Gaya hidup yang menetap, kebiasaan makan yang tidak sehat, dan rutinitas yang tidak tepat dapat mempengaruhi kesehatan dalam banyak hal yang menjadi penyebab masalah kesehatan umum seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Karena kesehatan dan kesadaran medis yang berkembang di antara orang-orang, permintaan peralatan medis di rumah telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Membeli peralatan medis tidak sesulit dulu, sekarang peralatan medis bisa didapat dengan mudah dan dijual secara online. Dengan peralatan medis yang mudah digunakan yang tersedia di pasaran, tetapi yang terpenting adalah mempertimbangkan untuk berinvestasi pada kesehatan diri sendiri.

Faktor umum dalam penyakit serius ini adalah serangan dan perkembangannya tidak tiba-tiba tetapi terjadi secara bertahap. Tubuh manusia menunjukkan beberapa gejala khas pada tahap awal penyakit serius seperti diabetes atau penyakit jantung. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk secara teratur memantau empat vital dalam sistem manusia, yaitu Suhu Tubuh, Tekanan Darah, Oksigen Darah dan tingkat pernapasan. Selain itu, pemeriksaan kadar gula darah dan perubahan berat badan yang konsisten juga sama pentingnya.

peralatan p3k di rumah

Selain meninjau diri dengan dokter spesialis secara berkala, penting untuk memantau indikator dasar kesehatan umum yang dapat mengingatkan akan adanya kelainan pada kondisi fisik. Misalnya, Diabetes melitus, aritmia jantung, hipertensi arteri, adalah di antara penyakit kronis tidak menular yang serius yang dapat dicegah dan mudah dideteksi jika Kamu memiliki peralatan yang tepat. Dan, untuk mengetahui kondisi kesehatan, Kamu harus memiliki peralatan medis minimal untuk memberikan pertolongan pertama atau mengecek apakah memang perlu pergi ke klinik atau tidak.

Keuntungan utama dari pemeriksaan rutin metrik tubuh yang penting adalah diagnosis penyakit serius secara dini dan segera. Hal ini pada gilirannya dapat sangat meningkatkan efektivitas pengobatan dan kualitas hidup di tahun-tahun berikutnya. Dalam hal ini, beberapa pemantau kesehatan yang sangat mendasar memfasilitasi pengamatan rutin atribut tubuh utama, semuanya dalam kenyamanan rumah seseorang.


Di bawah ini adalah beberapa peralatan medis paling populer yang wajib Kamu miliki di rumah, yaitu:

1. Termometer

Perangkat dasar ini sangat penting di setiap rumah, terutama di musim hujan dan musim dingin, ketika terjadi wabah demam, pilek, dan flu. Termometer dapat menunjukkan apakah suhu tubuh lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya, sehingga membantu memutuskan pengobatan resep yang tepat dan memastikan pemulihan yang cepat. Suhu normal tubuh manusia adalah antara 97,0°F hingga 99.0°C atau 36,0°C hingga 37,5°C. Kamu dapat memilih termometer digital dari berbagai jenis termometer seperti termometer ketiak atau termometer non kontak, tetapi simpanlah termometer dalam satu wadah atau pada tempat yang kering.

2. Sabun dan Hand Sanitizer

Disaat pandemi COVID-19 seperti saat ini, kebersihan adalah salah satu hal terpenting untuk menhindari penularan virus atau terkena kontaminasi dengan bakteri, dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dapat menghilangkan semua kuman dan bakteri dari yang sebelumnya dan juga menghilangkan patogen seperti norovirus, Giardia, dan C. difficile. Mencuci tangan dengan benar membutuhkan setidaknya 20-60 detik secara perlahan dan sampai merata pada bagian tangan.

3. Pulse Oximeter

Perangkat ini mendeteksi konsentrasi oksigen dalam darah, karena oksigen yang cukup harus diangkut melalui sel darah ke semua organ di tubuh, agar berfungsi normal. Kondisi kekurangan oksigen dalam darah dapat menyebabkan hipoksia yang dapat mengakibatkan kegagalan pada organ vital seperti jantung dan otak. Dalam kasus seperti itu, pulse oximeter bermanfaat untuk menjamin perawatan medis yang cepat bagi orang yang terkena kekurangan oksigen. Seseorang dengan kondisi sehat maka angka batas minimal saturasi oksigen adalah 95%. Sehingga normalnya akan berada di kisaran angka 95-100%.

