Cahaya inframerah adalah salah satu dari beberapa terapi inovatif yang sedang diujicobakan untuk pengelolaan pasien dengan nyeri akut atau kronis. Terapi menggunakan panjang gelombang cahaya tertentu yang dikirim ke situs tubuh yang mengalami cedera.

Tidak seperti sinar ultraviolet yang memiliki efek merusak pada jaringan dan sel-sel tubuh - cahaya inframerah membantu sel-sel meregenerasi atau memperbaiki diri. Cahaya inframerah juga meningkatkan sirkulasi darah yang kaya oksigen dalam tubuh, meningkatkan penyembuhan jaringan dalam yang lebih cepat dan menghilangkan rasa sakit.

Salah satu karakteristik cahaya inframerah adalah kemampuannya untuk menembus di bawah lapisan kulit, memberikan kedalaman yang jauh lebih besar yang mampu secara efektif memberikan penghilang rasa sakit. Faktanya, metode invasif, alami, dan tanpa rasa sakit ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, tanpa merusak kulit melalui radiasi UV.

Lampu Terapi Philips PR3110

Cahaya inframerah adalah panas yang dirasakan orang saat terkena sinar matahari. Kulit secara alami memancarkan panas inframerah setiap hari. Cahaya inframerah telah menunjukkan manfaat kesehatan yang luar biasa, mulai dari menghilangkan rasa sakit hingga mengurangi peradangan.

Pada artikel kali ini kata akan membahas mengenai alat terapi lampu inframerah Philips PR3110 yang cocok untuk mengurangi otot-otot yang tegang.


Philips InfraCare PR3110 Lampu Terapi


Lampu Terapi Philips PR3110


Philips InfraCare PR3110 memancarkan sinar inframerah yang dapat menembus ke dalam kulit dan menghangatkan jaringan. Kehangatan tersebut memodulasi sinyal saraf ke otak sehingga mengurangi rasa nyeri. Kehangatan tersebut juga menstimulasi sirkulasi darah setempat dan melebarkan pembuluh darah sehingga mempercepat pengangkutan zat-zat yang diperlukan untuk membangun kembali dan menutrisi jaringan tubuh.

Selain itu, kehangatan inframerah yang dihasilkan oleh sinar inframerah juga mempercepat proses metabolik dan pembuangan produk sisa metabolisme dari tubuh. Kehangatan tersebut juga mengurangi kaku otot dan membuat sendi menjadi lebih lentur karena jaringan menjadi lebih mudah digerakkan.




Infracare PR3110 memberikan perawatan yang efektif menignkatkan sirkulasi darah untuk memobilisasi tubuh Anda melawan rasa sakit. Sinar yang dihasilkan berupa sinar inframerah yang mampu menembus lapisan kulit sehingga akan memberi kehangatan pada oto yang mengalami gangguan.

Lampu terapi Philips inframerah ini sangat cocok untuk anda yang mengalami gangguan di punggung atau pinggang karena terlalu lama duduk atau mengalami keseleo atau hanya sekedar untuk menyegarkan otot setelah berolah raga. Cukup dilakukan penyinaran selama kurang lebih 15 menit untuk setiap area atau anggota tubuh yang mengalami gangguan.


Fitur dan Spesifikasi


Timbangan Digital Bayi Onemed 721


Alat terapi inframerah ini memiliki output sebesar 150 watt dengan tegangan 220-240V. Untuk fiturnya sendiri, Philips infraCare ini dilengkapi dengan timer yang dapat diatur waktu terapi penyinaran mulai dari 1-30 menit. Selain itu juga alat ini dapat dengan mudah diposisikan dari 0-40 derajat sehingga proses penyinaran menjadi lebih efektif dan proses penyembuhan akan lebih cepat.

Untuk pemakaiannya sangatlah mudah, tinggal hubungkan kabel power ke stop kontak lalu atur timer pada bagian belakang dan sesuaikan waktu terapi penyinaran.

Aplikasi terapi yang dapat dilakukan adalah Perawatan untuk nyeri otot insidental atau kronis, otot dan sendi kaku atau pegal serta perawatan nyeri punggung bagian bawah. Alat ini ditujukan untuk digunakan di dalam ruangan oleh orang dewasa yang mengalami nyeri otot atau sendi tahap akut dan kronis.


