Pembacaan ini dilakukan dengan pulse oximeter, perangkat yang harus tersedia di fasilitas mana pun yang merawat pasien dengan infeksi saluran pernapasan parah akut (SARI), menurut WHO. Alat ini memiliki peran penting dalam penanganan COVID-19, karena infeksi baru ini melibatkan kadar oksigen dalam darah kurang dari 90% (orang sehat tanpa kondisi medis yang mendasari harus memiliki kadar oksigen darah antara 95-100%).


Bagaimana Cara Kerja Pulse Oximeter


Perangkat medis ini membandingkan seberapa banyak cahaya merah dan cahaya infra merah yang diserap oleh darah, menggunakan pancaran infra merah dan fotodetektor. Pulse oximeter ditempatkan pada bagian tubuh yang paling tembus cahaya: jari tangan, kaki, atau daun telinga pasien. Ini membuatnya lebih mudah untuk membaca jumlah oksigen yang dikirim ke darah oleh paru-paru dan dikirim ke seluruh tubuh, secara efektif memantau apakah alat tersebut berfungsi dengan benar. Layar perangkat menampilkan informasi tentang frekuensi jantung dan saturasi oksigen darah.



Meskipun ada probe yang menempel di telinga atau melingkari kaki, sebagian besar perangkat pulse oksimeter yang tersedia di pasaran yaitu penggukuran pada ujung jari. Ukurannya kira-kira sebesar dua baterai Tipe AAA, dengan engsel yang mirip dengan jepitan baju. Anda menjepitkan oksimeter ke jari dan menyalakannya, dan dibutuhkan beberapa detik untuk menghasilkan pembacaan. Alat ini benar-benar noninvasif, tidak seperti tes darah yang digunakan untuk mengukur saturasi oksigen arteri (SaO2), jadi Anda dapat sering melakukan pengukuran tanpa mengganggu pasien.


Nilai Oksigen dalam Darah


Perbandingan Fingertip Pulse Oximeter


Berikut ini adalah perbandingan Pulse Oximeter dengan berbagai merk seperti Beurer, Microlife, Choicemmed, Jumper, FamilyDr dan Serenity serta fitur dari Pulse Oximeter


Rekomendasi Alat Pulse Oximeter


Tips Penggunaan Pulse Oximeter


Untuk serangkaian pedoman harus diikuti selama prosedur untuk memastikan pembacaan yang paling akurat:
- Bersihkan permukaan area ujung kulit jari tempat pulse oximeter akan ditempatkan. Hapus semua cat kuku atau kuku palsu sebelum penggunaan.
- Pastikan jari tetap diam dan perangkat tidak terjepit terlalu erat.
- Jika sering membaca, gantilah jari tempat perangkat diletakkan.