Penyebaran global penyakit Virus Corona 2019 (COVID-19) telah mendorong penumpang dan operator transportasi umum untuk mencari cara untuk mencegah penularan virus yang mematikan. Sejak pemerintah mengkonfirmasi berbagai kasus infeksi di negara ini, maka tumbuh kesadaran akan gaya hidup sehat dan perlindungan dasar untuk mengekang penyebaran penyakit pernapasan.

Tetapi kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa COVID-19 akan menavigasi aktivitas transportasi kita menjadi new normal. Mike Ryan, direktur eksekutif program darurat kesehatan WHO, mengatakan bahwa virus ini mungkin saja menjadi virus endemik lainnya seperti HIV, dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang. Pernyataan ini akan memengaruhi semua jenis normal baru dalam aktivitas kita sehari-hari, terutama dalam transportasi.

Di bidang transportasi umum seperti bus, angkot, dan kereta, perlu diterapkan protokol yang mencegah penyebaran virus Corona. Misalnya, semua orang yang mengakses transportasi umum tersebut selalu memakai masker juga datang lebih awal ke halte bus atau stasiun untuk menghindari kepadatan di kendaraan.

Untuk Menghidari penyebaran Virus COVID-19 masyarakat diwajibkan untuk selalu patuh serta menggunakan protokol kesehatan saat berada diluar rumah guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.


Tips Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Kendaraan Umumr


Berikut ini adalah tips cara pencegahan penyebaran COVID-19 saat berada di kendaraan umum. Sebelum atau saat diluar rumah maka lakukan panduan pencegahan yang telah diinformasikan oleh badan kesehatan


• Gunakan masker dan hand sanitizer berbasis alkohol
• Hindari menyentuh pintu atau pegangan dengan telapak tangan tanpa sarung tangan
• Makan makanan yang aman dan bergizi serta minum air putih
• Jaga jarak antar penumpang minimal 1 meter
• Jangan berbagi makanan dan minuman dari wadah yang sama
• Gunakan waktu perjalanan untuk istirahat dan berdoa


Info grafik di bawah ini adalah tips pencegahan penyebaran COVID-19 saat berada di kendaraan umum


Jenis Masker dan Tips Mencuci Masker