lembut untuk mendapatkan pengukuran yang lebih akurat.
4. Tandai, angkat bayi dan ukur dengan menggunakan meteran
5. Pastikan Anda juga mencatat pertumbuhan bayi setiap bulannya.


Mengukur tinggi anak yang berdiri.

Jika anak Anda mampu berdiri, berikut adalah cara Anda mengetahui berat dan tinggi badan anak Anda secara akurat:

1. Melepaskan barang apa pun yang dipakai berupa pakaian atau aksesori yang dapat mengganggu dalam mengecek ketinggian anak yang akurat. Lepaskan sepatu atau sandal, pakaian tebal dan cukup berat, atau aksesori rambut. Pastikan gaya rambut mereka tidak mengganggu pengukuran, seperti kepang atau kuncir tinggi.
2. Pastikan untuk melakukan pengukuran pada permukaan datar serta tidak dilapisi dengan karpet. Gunakan dinding yang rata dari atas hingga ke bawah dan pastikan tumit anak Anda menempel pada sudut lantai dan dinding.
3. Mintalah anak itu berdiri membelakangi dinding dengan kaki yang tegak dan menyatu. Kepala, bahu, bokong, dan tumit anak harus menempel di dinding. Pastikan mereka berada pada posisi kaki lurus dan bahu yang rata. Mereka harus melihat lurus ke depan dengan dagunya sejajar dengan lantai.
4. Selanjutnya Anda akan memerlukan penggaris yang dapat Anda tempatkan sejajar di kepala anak. Letakkan penggaris menempel di atas kepala anak untuk membentuk sudut yang tepat dengan dinding.
5. Fokuskan mata Anda sehingga sejajar dengan penggaris saat mengambil pengukuran dan tandai dengan pensil di mana bagian bawah penggaris yang bertemu dengan dinding.
6. Mintalah anak untuk menjauh dari dinding dan gunakan meteran untuk mengukur dari lantai ke area yang ditandai di dinding.
7. Catat tinggi anak beserta tanggal pengukuran sehingga bisa melihat pertumbuhan anak di lain waktu serta melihat perbandingannya.


Atau ingin memilih cara yang mudah dengan menggunakan microtoise dari GEA. GEA Stature Meter Alat Ukur Tinggi Badan 2 meter merupakan alat ukur tinggi badan yang ditempelkan ke dinding dengan tinggi 2 meter dari bawah lantai.

1. GEA Manual Stature Meter




Cara Pemasangan

- Ditempelkan ke dinding dengan tinggi 2 meter dari bawah lantai

Cara Pemakaian

- Badan berdiri tegak dan merapat pada dinding, pastikan tidak ada yang menghalangi bagian kepala (topi atau aksesoris rambut lainnya) kemudian tarik alat dari atas menuju atas kepala.
- Baca hasil dari angka yang tertera pada alat.

2. GEA HT721 Digital Wireless



GEA HT721 Digital Wireless alat kesehatan ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tinggi badan seseorang. Alat ukur tinggi badan ini menggunakan pengukur jarak berteknologi ultrasonik. Pengukur tinggi badan HT721 ini dilengkapi dengan memori sehingga dapat menyimpan hasil tinggi badan sebelumnya. Mampu memngukur tinggi badan hingga 200 cm. Desainnya yang ramping memudahkan Anda untuk menyimpannya dan dipercantik dengan 3 pilihan warna yaitu biru, ungu dan hijau.

Cara Pemakaian :

- Pasang 2 buah baterai AA pada alat.
- Badan berdiri tegak dan merapat pada dinding, pastikan tidak ada yang menghalangi bagian kepala (topi atau aksesoris rambut lainnya) posisikan alat diatas kepala hingga menyentuh ujung sensor.
- Segera menyingkir dari alat pengukur namun dengan posisi alat masih menempel pada dinding (lebih mudah dilakukan dengan bantuan orang lain)
- Tekan tombol pengukur dan baca hasil angka dari layar LCD yang tertera pada alat.


3. GEA WB-C Stature Gauge



GEA WB-C Stature Gauge merupakan Alat ukur panjang badan bayi digunakan untuk mengukur panjang / tinggi badan bayi . alat ini didesign sangat sederhana karena dalam penggunaannya bayi cukup ditidurkan diatas alat ini kemudian mengangkat ujung alat ini dan meletakkannya di ujung kaki bayi sehingga dapat diketahui tinggi badan bayi tersebut.