Perokok pasif berbahaya, terutama bagi anak-anak. Cara terbaik untuk melindungi orang yang dicintai adalah berhenti merokok. Paling tidak, pastikan Anda memiliki ruangan dan mobil bebas rokok.

Ketika Anda merokok, sebagian besar asapnya tidak masuk ke paru-paru Anda, tetapi asap itu melayang ke udara di sekitar Anda dan tempat orang di dekatnya dapat menghirupnya. Asap rokok bisa berasal dari asap yang Anda hembuskan ditambah asap yang diciptakan oleh ujung rokok Anda yang menyala.

Ketika teman dan keluarga menghirup asap rokok bekas Anda yaitu apa yang kita sebut perokok pasif bukan hanya tidak menyenangkan bagi mereka, itu dapat merusak kesehatan mereka juga. Orang yang menghirup asap rokok secara teratur lebih mungkin terkena penyakit yang sama dengan perokok, termasuk kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Wanita hamil yang terpapar asap pasif juga lebih rentan terhadap kelahiran prematur dan bayi mereka lebih berisiko mengalami berat lahir rendah dan ranjang bayi. Kemudian anak-anak yang tinggal di rumah berasap berisiko lebih tinggi mengalami masalah pernapasan, asma, dan alergi.


Bagaimana Cara Melindungi dari Perokok Pasif


Cara Melindungi dari Perokok Pasif


Satu-satunya cara untuk melindungi teman dan keluarga Anda dari perokok pasif adalah dengan menjaga lingkungan di sekitar mereka bebas dari asap rokok.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah berhenti merokok sepenuhnya. Jika Anda belum siap untuk berhenti, usahakan untuk menjaga asap rokok Anda dari orang lain dan jangan pernah merokok di dalam ruangan atau di dalam mobil.Anda juga harus:


• Selalu merokok di luar
• Minta pengunjung Anda untuk merokok di luar
• Tidak merokok di dalam mobil atau membiarkan orang lain melakukannya


Risiko merokok pasif


Asap rokok diibaratkan koktail mematikan yang mengandung lebih dari 4.000 iritan, racun, dan zat penyebab kanker.

Kebanyakan asap rokok tidak terlihat dan tidak berbau, jadi tidak peduli seberapa hati-hati pun Anda berpikir, orang-orang di sekitar Anda masih menghirup racun berbahaya.

Membuka jendela dan pintu atau merokok di ruangan lain di dalam rumah tidak melindungi perokok pasif. Asap dapat bertahan di udara selama 2 hingga 3 jam setelah Anda selesai merokok, bahkan dengan jendela terbuka. Bahkan jika Anda membatasi merokok di satu ruangan, asap akan menyebar ke seluruh rumah di mana orang akan menghirupnya.


Anak-anak dan Perokok Pasif


Anak-anak dan perokok pasif


Merokok pasif sangat berbahaya bagi anak-anak karena mereka memiliki saluran udara, paru-paru dan sistem kekebalan tubuh yang kurang berkembang.

Anak-anak yang tinggal di sebuah rumah tangga di mana setidaknya 1 orang merokok lebih mungkin untuk terkena penyakit:


• Asma
• Infeksi dada - seperti pneumonia dan bronkitis
• Meningitis
• Infeksi telinga
• Batuk dan pilek


Anak-anak sangat rentan dalam mobil keluarga di mana asap bekas rokok dapat mencapai tingkat berbahaya bahkan dengan jendela mobil terbuka.