Catatan: Jangan menggantung alat di langit-langit atau di dinding.

1 Ulurkan kabel listriknya sampai habis.
2 Tempatkan alat pada permukaan yang stabil dan rata.
3 Berikan jarak minimal 15 cm di sekitar alat untuk mencegah panas berlebih.

1. Duduk atau berbaringlah dengan jarak yang nyaman dari alat.
- Lepaskan pakaian dan perhiasan dari area yang akan disinari.
- Sinar inframerah harus disorotkan secara langsung pada kulit.
- Pada jarak 30 cm dari tubuh, alat akan memanaskan area melingkar seluas sekitar 20 cm. Pada jarak yang lebih jauh, area yang terkena sinar akan lebih luas, namun kekuatan sinar inframerah dan panas menjadi lebih lemah. Pada jarak yang lebih dekat, area yang terkena sinar akan lebih sempit, namun kekuatan sinar inframerah dan panas menjadi lebih tinggi.

Peringatan: Pastikan jarak antara tubuh Anda dan alat cukup jauh guna mencegah menyentuh bohlam secara tidak sengaja.

2. Tancapkan steker ke stopkontak dinding.
3. Sesuaikan posisi alat. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan.
- Untuk nyeri punggung, letakkan alat di atas meja dengan jarak kurang lebih 30 cm
- Untuk nyeri lutut, letakkan alat di atas meja yang rendah. Duduklah di kursi di samping meja dengan jarak kurang lebih 30 cm
4. Untuk menghidupkan alat, putar kenop timer ke waktu penyinaran yang diinginkan
- Anda dapat memilih waktu penyinaran antara 0 hingga 30 menit.
5. Arahkan sorotan sinar inframerah ke bagian tubuh yang akan disinari, dengan mencondongkan kap lampu ke belakang
- Pilih jarak yang menurut Anda panas lampu terasa nyaman di kulit Anda. Jauhkan jarak alat jika dirasa terlalu panas.
6. Alat akan mati secara otomatis ketika waktu penyinaran yang diinginkan telah selesai.
- Jika Anda ingin mematikan alat sebelum waktu penyinaran yang telah disetel selesai, putar kenop timer ke 0 menit.

Peringatan: Untuk mencegah kerusakan mata, jangan melihat ke arah cahaya lampu saat menyala. Anda tidak perlu memakai kacamata karena InfraCare (150W) memiliki bohlam khusus yang memfilter sinar UV.

Durasi penyinaran tergantung pada jenis perawatan dan orang yang akan menjalani penyinaran. Penyinaran untuk satu bagian otot atau sendi berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Bila perlu, penyinaran dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.
Anda dapat melakukan serangkaian perawatan dalam satu hari atau beberapa hari secara berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika tidak ada perkembangan setelah 6-8 kali penyinaran, hentikan penggunaan alat dan konsultasikan dengan dokter Anda. Untuk masalah kronis, alat dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Ikuti instruksi untuk penggunaan secara aman

1. Cabut steker alat dan biarkan lampu dingin dulu selama kurang lebih 15 menit sebelum Anda membersihkannya.
2. Bersihkan alat dan bagian alas dengan kain lembab. Catatan: Jangan sekali-kali menggunakan sabut gosok, bahan pembersih abrasif, atau cairan agresif seperti minyak tanah atau aseton untuk membersihkan alat.

1 Cabut steker alat dan biarkan lampu dingin dulu selama kurang lebih 15 menit sebelum Anda menyimpannya.
2 Gulung kabel listrik dan ikat dengan merekatkan Velcro
3 Simpan alat di tempat yang kering.


Terapi inframerah adalah cara yang aman dan efektif untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati beragam kondisi. Tampaknya cara yang aman, efektif, dan bebas obat untuk menghilangkan rasa sakit jangka panjang. Ini juga membantu menyembuhkan bagian tubuh yang terluka.

Dengan perawatan cedera datang berbagai manfaat seperti penghilang rasa sakit, pengurangan peradangan, dan pemulihan fungsi bagian tubuh yang terkena. Kondisi lain yang dapat diobati dengan terapi inframerah termasuk nyeri sendi, radang sendi, nyeri otot, cedera tulang belakang, sakit saraf, dan cedera olahraga.