4. Tensimeter

Alat ini sangat relevan bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tekanan darah rendah (hipotensi), karena mereka disarankan untuk memeriksa tekanan darah mereka secara teratur dan melaporkannya ke dokter mereka. Monitor tekanan darah atau dikenal sebagai sphygmomanometer digunakan untuk mengukur tekanan darah. Perangkat ini terdiri dari manset tiup dan manometer untuk mengukur tekanan.
Dari penggunaan stetoskop dan manset, teknologi telah maju hingga mesin otomatis (tensimeter digital) yang membantu mengukur tekanan darah sistolik dan diastolik dengan akurasi tinggi. Instrumen ini adalah suatu keharusan untuk memantau tekanan darah secara teratur. Tekanan darah normal seseorang biasanya sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Baca artikel lainnya

5. Peralatan Medis P3K

Penting sekali untuk menyediakan peralatan dan fasilitas P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di rumah. Kotak P3K adalah alat kesehatan paling penting untuk Kamu miliki di rumah yang berisi semua kebutuhan medis darurat. Dalam penggunaannya Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah sarana utama yang harus disediakan di tiap rumah, mobil, tempat kerja, sekolah bahkan di dalam tas yang Kamu bawa. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah mengantisipasi dan penanganan dini cedera atau luka yang terjadi secara tiba-tiba dan harus cepat ditangani.

Apa saja yang harus ada di dalam kotak P3K? Berikut ini daftarnya:

  1. Plester untuk luka dalam berbagai ukuran
  2. Perban atau kain kasa
  3. Sarung tangan steril
  4. Gunting
  5. Pinset
  6. Alkohol 70%
  7. Kapas
  8. Tisu pembersih
  9. Obat luka
  10. Salep untuk berbagai kondisi kulit
  11. Parasetamol
  12. Termometer
  13. Aspirin
  14. Ibuprofen
  15. Cairan antiseptik
  16. Obat batuk
  17. Obat tetes mata
  18. Semprotan anti-serangga untuk kulit
  19. Minyak esensial seperti minyak kayu putih, dll
  20. Minyak atau krim untuk nyeri otot
  21. Koyo
  22. Masker
  23. Obat atau krim untuk luka bakar

6. Nebulizer

Nebulizer adalah alat yang digunakan untuk memberikan obat yang perlu dihirup ke paru-paru. Dengan peningkatan dramatis dalam masalah pernapasan di masa lalu, nebulizer dapat menjadi instrumen penyelamat untuk dipegang di rumah terutama bagi orang yang menderita asma atau penyakit paru-paru (PPOK). Nebulizer menggunakan oksigen atau udara terkompresi untuk memecah larutan menjadi tetesan aerosol yang dapat dihirup dari perangkat.

7. Alat Cek Darah

Orang yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2 atau gejala pradiabetes diharuskan mengukur kadar gula darahnya secara rutin. Glukometer adalah perangkat medis yang digunakan di rumah untuk membantu memantau kadar gula dalam darah. Mereka juga akan membantu melacaknya secara teratur. Ini akan mempermudah pekerjaan dokter untuk meresepkan obat yang diperlukan atau mengubah resep sesuai hasil. Untuk ketergantungan insulin, glukometer ini telah menjadi kebutuhan untuk melacak dan mencatat kadarnya. Saat menggunakan glukometer, setetes darah diambil dengan menusuk kulit dengan lancet dan ditempatkan di strip tes untuk mengukur kadar gula dalam darah.

8. Timbangan Badan

Jangan berasumsi bahwa hanya orang yang menjaga berat badan atau mengikuti diet yang perlu menyimpan perangkat ini di rumah. Jika Kamu tidak menyadari perubahan berat badan Kamu, Kamu mungkin tidak dapat mendiagnosis masalah yang mendasari kesehatan Kamu kecuali masalah tersebut muncul dalam bentuk yang lebih besar. Timbangan Berat adalah perangkat yang membantu dalam membaca berat badan dan dapat membantu saat melacak kemajuan penurunan berat badan. Timbangan ini bisa menjadi alat penting untuk kesehatan seseorang.
Dengan timbangan analog dan digital yang beredar di pasaran, penting untuk dipahami bahwa keduanya memiliki perbedaan besar dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan. Saat ini, banyak timbangan yang dilengkapi fitur yang dapat membantu mengetahui persentase lemak tubuh dan BMI yang sangat penting untuk memahami kondisi tubuh Kamu saat ini.


Banyak orang mengabaikan pentingnya dan kegunaan memiliki alat kesehatan seperti pengukur tekanan darah, termometer medis, dan pengukur glukosa darah di rumah. Seperti kesehatan Kamu, peralatan medis ini juga memerlukan perawatan. Jika Kamu sudah memilikinya, pastikan untuk merawat atau membersihkannya secara teratur untuk mencegah kemungkinan adanya kerusakan pada alat.