Dengan tertawa, stres yang dapat menurunkan imunitas tubuh dan menimbulkan beberapa penyakit bisa hilang
Rasa humor yang baik tidak dapat menyembuhkan semua penyakit, tetapi data tentang hal-hal yang positif akan terus meningkat.

Manfaat jangka pendek



Tertawa yang tidak berlebihan memiliki efek jangka pendek yang luar biasa. Ketika Anda mulai tertawa, hal itu tidak hanya meringankan beban mental Anda, namun sebenarnya menginduksi perubahan fisik pada tubuh Anda. Dengan tertawa, anda bisa:

Merangsang banyak organ. Tertawa meningkatkan asupan udara kaya oksigen, menstimulasi jantung, paru-paru, dan otot, serta meningkatkan hormon endorfin yang dilepaskan oleh otak Anda. Mengaktifkan respons stres Anda dan mendinginkan. Tawa yang terbahak-bahak kemudian berhenti dapat mendinginkan respons stres Anda, dan itu dapat meningkat dan kemudian menurunkan detak jantung dan tekanan darah Anda. Hasilnya Perasaan santai yang baik. Atasi ketegangan. Tertawa juga dapat merangsang sirkulasi dan membantu relaksasi otot, yang keduanya dapat membantu mengurangi beberapa gejala fisik stres.

Efek jangka panjang

Namun, tertawa bukan hanya sekedar menimbulkan efek jangka pendek. Hal Ini juga baik untuk Anda dalam jangka panjang. Dengan tertawa, anda akan mendapatkan:

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Pikiran negatif bermanifestasi menjadi reaksi kimia yang dapat mempengaruhi tubuh Anda dengan membawa lebih banyak stres ke dalam sistem Anda dan mengurangi kekebalan tubuh Anda. Sebaliknya, pikiran positif sebenarnya dapat melepaskan zat neuropeptida yang membantu melawan stres dan penyakit yang berpotensi lebih serius.
Meringankan rasa sakit. Tertawa dapat meredakan rasa sakit dengan menyebabkan tubuh memproduksi obat penghilang rasa sakit alami sendiri.
Tingkatkan kepuasan pribadi. Tertawa juga dapat mempermudah mengatasi situasi sulit. Ini juga membantu Anda terhubung dengan orang lain.
Tingkatkan mood Anda. Banyak orang mengalami depresi, terkadang karena banyak hal yang membuat seseorang tertekan. Tertawa dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan Anda dan mungkin membuat Anda merasa lebih bahagia.

Tingkatkan selera humor Anda

1. Lebih banyak tersenyum Penelitian menunjukkan bahwa orang akan tertawa lebih keras saat tersenyum dibandingkan dengan saat menutup mulutnya. Hal ini terjadi karena tubuh Anda memberikan respon tanpa sadar terhadap sensasi tersenyum dan berasumsi bahwa Anda akan segera tertawa. Jika Anda sudah siap untuk lebih sering tertawa, maka tersenyum akan membuat tubuh Anda merasa demikian.

• Ekspresi datar beberapa orang terkadang tampak seperti sedang marah. Berlatihlah untuk tersenyum saat Anda sedang bekerja, jogging dan bahkan saat Anda sedang membaca buku. Jadikan tersenyum sebagai tampilan wajah sehari-hari Anda.
• Saat Anda berjalan ke kantor atau selama di perjalanan, tersenyumlah pada orang yang Anda temui di jalan. Cara ini bisa Anda gunakan untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk tertawa, serta juga sopan.

2. Kelilingi diri Anda dengan orang yang bisa membuat Anda tertawa. Saat Anda siap untuk bersenang-senang bersama teman-teman, dan salah satu teman Anda mengeluh tentang pekerjaannya. Jika Anda sedang merasa sedih dan sulit tertawa, keadaan Anda akan bertambah buruk jika dikelilingi oleh orang yang suka mengeluh. Jadi carilah teman yang membuat Anda tertawa dan hindari mereka yang membuat Anda bertambah sedih.

Kendalikan pembicaraan yang buruk. Jika Anda berada dalam kelompok orang yang suka mengeluh, gantilah topik pembicaraan. Jika semua orang membicarakan tentang hal yang tidak mereka sukai, maka bicarakanlah tentang hal yang Anda sukai. Orang-orang cenderung akan terperangkap dan mengikuti alur pembicaraan, sehingga salah seorang di antara Anda saja bisa membuat satu kelompok Anda merasa tidak bahagia. Kembalikan keceriaan Anda dengan menanyakan pertanyaan bodoh atau menceritakan sesuatu yang menggembirakan.

3. Menonton acara TV atau film yang lucu. Bahkan jika Anda lebih menyukai film drama atau horror, gantilah kebiasaan Anda sesekali dan cobalah untuk menonton acara yang lucu. Carilah hal yang membuat Anda tertawa paling keras dan sisakan waktu untuk menonton acara yang bisa membuat Anda tertawa daripada membuat Anda berpikir keras tentang alur cerita yang menyedihkan.

4. Matikan acara berita. Anda akan lebih sulit untuk tertawa jika Anda memulai hari Anda dengan mendengarkan berita tentang kelesuan ekonomi, kenaikan harga atau pembunuhan di TV. Jadi, mulailah hari Anda dengan mendengarkan siaran komedi di radio dan jika Anda perlu membaca berita, jadwalkanlah di siang hari.

• Jika Anda ingin mengetahui berita yang diselingi humor, nyalakan radio Anda. Beberapa acara radio akan memberikan Anda informasi dengan cara yang jauh lebih ringan.
• Jika Anda suka membaca surat kabar, mulailah dengan membaca halaman yang lucu dan berita tentang hobi sebelum membaca berita serius yang membuat kening Anda berkerut. Kembalilah membaca tentang hobi untuk memperbaiki mood Anda. Jangan terlalu banyak membaca hal yang membuat mood Anda menjadi gelap.