Gaya hidup dengan kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, terlalu banyak konsumsi makanan asin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan tertentu seperti gangguan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi/rendah dan bahkan diabetes. Meskipun makan makanan seimbang yang sehat dan melakukan olahraga teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena kondisi tersebut, penting juga untuk memantau tanda-tanda vital tubuh untuk mengidentifikasi gejala yang tidak biasa.

Karena tekanan darah adalah salah satu tanda vital terpenting, Anda harus memantaunya secara teratur. Bahkan jika Anda saat ini tidak menderita hipertensi (tekanan darah tinggi) atau hipotensi (tekanan darah rendah), banyak kondisi kesehatan yang mendasari dapat diidentifikasi dari tekanan darah Anda. Oleh karena itu, memiliki alat ukur tekanan darah di rumah dapat menjadi cara yang baik untuk membantu mengelola dan mendiagnosis tekanan darah tinggi/rendah sehingga untuk melakukan perawatan menjadi tepat waktu.

review sinocare aes u181

Pada artikel kali ini, kami akan review produk tensimeter digital dari Sinocare AES U181, tensimeter Sinocare ini sudah memiliki ijin edar dari KEMENKES RI dan memiliki garansi sampai dengan 1 tahun. Sinocare AES U181 menawarkan pembacaan akurat yang mudah dengan tambahan fitur suara hasil pengukuran yang memudahkan pengguna dalam mengukur tekanan darah.

Fitur Sinocare AES U181

Dari fiturnya Sinocare AES U181 memiliki teknologi Smart pressure yang memberikan pengukuran tekanan darah yang akurat, cepat dan nyaman. Dengan Layar LED besar dan menyala sehingga hasil pengukuran dapat dilihat dengan jelas. Selain itu tensimeter ini juga memiliki suara hasil pengukuran yang mempermudah pengguna saat melakukan pengukuran tekanan darah.

Saat layar dinyalakan, pada layar LED tensimeter menampilkan beberapa nilai angka dan indikator seperti tampilan waktu dan tanggal, nilai sistolik, diastolik dan pulse. Terdapat indikator yang penting untuk pengukuran tekanan darah seperti indikator tingkat tekanan darah dengan warna, warna hijau menandakan tekanan darah normal dan warna merah menandakan tekanan darah tinggi. Fitur lainnya yaitu indikator aritmia (gangguan irama jantung) dengan tanda "Heart" dan indikator pemasangan manset dengan tanda "OK".

Selain itu tensimeter ini juga memiliki 2 pengguna untuk penyimpanan data dengan masing-masing pengguna memiliki 90 memori penyimpanan. Alat ini bisa digunakan dengan dua mode sumber daya yang pertama menggunakan baterai ukuran AAA sebanyak 4 buah dan yang kedua menggunakan kabel adapator dengan kabel USB type C (opsional).

Tensimeter Sinocare AES U181 menggunakan manset besar dengan ukuran lingkar lengan 22-42 manset ini bisa digunakan untuk pengguna dengan lengan yang besar, manset terbuat dari bahan nilon, yang merupakan bahan yang bagus untuk daya tahan, umur panjang, dan pembersihan yang mudah.

review sinocare aes u181

Tensimeter ini ini memiliki 2 mode untuk sumber dayannya, yang pertama menggunakan baterai dan yang kedua menggunakan adaptor listrik. Ini banyak yang salah paham mengenai fungsi tersebut, dalam tensimeter ini jika menggunakan baterai, baterai tidak bisa diisi ulang menggunakan adaptor jadi tensimeter ini tidak sama dengan baterai pada smartphone yang bisa di isi ulang, begitu pula jika menggukan adaptor maka tidak perlu menggunakan baterai.

Baca artikel lainnya

Spesifikasi Sinocare AES U181

Nah untuk spesifikasinya tensimeter Sinocare AES U181 ini memiliki rentang pengukuran untuk tekanan atau pressure dari 0 sampai 290 mmHg dan pulse dari 40 sampai 199 bpm beat per menit, untuk akurasinya sinocare HEM-7156 memiliki akurasi untuk pressure kurang lebih 3 mmHg dan untuk pulse kurang lebih 5%. Memiliki memori 90 penyimpanan hasil pengukuran serta dilengkapi dengan tanggal dan waktu. Dari segi dimensi Sinocare AES U181 memiliki ukuran yang terbilang pas dan mudah dibawa kemana saja, dengan desain keseluruhannya yaitu 109x137x82 mm dengan berat sekitar 350gr hanya untuk berat unit tensimeter dan mansetnya.

Selain itu untuk isi dalam paketnya ini ada unit tensimeter digital Sinocare AES U181, manset besar ukuran 22-42 cm, buku manual, kartu garansi dan baterai.

review sinocare aes u181

Cara Menggunakan Tensimeter Sinocare AES U181

Nah untuk menggunakan tensimeter ini, ikuti petunjuk berikut ini ya.

  • Pasang manset dengan benar
  • Pilih pengguna 1 atau 2
  • Tekan tombol Start/Stop untuk mengukur tekanan darah secara otomatis
  • Setelah pengukuran selesai hasil pengukuran dapat dilihat di layar
  • Setelah pengukuran selesai hasil tensimeter otomatis mengeluarkan hasil pengukuran
  • Tekan tombol Start/Stop untuk mematikan tensimeter
  • Untuk mengganti pengguna tekan tombol setting
  • Untuk melihat hasil pengukuran, tekan tombol memori
  • Untuk hasil yang akurat dan optimal disarankan untuk melakukan pengukuran sebanyak tiga kali kemudian ambil rata-rata dari hasil pengukuran tersebut
review sinocare aes u181

Tips Mengukur Tekanan Darah

Nah kami ada tips untuk pengukuran tenakan dengan benar, yang pertama Saat pengukuran duduk harus tenang, tegak dan kaki menapak di lantai. Yang kedua Sebaiknya gunakan lengan yang sama untuk setiap kali melakukan pengukuran, karena lengan kanan dan kiri bisa berbeda untuk hasil pengukuran.

Beristirahatlah selama 5 menit sebelum melakukan pengukuran, tunggu setidaknya 3 menit di antara pengukuran. Ini akan menjadikan sirkulasi darah Anda pulih kembali. Untuk melakukan perbandingan yang tepat cobalah melakukan pengukuran dalam kondisi yang serupa. Sebagai contoh lakukan pengukuran harian pada saat yang sama setiap harinya, di lengan yang sama atau dianjurkan oleh dokter Anda.

Agar hasil akurat dianjurkan dilakukan saat kondisi badan stabil, oleh sebab itu 30 menit sebelum pengukuran jangan lakukan aktivitas seperti mandi, minum alkohol, kafein, merokok, berolah raga atau makan ya. Jika nilai hasil pengukuran berbeda jauh, bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Untuk panduan visualnya, silakan ikuti langkah-langkah pada video dibawah ini.

Kelebihan Sinocare AES U181

  • Harga relatif lebih murah
  • Layar LED besar dan menyala
  • Ringan, mudah dibawa
  • Memiliki fitur suara hasil pengukuran
  • Dapat menyimpan data 2 pengguna masing-masing 90 memori
  • Dapat digunakan melalui baterai atau adaptor
  • Terdaftar di KEMENKES RI

Kekurangan Sinocare AES U181

  • Hanya satu bahasa (Inggris) untuk suara hasil pengukuran
  • Tidak dilengkapi adaptor (dijual terpisah)
  • Tidak ada fitur rata-rata untuk 3 pembacaan terakhir