Commode chair adalah kursi toilet yang digunakan oleh beberapa orang yang sulit berjalan atau dalam kondisi di rumah sakit yang memastikan agar pasien tidak berjalan terlebih dahulu. Commode chair hanya bisa digunakan pada BAB dalam posisi duduk. Tidak bisa digunakan pada orang yang biasanya melakukan buang air dalam kondisi jongkok.

Commode chair ada beberapa bagian yang wajib ada di dalamnya.

 

 

 

1. Kerangka commode chair yang biasanya terbuat dari aluminium tidak mudah karat. Dilengkapi dengan sandaran tangan dan sandaran pada punggung yang membuat buang air jadi lebih nyaman. Di kaki commmode chair, ada pengunci untuk mengatur tinggi commode chair yang bisa disesuaikan oleh penggunanya.

Ada tipe yang mengharuskan untuk dipasang menggunakan baut dan mur dengan kelebihannya yaitu sangat kokoh serta kekurangannya adalah sulit untuk di bawa ke mana saja dan memasangnya memakan waktu yang cukup lama. Ada juga yang tanpa menggunakan baut dan mur, hanya berupa lipatan yang bisa dilebarkan dengan kelebihannya praktis bisa dibawa ke mana saja serta efisien karena tidak perlu bongkar pasang ketika sebelum dan sesudah penggunaan. Namun kelemahannya sangat tidak kokoh.

Kerangka kursi roda ada juga yang memiliki roda di kedua belakang kakinya. Hal ini difungsikan agar mudah digeser ke mana saja dan memiliki pengunci di atas rodanya agar tidak berjalan ketika kursi toilet ini ingin diletakan di suatu tempat.

2. Lubang dan penutup yang menyerupai bentukan pada lubang dan penutup toilet duduk pada umumnya yang terbuat dari plastik dan bisa dipasang dan dibongkar. Tidak mudah pecah dan permukaannya kasar agar tidak licin saat commode chair dalam keadaan basah. Sehingga minim kecelakaan akibat licin saat digunakan.

3. Pispot dan penutupnya yang berbentuk seperti baskom yang terbuat dari plastik sehingga mudah dicuci dan dilengkapi dengan timba yang memudahkan mengangkat pispot dalam satu tangan. Pispot diletakan di bawah lubang dan penutup toilet.

Merek dan tipe ini bisa menjadi pilihan kamu untuk memilih commode chair dengan kelebihan yang berbeda.

 

 

1. GEA FS896




 

 

Kursi Toilet merek Gea ini bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Dengan kerangka yang berbahan chromed steel frame mudah untuk dibersihkan. Kakinya terbuat dari karet untuk meminimalisir terjadinya licin. Kemudian tinggi bisa diatur sesuai kenyamanan pengguna dan terakhir dudukan yang berbentuk persegi datar.

 

 

2. GEA FS895L




 

 

Dengan kelebihannya memiliki dudukan busa yang bisa dipakai ketika tidak sedang digunakan, busanya lembut dan nyaman. Kerangkanya terbuat dari aluminium yang harus dipasang dengan menggunakan baut, mur, ring dan obeng yang sudah tersedia. Lebih kokoh bila dibandingkan tipe lainnya. Dan berat maksimal 100 kg.

 

 

3. GEA FS810




 

 

Tipe ini sama seperti tipe FS895L harus dipasang menggunakan baut, mur, ring, dan obeng yang sudah disediakan. Berat maksimal 100 kg. Kerangka dengan berbahan dasar chromed steel frame. Dan dudukan serta penutupnya terbuat dari plastik berwarna putih.

 

 

4. GEA FS894




 

 

Kursi Toilet merek Gea ini bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Dengan kerangka yang berbahan besi kom yang berwarna silver mudah untuk dibersihkan. Kakinya terbuat dari karet untuk meminimalisir terjadinya licin. Kemudian tinggi bisa diatur sesuai kenyamanan pengguna Berat maksimal 100 kg. Dudukannya berbentuk bulat sepeti toilet duduk pada umumnya.

 

 

5. GEA FS696




 

 

Kursi Toilet yang bisa dilipat, memiliki roda pada bagian 4 kakinya sehingga mudah untuk digeser. Di atas roda ada pengunci ketika roda tidak sedang ingin dipakai serta kerangka yang terbuat dari besi kom yang mampu menahan berat hingga 100 kg.

 

 

6. Kursi Roda 3in1 FS609 GCU




 

 

Selain untuk kursi toilet, kursi roda 3 in 1 merek serenity ini bisa juga digunakan sebagai kursi roda. Dengan memiliki sandaran di kepala, punggung dan bagian kakinya yang berbahan busa berwarna hitam membuat pengguna bisa bersandar pada bagian kaki, panggung, dan kepalanya. kerangka terbuat dari besi kom membuat penggunanya nyaman dan betah menggunakannya. Sebenarnya fungsi utamanya untuk kursi roda bagi orang yang tidak bisa berjalan. Namun ini juga bisa digunakan untuk kursi toilet saja.
Memiliki dua roda besar di belakang dan dua roda kecil di bagian depan dan terdapat rem dan sandarannya bisa dilepas.

 

 

Kesimpulan

Buang air kecil atau besar adalah hal yang pastinya semua manusia melakukannya. Namun bagi pasien yang dalam keadaan di rumah sakit atau lansia yang sudah sulit untuk berjalan ke toilet, mengapa tidak mencoba kursi toilet ini sebagai alternatif kamu? Sudah banyak kursi toilet yang tersebar di Indonesia. Harga juga bisa dibilang terjangkau bagi masyarakat.