Fluktuasi berat badan biasa terjadi karena beberapa faktor. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada seberapa terhidrasi Anda, apa yang baru saja Anda makan, iklim, dan rutinitas olahraga Anda. Beberapa pon fluktuasi berat badan di sini atau di sana biasanya bukan hasil dari penambahan lemak, tetapi akibat dari tubuh Anda melakukan apa yang perlu dilakukan untuk mengatur fungsi fisiologinya. Jadi, seberapa sering Anda menimbang diri sendiri? Apakah target Anda adalah pemeliharaan, kehilangan atau perolehan. Mari bicarakan tentang skala.



Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah “Apakah menimbang diri saya (Harian, Mingguan, Berkala, dll) membantu saya atau membahayakan saya?” karena tidak ada jawaban ajaib untuk seberapa sering menimbang diri sendiri , mencari tahu apa yang bermanfaat dan memotivasi Anda sebagai individu adalah bagaimana Anda memutuskan.

1. Menimbang Setiap Hari

Banyak orang menemukan bahwa menimbang setiap hari memberikan rasa tanggung jawabdan sangat membantu untuk memiliki gagasan yang baik tentang di mana mereka dengan kemajuan mereka. Bagi banyak orang, ini membantu menjaga kemajuan di jalurnya. Jika Anda dapat melihat tren secara keseluruhan dan tidak stres tentang fluktuasi, maka tentu saja timbang sendiri setiap hari. Apakah kenaikan berat badan 0,4 kg merusak suasana hati Anda atau apakah Anda benar-benar gembira melihat bahwa Anda turun 1 kg? Jika penimbangan harian sangat mempengaruhi suasana hati dan perilaku Anda, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan seberapa sering Anda menimbang diri sendiri.

2. Menimbang mingguan

Penimbangan setiap minggu dapat memiliki keuntungan, ini memungkinkan Anda untuk melacak kemajuan sementara masih memiliki enam hari penuh untuk tidak fokus pada berat badan Anda. Untuk hasil terbaik, pilih hari yang konsisten setiap minggu, dan timbang sendiri di pagi hari. Cari tren, tetapi jangan terjebak dalam hal-hal kecil. Ketahuilah bahwa akan dibutuhkan beberapa minggu untuk mendapatkan gambaran ke mana arah tren. Ini bisa menjadi alat yang baik untuk membantu Anda merasa bertanggung jawab tanpa membuat Anda emosional setiap hari.

3. Menimbang Sesekali

Beberapa orang memilih untuk melakukan pemeriksaan berat badan sesekali. Orang-orang dapat melakukan ini di rumah atau mengandalkan skala di gym atau puskesmas untuk mengetahui dimana mereka berbeda. Orang-orang yang memilih penimbangan sesekali sering memiliki cara alternatif untuk mengidentifikasi perubahan berat bdan, seperti cara pakaian mereka cocok atau seberapa kaut perasaan mereka saat berolahraga.

4. Tidak Pernah Menimbang

Ada banyak orang di luar sana yang menghancurkan skalanya dan tidak pernah melihat ke belakang. Beberapa orang merasa terbantu untuk fokus pada bagaimana perasaan mereka dalam pakaian mereka, keseimbangan makanan dan juga bagaimana mereka tampil dengan latihan daripada fokus pada angka. Ini bisa menjadi cara yang valid untuk mendekati kesehatan. Ada lebih banyak kesehatan daripada angka pada skala.


Kami menyarankan Anda menimbang diri sendiri setiap pagi ketika bangun tidur, setelah menggunakan toilet dan sebelum sarapan. Rekam pengukuran harian itu dan buat rata-rata mingguan untuk disimpan dalam grafik. Sekarang Anda dapat dengan mudah melacak kemajuan Anda mencapai berat badan yang diinginkan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda menggunakan skala komposisi tubuh, pengukuran seperti lemak tubuh, otot, dan tingkat hidrasi harus dicatat dan dilacak dengan cara yang sama.



Kesimpulan

Jika anda menimbang diri sendiri beberapa kali sehari, berhentilah! Dengan pengecualian yang jarang. Anda tidak boleh menimbang diri Anda lebih dari sekali per hari. Terobsesi dengan angka pada skala dapat berubah menjadi pola yang sangat bermasalah yang dapat mengganggu kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup Anda.
Jika Anda memutuskan untuk menimbang diri sendiri, timbangan harus menjadi alat yang membantu Anda, bukan merugikan Anda.
Secara keseluruhan, tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang paling bermanfaat bagi Anda. Bagi sebagian orang, penimbangan harian adalah rute terbaik. Bagi yang lain, menimbang lebih jarang lebih baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Kita masing-masing memiliki cara berbeda dalam mengalami berbagai hal dan mengundang motivasi dan kepositifan ke dalam kehidupan kita. Temukan apa yang cocok untuk Anda dan patuhi itu!