Commode chair atau kursi toilet adalah alat yang dapat ditempatkan di sekitar ruang kamar atau kamar mandi dan sering digunakan oleh lansia ketika tidak mampu berjalan ke kamar mandi karena kurangnya mobilitas. Kursi toilet juga dapat dilipat menjadi lebih kecil sehingga dapat disimpan dengan ringkas.


Bagi orang-orang yang bergantung pada orang lain seperti orang lanjut usia, sangat penting bahwa mereka diperlengkapi secara memadai untuk mengatasi mobilitas yang semakin menrun. Penting untuk memberikan peralatan yang diperlukan orang lanjut usia yang membutuhkan perawatan, untuk memastikan lingkungan yang nyaman bagi lansia.
Salah satu peralatan tersebut adalah kursi toilet atau bisa juga disebut commode chair. Kursi ini merupakan alat untuk penunjang lansia untuk memfasilitasi perawatan yang nyaman. Kursi toilet saat ini banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak mampu berjalan sendiri.

Kenapa Kursi Commode Penting Untuk Lansia?

Menggunakan commode chair akan memberikan dukungan ekstra saat duduk atau berdiri karna kursi biasanya dilengkapi dengan sandaran tangan. Hal ini dapat membantu lansia merasa lebih aman saat duduk di kursi toilet, sandaran tangan akan membuatnya terasa nyaman, seolah-olah sedang duduk di kursi.

Selain kemanan, commode chair dapat memberikan privasi yang aman untuk penggunanya, hal ini sangat penting bagi lansia yang sering bergantung pada orang lain untuk kebutuhan biologisnya. Namun, kursi toilet ini membantu lansia mengandalkan diri sendiri. Hal ini dapat membantu menjaga privasi karena tidak lagi membutuhkan asisten saat melakukan aktivitas buang air.

Selain itu, kursi toilet juga cukup portabel untuk dibawa ke berbagai tempat. Kursi ini dapat dilipat dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kendaraan, sehingga memudahkan para lansia untuk bepergian ke luar rumah.

apa itu commode chair?

Ada berbagai jenis commode chair di pasaran, hal ini mengingat untuk mempermudah dalam penggunaan

1. Kursi Toilet Standar

Kursi toilet ini dirancang untuk ditempatkan di atas toilet. kursi ini biasanya memiliki empat kaki dan beberapa model bahkan bantalan dudukan untuk kenyamanan pengguna. Banyak kursi commode ini memiliki sandaran tangan dan kursi empuk untuk menambah kenyamanan. Kursi toilet standar adalah pilihan yang tepat untuk orang yang membutuhkan sedikit dukungan ekstra saat menggunakan kamar kecil tetapi tidak memerlukan kursi roda.

2. Kursi Toilet Portable

Kursi toilet portabel mirip dengan model standar, tetapi lebih kecil dan lebih ringan sehingga mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Kursi toilet portabel biasanya tidak memiliki sandaran tangan dan sandaran belakang sehingga lebih ringkas untuk penyimpanan. Kursi toilet portabel adalah pilihan yang tepat untuk orang yang sesekali perlu menggunakan toilet tetapi tidak memerlukan kursi roda atau alat bantu jalan.

3. Kursi Roda + Toilet

Kursi roda + toilet dirancang untuk orang yang menggunakan kursi roda dan membutuhkan dukungan tambahan saat menggunakan kamar kecil. Banyak kursi roda + toilet memiliki kursi yang empuk dan sandaran tangan untuk kenyamanan, dan beberapa bahkan memiliki sandaran kaki untuk membantu pengguna menjaga kesejajaran yang benar. Toilet kursi roda adalah pilihan yang tepat untuk orang yang tidak dapat menggunakan toilet tradisional karena masalah mobilitas.

Baca artikel lainnya

Cara Menggunakan Commode Chair

Sebelum menggunakan, pahami terlebih dulu bagaian-bagian penting dan fungsi-fungsi saat menggunakan commode chair, ada baiknya untuk baca terlebih dulu buku petunjuk penggunaan.

  • Dekatkan kursi toilet dengan pengguna, Meskipun Anda dapat meletakkannya di lokasi yang berbeda, disarankan untuk menyimpannya sedekat mungkin dengan pengguna
  • Pastikan ember/pispot terpasang dengan aman di bawah kursi. Periksa juga apakah kursi toilet stabil dan tidak goyang sehingga membahayakan pengguna.
  • Tuang sedikit air ke dalam ember/pispot. Hal ini untuk menjaga agar ember tidak kering, sehingga memudahkan proses pembersihan nantinya.
  • Jika kursi toilet memiliki sabuk pengaman, kencangkan di sekitar orang yang menggunakannya.
  • Saat pengguna menggunakan kursi toilet, beri privasi atau waktu sendiri untuk menggunakannya
  • Jika pengguna membutuhkan bantuan untuk membersihkan, lakukan saat itu juga dan siapkan tempat untuk membuang tisu atau waslap saat digunakan.
  • Setelah pengguna menggunakan, Bersihkan ember/pispot sesegera mungkin. Dengan membersihkannya segera setelah menggunakan, Hal ini dapat mencegah limbah tersangkut di wadah atau meninggalkan bau yang tidak sedap
  • Sebelum Anda mulai membersihkan ember/pispot, kenakan sarung tangan sekali pakai dan angkat perlahan dari kursi.
  • Jauhkan orang tersebut dari toilet dan dengan aman ke kursi atau tempat tidur
  • Lepaskan ember/pispot dari kursi, angkat dengan hati-hati dan bawa ke kamar mandi untuk dibersihkan
  • Gunakan air dan sabun yang efektif untuk membersihkan ember/pispot.
  • Jika sudah bersih, pasang kembali ke kursi toilet

Ada berbagai jenis kursi toilet yang tersedia di pasaran, jadi penting untuk melakukan riset sebelum melakukan pembelian. Model standar dirancang untuk diletakkan di atas toilet, sedangkan model portable lebih kecil dan ringan sehingga mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Lalu untuk model kursi roda + toilet dirancang untuk orang yang menggunakan kursi roda dan membutuhkan dukungan tambahan saat menggunakan kamar kecil. Dengan meluangkan waktu untuk memahami kebutuhan penggua, Anda dapat memilih kursi toilet yang sempurna untuk orang tua Anda.